September 30, 2008

Pengertian Profesi

Istilah “profesi” sudah cukup dikenal oleh semua pihak, dan senantiasa melekat pada “guru” karena tugas guru sesungguhnya merupakan suatu jabatan professional. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih tepat, berikut ini akan dikemukakan pengertian “profesi” dan kemudian akan dikemukakan pengertian profesi guru. Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Hal ini mengandung arti bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetepi memerlukan suatu persiapan melelui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk itu. Ada beberapa istilah lain yang dikembangkan yang bersumber dari istilah “profesi” yaitu istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionaloisasi secara tepat, berikut ini akan diberikan pengkelasan singkat mengeni pengertian istilah-istilah tersebut.

“Professional” mempunyai makna yang mengacu kepada sebutan tentang orang yang menyandang suatu profesi dan sebutan tentang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengn profesinya. Penyandangan dan penampilan “professional” ini telah mendapat pengakuan, baik segara formal maupun informal. Pengakuan secara formal diberikan oleh suatu badan atau lembaga yang mempunyai kewenangan untuk itu, yaitu pemerintah dan atau organisasi profesi. Sedang secara informal pengakuan itu diberikan oleh masyarakat luas dan para pengguna jasa suatu profesi. Sebagai contoh misalnya sebutan “guru professional” adalah guru yang telah mendapat pengakuan secara formal berdasarkan ketentuan yang berlaku, baik dalam kaitan dengan jabatan ataupun latar belakang pendidikan formalnya. Pengakuan ini dinyatakan dalam bentuk surat keputusan, ijazah, akta, sertifikat, dsb baik yang menyangkut kualifikasi maupun kompetensi. Sebutan “guru professional” juga dapat mengacu kepada pengakuan terhadap kompetensi penampilan unjuk kerja seorang guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai guru. Dengan demikian, sebutan “profesional’’ didasarkan pada pengakuan formal terhadap kualifikasi dan kompetensi penampilan unjuk kerja suatu jabatan atau pekerjaan tertentu. Dalam RUU Guru (pasal 1 ayat 4) dinyatakan bahwa: “professional adalah kemampuan melakukan pekerjaan sesuai dangan keahlian dan pengabdian diri kepada pihak lain”.

“Profesionalisme” adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya. Seorang guru yang memiliki profesionalisme yang tinggi akan tercermin dalam sikap mental serta komitmennya terhadap perwujudan dan peningkatan kualitas professional melalui berbagai cara dan strategi. Ia akan selalu mengembangkan dirinya sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman sehingga keberadaannya senantiasa memberikan makna proesional.

“Profesionalitas” adalah sutu sebutan terhadap kualitas sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki untuk dapat melakukan tugas-tugasnya. Dengan demikian, sebutan profesionalitas lebih menggambarkan suatu “keadaan” derajat keprofesian seseorang dilihat dari sikap, pengetahuan, dan keahlian yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya.
“Profesionalisasi” adalah sutu proses menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Sumber: H. Moh. Surya. Guru Profesional: Untuk Pendidikan Bermutu. Geografi.upi.edu. Desember 2007.

139 komentar:

  1. Menurut saya profesi itu adalah suatu kerja rutinitas seseorang yang menghasilkan nafkah bagi hidupnya dan memiliki keahlian pada bidang yang ditekuninya tersebut.

    BalasHapus
  2. Menurut saya, ciri – ciri profesi yang berkompeten adalah seseorang yang professional, memiliki profesionalisme yang tinggi, bersikap profesionalitas, serta terus mengalami profesionalisasi yang terus menerus.

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum...
    menurut saya benar bahwa pada dasarnya jika ia mau semua orang memiliki kemampuan mengajarkan sesuatu pada orang lain,baik itu disadari maupun tanpa disadari.oleh karena itu hanya seorang gurulah yang memiliki kemampuan yang menuntut keahlian, tanggung jawab, dan kesetiaan.suatu profesi tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang yang tidak dilatih atau dipersiapkan untuk menjadi guru yang profesional.

    BalasHapus
  4. sebagai guru yang profesional sebaiknya lebih mencontohkan kepada muridnya untuk berbuat baik,dan menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk memberikan pelajaran, tetapi guru sekarang sering melalaikan waktu untuk kepentingannya sendiri.sebagai guru yang profesional harus dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman yang dapat membuat siswa tidak bosan dan tidak mengantuk saat mendengarkan pelajaran yang di berikan oleh guru tersebut.

    BalasHapus
  5. Menurut saya profesi itu adalah sesuatu yang pekerjaan yang dipegang oleh seseorang sesuai kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut. profesi yang dimilikinya harus dijalani dengan profesional agar mendapatkan hasil yang maksimal...

    BalasHapus
  6. menurut pandangan saya profesi itu suatu rutinitas yang dilakukan dengan memiliki visi misi dan tujuan yang jelas. oleh karena itu profesi harus dilaksanakan se-profesional mungkin.contoh profesi guru, seorang guru harus bertanggung jawab terhadap anak didiknya dan memberikan contoh yang baik maka guru tersebut telah profesional terhadap profesinya.

    BalasHapus
  7. Profesi itu suatu pekerjaan atau jabatan yang memerlukan suatu persiapan melalui pendidikan dan pelatihan khusus. Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian seseorang.

    BalasHapus
  8. Profesi merupakan sesuatu hal yang menyangkut pekerjaan seseorang yang dilakukan secara terus menerus, diakui oleh orang lain dan bermanfaat bagi orang lain. Dalam menjalankan suatu profesi harus melakukan sikap profesional yaitu sikap yang dilakukan sesuai dengan kode etik yang berlaku pada setiap profesi. Bersikap profesionalisme dalam bekerja itu penting dan tidak boleh mencampur adukan urusan yang satu dengan yang lainnya karena akan menggangu kewajiban yang sesungguhnya dalam bekerja sesuai dengan pekerjaan masing-masing. Sikap profesionalisme benar-benar harus ditanamkan dalam diri karena apabila sudah benar-benar menyatu dengan sikap tersebut dalam melakukan sesuatu pekerjaan apapun sesuai dengan profesinya, orang akan menjalankan profesinya itu dengan sepenuh hati tanpa mengharapkan balasan yang berlebih dari orang lain.

    BalasHapus
  9. Sebuah profesi yang dijalani oleh seseorang merupakan tanggungjawab yang ada pada diri seseorang yang memiliki kemampuan dan disiplin ilmu serta kode etik dalam menjalankan profesinya. Sehingga seseorang yang 'professional' dalam menjalankan profesinya, mendapatkan pengakuan yang baik terhadap hasil dari profesinya oleh masyarakat dimana ia menjalankan profesinya.dan juga tentunya mendapatkan lisensi atau legalitas dari instansi yang berwenang atas profesi yang dijalaninya.

    BalasHapus
  10. Professional adalah kemampuan / keahlian seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya. Saya setuju terhadap uraian tersebut bahwa orang – orang baru bisa di professional jika orang tersebut sudah mengetahui betul apa yang harus dia lakukan pada pekerjaannya. Jadi profesi adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang ahli atau mengetahui betul tentang pekerjaan itu.

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum wr.wb.
    Profesi adalah suatu pekerjaan, tapi tidak semua pekerjaan adalah profesi. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Menjadi seorang guru adalah sebuah profesi, guru yang mengerjakan profesinya dengan baik dapat dikatakan guru yang profesional. Oleh karena itu dalam menjalankan sebuah profesi, kita dituntut untuk bersikap profesional.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wr.wb.

    Menanggapi masalah pengertian profesi, saya disini hanya bisa menyimpulkan bahwa : Profesi adalah suatu pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang yang terbentuk dari pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang pernah dijalaninya selama dia hidup. Selain itu juga Profesi ada kaitannya dengan istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi. Profesional adalah orang yang memiliki atau menyandang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya baik dalam segi formal maupun informal. Sedangkan profesionalisme adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya. Dan Profesionalitas” adalah suatu sebutan terhadap kualitas sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki untuk dapat melakukan tugas-tugasnya. Yang terakhir yaitu profesionalisasi adalah suatu usaha untuk meningkatkan sikap yang profesional. Inti dari tulisan di atas bahwa profesi sangat erat hubungannya dengan professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi. Saya hanya berpesan hendaknya seseorang yang mempunyai profesi, baik itu seorang guru, penjahit, sopir, pilot dll, hendaknya harus digunakan sebagaimana mestinya.


    HIDUP DAN MAJU PENDIDIKAN INDONESIA!!!!

    Waalaikumsalam wr.wb.

    BalasHapus
  13. Pengertian profesi memang banyak definisinya, sesuai dengan jabatan yang dipakainya. Kata Profesi memiliki banyak anak kata yang mendefinisikan setiap fungsi dan jabatanya. Tidak terkecuali dengan guru. Ada profesi guru, Guru Profesional, Profesionalisme guru, dsb. Setiap jabatan profesi tentunya harus profesional, mampu menunjukan profesionalismenya. Profesi sering diartikan dengan pekerjaan, namun setiap pekerjaan belum tentu masuk kepada profesi. Karena setiap orang yang berprofesi tentu dituntut profesionalitasnya, dan profesionalitas selalu berhubungan dengan keahlian, latar belakang pendidikan, dan kode etik. Itulah yang membedakan antara kerja berprofesi dan kerja tidak berprofesi. Saya ingin sedikit menambahkan mengenai materi ini bahwa harus ada perbedaan yang jelas antara implementasi profesi dan bukan profesi. terima kasih.

    BalasHapus
  14. Assalamu alaikum....
    Professionalitas guru seharusnya berbanding lurus dengan pendapatan guru yang mereka dapat sekarang. Guru yang dulunya dibilang berpenghasilan rendah sekarang tidak dapat dikatakan demikian, dengan gaji pokok ditambah tunjangan dari pemda minimal Rp. 1.500.000 ditambah lagi tunjangan profesional bagi guru yang sudah sertifikasi dan honor dari sekolah itu sudah lebih dari cukup untuk menjadikan guru seorang yang mesti bersikap profesional.
    Sekarang masalahnya bagaimana kemauan sang guru untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka dengan menanamkan profesionalitas dalam bekerja.
    terima kasih.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb.

    Menurut penndapat saya Profesi dalam dunia pendidikan haruslah mengedapankan profesionalitas agar tercipta peserta didik yang mempunyai kompetensi yang berguna bagi kehidupannya.
    sikap profesional dalam menjalakan sebuah profesi haruslah dapat memilah dan memilih mana yang paling penting dan mana yang tidak serta tidak menccampur adukan masalah pribadi dala, pekerjaan.
    Waalaikumsalam wr.wb.

    BalasHapus
  16. Suatu profesi memang seharusnya dilihat dari latar belakang pendidikan yang dicapainya, tetapi tidak semua orang mengalami hal tersebut. Kondisi ini banyak dijumpai di sekitar kita. Misalnya ada seseorang yang hanya lulusan sekolah dasar atau bahkan tidak mengikuti sekolah formal menjadi seorang pengusaha atau pebisnis yang handal. Fenomena tersebut mungkin menjadi suatu bahan pertimbangan bahwa pengakuan secara informal kepada orang yang telah berhasil dan sukses dalam menjalankan keahlian serta pekerjaannya harus diperhatikan dalam rangka menciptakan atmosfer kompetitif yang lebih sehat dan terbuka. Jiwa untuk menjadi profesionalisme dan profesionalitas sangat dibutuhkan terutama bagi dunia pendidikan yang terus berpartisipasi dalam memperbaiki kondisi bangsa dan menjaga eksistensi bangsa dari pengaruh global yang memperburuk.


    PENDIDIKAN INDONESIA SEMOGA JADI LEBIH BAIK . . . AAMIIN

    TERIMA KASIH . . .

    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . . .

    BalasHapus
  17. profesi adalah
    jabatan yang melibatkan kegiatan intelektual
    jabatan yang menggeluti suatu batang tumbuh ilmu yang khusus
    jabatan yang memerlukan persiapan profesional yang lama
    jabatan yang menjanjikan karier hidup
    jabatan yang menentukan baku standarnya sendiri
    jabatan yang mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi

    BalasHapus
  18. profesi adalah pekerjaan, dan pekerjaan itu menuntut skill (Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoretis) dan profesionalitas... agar menjadi seorang yang profesional...

    BalasHapus
  19. berbicara tentang profesi kita pasti selalu terbayang dalam benak kita dengan pekerjaan atau jabatan seseorang. untuk itu berkaitan dengan guru sebagai profesi sudah selayaknya guru harus menjunjung tinggi sikap profesionalisme dalam mengajar. Guru harus terus mengembangkan kemampuan dalam dirinya agar tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi yang ada pada saat ini. damn mampu mencerdaskan generasi bangsa.


    Saatnya Bangsa ini kembali.........

    BalasHapus
  20. Memang kita harus mengerti apa arti dari kata profesi dalam arti yang sesungguhnya. Di saat ini memag cukup sulit menemukan guru yang benar-benar mengahayati profesinya sebagai seorang guru. Sering kita lihat seorang guru bekerja menjalani profesinya semata-mata hanya untuk memenuhi kebutuhannya saja. Hal ini sangat memperngaruhi kinerjanya sebagai pendidik. Para guru yang seperti ini menurut saya tidak mempunyai komitmen sebagai seorang guru. Seorang guru sejati seharusnya menunjukan tingkat pofesionalismenya yang tercermin pada kepribadiannya dan komitmen sebagai guru. Sehingga mutu pendidikan di indonesia menjadi lebih baik dengan adanya guru-guru yang berjiwa profesionalisme tinggi.

    BalasHapus
  21. Saya berpandangan bahwa profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelajaran, pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Profesi mempunyai karakteristik sendiri yang membedakannya dari pekerjaan lainnya. Misalnya bahwa profesi harus memiliki keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoretis, pendidikan yang ekstensif, lisensi, Kode etik dll.
    Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu, disebut profesional. Namun orang yang memiliki profesi jangan sampai melakukan tindakan-tindakan yang tidak profesional...

    BalasHapus
  22. Menurut saya, profesi adalah suatu rutinitas yang kita jalankan guna mendapat timbal balik secara materi maupun non materi dan memberikan nilai pada kehidupan kita...
    Namun, terlepas dari masalah pengertian sebuah profesi, sebenarnya kita hanya perlu menikmati dan mensyukuri apa yang telah menjadi rutinitas/profesi kita, dan mencari nilai positif dari apa yang kita kerjakan tersebut. Dan bila ada yang dinilai kurang dari apa yang kita perbuat, kita cukup memperbaikinya di masa mendatang...

    BalasHapus
  23. menurut saya profesi adalah sebagai pekerjaan yang didasari oleh keterampilan dan keahlian tertentu yang membutuhkan pelatihan, pengajaran dan pembelajaran pada setiap hal pengetahuan. jadi banyak definisi profesi sesuai dengan kedudukan atau jabatan tertentu.mudah - mudahan profesi kependidikan yang ada di indonesia sangatlah dijunjung tinggi nilai , harkat dan martabatnya dimana dengan nilai, harkat dan martabat tersebut setiap profesi yang dilakukan setiap manusia dapat menyesuaikan diri pada potensi yang optimal.

    BalasHapus
  24. Profesi Guru adalah profesi yang sangat mulia, sehingga kita harus menciptakan suasana profesional dimana proses kbm dilaksanakan sesuai kaidah.

    Kita tingkatkan profesionalisme guru di Indonesia dengan merujuk pada UU Pendidikan, majulah pendidikan Indonesia.

    BalasHapus
  25. AssaLammuaLaikum Wr.Wb
    Perkenalkan nama saya : Endah Prihatiningsih
    NO.REG : 5215079451
    Jurusan Tehnik Elektronika (Dikmenti)

    Saya berpendapat bahwa profesi adalah suatu pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya.Saat ini profesi yang sangat digandrungi adalah profesi guru dimana mempunyai tugas yang sangat mulia yaitu untuk menciptakan anak - anak bangsa yang potensial.Dan dalam istilah “profesi” yaitu dikenal istilah professional.Penyandangan dan penampilan “professional” ini telah mendapat pengakuan, baik segara formal maupun informal. Pengakuan secara formal diberikan oleh suatu badan atau lembaga yang mempunyai kewenangan untuk itu, yaitu pemerintah dan atau organisasi profesi. Sedang secara informal pengakuan itu diberikan oleh masyarakat luas dan para pengguna jasa suatu profesi. Sebagai contoh misalnya sebutan “guru professional” adalah guru yang telah mendapat pengakuan secara formal berdasarkan ketentuan yang berlaku, baik dalam kaitan dengan jabatan ataupun latar belakang pendidikan formalnya. Pengakuan ini dinyatakan dalam bentuk surat keputusan, ijazah, akta, sertifikat, dsb baik yang menyangkut kualifikasi maupun kompetensi. Sebutan “guru professional” juga dapat mengacu kepada pengakuan terhadap kompetensi penampilan unjuk kerja seorang guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai guru,karena guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

    BalasHapus
  26. AGUNG PRASETYO RINALDI
    NO.REG.5215077530
    PNRS1ELEKTRONIKA

    Kita tidak hanya mengenal istilah profesi untuk bidang-bidang pekerjaan seperti kedokteran, guru, militer, pengacara, dan semacamnya, tetapi meluas sampai mencakup pula bidang seperti manajer, wartawan, pelukis, penyanyi, artis, sekretaris dan sebagainya.
    Karena banyak orang yang profesional tidak atau belum tentu termasuk dalam pengertian profesi.

    PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

    PROFESIONAL, adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.

    PROFESI :

    - Mengandalkan suatu keterampilan atau keahlian khusus.

    - Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama (purna waktu).

    - Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup.

    - Dilaksanakan dengan keterlibatan pribadi yang mendalam.

    PROFESIONAL :

    - Orang yang tahu akan keahlian dan keterampilannya.

    - Meluangkan seluruh waktunya untuk pekerjaan atau kegiatannya itu.

    - Hidup dari situ.

    - Bangga akan pekerjaannya.

    BalasHapus
  27. Febry Listiawan
    5215070250
    alektronika

    Menurut saya kalau berbicara mengenai profesi Profesi adalah suatu pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang yang terbentuk dari pendidikan, pelatihan dan pengalaman di Alam atau di lingkungannya yang pernah dijalaninya selama dia hidup. Selain itu juga Profesi ada kaitannya dengan istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi.
    Bersikap profesionalisme dalam bekerja itu penting dan tidak boleh mencampur adukan urusan yang satu dengan yang lainnya karena akan menggangu kewajiban yang sesungguhnya dalam bekerja sesuai dengan pekerjaan masing-masing.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  30. yudha dharmawan
    pnr elektronika 07
    5215077539





    menurut saya profesi merupakan suatu aktifitas pekerjaan yang rutin dilakukan oleh seseorang.dalam hal kependidikan profesi sangat brkaitan dengan profesionalitas dalam hal kegiatan belajar mengajar.dalam materi kuliah profesi pendidikan mengajarkan agar kita dituntut bekerja profesional dalam kegiatan pendidikan .agar dapat mencapai standar kompetensi dalam pendidikan

    BalasHapus
  31. FATHURACHMAN
    PNR Teknik Elektronika 07
    5215077526


    menurut saya profesi ialah pekerjaan yang rutin dilakukan seseorang.dalam bidang pendidikan profesi pendidikan amat berkaitan dengan dunia belajar mengajar.profesi pendidikan dalam mata kuliah ini sangat penting dalam proses pendidikan di universitas.Sedang secara informal pengakuan itu diberikan oleh masyarakat luas dan para pengguna jasa suatu profesi. Sebagai contoh misalnya sebutan guru professional adalah guru yang telah mendapat pengakuan secara formal berdasarkan ketentuan yang berlaku, baik dalam kaitan dengan jabatan ataupun latar belakang pendidikan formalnya.

    BalasHapus
  32. fahmi amran
    pnr elektronika 07
    5215077528



    dlam mata kuliah profesi pendidikan profesi amat berkaitan dengan belajar mengajar.profesi adalah rutinitas yang biasa dilakukan seseorang.profesi sangat erat dengan dunia pendidikan.contohnya kegiatan belajar mengajar . pengertian “profesi” dan kemudian akan dikemukakan pengertian profesi guru. Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya

    BalasHapus
  33. tiyas pambudi
    noreg 5215079455 elrktronika
    profesi adalah suatu jabatan atau istilah yang di berikan kepada seseorang yang mempunyai ilmu yang lebih dari kebanyakan sehinga ia dapat dan ampu mengendalikan dirinya sendiri, seorang guru dapat di sebut sebuah profesi karena untuk menjadi guru harus mempunyai ilmu yang lebih dari peserta didik nya , guru adalah profesi yang mulia diantara profesi yang lain

    BalasHapus
  34. Lingga Trihasat S
    5215077546
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Assalamualaikum

    Profesionalisme menjadi taruhan ketika mengahadapi tuntutan-tuntutan pembelajaran demokratis karena tuntutan tersebut merefleksikan suatu kebutuhan yang semakin kompleks yang berasal dari siswa; tidak sekedar kemampua guru mengauasi pelajaran semata tetapi juga kemampua lainnya yang bersifat psikis, strategis dan produktif. Profesionalisme menjadi taruhan Ketika mengahadapi tuntutan-tuntutan pembelajaran demokratis karena tuntutan tersebut merefleksikan suatu kebutuhan yang semakin Kompleks yang berasal dari siswa; tidak sekedar kemampua guru mengauasi Pelajaran Semalam tetapi juga kemampua lainnya yang bersifat psikis, strategis dan Produktif. Tuntutan demikian ini hanya bisa dijawab oleh guru yang professional Tuntutan demikian ini hanya bisa dijawab oleh guru yang profesional

    Oleh karena itu, Sudarwan Danim menegasakan bahwa tuntutan kehadiran guru yang profesional tidak pernah surut, karena dalam latar proses kemanusiaan dan pemanusiaan,ia hadir sebagai subjek paling diandalkan, yang sering kali disebu sebagai Oemar bakri.22 Oleh karena itu, Sudarwan Danim menegasakan bahwa tuntutan KEHADIRAN profesional guru yang tidak pernah Surut, karena dalam proses Latar kemanusiaan dan pemanusiaan, ia hadir sebagai subjek pagar diandalkan, yang sering kali disebu sebagai Oemar bakri.22

    Istilah professional berasal dari profession, yang mengandung arti sama dengan occupation atau pekerjaan yang memerlukan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan atau latihan khusus..23 ada beberapa pengertian yang berkaitan dengan professionalisme yaitu okupasi, profesi dan amatif. Istilah profesional berasal dari profesi, yang mengandung arti sama dengan pekerjaan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan atau latihan khusus 23 .. ada beberapa sie yang berkaitan dengan professionalisme yaitu okupasi, profesi dan amatif. Terkadang membedakan antar para professional, amatir dan delitan.24 Maka para professional adalah para ahli di dalam bidangnya yang telah memperoelh pendidikan atau pelatihan yang khusus untuk pekerjaan itu. Terkadang membedakan perumahan para profesional, amatir dan delitan.24 Maka para profesional adalah para ahli di dalam bidangnya yang telah memperoelh pendidikan atau pelatihan yang khusus untuk pekerjaan itu.

    BalasHapus
  35. Ade setiawan
    5215077547
    PNR ELEKTRONIKA 07'

    Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang yang disenanginya, dan itu dijadikan jalan hidupnya untuk membiayai kehidupannya dan orang disekitarnya.

    BalasHapus
  36. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    Komentar tentang “pengertian profesi”

    Menurut saya, artikel ini bagus, karena kita dapat mengetahui istilah profesi dalam arti sebenarnya.dan kita dapat membedakan antara profesi, professional dan profesionalitas. Dan saya rasa profesi menjadi tolak ukur derajat manusia pada bidang-bidang tertentu. Seperti profesi guru, profesi guru kalau di bandingkan dengan profesi teknisi nyatanya lebih mulia guru ketimbang teknisi,. Karena profesi guru lebih banyak manfaatnya dan banyak menghasilkan teknisi-teknisi yang handal di kelasnya. Sedangkan teknisi hanya pada satu titik focus saja, yaitu memperbaiki alat tertentu saja. Dan saya sebagai cagur, berterima kasih sekali karena menambah wawasan tentang dunia kependidikan pada artikel yang bapak muat. Dan saya mengetahui bagaimana proses profesi menjadi professional menjadi profesionalitas.

    TUGAS PROFESI PENDIDIKAN

    BalasHapus
  37. Nama:Danu Purwanto
    No.Reg:5215077529
    PNR S1 Teknik Elektronika

    Profesi Menurut saya adalah ketika seseorang bekerja padasuatubidang tertentu, Profesional adalah ketika seseorang tersebut berani bertanggung jawab dan menghadapi segala hambatan yang terlibat dalam profesinya tersebut.

    BalasHapus
  38. Nama : Eko budiono
    No. Reg : 5215077520
    Program : PNR Pendidikan Teknik Ektronika 2007

    Menurut saya pengertian profesi adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, maksud perkataan sungguh-sungguh adalah mereka yang mempunyai suatu profesi melakukan pekerjaannya tanpa rasa pamrih dan penuh profesional demi memuaskan atau berguna untuk orang lain yang ada di sekitarnya. Yang dimaksud profesional adalah orang tersebut selalu mengikuti perubahan zaman guna supaya keprofesionalannya tetap diakui oleh orang-orang disekitarnya.

    BalasHapus
  39. IRFAN MUBAROK
    5215077548
    PNR ELEKTRONIKA 07

    menurut saya...
    profesi yang paling mulia kayaknya tukang sampah/pemulung yang memilih profesinya itu krn kesadaran sendiri, untuk mengolah limbah secara baik shg bisa didaur ulang dan megurangi polusi akibat terlalu banyaknya produk baru. Soalnya siapa sih yg mau jadi tukang sampah di Indonesia ?

    Profesi yang saya benci ?
    Orang yang penjilat dan mendapatkan jabatan penting akibat pintar menjilat dan bukan oleh kemampuan sendiri...
    Yang bikin saya benci bukan sifat penjilatnya itu sendiri...tapi kalo penjilat punya jabatan tinggi, dia kerjanya pasti gak bener (soalnya dia dapet jabatan itu bukan krn ia memang mampu kan?), akhirnya pekerjaan dilimpahkan pada anak buah, sedangkan ia makan gaji buta, apabila anak buahnya juga tidak ada yg mampu, perusahaan tempat ia bekerja bisa hancur...dan makin banyak pengangguran...

    BalasHapus
  40. Redi Hermawan
    5215077541
    PNR Pendidikan Teknik Elektronika


    menurut saya Profesi adalah merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian atau keterampilan dari pelakunya.
    sedangkan Profesional adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi. Hal ini juga pengaruh terhadap penampilan atau performance seseorang dalam melakukan pekerjaan di profesinya.

    BalasHapus
  41. Hotma Tiopan Simanjuntak
    5215077543
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Istilah “profesi” sudh cukup dikenal oleh semua pihak, dan senantiasa melekat pada “guru” karena tugas guru sesungguhnya merupakan suatu jabatan professional. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih tepat, berikut ini akan dikemukakan pengertian “profesi” dan kemudian akan dikemukakan pengertian profesi guru. Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Hal ini mengandung arti bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetepi memerlukan suatu persiapan melelui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk itu. Ada beberapa istilah lain yang dikembangkan yang bersumber dari istilah “profesi” yaitu istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionaloisasi.

    BalasHapus
  42. Nama: Giyanto
    No reg: 5215077523
    Prodi: PNR S1 PEND TEKNIK ELEKTRONIKA

    Menurut saya profesi adalah sebuah pekerjaan yang di lakukan oleh sebuah individu atau seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya serta berguna untuk orang- orang di sekitarnya.

    BalasHapus
  43. Nama:Haris Triyono
    No reg:5215077522
    prodi:PNR S1 Pend Teknik Elektronika 07

    Menurut saya profesi itu adalah suatu sebutan atau pengelompokan system pekerjaan menurut bidang pekerjaan atau jabatannya, tetapi arti profesi bagi kebanyakan orang ialah suatu sebutan gelar bagi orang-orang yang berpendidikan dan telah melewati berbagai training dan pelatihan dan biasanya diberikan pada guru, sebetulnya arti profesi dalam arti luas suatu pengelompokan system pekerjaan menurut bidang pekerjaan atau jabatan tanpa melihat apa yang dikerjakan orang itu karena pada hakikatnya kerja itu boleh apa ajah tidak hanya guru, jadi setiap orang yang melakukan pekerjaan berarti orang tersebut dapat dikatakan mempunyai profesi.

    BalasHapus
  44. YULIANTO
    5215077536
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Belum ada kata sepakat mengenai pengertian profesi karena tidak ada standar pekerjaan/tugas yang bagaimanakah yang bisa dikatakan sebagai profesi. Ada yang mengatakan bahwa profesi adalah “jabatan seseorang walau profesi tersebut tidak bersifat komersial”. Secara tradisional ada 4 profesi yang sudah dikenal yaitu kedokteran, hukum, pendidikan, dan kependetaan.

    BalasHapus
  45. Apapun profesi yang dimiliki orang,yang berbeda-beda harus dilakukan seprofesional mungkin dan sebaik-baiknya serta memberikan manfaat kepada oranglain.

    BalasHapus
  46. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    Istilah profesi telah dimengrti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetap sesuai. Tetapi dengan ahlian saja yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, juga belum cukup disebut profesi. Tetapi perlu menguasai teori sistematis yang mendasari praktek pelaksanaan, dan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek. Kita tidak hanya mengenal istilah profesi untuk bidang-bidang pekerjaan seperti kedokteran, guru, militer, pengacara, dan semacamnya, tetapi meluas sampai mencakup pula bidang seperti manager, wartawan, pelukis, penyanyi, artis, sekretaris dan sebagainya.

    BalasHapus
  47. Maulana M No.Reg 5215074939
    Profesi seseorang yang menggeluti di bidangnya dan memiliki kemampuan di bidang keahliannya masing-masing sehingga menjadi profesional.

    BalasHapus
  48. Aditya_triantoro
    PNR Elektronika 07
    Assalammualaikum Wr.Wb.
    Menurut pendapat saya, sangat setuju bahwa tidak semua pekerjaan dikatakan sebagai profesi.Karena pekerjaan yang dikatakan profesi itu memerlukan sesuatu persiapan pendidikan yang menuntut keahlian yang dimiliki. Oleh karena itu, tidak semua pekerjaan dapat dikatakan profesi. karena profesi harus harus memerlukan persiapan pendidikan yang menuntut keahlian yang dimiliki dalam bentuk surat keputusan, ijazah, akta, sertifikat yang menyangkut kualifikasi maupun kompetensi yang dimilikinya.
    Wassalammualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  49. Nama:M.goeltom
    5215077518
    PNR S1 elektronika 07
    Menurut saya profesi kalau kita kaji dengan secara logis adalah kita ini hidup di dunia ini ini bisa kita katakan sebagai profesi kehidupan berarti kita bertanggung jawab atas kehidupan ini dan jika kita berbicara secara absrak misalkan saja di dalam dunia pekerjaan kita mendapat profesi atau jabtan berarti kita harus menerima apa yang sebagai tanggung jawab kita .

    BalasHapus
  50. asep syaefudin
    5215077531
    PNR S1 PEND.TEK.ELEKTRONIKA
    guru itu memegang peranan yang sangat penting. karena, guru adalah sebagai panutan bagi para siswa. guru merupakan agen perubahan social (agent of social change) yang mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku umat manusia menuju kehidupan yang lebih baik. Lebih bermatabat, dan lebih mandiri.
    Oleh karena itu, arah pembinaan dan peningkatan kualitas guru hendaknaya diorientasikan pada pembentukan guru yang efektif, agar pendidikan di negara kita menjadi lebih maju.

    BalasHapus
  51. Rendi Irwanto
    5215077533
    PNR Pend.Tekhnik Elektronika 2007


    PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

    PROFESIONAL, adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.

    BalasHapus
  52. Jaka Mulyadi
    PNR ELKA 07
    5215077524

    Saya akan menambahkan beberapa materi tambahan yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,teknikdan desainer dan juga pada bidang pendidikan. Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walaupun begitu, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir. Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi.
    Seorang profesional adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut "profesional" dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah. Sebagai contoh, dalam dunia olahraga terdapat olahragawan profesional yang merupakan kebalikan dari olahragawan amatir yang bukan berpartisipasi dalam sebuah turnamen/kompetisi demi uang.
    Profesi adalah pekerjaan, namun tidak semua pekerjaan adalah profesi. Profesi mempunyai karakteristik sendiri yang membedakannya dari pekerjaan lainnya. Daftar karakterstik ini tidak memuat semua karakteristik yang pernah diterapkan pada profesi, juga tidak semua ciri ini berlaku dalam setiap profesi:
    1. Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoretis: Profesional diasumsikan mempunyai pengetahuan teoretis yang ekstensif dan memiliki keterampilan yang berdasar pada pengetahuan tersebut dan bisa diterapkan dalam praktek.
    2. Asosiasi profesional: Profesi biasanya memiliki badan yang diorganisasi oleh para anggotanya, yang dimaksudkan untuk meningkatkan status para anggotanya. Organisasi profesi tersebut biasanya memiliki persyaratan khusus untuk menjadi anggotanya.
    3. Pendidikan yang ekstensif: Profesi yang prestisius biasanya memerlukan pendidikan yang lama dalam jenjang pendidikan tinggi.
    4. Ujian kompetensi: Sebelum memasuki organisasi profesional, biasanya ada persyaratan untuk lulus dari suatu tes yang menguji terutama pengetahuan teoretis.
    5. Pelatihan institutional: Selain ujian, juga biasanya dipersyaratkan untuk mengikuti pelatihan istitusional dimana calon profesional mendapatkan pengalaman praktis sebelum menjadi anggota penuh organisasi. Peningkatan keterampilan melalui pengembangan profesional juga dipersyaratkan.
    6. Lisensi: Profesi menetapkan syarat pendaftaran dan proses sertifikasi sehingga hanya mereka yang memiliki lisensi bisa dianggap bisa dipercaya.
    7. Otonomi kerja: Profesional cenderung mengendalikan kerja dan pengetahuan teoretis mereka agar terhindar adanya intervensi dari luar.
    8. Kode etik: Organisasi profesi biasanya memiliki kode etik bagi para anggotanya dan prosedur pendisiplinan bagi mereka yang melanggar aturan.
    9. Mengatur diri: Organisasi profesi harus bisa mengatur organisasinya sendiri tanpa campur tangan pemerintah. Profesional diatur oleh mereka yang lebih senior, praktisi yang dihormati, atau mereka yang berkualifikasi paling tinggi.
    10. Layanan publik dan altruisme: Diperolehnya penghasilan dari kerja profesinya dapat dipertahankan selama berkaitan dengan kebutuhan publik, seperti layanan dokter berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat.
    11. Status dan imbalan yang tinggi: Profesi yang paling sukses akan meraih status yang tinggi, prestise, dan imbalan yang layak bagi para anggotanya. Hal tersebut bisa dianggap sebagai pengakuan terhadap layanan yang mereka berikan bagi masyarakat.

    BalasHapus
  53. Profesi
    Niwan (5215077537)
    Pend.teknik Elektronika 07

    Profesi

    Istilah profesi telah dimengerti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetap sesuai. Tetapi dengan keahlian saja yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, juga belum cukup disebut profesi. Tetapi perlu penguasaan teori sistematis yang mendasari praktek pelaksanaan, dan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek.

    Sejalan dengan itu, menurut DE GEORGE, timbul kebingungan mengenai pengertian profesi itu sendiri, sehubungan dengan istilah profesi dan profesional. Kebingungan ini timbul karena banyak orang yang profesional tidak atau belum tentu termasuk dalam pengertian profesi. Berikut pengertian profesi dan profesional menurut DE GEORGE :

    PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

    PROFESIONAL, adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.


    Yang harus kita ingat dan fahami betul bahwa “PEKERJAAN / PROFESI” dan “PROFESIONAL” terdapat beberapa perbedaan :

    PROFESI :

    - Mengandalkan suatu keterampilan atau keahlian khusus.

    - Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama (purna waktu).

    - Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup.

    - Dilaksanakan dengan keterlibatan pribadi yang mendalam.

    PROFESIONAL :

    - Orang yang tahu akan keahlian dan keterampilannya.

    - Meluangkan seluruh waktunya untuk pekerjaan atau kegiatannya itu.

    - Hidup dari situ.

    - Bangga akan pekerjaannya.

    Karakteristik profesi
    Profesi adalah pekerjaan, namun tidak semua pekerjaan adalah profesi. Profesi mempunyai karakteristik sendiri yang membedakannya dari pekerjaan lainnya. Daftar karakterstik ini tidak memuat semua karakteristik yang pernah diterapkan pada profesi, juga tidak semua ciri ini berlaku dalam setiap profesi:

    Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoretis: Profesional diasumsikan mempunyai pengetahuan teoretis yang ekstensif dan memiliki keterampilan yang berdasar pada pengetahuan tersebut dan bisa diterapkan dalam praktek.
    Asosiasi profesional: Profesi biasanya memiliki badan yang diorganisasi oleh para anggotanya, yang dimaksudkan untuk meningkatkan status para anggotanya. Organisasi profesi tersebut biasanya memiliki persyaratan khusus untuk menjadi anggotanya.
    Pendidikan yang ekstensif: Profesi yang prestisius biasanya memerlukan pendidikan yang lama dalam jenjang pendidikan tinggi.
    Ujian kompetensi: Sebelum memasuki organisasi profesional, biasanya ada persyaratan untuk lulus dari suatu tes yang menguji terutama pengetahuan teoretis.
    Pelatihan institutional: Selain ujian, juga biasanya dipersyaratkan untuk mengikuti pelatihan istitusional dimana calon profesional mendapatkan pengalaman praktis sebelum menjadi anggota penuh organisasi. Peningkatan keterampilan melalui pengembangan profesional juga dipersyaratkan.
    Lisensi: Profesi menetapkan syarat pendaftaran dan proses sertifikasi sehingga hanya mereka yang memiliki lisensi bisa dianggap bisa dipercaya.
    Otonomi kerja: Profesional cenderung mengendalikan kerja dan pengetahuan teoretis mereka agar terhindar adanya intervensi dari luar.
    Kode etik: Organisasi profesi biasanya memiliki kode etik bagi para anggotanya dan prosedur pendisiplinan bagi mereka yang melanggar aturan.
    Mengatur diri: Organisasi profesi harus bisa mengatur organisasinya sendiri tanpa campur tangan pemerintah. Profesional diatur oleh mereka yang lebih senior, praktisi yang dihormati, atau mereka yang berkualifikasi paling tinggi.
    Layanan publik dan altruisme: Diperolehnya penghasilan dari kerja profesinya dapat dipertahankan selama berkaitan dengan kebutuhan publik, seperti layanan dokter berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat.
    Status dan imbalan yang tinggi: Profesi yang paling sukses akan meraih status yang tinggi, prestise, dan imbalan yang layak bagi para anggotanya. Hal tersebut bisa dianggap sebagai pengakuan terhadap layanan yang mereka berikan bagi masyarakat.
    Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Profesi"
    Kategori: Pekerjaan

    BalasHapus
  54. Hafis Rizki R
    5215077517
    Pend.teknik Elektronika 07


    Menurut pendapat Saya,
    Profesi itu harus dilakukan dengan secara profesional. Karna, akan menghasilkan sebuah hasil yang maksimal atau baik.

    Dan benar bahwa pada dasarnya jika ia mau melakukan kerja keras semua orang memiliki kemampuan mengajarkan sesuatu pada orang lain,baik itu disadari maupun tanpa disadari.

    Oleh karena itu, hanya seorang gurulah yang memiliki kemampuan yang menuntut keahlian, tanggung jawab, dan kesetiaan. Suatu profesi tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang yang tidak dilatih atau dipersiapkan untuk menjadi guru yang profesional.

    BalasHapus
  55. Fitri Rahayu
    5215077535
    PNR ELKA 07'

    Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Hal ini mengandung arti bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetepi memerlukan suatu persiapan melelui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk itu. Ada beberapa istilah lain yang dikembangkan yang bersumber dari istilah “profesi” yaitu istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionaloisasi secara tepat, berikut ini akan diberikan pengkelasan singkat mengeni pengertian istilah tersebut.

    BalasHapus
  56. Hermanudin
    5215079443

    Guru dapat dikatakan sebagai profesi apabila seorang guru menjalankan tugasnya sesuai dengan latar belakang pendidikan formalnya maupun keahliannya. Untuk itu bila seorang guru ingin dikatakan pekerjaannya dapat dikatakan sebagai profesi dengan mengembangkan diri seperti melalui jalur pendidikan dan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kualifikasi sebagai guru.

    Peningkatan mutu guru sebagai profesi juga dapat meningkatkan prestise sendiri bagi seorang guru baik sebagai pribadi maupun lembaga-lembaga tempat bertugas.

    BalasHapus
  57. nazarudin
    5115046513

    Profesional...kata-kata ini menjadi dambaan bagi setiap orang baik sebagai pelaku suatu profesi maupun sebagai pengguna atas profesi tersebut. Untuk mencapai hasil tersebut tidaklah mudah melainkan harus melalui penidikan-pendidikan tertentu, teratur dan terarah, karena untuk menjadi seorang profesional harus mengikuti kaidah-kaidah atau aturan yang berlaku dan benar. Dengan bekal pendidikan yang baik dan benarlah seseorang pada nantinya juga akan mampu menjadi seorang guru atau pendidik yang profesional yang pada akhirnya mampu mencetak lulusan-lulusan yang mempunyai kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri, pendidikan serta masyarakat secara langsung.

    BalasHapus
  58. nur cahyadi sunanta
    5115046511

    Profesional adalah cara kerja yang baik dan benar,
    Sedangkan Profesi menurut saya terbagi 2 yaitu:
    Pertama, Profesi yang membutuhkan pendidikan tinggi dan pelatihan misalnya dokter, guru, pengacara,arsitek.
    Kedua, Profesi yang lebih membutuhkan ketrampilan dibanding pendidikan misalnya pedagang, atlet, pemusik, penyanyi, dll.

    BalasHapus
  59. Wawan Jaya Kuswata
    5215079441
    T.Elektronika

    Guru yang profesional adalah guru yang digugu dan ditiru. Seorang profesional harus selalu mengutamakan tugas utamanya, yaitu mengajar dan mendidik. keprofesionalan guru harus diimbangi dengan kesejahteraan guru.

    BalasHapus
  60. Tri Novianti
    8135072766
    Pend.Tata Niaga Reg 2007

    menurut saya,,
    profesional adalah setiap orang yang dapat engerjakan pekerjaan dengan baik, dan dapat memuaskan orang lain.mengerjakan sesuatu pekerjaan pokok dan bukan sekedar mengisi waktu luang.

    BalasHapus
  61. umi karolina
    tn reg 07
    8135072773

    menurut saya profesionalisme adalah orang yang memiliki pekerjaan penuh waktu bukan sekedar mengisim waktu luang dan orang profesionalisme bisa mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan berguna bagi semua orang.dan orang yang profesionalisme tidak mengerjakan suatu pekerjaan setengah2 karena ia akan mendalami suatu pekerjaan tersebut dengan ikhlas.

    BalasHapus
  62. Noritha Kristianty
    8135072787
    Pend.Tata Niaga Reg'07

    Profesi yang dijalani oleh seseorang memang pada dasarnya adalah sebuah tanggungjawab yang ada pada diri orang tersebut yang menuntut diri orang tersebut untuk disiplin dalam menjalankan profesinya. Karena seorang profesional secata teknis harus mendapatkan pengakuan yang baik dari hasil kerja kerasnya dan bukan hanya sekedar iseng-iseng, melainkan memang atas dasar pilihan hidupnya untuk menekuni hal tersebut..

    BalasHapus
  63. Triwibisono. I
    TN reg 07
    8135072779


    Profesi adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang, profesi memerlukan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan atau latihan khusus. Profesi memerlukan sebuah professionalisme agar profesinya memberi sumbangsih positif bagi orang disekitarnya, karena sebaik – baiknya manusia adalah yang memberi manfaat bagi orang lain

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  65. dewi setiyarini
    8135072775
    pend. tata niaga reg 07


    menurut saya,, profesi merupakan awal dari tuntutan manusia akan profesional, profesionalisme, profesionalitas dan profesionalisasi.

    profesi merupakan keahlian dari seseorang yang memerlukan pelatihan yang cukup lama, karena adanya keahlian tersebut maka seseorang yang mempunyai profesi di tuntut untuk profesional. apakah ia bekerja sesuai dengan keahliannya secara penuh atau tidak. karena hal ini dapat memepengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap profesi yang di pegangnya. apabila ia sudah profesional maka ia harus terus mengembangkan kualitas profesionalnnya agar dapat mengikuti tuntutan perkembnagan jaman. biasanya di sebut dengan profesionalisme. apabila seseorang telah mencoba untuk mengem,bangkan dirinya maka orang tersebut harus mencerminkan profesinya tersebut melalui sikap, pengetahuan, dan keahliannya atau di sebut profesionalitas. dan ia pun harus bisa meningkatkan profesinya sesuai dengan standar yang telah di tetapkan atau profesionalisasi.

    BalasHapus
  66. Revita Renda I
    pend. tata niaga reg 07

    profesi adalah suatu pekerjaan seseorang yang ahli di bidangnya. seseorang yang mempunyai profesi harus dapat menjalankannya secara total di pekerjaanya dan tidak hanya sekedar mengisi waktu luang atau iseng-iseng. ini yang dinamakan profesionalisme. jika seseorang tidak melakukan profesinya secara profesionalisme, tentunya ia akan kehilangan kepercayaan oleh masyarakat dan ditinggalkan masyarakat.

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  68. Dwi Yuniarti
    8135072800
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Seorang profesional harus menjalankan profesinya dengan baik, karena seorang profesional tidak hanya menjalankan tugasnya sebagai pekerjaan biasa, melainkan menjalankan tugasnya sebagai prioritas hidupnya untuk mendapatkan penghasilan demi menafkahi hidupnya.

    BalasHapus
  69. taofiq
    TN reg 07
    813 507 2805

    menurut saya, profesi itu suatu pekerjaan atau aktifitas dimana pelakunya adalah orang yang sudah ahli atau menguasai bidang yang ditekuninya yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.
    misalkan saja profesi dokter,pengacara dan koki. mereka telah menempuh suatu jenjang pendidikan untuk terjun di dalamnya dan menghasilkan nafkah dari sini

    BalasHapus
  70. sri rahayu
    8135072789
    Pend.Tata Niaga Reg'07

    aslm..
    Profesi adalah suatu bidang pekerjaan yang telah ditekuni dan dijalankan oleh seseorang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan.
    seseorang yang memiliki profesi haruslah menempuh suatu jenjang pendidikan terlebih dahulu. Dan seseorang dapat dikatakan profesionalisme apabila dapat mengerjakan pekerjaannya dengan total.

    BalasHapus
  71. Prinanto Hadi Wibowo
    Pend. Tata Niaga 07 reg
    8135072788

    dalam suatu sangat dibutuhkan profesionalisme terutama pada stf pengajar. profesi harus menempuh pendidkan dahulu, karena profesionalisme harus ada di dalam diri pengajar

    BalasHapus
  72. risthy s.
    8135072770
    tn'reg 07

    menurut saya, profesi itu adalah suatu pekerjaan yang dilkukan seorang individu guna menghasilkan penghasilan. profesi hendaknya harus sesuai kemampuan dan disertai minat yang berasal dari dalam diri agar totalitas pelaksanaan nya tepat dan baik.

    BalasHapus
  73. liza sabriani
    Tn Reg 07
    8135072797

    Menurut pendapat saya profesi itu suatu rutinitas setiap hari yang dilakukan seseorang dengan memiliki visi misi dan tujuan yang jelas dan terarah.

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  75. Profesi adalah suatu pekerjaan, tapi tidak semua pekerjaan adalah profesi. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Menjadi seorang guru adalah sebuah profesi, guru yang mengerjakan profesinya dengan baik dapat dikatakan guru yang profesional. Oleh karena itu dalam menjalankan sebuah profesi, kita dituntut untuk bersikap profesional.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  76. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Menurut pendapat saya, Professional mempunyai makna yang mengacu kepada sebutan tentang orang yang menyandang suatu profesi dan sebutan tentang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengn profesinya. Penyandangan dan penampilan “professional” ini telah mendapat pengakuan, baik segara formal maupun informal. Profesionalisme adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya. Seorang guru yang memiliki profesionalisme yang tinggi akan tercermin dalam sikap mental serta komitmennya terhadap perwujudan dan peningkatan kualitas professional melalui berbagai cara dan strategi.

    BalasHapus
  77. Profesi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan dibidangnya untuk memenuhi kebutuhannya,

    BalasHapus
  78. febriany(TN;NR 07)8135077977
    profesi adalah suatu bidang pekerjaan,,, sesuai dengan bidang yang dikuasai....

    BalasHapus
  79. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian...
    Profesional adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi...
    guru professional mengacu kepada pengakuan terhadap kompetensi penampilan unjuk kerja seorang guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai guru,karena guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa...

    BalasHapus
  80. Diajie Ary Tohfati
    8135077980
    tn non reg 07

    menurut saya profesi adalah sesuatu yang kita kerjakan dengan ketekunan dan menjadikan kita ahli dibidang tersebut. Pekerjaan tidak sama dengan profesi…

    BalasHapus
  81. Ary Prabowo
    TN NR 07

    profesi merupakan pekerjaan atau jabatan yang dituntut memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidangnya.

    BalasHapus
  82. Dalam menjalankan suatu profesi harus melakukan sikap profesional yaitu sikap yang dilakukan sesuai dengan kode etik yang berlaku pada setiap profesi. Bersikap profesionalisme dalam bekerja itu penting dan tidak boleh mencampur adukan urusan yang satu dengan yang lainnya karena akan menggangu kewajiban yang sesungguhnya dalam bekerja sesuai dengan pekerjaan masing-masing.

    BalasHapus
  83. asalamualaikum wr wb
    mohamad yaser
    8135077967
    menurut saya, Profesional adalah orang yang memiliki atau menyandang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya baik dalam segi formal maupun informal. Sedangkan profesionalisme adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya dan guru profesional adalah guru yang senantiasa mendukung dan mengarahkan siswanya untuk melakukan semua hal yang dengan baik tidak pilih kasih dalam memberikan bimbingan.

    BalasHapus
  84. David Ramot
    8135072801
    Pend.Tata Niaga Reg.07

    Profesi adalah suatu bidang yang kita geluti dimana kita harus mahir dengan apa yang kita lakukan.
    Sebagai profesi seorang guru kita harus mempunyai sikap profesional dalam pekerjaan yang dilakukan sebagai seorang guru dan mampu memaksimalkan segala potensi yang ada di dalam diri.

    BalasHapus
  85. alek monaris s
    pend.tata niaga reg07
    8135072768

    profesi..
    merupakan suatu kegiatan yang melekat pada kehidupan seseorang yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya juga untuk melaksanakan tanggung jawab profesinya.. .

    dalam melaksanakan sebuah profesi sebaiknya seseorang harus meiliki keterampilan khusus dan pendidikan khusus dan memiliki sikap profesional baik ia sebagai staf ahli maupun sebgai pengajar.. .

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  87. lukmaN > TN (non reg) 07

    Menurut saya, Profesi itu adalah suatu pekerjaan yang dipegang oleh seseorang sesuai kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut dan harus dijalaninya secara profesional.

    BalasHapus
  88. wahyu tn reg 2007
    setiap orang yang nemiliki suatu pekerjaan, maka orang tersebut dapat dibilang memiliki profeisi. setiap orang yang memiliki profesi,hendaknya memiliki profesionalitas karena jika ia tidak memiliki profesionalitan ia tidak akan bisa menjalankan profesinya dengan baik.

    BalasHapus
  89. Dwi Yunita
    Pend. Tata Niaga NR'07

    Seseorang baru bisa dikatakan profesional jika orang tersebut sudah mengetahui betul apa yang harus dia lakukan untuk pekerjaannya tersebut. jadi menurut saya profesi adalah pekerjaan yang memang sudah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang.

    BalasHapus
  90. Noritha Kristianty
    8135072787
    Pend. Tata Niaga Reg'07

    Profesi adalah sebuah pekerjaan yang dipilih seseorang untuk digeluti dan ditekuninya untuk menafkahi hidupnya, bukan hanya sekedar pekerjaan yang dikerjakan karena hobby belaka. Dari profesi itulah maka timbul sikap profesionalisme yang sangat penting dalam setiap hidup manusia, karena dengan profesionalisme itulah akan terlihat tingkat profesionalitas seseorang yang menunjukan tingkan kemapanan hidupnya.

    BalasHapus
  91. Fitri Amelia
    8135072765
    Pend.Tata Niaga Reg 07

    Profesi adalah suatu pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang yang terbentuk dari pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang pernah dijalaninya selama hidup. Selain itu juga Profesi ada kaitannya dengan istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi. Profesional adalah orang yang memiliki atau menyandang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya baik dalam segi formal maupun informal. Setiap pofesi yang di jalani seseorang haruslah mampu besifat profesional. karena denga profesional itulah kemampuan seseorang akan terlihat dan pekerjaan yang dihasilkannnya akan memuaskan dan menguntungkan baik diri sendiri maupun orang lan.

    BalasHapus
  92. Fitri Amelia
    8135072765
    Pend.Tata Niaga Reg 07

    Profesi adalah suatu pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang yang terbentuk dari pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang pernah dijalaninya selama hidup. Selain itu juga Profesi ada kaitannya dengan istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi. Profesional adalah orang yang memiliki atau menyandang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya baik dalam segi formal maupun informal. Setiap pofesi yang di jalani seseorang haruslah mampu besifat profesional. karena denga profesional itulah kemampuan seseorang akan terlihat dan pekerjaan yang dihasilkannnya akan memuaskan dan menguntungkan baik diri sendiri maupun orang lan.

    BalasHapus
  93. rizky dwi perwitasari
    8135077963
    TN (nonreg07)


    menurut saya profesi adalah pekerjaan seseorang yang didapat dengan kemampuannya sendiri melalui apa yang sudah dipelajarinya baik dari pengalaman ataupun dari pendidikan formal..
    profesional keadaan dimana orang tersebut dapat melakukan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab..

    BalasHapus
  94. aditya septiadi a
    8135072783
    tN reg 07

    Profesi adalah sebuah pekerjaan atau aktivitas yang digeluti seseorang orang intuk menafkahi dia dan keluarganya dan membutuhkan suatu kealian dalam menjalaninya...
    Dari profesi itulah akan muncul sikap profesional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionaloisasi dalam pelaksanaan profesi itu sendiri........

    BalasHapus
  95. Amalina Imadarty
    8135077986
    TN NR 07

    Menurut saya, Profesi itu merupakan suatu pekerjaan yang menuntut keahlian, rasa tanggung jawab yang tinggi, bekerja dengan sungguh-sungguh, loyalitas, pantang menyerah untuk menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Pekerjaan ini tidak dapat dipegang oleh sembarang orang tapi memerlukan persiapan yang matang melalui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus.

    BalasHapus
  96. Indra septifurdiana
    TN NR 07
    8135077964

    Profesi adalah suatu pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang yang terbentuk dari pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang pernah dijalaninya selama dia hidup. Seorang guru harus bertanggung jawab terhadap anak didiknya dan memberikan contoh yang baik maka guru tersebut telah profesional terhadap profesinya.

    BalasHapus
  97. anggi arisaputri Tn_Nr07
    8135077971

    menurut saya hanya gurulah profesi yang paling mulia..

    karna dari guru lah terlahir bibit yang dapat memajukan bangsa... yang jelas guru yang profesiobal yang akan melahirkan bibit unggul dalam kemajuan bangsa.....

    BalasHapus
  98. dedy prasetyo
    8135077956
    TN non 07

    Profesi adalah suatu pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang yang terbentuk dari pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang pernah dijalaninya selama dia hidup.

    BalasHapus
  99. Karina dwijaya oktariani
    8135077957

    berbicara tentang profesi kita pasti selalu terbayang dalam benak kita dengan pekerjaan atau jabatan seseorang. untuk itu berkaitan dengan guru sebagai profesi sudah selayaknya guru harus menjunjung tinggi sikap profesionalisme dalam mengajar. Guru harus terus mengembangkan kemampuan dalam dirinya agar tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi yang ada pada saat ini. damn mampu mencerdaskan generasi bangsa.

    BalasHapus
  100. aisyah R ( TN 07 )

    profesi merupakan pekerjaan yang dapat menghasilkan sesuatu sehingg kita dapat terus menjalani hidup..
    profesi yang paling mulia adalah menjadi guru, karena guru berjuang untuk muridnya tanpa pamrih..
    namun saat ini guru kurang memiliki kemampuan teknologi yang kurang sehingga murid pun berpengaruh karena metode yang diterapkan masih menggunakan metode lama..

    BalasHapus
  101. Qurota Aini TN NR'07

    Menurut Saya,
    profesi adalah pekerjaan seseorang yang didapat dari kemampuannya dan pengalamannya dia selama hidupnya melalui diri sendiri lewat apa yang sudah dipelajarinya baik dari pengalaman ataupun dari pendidikan formal..
    profesional keadaan dimana orang tersebut dapat melakukan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab..
    Pada dasarnya jika seseorang mau..
    semua orang memiliki kemampuan mengajarkan sesuatu pada orang lain,
    baik itu disadari maupun tanpa disadari sebab suatu profesi tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang yang tidak dilatih atau dipersiapkan terlebih dahulu untuk menjadi guru yang profesional..

    BalasHapus
  102. fitri melawati tn nr 07

    mendengar kata-kata profesi kita teringat dengan status atau jabatan seseorang.. dan profesi yang paling mulia adalah seorang guru.. karena guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.. karena beliau,,yang mengajarkan kita dari mulai kita belajar membaca, berhitung, dll. guru juga harus mengembangkan potensinya agar semakin berkembang.

    BalasHapus
  103. Rosita.

    Assalmu'alaikum..

    Menurut saya pengertian profesi yaitu suatu keahlian.
    Artikel diatas sudah sangat jelas dari pengertian profesi tersebut, dan saya tidak banyak memberikan komentar karena artikel itupun sudah sangat jelas.

    Dalam hal ini Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya.

    Selain itu, juga mengandung pengertian bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetepi memerlukan suatu persiapan melelui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk hal ini.

    Demikian pendapat yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat...

    Wassalam....
    Rosita. TN'07

    BalasHapus
  104. Jenny christine (8135077998)
    TN NR 07

    profesi adalah suatu bidang keahlian pada setiap orang.

    profesi yang dimiliki seseorang itu harus lebih bertanggung jawab karena tidak semua keahlian yang dimilikinya dapat dimiliki juga sama orang lain dan di pegang oleh orang lain.

    Profesi juga adalah sebutan kepada sikap mental seseorang dalam bentuk komitmen yang senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya.

    BalasHapus
  105. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    menurut saya.........
    profesi adalah suatu pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya.Saat ini profesi yang sangat digandrungi adalah profesi guru dimana mempunyai tugas yang sangat mulia yaitu untuk menciptakan anak - anak bangsa yang potensial.Dan dalam istilah “profesi” yaitu dikenal istilah professional.Penyandangan dan penampilan “professional” ini telah mendapat pengakuan, baik segara formal maupun informal. Pengakuan secara formal diberikan oleh suatu badan atau lembaga yang mempunyai kewenangan untuk itu, yaitu pemerintah dan atau organisasi profesi. Sedang secara informal pengakuan itu diberikan oleh masyarakat luas dan para pengguna jasa suatu profesi. Sebagai contoh misalnya sebutan “guru professional” adalah guru yang telah mendapat pengakuan secara formal berdasarkan ketentuan yang berlaku, baik dalam kaitan dengan jabatan ataupun latar belakang pendidikan formalnya. Pengakuan ini dinyatakan dalam bentuk surat keputusan, ijazah, akta, sertifikat, dsb baik yang menyangkut kualifikasi maupun kompetensi.

    BalasHapus
  106. chProfesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan/menuntut keahlian (expertise), menggunakan teknik-teknik ilmiah, serta dedikasi yang tinggi. Keahlian diperoleh dari lembaga pendidikan yang khusus diperuntukkan untuk itu dengan kurikulum yang dapat dipertanggungjawabkan.

    Ciri-ciri profesi, yaitu adanya:

    standar unjuk kerja;

    lembaga pendidikan khusus untuk menghasilkan pelaku profesi tersebut dengan standar kualitas akademik yang bertanggung jawab adalah organisasi profesi,etika dan kode etik profesi,sistem imbalan,pengakuan masyarakat...

    BalasHapus
  107. christina panjaitan
    tn reguler 2007

    Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan/menuntut keahlian (expertise), menggunakan teknik-teknik ilmiah, serta dedikasi yang tinggi. Keahlian diperoleh dari lembaga pendidikan yang khusus diperuntukkan untuk itu dengan kurikulum yang dapat dipertanggungjawabkan.

    Ciri-ciri profesi, yaitu adanya:

    standar unjuk kerja;

    lembaga pendidikan khusus untuk menghasilkan pelaku profesi tersebut dengan standar kualitas akademik yang bertanggung jawab;

    1.organisasi profesi;

    2.etika dan kode etik profesi;

    3.sistem imbalan;

    4.pengakuan masyarakat.

    BalasHapus
  108. Menurut saya, profesi adalah suatu bidang atau pekerjaan yang digeluti seseorang dengan kemampuan yang dimilikinya untuk menjunjung sikap profesional.

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. Tn (NR)

    BalasHapus
  109. Sutriyani
    8135077961
    Pend.TN non Reg'07

    assalamualaikum...
    Profesi adalah suatu jabatan untuk menjalankan suatu amanah yang didorong oleh sikap profesional dan bertanggungjawab.

    BalasHapus
  110. imam irawan
    8135072811
    pend tata niaga reg 07

    PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.Istilah profesi telah dimengerti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetap sesuai. Tetapi dengan keahlian saja yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, juga belum cukup disebut profesi. Tetapi perlu penguasaan teori sistematis yang mendasari praktek pelaksanaan, dan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek.

    BalasHapus
  111. RAja Yuda Roderick Siahaan
    8135077978
    Pend.TN non Reg'07
    Dalam menjalankan suatu profesi harus melakukan sikap profesional yaitu sikap yang dilakukan sesuai dengan kode etik yang berlaku pada setiap profesi, seorang guru arus bertidak lebih profesional pada para siswanya.
    bila kita ingin menuntut profesional guru kita juga arus melihat kesejahteraan guru, dengan begini guru akan lebih profesional bila kesejahteraan terpenuhi karna tuntun ekonomi terpenuhi, sehingga tak ada beben dari guru dan dapat bekerja lebih profesionl

    BalasHapus
  112. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non Reg 07
    8135077958

    setiap pekerjaan yang dilakukan secara rutin, itu sudah termasuk dalam profesi.
    dan jika dikerjakan dengan serius, dapat menumbuhkan sikap profesional dalam pekerjaan nya itu.

    BalasHapus
  113. Profesi adalah pekerjaan yang di lakukan seseorang sesuai dengan kemampuan orang tersebut di bidangnya. Suatu profesi umunya di lakukan dalam jangka waktu lama dan di lakukan terus menerus (menetap), biasanya seseorang mempunyai profesi setelah orang tersebut mengantongi keahliannya sehingga profesinya tersebut dapat di lakukan seprofesinal mungkin.

    BalasHapus
  114. Profesi merupakan yang berkaitan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian seseorang. Hal ini mengandung arti bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetapi memerlukan suatu persiapan melalui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk itu.

    Novira Tri Risanti
    8153077962
    Pend. TN Non Reg '07

    BalasHapus
  115. menurut saya profesi itu adalah suatu pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan ketrampilam yang dimiliki. tujuan dari profesi tersebut adalah untuk mencari nafkah..

    BalasHapus
  116. yuni sri w (8135077970)
    Pend Tata Niaga NR 07

    menurut saya ,tidak semua pekerjaan disebut profesi dan profesi tidak semua orang dapat dengan mudah untuk mendapatkannya.
    dan profesional merupakan pandangan orang akan orang yang berprofesi.
    maka indahnya jika seorang guru yang menjaga kualitas makna profesionalnya.

    BalasHapus
  117. menurut saya, profesi merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang di bidang tertentu, misalnya profesi sebagai guru berarti menjadi seorang pengajar.

    BalasHapus
  118. profesi dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya.misalnya profesi menjadi guru karena keahlianya mendidik seseorang.

    BalasHapus
  119. Orang profesional adalah orang yang memilii profesi.Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari para anggotanya.Mengingat pengaruh guru yang amat besar terhadap perkembangan anak didik tersebut maka guru dituntut untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara maksimal. Oleh karena itu Untuk mencapai syarat prefesi yang dimaksudkan dalam artikel ini dapat mengacu pada tugas dan fungsi pendidik dalam pendidikan dapat disimpulkan menjadi tiga bagian, yaitu ;
    1) Sebagai pengajar (instruksional) yang bertugas merencanakan program pengajaran dan melaksanakan program yang telah disusun serta mengakhiri dengan pelaksanaan penilaian setelah program dilakukan.
    2) Sebagai pendidik (educator) yang mengarahkan anak didik pada tingkat kedewasaan yang berkepribadian insan kamil seiring dengan tujuan Allah menciptakannya.
    3) Sebagai pemimpin (managerial) yang memimpin, mengendalikan diri sendiri, anak didik, dan masyarakat terkait, yang menyangkut upaya pengarahan, pengawasan, pengorganisasian, pengontrolan, dan partisipasi atas program yang dilakukan.

    BalasHapus
  120. “Profesionalisme” adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya. Seorang guru yang memiliki profesionalisme yang tinggi akan tercermin dalam sikap mental serta komitmennya terhadap perwujudan dan peningkatan kualitas professional melalui berbagai cara dan strategi. Ia akan selalu mengembangkan dirinya sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman sehingga keberadaannya senantiasa memberikan makna proesional.

    BalasHapus
  121. profesi yang baik adalah profesi yang dilaksanakan denga sebaik-baiknya dan selalu berusaha bersikap profesional dalam segala hal yang menyngkut pekerjaannya

    BalasHapus
  122. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga(NonReg 07)

    Profesi yang baik dapat menjadi cermin dari diri orang tersebut...
    Karena dengan profesi yang baik orang akan menjadi lebih profesional dan bertanggung jawab dalam segala hal yang menyangkut dengan pekerjaan yang sedang dia hadapi

    BalasHapus
  123. Emi Ardiyanti
    8135070419
    Pend.Tata Niaga 07

    Profesi merupakan pekerjaan pokok yang dilakukan seseorang untuk menafkahi hidupnya. orang yang profesional pasti memiliki ilmu dalam bidang yang digelutinya tersebut tidak hanya mengandalkan ijazah semata. profesionalisme merupakan sikap yang ditunjukan oleh seseorang melalui perilaku yang sudah diatur dalam kode etik profesinya.
    seorang guru yang memiliki semua hal di atas akan dapat mengabdikan diri secara optimal sehingga tujuan pendidikan yang efektif dan efisien dapat tercapai.

    BalasHapus
  124. Christina panjaitan
    TN reg 07

    Pengertian Profesi menurut Terminologi : suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakunya yang ditekankan pada pekerjaan mental
    Pengertian menurut Etimologi : Prefesion (ahli dan mampu dalam melaksanakan pekerjaan tertentu)
    Tiga Pilar Profesi :
    Pengetahuan, Keahlian dan Persiapan akademik..

    BalasHapus
  125. Guru dianggap profesional apabila dapat bekerja secara efektif, mandiri, cepat, dan dapat memberikan pelayanan prima terhadap para anak didikanya. Untuk membuktikan rasa profesional itu dibutuhkan sertifikasi kepada seluruh guru baik di pusat maupun di daerah2 terpencil.

    BalasHapus
  126. muammar khadafi
    8135077995
    p.tata niaga non reg 07

    Memang kita harus mengerti apa arti dari kata profesi dalam arti yang sesungguhnya. Di saat ini memag cukup sulit menemukan guru yang benar-benar mengahayati profesinya sebagai seorang guru. Sering kita lihat seorang guru bekerja menjalani profesinya semata-mata hanya untuk memenuhi kebutuhannya saja. Hal ini sangat memperngaruhi kinerjanya sebagai pendidik. Para guru yang seperti ini menurut saya tidak mempunyai komitmen sebagai seorang guru. Seorang guru sejati seharusnya menunjukan tingkat pofesionalismenya yang tercermin pada kepribadiannya dan komitmen sebagai guru. Sehingga mutu pendidikan di indonesia menjadi lebih baik dengan adanya guru-guru yang berjiwa profesionalisme tinggi.

    BalasHapus
  127. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    menurut pendapat saya pribadi profesi yang melekat pada guru bisa saja. asalkan guru tersebut benar-benar menjadi profesi utamanya. Dan dalam menjalankan tugasnya benar-benar dilakukan melalui pelatihan khusus. sehingga profesi yang di jalankan benar-benar profesional.

    BalasHapus
  128. guru adalah profesi
    dengan begitu maka dituntutlah keprofesionalan guru. keprofesionalan yang mendasar pada pengabdian luhur.

    imanuel suranta
    pend. tata niaga reg 07

    BalasHapus
  129. Imam Punarko
    Pend,Tata Niaga 07
    8135072812
    Profesional salah satu syaratnya adalah memerlukan adanya lembaga ahli, pendidikan belum memilikinya
    profesional salah satunya mengadakan sumpah guru tidak melakukannya.
    entah mengapa guru bisa di sebut profesional menurut saya jawabannya singkat " karena guru rela mengabdi untuk perkembangan orang lain" namun perlu adanya peningkatan secara terus menerus akan keguruan ini, sebab bisa jadi institusi keguruan akan mengalahkan institusi kedokteran seperti di Finlandia.

    BalasHapus
  130. Ass.,

    saya setuju dengan artikel di atas.,
    banyak orang yang mengira profesi hanya suatu kegiatan yang dilakukan secara rutin dan yang menjadi mata pencaharian hidup,.
    padahal tidak hanya itu., untuk menjadikan suatu kegiatan menjadi profesi diperlukan berbagai pelatihan dan persiapan yang matang sehingga seseorang tersebut menguasai keahlian atau ketrampilan dari suatu kegiatannya tersebut.,

    BalasHapus
  131. Khorina
    Pend.Tata Niaga Non Reg 07
    813077992

    PROFESIONAL adalah suatu proses menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.Dalam hal ini guru sangat dituntut berperan aktif.Baik dalam proses belajar mengajar dan bagaimana guru mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik dapat memahami lansung realita kehidupan yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  132. Reza Adi Putranto
    8135077997
    Pend. Tata Niaga Non Reg '07

    Guru sebagi profesi adalah jabatan yang mengabdikan diri dalam dunia pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidik, pengajar dan pembimbing siswa hendak berlaku secara profesional dalam menjalankan tugasnya. Guru profesional juga tercermin dalam sikapnya sehari-hari baik dalam menjalankan tugas maupun secara kepribadian yang mampu manjadi teladan bagi peserta didik. Karean guru mempunyai tanggung jawab secara sosial, moral, intelektual dan spiritual.

    Untuk menjadi guru profesional hendaklah dibuktikan secara akademik, dan keinginan untuk terus mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas sebagai pendidik.

    Tentu saja sebagai profesi seorang guru juga mempunyai hak-hak baik berupa materi seperti gaji, tunjangan-tunjangan atau pun berupa hal lain yang dapat menujang profesi seperti perlindungan hukum, organisasi profesi ataupun sertifikasi seperti sekarang ini yang membuktikan seorang guru sebagai tenaga profesional.

    BalasHapus
  133. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007



    Istilah “profesi” sudh cukup dikenal oleh semua pihak, dan senantiasa melekat pada “guru” karena tugas guru sesungguhnya merupakan suatu jabatan professional. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih tepat, berikut ini akan dikemukakan pengertian “profesi” dan kemudian akan dikemukakan pengertian profesi guru. Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Hal ini mengandung arti bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetepi memerlukan suatu persiapan melelui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk itu. Ada beberapa istilah lain yang dikembangkan yang bersumber dari istilah “profesi” yaitu istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionaloisasi.

    BalasHapus
  134. Ade kurniawan
    8135072772
    Pend. Tata Niaga reg '07

    Menurut saya, profesional adalah orang yang memiliki atau menyandang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya baik dalam segi formal maupun informal. Sedangkan profesionalisme adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya. Dan Profesionalitas” adalah suatu sebutan terhadap kualitas sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki untuk dapat melakukan tugas-tugasnya. Yang terakhir yaitu profesionalisasi adalah suatu usaha untuk meningkatkan sikap yang profesional. Inti dari tulisan di atas bahwa profesi sangat erat hubungannya dengan professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi.

    BalasHapus
  135. zulfikar rizki
    8135072778

    Istilah “profesi” sudh cukup dikenal oleh semua pihak, dan senantiasa melekat pada “guru” karena tugas guru sesungguhnya merupakan suatu jabatan professional. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih tepat, berikut ini akan dikemukakan pengertian “profesi” dan kemudian akan dikemukakan pengertian profesi guru. Biasanya sebutan “profesi” selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Hal ini mengandung arti bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetepi memerlukan suatu persiapan melelui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk itu. Ada beberapa istilah lain yang dikembangkan yang bersumber dari istilah “profesi” yaitu istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionaloisasi

    BalasHapus
  136. abdul rohim
    8135072785
    tata niaga reg 2007

    Profesi merupakan suatu pekerjaan atau jabatan yang tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, akan tetepi memerlukan suatu persiapan melelui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus untuk itu. Ada beberapa istilah lain yang dikembangkan yang bersumber dari istilah “profesi” yaitu istilah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionaloisasi.
    maka dari itu yang lbh penting dari suatu profesi adalah professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionaloisasi.
    agar orang tersebut bisa bertahan dengan profesi yang digeluti.

    BalasHapus
  137. Assalamu'alaikum....

    Dalam Profesi Kependidikan tidak terlepas dengan adanya wadah untuk saling bertukar pengalaman demi terciptanya peningkatan kualitas guru profesional. yang dimaksud wadah itu adalah Organisasi profesi kependidiklan..
    lihat:
    http://maktabatelfauzy.wordpress.com/category/kampus/makalah-iii/potensi-profesi-kependidikan/
    http://maktabatelfauzy.blogspot.com/2009/10/organisasi-profesi-kependidikan.html
    http://elfauzy.wordpress.com/2009/10/18/organisasi-profesi-kependidikan/.

    BalasHapus
  138. mampir nich....
    oh ea,, ada sedikit info tentang kayu jabon moga manfaat dech....

    BalasHapus
  139. profesi adalah suatu pekerjaan yang tetap yg di mana profesi itu di dapat dengan pendidikan selama 4 tahun setelah SMA, suatu pekerjaan yg tidak dapat di lakukan oleh semua orang, dapat menghidupi / menghasilkan uang untuk kebutuhan sendiri atau keluarga & mempunyai skill di bidang masing2

    BalasHapus