September 30, 2008

Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bagi peserta didik yang sangat penting artinya untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan. Dalam hubungan ini bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada mahasiswa agar masing-masing dapat berkembang secara optimal. Layanan yang diberikan dapat berfungsi sebagai upaya pencegahan (preventif), pengembangan, dan perbaikan (kuratif).
Pada dasarnya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ditujukan pada pribadi siswa secara perseorangan dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal. Secara lebih khusus, sasaran bimbingan dan konseling meliputi tahapan-tahapan pengembangan kemampuan.

Pengungkapan, Pengenalan, dan Penerimaan Diri
Kesadaran tentang diri sendiri ini akan tercapai bila kemamuan pengungkapan diri dapat berkembang dengan baik. Hasil pengungkapan diri dapat berkembang dengan baik. Hasil pengungkapan diri yang obyektif merupakan dasar yang sehat untuk mengenal diri sendiri sebagaimana adanya.

Pengungkapan, Pengenalan, dan Penerimaan Lingkungan
Ada kecenderungan bahwa seseorang individu dewasa tidak hanya dituntut untuk mengenal diri sendiri, melainkan juga dituntut untuk mengenal lingkungannya. Pribadi yang sehat selalu berusaha bersikap positif terhadap diri sendiri dan terhadap diri lingkungannya, sehingga membawa keuntungan timbal balik antara individu dan lingkungannya.

Pengambilan Keputusan
Setelah siswa mampu mengenal dan menerima diri sendiri dan lingkungannya, tahap berikutnya adalah pembinaan kemampuan untuk mengambil keuptusan yang bertujuan agar individu yang dibimbing mampu mengambil keuptusan untuk dirinya sendiri.

Pengarahan Diri
Pengarahan diri ini dapat berupa latihan-latihan secara tekun, mengikuti responsi dengan rajin, berkonsultasi kepada guru dan sebagainya.
Perwujudan Diri
Kemampuan mewujudkan diri merupakan salah satu tujuan akhir dari usaha bimbingan dan konseling. Setiap individu hendaknya mampu mewujudkan diri sendiri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dasar dan kemungkinan-kemungkinan yang dimilikinya. Kemampuan mewujudkan diri akan menunjang terbentuknya insan yang mandiri, bertanggung-jawab, bersemangat, kreatif dan sebagainya.
Ruang lingkup bimbingan dan konseling dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu:
1. Segi Fungsi, meliputi:
Upaya pencegahan;
Pengembangan;
Penyaluran;
Penyesuaian;
Perbaikan.
2. Segi sasaran bimbingan dan konseling bertujuan agar para siswa mencapai:
Perkembangan melalui pengungkapan, pengenalan, dan penerimaan diri dan lingkungan;
Pengambilan keputusan;
Pengarahan diri;
Perwujudan diri.
3. Segi Layanan, meliputi: Pengumpulan data, Pemberian informasi, Penempatan;
Konseling dan bentuk layanan lainnya;
Alih tangan;
Penilaian dan tindak lanjut.
4. Segi Masalah, meliputi:
Bimbingan pendidikan;
Bimbingan jabatan;
Bimbingan sosial, pribadi emosional.

sumber: http://www.unmer.ac.id/

117 komentar:

  1. Saya rasa bimbingan konseling jangan hanya ada menjelang UAN yang memberi arahan tentang gambaran UAN itu seperti apa, atau SPMB yang sekarang UMNPTN yang juga memberi arahan-arahan yang jelas mengenai berbagai strategi untuk dapat diterima di perguruan tinggi favorit, tetapi juga harus pada bidang akademik. Arahan berupa cara efektif belajar, memotivasi belajar, peningkatan prestasi akademik dan olahraga pun saya kira bimbingan ini mutlak diperlukan, sampai pada curhat masalah pribadi di BK adalah salah satu tempat untuk menuangkan ide, unek-unek yang nantinya konselor dapat mengarahkan siswa yang mayoritas berada pada masa usia remaja yang labil sangat butuh sekali perhatian pada aspek-aspek itu agar tidak mengarah pada hal-hal negative yang malah menghancurkan masa depannya kelak.

    BalasHapus
  2. Menurut pandangan saya, bimbingan dan konseling sangat membantu anak didik dalam mengembangkan kemampuan secara optimal. Yang bila dilihat dari tahapan – tahapan pengembangan kemampuan yang telah disebutkan, tentu hal ini sangat baik dalam membentuk pribadi yang positif.

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum...
    menurut saya BK/BP ini sangat penting penerapannya dalam dunia pendidikan.namun seharusnya disetiap sekolah itu disediakan lebih banyak lagi guru pembimbing.jadi semua kebutuhan layanan bimbingan konseling siswadapat terpenuhi.tidak seperti saat ini seorang guru pembimbing ditugaskan untuk melayani bimbingan beberapa kelas dalam satu hari.bila seperti itu,yang terjadi bukan menjadi suatu kegiatan pelayanan bagi siswa melainkan hanya menjadi kegiatan yang berlalu begitu saja tanpa memberikan kesan sedikit pun.

    BalasHapus
  4. Dengan adanya BK dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan. misalkan salah satu siswa yang prestasi awalnya baik terus berubah menjadi prestasinya buruk, seharusnya guru Bk dapat menanyakan kepada siswa tersebut mengapa prestasinya menurun, setelah guru tersebut mengetahui apa permasalahan anak tersebu, kemudian guru tersebut menyimpulkan oh anak tersebut mempunyai masalah dengan keluarganya, kemudian guru itu memanggil orang tuanya dan menasehati orang tuanya jika ada masalah anaknya jangan dibawa ke dalam masalah tersebut karena dapat berpengaruh ke dalam prestasinya.

    BalasHapus
  5. Menurut saya BK dapat membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan. Dengan begitu para siswa dapat mengenal diri dan lingkungannya yang dapat berpengaruh positif terhadap dirinya yang dapat mewujudkan dirinya sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya...

    BalasHapus
  6. Menurut pandangan saya bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada siswa agar masing-masing dapat berkembang secara optimal. Layanan yang diberikan dapat berfungsi sebagai upaya pencegahan (preventif), pengembangan, dan perbaikan (kuratif).sehingga anak didik dapat terwujudnya perkembangan diri dan kemandirian secara optimal dengan hakekat kemanusiaannya sebagai hamba Tuhan YME, sebagai makhluk individu, dan makhluk sosial dalam berhubungan dengan manusia dan alam semesta.

    BalasHapus
  7. Menurut saya BK itu sangat penting sekali buat siswa, karena BK dapat membantu anak didik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan bisa juga berkonsultasi untuk menentukan masa depan yang baik untuk anak didik.

    BalasHapus
  8. Bimbingan dan konseling (BK) merupakan alat agar siswa dapat mengenal potensi yang dimilikinya, dan guru dapat mengarahkan potensi yang dimiliki siswa, guru BP harus menjalin komunikasi dengan guru mata pelajaran yang lain supaya mengetahui kelemahan dan kelebihan anak didik dan melakukan pendekatan dengan anak didik supaya mengetahui apa saja masalah yang sedang dihadapi anak didik yang menghambat proses penyerapan materi-materi pendidikan, juga mengetahui apa yang diinginkan oleh anak didik, dengan begitu guru BP dapat memberitahu dan mengarahkan potensi dan bakat yang dimiliki siswa secara optimal. BK juga juga memberikan informasi-informasi kepada siswa tentang masa depan yang ingin di pilih oleh siswa dan langkah-langkah apa saja yang dihadapi siswa untuk mencapai apa yang sangat mereka inginkan. Penanganan yang baik untuk mengatasi anak didik yang bermasalah, tidak hanya masalah dalam menangkap pelajaran tetapi perilaku anak didik, di dalam BK ini adalah memberitahukan dampak apa saja yang akan mereka alami dan memberikan gambaran kepada anak didik tentang masa depan mereka bila mereka berperilaku yang tidak baik, disitulah kegunaan dari bimbingan konseling. Dalam penanganannya pendidik harus memiliki sikap yang sabar dalam menghadapi masalah yang terjadi pada anak didik dan memikirkan langkah apa yang akan diambil supaya anak didik dapat belajar secara maksimal tanpa harus memikirkan yang lain selain belajar demi masa depan mereka.

    BalasHapus
  9. Menurut saya,bimbingan konseling memang saat tepat di terapkan ke mahasiswa dan siswa agar lebih mengenal potensi / kemampuan yang dia miliki tanpa di sadari. Tugas BK bukan hanya sebagai pencegah tetapi juga sebagai pengevaluasi dari perubahan – perubahan yang baik maupun yang buruk dari para siswa. Jadi di harapkan bagi seluruh guru BK agar memiliki respon yang tinggi terhadap perubahan – perubahan pada siswa di lingkungan pendidikan tersebut. Dan memberikan motivasi yang penuh terhadap anak yang bermasalah sehingga anak tersebut dapat kembali ke jalan yang benar dan tidak terjerumus lagi ke dalam hal – hal yang negatif.
    Tahap – tahap pengembangan yang telah di sebutkan sudah cukup tepat, karena memang segala sesuatu harus di mulai dengan diri anak tersebut selanjutnya baru di perkenalkan terhadap lingkungan sekitar agar anak tersebut dapat mengetahui mana lingkungan yang kondusif maupun lingkungan yang hanya dapat merusak dirinya sehingga dapat anak itu hindari.

    BalasHapus
  10. Bimbingan dan konseling bukanlah kegiatan pembelajaran dalam konteks adegan mengajar yang layaknya dilakukan guru sebagai pembelajaran bidang studi, melainkan layanan ahli dalam konteks memandirikan peserta didik

    BalasHapus
  11. Mungkin kita tidak asing lagi dengan yang namanya Bimbingan Konseling (BK), ya BK merupakan sarana untuk menampung permasalahan yang di hadapi oleh siswa di Sekolah. Ini sangat baik sekali karena BK merupakan Bimbingan secara langsung mengenai psikologi siswa. Biasanya guru BK datang ke kelas dan berdialog dengan siswa tentang masalah, masa depan siswa, dll yang berhubungan dengan kesiswaan. Jadi, Menurut siswa Bimbingan Konseling (BK) harus ada di setiap sekolah, karena ini sangat baik dan berguna untuk siswa sendiri, guru, kepala sekolah dan dunia pendidikan pada umumnya.

    BalasHapus
  12. Kebutuhan akan bimbingan dalam program pendidikan berlatar belakang tiga aspek yaitu 1.lingkungan sosial yang secara langsung maupaun tidak mempengaruhi individu sebagai peserta didik, 2.lembaga pendidikan itu sendiri yang bertanggung jawab mengembangkan kepribadian anak didik karena pendidikan yang baik dilakukan secara tuntas baik dalam proses kegiatannya maupun tindakan para guru untuk membimbingnya, 3.serta anak didik itu sendiri yang merupakan pribadi yang unik , dinamik, dan berkembang serta memerlukan pendekatan dan bantuan yang khusus melalui bimbingan yang ada di sekolah.

    BalasHapus
  13. Adanya lembaga Bimbingan dan Konseling di setiap instansi pendidikan sangat dibutuhkan keberadaanya. BK dapat dijadikan media bagi para siswa untuk mengungkapkan apa yang menjadi permasalahanya. Karena dengan adanya Bk diharapkan terjadinya keserasian antara apa yang di inginkan siswa dan apa yang di inginkan pihak sekolah. Fungsi Bk sendiri di harapkan tidak hanya sebagai media penghubung antara siswa dan sekolah, namun lebih jauh lagi BK diharapkan dapat menjadi suatu wadah di lingkungan sekolah yang menampung dan mengorganisir setiap permasalahan yang timbul. Sehingga setiap permasalahan yang muncul dengan sendirinya teratasi dengan adanya BK, tidak dengan demo atau keributan-keributan yang sangat mengganggu siswa itu sendiri. Sehingga terjadi keharmonisan di lingkungan sekolah dan terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif. Dan tercapainya tujuan pembelajaran yang di inginkan.

    BalasHapus
  14. Bimbingan konseling memang amat sangat diperlukan bagi para siswa agar para siswa dapat memperoleh pendidikan mental yang dapat membantu meraka untuk menjadi remaja yang lebih dewasa ddalam menjalani kehidupan ini. Setiap sekolah harus mengoptimalkan program Bimbingan Konseling ini agar para siswa dapat lebih tertata perilaku ddan pola pikirnya mengingat saat ini makin marak hal-hal yang dapat merusak moral generasi penerus bangsa.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb.
    Bimbingan konseling adalah kegiatan pelayanan yang bermanfaat untuk membantu segala permasalahan siswa. Ada beberapa sekolah yang sudah menjadikan bimbingan konseling sebagai mata pelajaran yang harus diikuti oleh setiap siswa. Akan tetapi faktanya, banyak siswa yang menganggap remeh mata pelajaran ini, bahkan ada saja siswa yang takut dengan seorang konselor. Hal ini sangat disayangkan sekali, padahal bimbingan konseling adalah salah satu mata pelajaran yang dapat membentuk kepribadian siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  17. Bimbingan dan konseling seharusnya tidak hanya berupa layanan bagi peserta didik, penerapan langsung berupa mata pelajaran di sekolah menurut saya lebih efektif dan tepat sasaran. Seperti halnya pelajaran agama atau kewarganegaraan, bimbingan konseling diharapkan mampu membentuk individu yang kompeten dan siap terjun ke masyarakat. Dengan ruang lingkup yang sesuai dengan kebutuhan afektif dan psikomotor dalam pendidikan, bimbingan konseling akan menciptakan paradigma baru dalam penekanan life skill. Bimbingan dan konseling yang profesional dan terarah juga saya rasa akan menurunkan bahkan menghilangkan tindakan-tindakan yang tidak baik yang pada dewasa ini sering kita jumpai seperti tawuran pelajar atau tindakan di luar moral dan etika lainnya yang di lakukan oleh para pelajar

    BalasHapus
  18. Bimbingan dan konseling dapat membantu mahasiswa dalam proses perkembangan diri untuk mengarah kegiatan yang positif, sehingga minat mahasiswa lebih terarah sesuai dengan bakat yang dimiliki, mahasiswa juga dapat mengenal lingkungannya dan dapat bersosialisasi dengan baik sehingga dapat mengambil keputusan terhadap hal-hal yang timbul dalam pergaulan di sekitar lingkungannya

    BalasHapus
  19. Beberapa sekolah yang saat ini telah memiliki ruang khusus Bimbingan dan Konseling yang representatif, pada umumnya dibangun dan disediakan setelah mereka mampu menyelesaikan kebutuhan ruang kelas dan ruang-ruang lainnya. Artinya, tetap saja penyediaan ruang Bimbingan dan Konseling menjadi prioritas ke sekian. Hal itu pun kadang-kadang dilalui setelah berganti-ganti dan bertukar tempat dengan ruang lainnya, misalnya dengan menyulap ruang WC atau gudang menjadi ruang Bimbingan dan Konseling, kemudian berpindah lagi, berpindah lagi dan seterusnya hingga akhirnya dapat terwujud sebuah ruang Bimbingan dan Konseling yang lumayan representatif... ada setitik harapan, jika memang benar ke depannya pemerintah mampu mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 %, diharapkan salah satu proyeksinya adalah penyediaan ruang Bimbingan dan Konseling beserta sarananya yang memadai dan representatif, sehingga ke depannya tidak terjadi lagi ruang Bimbingan dan Konseling dengan kategori RSS (Ruangan Sangat Sempit), yang selama ini justru membuat para siswa enggan datang ke ruang Bimbingan dan Konseling....?

    BalasHapus
  20. pandangan saya mengatakan bahwa dalam perjalanannya setiap siswa pasti memiliki masalah yang dapat mengganggu aktivitas belajarnya. Untuk itu peran dari BK sangat diperlukan dalam hal ini. BK akan memberikan saran-saran yang akan memecahkan masalah yang dimiliki siswa. Namun, layanan bimbingan hendaknya disesuaikan dengan tujuan dan karakteristik perkembangan siswa dalam aspek pribadi-sosial, pendidikan serta karier. Disamping itu sebaiknya diperhatikan pula kebutuhan siswa dari masing-masing tingkatan kelas. Pengelompokan isi layanan juga harus menurut tingkatan kelas, jangan digunakan secara kaku, tetapi harus ditetapkan secara fleksibel.
    Dengan demikian saran-saran yang diberikan akan mengena kepada intinya dan tidak berbelit-belit sehingga mudah dipahami siswa dan akan dijadikan sebagai pembelajaran baginya sehingga masalahnya teratasi dan akan kembali normal lagi. Siswa dapat lebih semangat lagi deh dalam menjalankan aktivitasnya...

    BalasHapus
  21. dengan adanya pelayanan bimbingan konseling kepada masyarakat, diharapkan dapat menbantu penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat, seperti masalah-masalah yang menyangkut bidang pendidikan, bidang pekerjaan, bidang sosial ataupun masalah yang menyangkut dengan emosi dirinya sendiri.
    Proses penyelesaian masalah ini tidak hanya bergantung dari faktor si konselor saja, tetapi bergantung juga dari faktor si koseli itu sendiri. Bila si konseli tidak serius atau tidak rajin mengikuti responsi, berkonsultasi dengan konselor dan bimbingan konselor maka proses penyelesaian masalah akan mengalami kesulitan. Dengan bimbingan konseling, pengambilan keputusan bukan ada ditangan si konselor, tetapi ada ditangan si konseli sendiri.

    BalasHapus
  22. Bimbingan konseling adalah suatu alat yang sangat bermanfaat guna mengarahkan anak didik untuk dapat memilih/mengambil keputusan yang tepat guna kelancarannya dalam mengembangkan dirinya. Dalam hal ini, bimbingan konseling juga sangat membantu dalam menjadi tempat mengadu dan mencari jalan keluar dari masalah yang mereka hadapi. Anak didik jadi bisa lebih terbuka, dan ahirnya anak didik menjadi lebih mudah mengikuti kegiatan belajar mengajar, dan sudah pasti hasil anak didik tersebut akan lebih baik dari pada sebelumnya. Lalu mengapa masih banyak anak didik yang bermasalah?. Mungkin ini disebabkan karena berbagai hal, dan diantaranya adalah kurang cakapnya guru pembimbing konseling mendekati muridnya. Dan akhirnya, dalam pikiran mereka hanya membayangkan bahwa hanya anak-anak nakal yang perlu mendapatkan bimbingan konseling. Seharusnya sekolah juga lebih mengenalkan bimbingan konseling dengan lebih baik dan ramah. Sehingga semua anak didik mau menggunakan fasilitas ini dengan lebih optimal. Dan bukan menjadi tempat yang mengerikan bagi mereka...

    BalasHapus
  23. menurut saya bimbingan dan konseling itu sangat berarti pada diri peserta didik karena bagian yang tidak bisa dilepaskan dari sistem pendidikan di sekolah, yang bertujuan untuk membantu para siswa agar dapat mengembangkan dirinya secara optimal dan memperoleh kemandirian. untuk itu jiwa pembimbing haruslah bersifat aktif dalam menangani masalah yang dihadapi oleh peserta didik. mungkin kiranya semua sekolah yang ada di indonesia memilki ruang khusus bimbingan dan konseling.

    BalasHapus
  24. Endah Prihatiningsih, No.Reg : 5215079451
    Jurusan TEHNIK ELEKTRONIKA

    Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bagi peserta didik yang sangat penting artinya untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan, karena bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada siswa peserta didik agar masing-masing individu dapat berkembang secara optimal.Pada dasarnya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ditujukan pada pribadi siswa secara perseorangan dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal. Secara lebih khusus, sasaran bimbingan dan konseling meliputi tahapan-tahapan pengembangan kemampuan.Dimana dalam suatu sekolah bimbingan dan konseling mempunyai peranan yang sangat penting yaitu untuk membantu siswa peserta didik dalam mengambil sebuah keputusan dalam memilih jurusan yang akan diambil.Secara profesional guru BK/BP mempunyai Kemampuan mewujudkan diri akan menunjang terbentuknya insan yang mandiri, bertanggung-jawab, bersemangat, kreatif dan sebagainya.Dalam hal ini bimbingan dan konseling mempunyai Ruang lingkup dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu:
    1. Segi Fungsi, meliputi:
    Upaya pencegahan;
    Pengembangan;
    Penyaluran;
    Penyesuaian;
    Perbaikan.
    2. Segi sasaran bimbingan dan konseling bertujuan agar para siswa mencapai:
    Perkembangan melalui pengungkapan, pengenalan, dan penerimaan diri dan lingkungan;
    Pengambilan keputusan;
    Pengarahan diri;
    Perwujudan diri.
    3. Segi Layanan, meliputi: Pengumpulan data, Pemberian informasi, Penempatan;
    Konseling dan bentuk layanan lainnya;
    Alih tangan;
    Penilaian dan tindak lanjut.
    4. Segi Masalah, meliputi:
    Bimbingan pendidikan;
    Bimbingan jabatan;
    Bimbingan sosial, pribadi emosional.
    Dan untuk dapat mengdapatkan hasil yang optimal maka suatu sekolah harus dapat menyediakan fasilitas yang memadai dan memiliki sebuah ruangan khusus untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling.

    BalasHapus
  25. AGUNG PRASETYO RINALDI
    NO.REG.5215077530
    ELEKTRONIKA

    Pada dasarnya yang menjadi sasaran layanan Bimbingan dan Konseling adalah semua mahasiswa. Namun dapat juga diperluas kepada sasaran lain, seperti anggota civitas akademika dan masyarakat di lingkungan kampus. STRUKTUR LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

    1. Membantu para mahasiswa yang mengalami :

    Problema Akademik

    Problema akademik merupakan hambatan atau kesulitan yang dihadapi oleh para mahasiswa dalam merencanakan,melaksanakan dan mengoptimalkan perkembangan belajarnya. Beberapa problema studi atau akademik yang dihadapi para mahasiswa :

    a. Kesulitan dalam mengatur waktu belajar disesuaikan dengan banyaknya tuntutan
    dan aktivitas perkuliahan serta kegiatan mahasiswa lainnya.
    b. Kurangnya motifasi atau semangat belajar.
    c. Adanya kegiatan belajar yang salah.
    d. Rendahnya rasa ingin mendalami ilmu dan mengembangkan diri.
    e. Kurangnya minat terhadap kegiatan-kegiatan mahasiswa yang dibina.

    Problema Sosial Pribadi

    Problema sosial pribadi merupakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi para mahasiswa dalam mengelola kehidupannya sendiri serta menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial, baik di lingkungan kampus maupun dilingkungan tempat tinggalnya. Beberapa problema sosial pribadi yang dihadapi para mahasiswa adalah :

    a. Kesulitan karena masalah-masalah keluarga.
    b. Kesulitan karena masalah frustasi dan konflik pribadi
    c. Kesulitan karena masalah keuangan
    d. Kesulitan berkenaan dengan masalah mencari tempat tinggal (kost/kontrakkan)
    e. Kesulitan menyesuaikan diri dengan masyarakat di sekitar kampus.

    2. Membantu para orang tua mahasiswa yang memerlukan :

    a. Informasi tentang kehidupan dan kemajuan belajar anaknya.
    b. Memerlukan bantuan jasa layanan konsultasi dalam mengatasi konflik sosial-
    psikologis (salah pengertian dan sebagainya) yang mungkin terjadi dengan anaknya.
    c. Memerlukan informasi tentang jasa layanan bantuan masalah pembinaan keluarga
    dan masalah spiritual serta informasi beasiswa.

    3. Membantu masyarakat di lingkungan kampus yang memerlukan layanan konseling dan konsultasi yang relevan dengan ruang lingkup pendidikan. Berdasarkan ruang lingkup tujuan di atas, maka sasaran yang mungkin dijangkau dengan layanan ini, dapat mencakup :

    a. Seluruh anggota civitas akademika yang memerlukan pelayanan Bimbingan dan Konseling dengan prioritas mahasiswa, terutama mahasiswa yang bermasalah.
    b. Seluruh anggota masyarakat yang memerlukan pelayanan Bimbingan dan Konseling sampai batas-batas tertentu sesuai dengan kemampuan yang ada.

    Layanan Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat :

    1. Membantu Mahasiswa di dalam perkembangan proses belajar di kampus (perkembangan akademis).
    2. Membantu Mahasiswa di dalam mengenali potensi diri sendiri dan memahamkan kemungkinan peluang-peluang yang terbuka bagi mahasiswa, sekarang maupun kelak.
    3. Membantu Mahasiswa di dalam menentukan cita-cita dan tujuan dalam hidupnya, serta menyusun rencana yang tepat untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
    4. Membantu Mahasiswa di dalam mengatasi masalah pribadi yang dapat mengganggu proses belajar di kampus dan masalah-masalah yang dapat mengaburkan cita-cita hidup.
    5. Membantu mahasiswa di dalam memberikan informasi tentang beasiswa, baik yang berasal dari universitas maupun beasiswa dari instansi-instansi pemerintah.

    BalasHapus
  26. febry listiawan
    5215070250
    elektro
    Menurut saya BK dapat membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan. Dengan begitu para siswa dapat mengenal diri dan lingkungannya yang dapat berpengaruh positif terhadap dirinya
    misalkan salah satu siswa yang prestasi awalnya baik terus berubah menjadi prestasinya buruk, seharusnya guru Bk dapat menanyakan kepada siswa tersebut mengapa prestasinya menurun, setelah guru tersebut mengetahui apa permasalahan anak tersebu, kemudian guru tersebut menyimpulkan oh anak tersebut mempunyai masalah dengan keluarganya,

    BalasHapus
  27. Aditya_triantoro PNR elko 5215077538
    Assalammualaikum Wr.Wb.
    Menurut pendapat saya,sangat perlu adanya bimbangan dan konseling (BK).Karena adanya bimbingan dan konseling,peserta didik dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individunya melalui pengungkapan, pengenalan,penerimaan lingkungan,pengambilan keputusan,pengarahan diri,dan perwujudan dirinya dengan baik tanpa menghadapi masalah yang dahulu dialaminya.

    BalasHapus
  28. FATHURACHMAN
    PNR Teknik Elektronika 07
    5215077526

    menurut pendapat saya,Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bantuan untuk peserta didik baik individu/kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, karir; melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung atas dasar norma-norma yang berlaku.
    Tujuan dari bimbingan konseling itu sendiri dapat membantu memandirikan peserta didik dan mengembangkan potensi-potensi mereka secara optimal.

    BalasHapus
  29. Nama: Danu Purwanto
    No. Reg: 5215077529
    PNR Teknik Elektronika 2007

    Dasar pemikiran penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Sekolah, bukan semata-mata terletak pada ada atau tidak adanya landasan hukum (perundang-undangan) atau ketentuan dari atas, namun yang lebih penting adalah menyangkut upaya memfasilitasi peserta didik yang selanjutnya disebut konseli, agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas-tugas perkembangannya (menyangkut aspek fisik, emosi, intelektual, sosial, dan moral-spiritual).Konseli sebagai seorang individu yang sedang berada dalam proses berkembang atau menjadi (on becoming), yaitu berkembang ke arah kematangan atau kemandirian. Untuk mencapai kematangan tersebut, konseli memerlukan bimbingan karena mereka masih kurang memiliki pemahaman atau wawasan tentang dirinya dan lingkungannya, juga pengalaman dalam menentukan arah kehidupannya.

    BalasHapus
  30. Lingga Trihasta S
    5215077546
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Assalamualaikum

    Pendapat saya mengenai bimbingan dan konseling itu sangatlah penting di berikan kepada mahasiswa di karenakan dapat membantu mahasiswa dalam pemahaman mata kuliah tertentu yang mungkin memberatkan bagi mahasiswa di sini lah guna dari bimbingan dan konseling agar dapat membantu mahasiswa dalam penyelesaian masalahnya dan disini pula dapat di nilai nya perkembangan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran nya

    BalasHapus
  31. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    Komentar tentang “bimbingan dan konseling”


    Saya rasa bimbingan dan konseling di sekolah harus di adakan. kalau perlu, diadakan secara rutin. Mungkin setiap semesteran atau pertengahan semester demi kelangsungan kegiatan belajar yang kondusif dan optimal. Sasarannya jelas, dan mengena pada obyek yaitu siswa dan mahasiswa. Bimbingan dan konseling di sekolah atau universitas sama halnya kita datang ke dokter psikolog untuk mencari jalan keluar, Pengembangan, penyaluran, penyesuaian,perbaikan dan lain-lain. Sehingga keputusan yang kita ambil tepat. Dan itulah menurut saya betapa pentingnya bimbingan dan konseling disekolah dan di universitas. Dan siswa dan mahasiswa merasa bebannya ringan dalam menghadapi kehidupannya, tidak terlalu tertekan apabila ada masalah.

    BalasHapus
  32. Nama : Eko budiono
    No. Reg : 5215077520
    Program : PNR Pendidikan Teknik Ektronika 2007

    Menurut saya bimbingan dan konseling berguna untuk mendewasakan para siswa sehingga para siswa tersebut dapat membedakan apa yang berguna untuk dirinya dan apa yang merugikan dirinya serta dapat meningkatkan tanggung jawab para siswa serta membuat siswa yang mandiri, bertanggung-jawab, bersemangat, kreatif dan sebagainya, selain itu bimbingan dan konseling bisa mencegah dan menjauhkan para siswa ari perbuatan tercela apalagi yang saat ini sudah merajalela yaitu narkoba.

    BalasHapus
  33. fahmi amran
    pnr teknik elektronika 07
    5215077528

    kalo menurut saya bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada siswa peserta didik agar masing-masing individu dapat berkembang secara optimal Dengan begitu para siswa dapat mengenal diri dan lingkungannya yang dapat berpengaruh positif terhadap dirinya sendiri.

    BalasHapus
  34. yudha dharmawan
    pnr s1 tek.elektronika unj 07
    5215077539


    dari artikel diatas dapat saya komentari bahwa bimbingan konseling berdasarkan fungsinya terbagi menjadi,bimbinga belajar,bimbingan karir dan bimbingan sosial juga pribadi.dalam bimbingan konseling ini bertujuan meningkatkan efesiensi siswa dalam belajar dan dapat membantu menyelesaikan masalah siswa yang mengganggu proses belajar mengajarnya.,misalnya dengan sharing.bimbingan konseling ini sangat bermamfaat sekali bagi siswa

    BalasHapus
  35. Aditya_triantoro
    PNR Elektronika 07
    5215077538
    Assalammualaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya, Sangat penting adanya bimbingan & konseling ( BK ). Karena adanya BK siswa dapat dibantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan siswa melalui penyelesain masalah yang dihadapi setiap siswa , selain itu, BK juga dapat mengembangkan kemampuan individu pribadi siswa secara optimal melalui tahapan pengembangan, kemampuan seperti; pengungkapan, pengenalan, penerimaan diri dari lingkungan, pengambilan keputusan, pengarahan diri, dan perwujudan diri. Dengan demikian, pengembangan kemampuan dapat membuat siswa atau pesrta didik menjadi lebih baik dari sebelumnya.

    BalasHapus
  36. Redi Hermawan
    5215077541
    PNR Pendidikan Teknik Elektronika

    Keberadaan bimbingan dan konseling sangat penting dan dibutuhkan oleh siswa karena Bimbingan dan Konseling adalah layanan yang memberikan bantuan kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami diri dan lingkungan, mengarahkan diri, membuat alternative pilihan dan mengambil keputusan dalam pemecahan masalah secara lebih tepat dalam rangka membantu tugas-tugas perkembangan peserta didik (mahasiswa) secara optimal.

    BalasHapus
  37. ADE SETIAWAN
    5215077547
    S1 PNR ELEKTRONIKA 07

    Bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan oleh setiap siswa, karena dengan adanya program seperti ini dapat membantu siswa/siswi khususnya yang mendapati masalah yang tidak dapat ia selesaikan.Disini juga dibutuhkan peranan terkait untuk membantu siswa dalam menyelesaikan semua masalah yang ia hadapi,tentunya oleh tenaga - tenaga yang profesional.

    BalasHapus
  38. IRFAN MUBAROK
    5215077548
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Dasar pemikiran penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Sekolah/Madrasah, bukan semata-mata terletak pada ada atau tidak adanya landasan hukum (perundang-undangan) atau ketentuan dari atas, namun yang lebih penting adalah menyangkut upaya memfasilitasi peserta didik yang selanjutnya disebut konseli, agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas-tugas perkembangannya (menyangkut aspek fisik, emosi, intelektual, sosial, dan moral-spiritual).

    BalasHapus
  39. Hotma tiopan Simanjuntak
    5215077543
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Konselor pendidikan adalah konselor yang bertugas dan bertanggungjawab memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik di satuan pendidikan. Konselor pendidikan merupakan salah satu profesi yang termasuk ke dalam tenaga kependidikan seperti yang tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional maupun Undang-undang tentang Guru dan Dosen.

    Konselor pendidikan semula disebut sebagai Guru Bimbingan Penyuluhan (Guru BP). Seiring dengan perubahan istilah penyuluhan menjadi konseling, namanya berubah menjadi Guru Bimbingan Konseling (Guru BK). Untuk menyesuaikan kedudukannya dengan guru lain, kemudian disebut pula sebagai Guru Pembimbing.

    BalasHapus
  40. Nama: Giyanto
    No reg: 5215077523
    Prodi: PNR S1 PEND TEKNIK ELEKTRONIKA

    Bimbingan dan konseling menurut yang say abaca di artikel memiliki arti yang berbeda namun mempunyai tujuan yang sama. Menurut saya bimbingan dan konseling ssangatlah diperlukan danwajib di lakanakan karena kegunaan pelajaran atau kegiatan inisangatlah banyak salah satunya bimbingan dan konseling bisa sangat membantu para siswa untuk menjadi lebih punya tanggung jawab, mandiri, serta berguna untuk orang-orang disekitarnya.

    BalasHapus
  41. Jaka Mulyadi
    PNR ELKA 07
    5215077524

    Artikel ini telah jelas memaparkan tujuan, manfaat dan apa-apa saja yang harus dilakukan oleh petugas bimbingan dan konseling. Semuannya baik untuk kehidupan siswa dan siswi disekolah bahkan baik juga untuk kehidupan di lingkungan luar sekolah. Namun pada kenyataannya bimbingan konseling ini belum bisa bekerja dengan maksimal, karena masih banyak para pelajar kita yang bisa dikatakan mengidap “penyakit” yang tidak sehat. Masih banyak tawuran, masih banyak penggunaan narkoba, masih banyak yang melakukan sex bebas dan lain sebagainya yang mengakibatkan para siswa dan siswi ini keluar dari jalurnya, yaitu menjadi orang yang memiliki pendidikan yang berkualitas baik.
    Namun demikian jika BK ini bisa dijalankan dengan baik dan diaplikasikan terhadap siswa dan siswi di sekolah maka bukan tidak mungkin “penyakit-penyakit” tersebut bisa dikurangi bahkan diatasi.

    BalasHapus
  42. Nama : Hermanudin
    No. Reg : 5215079443

    Bimbingan dan konseling sebagai salah satu layanan dalam penyelenggaraan pendidikan yang bertujuan untuk mengembangankan potensi peserta didik harus lebih ditingkatkan. Namun pada penyelenggaraannya saring kali layanan bimbingan dan konseling di sekolah belum terlaksana secara efektif dan tepat sasaran. Hal ini lebih dikarenakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah lebih secara teoritis.

    Pendekatan secara pribadi dan pengarahan yang terarah akan lebih efektif agar tercapainya tujuan bimbingan dan konseling di sekolah. Hal tersebut juga dapat meminimalisasi tindakan negatif pada peserta didik.

    Disamping layanan bimbingan dan konseling, sekolah hendaknya harus juga mengadakan sarana kegiatan untuk para siswa agar potensi siswa dapat terarah dengan baik.

    BalasHapus
  43. YULIANTO
    5215077530
    PNR ELEKTRONIKA

    Pada dasarnya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ditujukan pada pribadi siswa secara perseorangan dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal. Secara lebih khusus, sasaran bimbingan dan konseling meliputi tahapan-tahapan pengembangan kemampuan.
    Tugas guru dalam bimbingan adalah mengetahu atau mengenal murid. Apabila guru mau berhasil dalam tugasnya sebagai pembimbing maka ia perlu mengetahui kebiasaan-kebiasaan murid dalam belajar dan bekerjanya, dalam bermain dan keadaan kesehatannya, asal-usulnya, teman karibnya, bahkan latar belakang sosial-ekonominya.
    Guru yang baik perlu pula mencatat bagaimana hubungan tiap murid dengan teman-teman sekelasnya dan orang-orang lain. Dengan jalan mengadakan observasi, pembicaraan dengan murid dan orang tuanya serta sahabat-sahabatnya, tes sosiometri, mempelajari data mengnai dirinya, memungkinkan guru mengetahui apakah murid itu mempunyai keseimbangan dalam segi-segi sosial, perasaa, dan pendidikannya.

    BalasHapus
  44. Nama:Haris Triyono
    Noreg:5215077522
    Prodi:pend Teknik Elektronika PNR 07

    Menurut saya bimbingan konseling itu lebih mengacu kepada faktor psikologi anak didik karena bimbingan konseling ini mengarah kepada anak didik yang mengalami suatu masalah, masalah tersebut biasanya datang dari faktor dalam penerimaan pembelajaran, faktor teman-teman dikelasnya, dan faktor dari keluarga.
    Menurut saya juga sebaiknya bimbingan konseling yang memberikannya haruslah wanita, sabar, perfikiran harus dewasa karena setiap anak didik mempunyai kriteria yang berbeda, jadi orang yang memberikan bimbingan konseling harus sudah siap menerima semua maslah-masalah yang bermacam-macam kriteria anak didik. Peran bimbingan konseling sangat bermanfaat bagi anak-anak yang mengalami masalah tersebut karena cara bimbingan konseling yang melalui pendekatan langsung kepada anak didik membuat anak didik lebih nyaman mengungkapkan seluruh masalah sedang di hadapi dan bimbingan konseling menjadi media dimana anak itu dapat mencurahkan semua isi hatinya. Selain bimbingan konseling sebagai mediator, bimbingan konseling harus bisa memberikan masukan positif, memotivasi dan mensuport anak didik agar anak didik mempunyai semangat belajar sehingga dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik.

    BalasHapus
  45. Bimbingam Konseling/BK sangat diperlukan sekali di sekolah-sekolah sebagai layanan untuk siswa agar mereka dapat berkembang secara optimal.Mereka dapat berkonsultasi terhadap masalah yang mereka hadapi dan dapat mengarahkan mereka, apa sebenarnya minat dan bakat mereka yang dapat mereka gali dan manfaatkan untuk ke depan.

    BalasHapus
  46. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    Bimbingan dan konseling merupakan upaya proaktif dan sistematik dalam memfasilitasi individu mencapai tingkat perkembangan yang optimal. Pengembangan prilaku yang efektif, pengembangan lingkungan, dan peningkatan fungsi atau manfaat individu dalam lingkungannya. Semua perubahan prilaku tersebut merupakan proses perkembangan individu, yakni proses interaksi antar individu dengan lingkungan melalui interaksi yang sehat dan produktif. Bimbingan dan konseling memegang tugas dan tanggung jawab yang penting untuk mengembangkan lingkungan, membangun interaksi dinamis antara individu dengan lingkungan, membelajarkan individu untuk mengembangkan, merubah dan memperbaiki perilaku.

    BalasHapus
  47. Nama:M.goeltom
    5215077518
    PNR s1 elektronika 07

    Menurut pendapat saya yang disebut Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bagi peserta didik yang sangat penting artinya untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan. Dalam hubungan ini bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada mahasiswa agar masing-masing dapat berkembang secara optimal. Layanan yang diberikan dapat berfungsi sebagai upaya pencegahan (preventif), pengembangan, dan perbaikan (kuratif).
    Pada dasarnya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ditujukan pada pribadi siswa secara perseorangan dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal. Secara lebih khusus, sasaran bimbingan dan konseling meliputi tahapan-tahapan pengembangan kemampuan.dan ruang lingkup bimbingan konseling itu meliputi berbagai segi yaknni:
    1. Segi Fungsi, meliputi:
    Upaya pencegahan;
    Pengembangan;
    Penyaluran;
    Penyesuaian;
    Perbaikan.
    2. Segi sasaran bimbingan dan konseling bertujuan agar para siswa mencapai:
    Perkembangan melalui pengungkapan, pengenalan, dan penerimaan diri dan lingkungan;
    Pengambilan keputusan;
    Pengarahan diri;
    Perwujudan diri.
    3. Segi Layanan, meliputi: Pengumpulan data, Pemberian informasi, Penempatan;
    Konseling dan bentuk layanan lainnya;
    Alih tangan;
    Penilaian dan tindak lanjut.
    4. Segi Masalah, meliputi:
    Bimbingan pendidikan;
    Bimbingan jabatan;
    Bimbingan sosial, pribadi emosional.
    Dan untuk dapat mengdapatkan hasil yang optimal maka suatu sekolah harus dapat menyediakan fasilitas yang memadai dan memiliki sebuah ruangan khusus untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling.

    BalasHapus
  48. Asep Syaefudin
    5215077531
    PNR S1 PEND.TEK.ELEKTRONIKA
    bimbingan dan konseling sangatlah penting bagi setiap manusia. karena, bimbingan dan konseling itu dapat mempermudah untuk memecahkan suatu masalah. agar setiap individu menjadi lebih disiplin dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

    BalasHapus
  49. Rendi Irwanto
    5215077533
    PNR Pend.Tekhnik Elektronika 2007


    Tujuan pelayanan bimbingan ialah agar konseli dapat: (1) merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupan-nya di masa yang akan datang; (2) mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin; (3) menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya; (4) mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja.

    BalasHapus
  50. Niwan(5215077537)
    PNR Pend. Teknik Elektronika 07

    Menurut saya Tujuan dan manfaat bimbingan konseling yang ada di tiap-tiap sekolah sangat baik.Tapi pada kenyataannya sering terjadi kesalahpahaman antara murid dengan guru bimbingan konseling.Pernah saya temui di suatu sekolah diberlakukan sistem poin pelanggaran, apabila sudah mencapai poin tertentu maka siswa akan dikeluarkan.Menyebabkan siswa-siswa takut pada bimbingan konseling, karena yang di pentingkan masalah pelanggaran siswa di sekolah.Padahal peranan bimbingan konseling tidak hanya mengatasi masalah pelanggaran siswa, seperti memberi pengarahan siswa dalam prilaku di dlam maupun di luar sekolah, membantu mengatasi masalah pribadi siswa dan lain-lain.Oleh karena itu perlu ditingkatkan dalam pelaksanaan bimbingan konseling.Sehingga kelancaran proses belajar mengajar akan terwujud.

    BalasHapus
  51. Hafis Rizki R
    5215077517
    PNR Pend. Teknik Elektronika 07

    Menurut pendapat saya,
    Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bagi peserta didik yang sangat penting artinya untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan.

    Dan dengan adanya BK dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan. Misalkan salah satu siswa yang prestasi awalnya baik terus berubah menjadi prestasinya buruk, seharusnya guru Bk dapat menanyakan kepada siswa tersebut mengapa prestasinya menurun, setelah guru tersebut mengetahui apa permasalahan anak tersebu, kemudian guru tersebut menyimpulkan oh anak tersebut mempunyai masalah dengan keluarganya, kemudian guru itu memanggil orang tuanya dan menasehati orang tuanya jika ada masalah anaknya jangan dibawa ke dalam masalah tersebut karena dapat berpengaruh ke dalam prestasinya.

    BalasHapus
  52. Fitri Rahayu
    5215077535
    PNR Pend.tek. ELKA 07
    Menurut artikel diatas dan beberapa sumber yang ada memang benar antara bimbingan dan konseling sedikit berbeda. Bimbingan lebih ke pengarahan atau memberikan bantuan dalam sebuah masalah. Sedangkan konseling lebih kepada pencarian imformasi / data apa-apa saja yang memperkuat atau melemahkan, pro dan kontra dalam menghadapi masalah-masalah baru, merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan,pada intinya mengumpulkan data untuk membuat keputusan-keputusan berkaitan dengan sebuah tema yang diangkat. pada nyatanya bimbingan konseling belum dapat diaplikasikan dengan baik di lembaga pendidikan, jika dapat diterapkan sangat membantu mengenal pribadi masing-masing antara guru dan murid sehingga diantara keduanya dapat terjadi komunikasi yang baik sehingga akan menciptakan suasana belajar yang baik pula.

    BalasHapus
  53. NAZARUDIN
    5115046513

    Menurut saya bimbingan dan konseling memang sangat dibutuhkan oleh para siswa agar mereka mampu mengaktualisasikan diri mereka dengan cara mengetahui dan menggali potensi-potensi positif yang ada dalam diri mereka dan merefleksikannya secara optimal. Hal ini dapat terwujud apabila pembimbing/konselor yang melayani mereka memang benar-benar orang-orang yang berkompeten dalam hal bimbingan dan konseling. Hendaknya pihak sekolahpun tidak hanya memberikan bimbingan dan konseling kepada mereka yang memang datang untuk meminta bimbingan, akan tetapi pihak sekolah agar lebih aktif lagi melihat perubahan-perubahan yang terjadi pada siswanya terutama yang terjadi penurunan kualitas belajar atau terjadi perubahan sikap yang mengarah ke negatif agar cepat diberikan bimbingan dan konseling. Semoga dengan cara-cara seperti ini pihak sekolah dapat berbangga apabila seluruh lulusannya menjadi orang-orang yang mempunyai sikap yang baik serta bermutu baik dari segi kognitif, afektif dan konatif dan menjadi orang yang bertakwa.

    BalasHapus
  54. Assalamu alaikum
    Nama : Deden Suryana (d2n5r0)
    No. Reg : 5215079437
    jurusan Teknik Elektronika 2007 (Dikmenti)

    Banyak siswa menganggap BK adalah Polisinya sekolah. itu presepsi yang salah justru sebaliknya BK merupakan sahabat bagi siswa di waktu mereka punya masalah dengang teman, orang tua, dan guru. seharusnya guru BK lebih tahu dan membantu memecahkan masalah. BK tidak harus berlagak jutek berikan senyuman kepada siswa agar mereka lebih nyaman bersama guru BK.

    BalasHapus
  55. Nur Cahyadi Sunanta
    5115046511
    Menurut saya bimbingan konseling sangat baik untuk siswa karena dapat mengembangkan kemampuanya lebih optimal dan membantu siswa untuk lebihmengenal dirinya sehingga akan membuat siswa lebih percaya diri

    BalasHapus
  56. Tri Novianti
    8135072766
    Pend.tata niaga reg 2007

    Setiap individu hendaknya mampu mewujudkan diri sendiri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dasar dan kemungkinan-kemungkinan yang dimilikinya.maka dari itu Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bagi peserta didik yang sangat penting artinya untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan.

    BalasHapus
  57. Revita Renda I
    pend.tata niaga 07

    Bimbingan Konseling (BK),
    sangat dibutuhkan sekali bagi peserta didik. karena bk lebih condong ke aspek psikologis anak. bk membantu anak mengetahui kepribadiannya, minat dan bakat, penjurusan, dsb. bk juga menjadi tempat konsultasi dan problem solving atas masalah2 yang terjadi di keluarga, teman atau di lingkungan sekolah.
    namun kenyataannya, murid-murid disekolah sangat enggan sekali dengan kehadiran bk. mungkin semuanya tergantung dari bagaiman guru bk tersebut dapat memposisikan dirinya sebagai sahabat murid-murid, sehingga murid pun akan merasa nyaman dan dekat dengan guru bk

    BalasHapus
  58. umi karolina
    tn reg 07
    8135072773
    menurut saya pemberian bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan bukan hanya disekolah-sekolah,,tetapi juga dibutuhkan di universitas-universitas yang selama ini banyak di universitas-universitas tidak ada layanan khusus secara langsung untuk bk
    untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan. Dalam hubungan ini bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada mahasiswa agar masing-masing dapat berkembang secara optimal.

    BalasHapus
  59. Triwibisono. I
    TN reg 07
    8135072779

    Menurut saya Bimbingan konseling merupakan suatu kesatuan yang tak terpisahkan dalam dunia pendidikan saat ini, hal ini dikarenakan siswa mempunyai hak dalam memperoleh pendidikan mental yang dapat membantu mereka untuk menjadi manusia yang lebih dewasa dan tidak salah dalam mengambil keputusan, bimbingan konseling yang diberikan kepada mereka berupa arahan, pedoman hidup, langkah – langkah yang harus diambil atau di tinggalkan jika hal itu negative. Bimbingan konseling haruslah dioptimalkan disetiap sekolahan di karenakan perkembangan remaja saat ini amat labil, hal ini lebih dikarenakan pengaruh luar. Seperti tontonan, pergaulan dan lainnya

    BalasHapus
  60. dewi swtiyarini
    8135072775
    pend. tata niaga reg 07

    menurt saya bimbingan dan konseling ini sangat berbepran penting dalam pembentukan kepribadian siswa itu sendiri. karena bimbingan ini mengenalkan siswa terhadap dirinya sendiri dan kemampuannya, sehingga ia dapat menggunakan kemampuan yang di milikinya untuk mewujudkannya dalam masyarakat.jadi
    bimbingan ini merupakan salah satu wadah untuk menggali potensi yang ada pada siswa. juga sebagai perbaikan siswa demi mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. sehingga bimbingan konseling ini penting untuk deterapkan. jikia perlu pendidiknya pun di tambah agar perkembangan kepribadian dari masing-masing siswa dapat lebih optimal.

    BalasHapus
  61. taofiq
    TN reg 07
    8135072805

    Bimbingan dan konseling menurut saya adalah pelajaran dimana kita bisa lebih mengarahkan diri,mengontrol diri dan sebagai acuan akan jadi apa kita nanti.

    hal yang perlu disadari adalah kita sendiri akan tahu siapa sebenarnya kita.ini bisa membuat kita lebih percaya diri dalam bersikap dan menentukan sesuatu.
    bimbingan dan konseling bisa juga dijadikan wadah untuk tukar pikir dan meminta saran untuk menentukan pilihan yang terbaik.

    BalasHapus
  62. liza sabriani
    Tn Reg 07
    8135072797

    bimbingan dan konseling sangat membantu anak didik dalam mengembangkan kemampuan secara optimal sehigga para pengajaran mengetahui kemampuan bukan dari segi akademik tapi ketrampilan.

    BalasHapus
  63. Dwi Yuniarti
    8135072800
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    BK adalah pendidikan untuk siswa mampu mengenal, menerima, mengembangkan diri menuju ke arah yang lebih baik. BK mendidik siswa untuk mampu mengambil keputusan dengan tepat dan mampu mensosialisasikan diri dengan baik di lingkungan masyarakat itu sendiri.

    BalasHapus
  64. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Menurut pendapat saya, Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bagi para siswa yang sangat penting untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan.Yang berfungsi sebagai pemberi layanan kepada siswa agar masing-masing dapat berkembang secara optimal. Pada dasarnya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ditujukan pada pribadi siswa secara perseorangan dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal.

    BalasHapus
  65. Aji Saputra
    8135072796
    TN Reg'07

    Menurut saya Bimbingan konseling disekolah harus lebih dikenalkan lagi kepada para siswa,karena masih banyak siswa yang tidak mengetahui bahwa bimbingan konseling tidak hanya untuk siswa yang bermasalah,namun bisa juga dimanfaatkan sebagai media sharing bagi guru dan anak muridnya.

    BalasHapus
  66. Febriany

    Bk berfungsi untuk komunikasi antara guru dengan murid...
    namun kebanyakan murid/siswa belum memahami fungsi bk itu sendiri...

    BalasHapus
  67. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07


    Menurut saya BK adalah tempat untuk menuangkan ide-ide,tempat untuk mengeluarkan uneg-uneg,tempat sharing jika ada masalah di sekolah.BK sangat membantu dalam mendidik siswa dan mengoptimalkan kemampuan siswa serta memotivasi siswa dalam menentukan arah bakat kita dan meningkatkan prestasi siswa didalam kelas...sehingga tejalin komunikasi yang baik antara murid dan guru...

    BalasHapus
  68. Diajie Ary Tohfati
    8135077980
    tn non reg 07

    Bimbingan dan Konseling
    Bimbingan konseling akan membantu siswa dalam menemukan apa potensi diri yang dimiliki oleh siswa jadi siswa dapat mengarahkan dirinya ke potensi yang ia miliki. Menurut saya Siswa juga dapat membentuk karakter dirinya sendiri melalui BK.

    BalasHapus
  69. Tugas BK bukan hanya sebagai pencegah tetapi juga sebagai pengevaluasi dari perubahan – perubahan yang baik maupun yang buruk dari para siswa. Jadi di harapkan bagi seluruh guru BK agar memiliki respon yang tinggi terhadap perubahan – perubahan pada siswa di lingkungan pendidikan tersebut. Dan memberikan motivasi yang penuh terhadap anak yang bermasalah

    BalasHapus
  70. asslamualaikm wb.wb
    mohamad yaser
    8135077967
    menurut saya para pembimbing konseling harus peka terhadap aktivitas yang sedang terjadi pada siswa sehingga monotoring dapat berjalan dengan baik ketika siswa tidak kondusif para konsoler dapat menanggulangi permasalah yang akan terjadi sejak dini.

    BalasHapus
  71. David Ramot
    8135072801
    Pend.Tata Niaga Reg.07

    Guru BK harus menjadi pembimbing yang aktif untuk mengarahkan siswa dalam segala potensi yang dikeluarkan maupun yang perlu dikembangkan agar siswa tersebut melalui perkembangan yang baik serta terarah kearah yang benar.

    BalasHapus
  72. wahyu tn reg 2007
    bimbingan konseling merupakan pembelajaran yang diberikan oleh guru agar siswa lebih terarah dan dapat mengembangkan potensi siswa tersebut sesuai dengan potensi yang dimilikinya serts dapat membantu siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.

    BalasHapus
  73. alek monaris s
    pend.tata niaga reg07
    8135072768

    bimbingan konseling dapat membantu memberikan pertolongan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan serta kesulitan yang timbul dalam kehidupan anak didik.. .
    sehingga dengan bantuan dari guru BK diharapkan dapat meringankan atau bahkan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh anak didik..

    BalasHapus
  74. lukmaN > TN (non reg) 07

    Bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan bagi peserta didik, agar para siswa dapat mengenal pribadinya dengan lingkungan sekitar dan anak tersebut dapat mengetahui mana lingkungan yang positif maupun lingkungan yang negatif.

    BalasHapus
  75. Dwi Yunita
    Pend. Tata Niaga NR'07

    Bimbingan dan Konseling merupakan kegiatan pelayanan yang sangat penting bagi peserta didik.
    dengan danya Bimbingan dan Konseling ini para peserta didik mampu mengenali dirinya lebih baik dari sebelumyan dan para peserta didik juga dapat mengetahui potensi apa yang ada dalamdirinya.
    Bimbing dan Konseling ini juga dapat membantu para peserta didik untuk mengmbangkan potensi yang ada dalam dirinya...

    BalasHapus
  76. Noritha Kristianty
    8135072787
    Pend. Tata Niaga Reg'07

    Adanya bimbingan konseling disekolah sangat baik adanya karena dengan bimbingan konseling tersebut dapat membantu sekolah dan para guru mengkontrol para siswanya. Dengan adanya bimbingan konseling tersebut dapat meningkatkan kedisplinan siswa, prestasi siswa dan lain-lain. Akan tetapi pengembangan tentang bimbingan konseling masih sangat perlu diperhatikan, seharusnya sekolah bisa melakukannnya dengan metode-metode lain agar tidak terlihat kaku oleh siswa, agar saat konseling itu berlangsung gap antara guru dan murid tidak terlihat.

    BalasHapus
  77. rizky dwi perwitasari
    8135077963
    TN (nonreg07)



    adanya BK tentu akan dapat meningkatkan kualitas anak didik..sebab biar bagaimanapun peranan BK sangat dibutuhkan..
    dengan adanya BK siswa dapat menggali kemampuannya..
    BK juga dapat meningkatkan kedisiplinan siswa..
    bukan hanya untuk siswa saja tetapi dengan adanya BK sekolah juga dapat mengatur atau mengontrol siswa.

    BalasHapus
  78. aditya septiadi a
    8135072783
    tN reg 07

    BK sangat penting bagi kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah karena dapat mengembangkan kemampuan siswa secara optimal.. selain itu dapat membantu siswa dalam menyelesaikan hambatan& permasalahan siswa...

    BalasHapus
  79. Amalina Imadarty
    8135077986
    TN NR 07

    Menurut saya, Bimbingan dan konseling merupakan pelayanan yang ditujukan pada pribadi siswa secara personal yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang akademik, ketrampilan, pengenalan diri, dll. Selain itu, BK juga merupakan salah satu wadah bagi para siswa untuk berkonsultasi atau sekedar sharing mengenai permasalahan mereka dan tentunya guru BK berkewajiban membantu siswa dalam hal ini.

    BalasHapus
  80. Indra septifurdiana
    TN NR 07
    8135077964

    Saat ini seorang guru pembimbing ditugaskan untuk melayani bimbingan beberapa kelas dalam satu hari.bila seperti itu,yang terjadi bukan menjadi suatu kegiatan pelayanan bagi siswa melainkan hanya menjadi kegiatan yang berlalu begitu saja tanpa memberikan kesan sedikit pun.

    BalasHapus
  81. dedy prasetyo
    8135077956
    TN non 07

    Menurut pandangan saya bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada siswa agar masing-masing dapat berkembang secara optimal.Layanan yang diberikan dapat berfungsi sebagai upaya pencegahan (preventif), pengembangan, dan perbaikan (kuratif).BK juga juga memberikan informasi-informasi kepada siswa tentang masa depan yang ingin di pilih oleh siswa dan langkah-langkah apa saja yang dihadapi siswa untuk mencapai apa yang sangat mereka inginkan.

    BalasHapus
  82. aisyah R ( TN 07 )

    bimbingan konseling sangat mempengaruhi permasalahan yang dihadapi siswa, sebab melalui bimbingan konseling itu siswa dapat menceritakan permasalahan yang dihadapinya dan dapat dicari jalan keluar yang diharapkan..
    bimbingan konseling sangat mempengaruhi emosi siswa karena hanya dengan guru yang dapat mengerti dirinya siswa dapat menceritakan permasalahan yang dihadapi..

    BalasHapus
  83. Karina DwiJaya Oktariani
    8135077957

    Menurut sya bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan spiritual bagi siswa.Pada dasarnya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ditujukan pada pribadi siswa secara perseorangan dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal. Secara lebih khusus, sasaran bimbingan dan konseling meliputi tahapan-tahapan pengembangan kemampuan.
    Tugas guru dalam bimbingan adalah mengetahu atau mengenal murid. Apabila guru mau berhasil dalam tugasnya sebagai pembimbing maka ia perlu mengetahui kebiasaan-kebiasaan murid dalam belajar dan bekerjanya, dalam bermain dan keadaan kesehatannya, asal-usulnya, teman karibnya, bahkan latar belakang sosial-ekonominya.

    BalasHapus
  84. anggi arisaputri Tn_Nr07
    8135077971

    Menurut saya bimbingan dan konseling memang sangat dibutuhkan oleh para siswa agar mereka mampu mengaktualisasikan diri mereka dengan cara mengetahui dan menggali potensi-potensi positif yang ada dalam diri mereka dan merefleksikannya secara optimal.

    jika dapat diterapkan dengan baik sangat membantu mengenal pribadi masing-masing antara guru dan murid sehingga diantara keduanya dapat terjadi komunikasi yang baik sehingga akan menciptakan suasana belajar yang baik pula.

    BalasHapus
  85. Rosita

    Assalmu'alaikum,,

    Sedikit pendapat saya tentang Bimbingan Konseling di lingkungan sekolah.

    sesuai dengan pendapat saya pada artikel sebelumnya saya berpendapat bahwa pentingnya BK ini, yaitu untuk membuata siswa lebih terbuka dalam hal pemecahan permasalahannya, dan peran konselor memang sangat penting dalam hal ini.

    sesuai dengan artikel tersebut yang mengatakan bahwa Pada dasarnya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ditujukan pada pribadi siswa secara perseorangan dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal. Secara lebih khusus, sasaran bimbingan dan konseling meliputi tahapan-tahapan pengembangan kemampuan.

    Inilah sedikit pendapat dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua....

    Wassalam....
    Rosita.

    BalasHapus
  86. Qurota Aini TN NR'07

    Menurut Saya,
    Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bagi peserta didik perlu ditingkatkan sebab keberadaab konseling ini sangat penting dan begitu dibutuhkan oleh para siswa untuk membantu berkonsultasi dan pemecahan masalah yang sedang mereka hadapi...
    Pada dasarnya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ditujukan pada pribadi siswa secara perseorangan dengan harapan dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal..

    BalasHapus
  87. Fitri melawati nr 07

    Menurut saya bimbingan konseling itu lebih mengacu kepada faktor psikologi anak didik karena bimbingan konseling ini mengarah kepada anak didik yang mengalami suatu masalah, masalah tersebut biasanya datang dari faktor dalam penerimaan pembelajaran, faktor teman-teman dikelasnya, dan faktor dari keluarga.
    dan bimbingan ini diharapkan dapat memacu minat belajar siswa agar termotivasi dengan baik

    BalasHapus
  88. Jenny christine (8135077998)
    TN NR 07

    bimbingan dan konseling adalah sama dengan pendapat saya pada artikel yang berjudul mengenal bimbingan konseling.

    tetapi bimbingan konseling tersebut lebih berpacu pada suatu masalah peserta didik tersebut.

    dimana seorang guru BK akan membantu dan menyelesaikan siswa tersebut jika ada masalah yang dihadapinya.

    peserta didik akan merasa lebih lega jika masalahnya dapat terselesaikan dengan seorang konselornya.

    BalasHapus
  89. imam irawan
    8135072811
    pend tata niaga reg 07

    BK memberikan informasi-informasi kepada siswa tentang masa depan yang ingin di pilih oleh siswa dan langkah-langkah apa saja yang dihadapi siswa untuk mencapai apa yang sangat mereka inginkan. Penanganan yang baik untuk mengatasi anak didik yang bermasalah, tidak hanya masalah dalam menangkap pelajaran tetapi perilaku anak didik, di dalam BK ini adalah memberitahukan dampak apa saja yang akan mereka alami dan memberikan gambaran kepada anak didik tentang masa depan mereka bila mereka berperilaku yang tidak baik, disitulah kegunaan dari bimbingan konseling.

    BalasHapus
  90. Sutriyani
    8135077961
    Pend.TN non reg'07

    assalamualaikum...

    Bimbingan Konseling adalah pelajaran yang dapat membaca diri sendiri dan lingkungan, sehingga siswa dapat menujukkan kreatifitasnya atau kemampuan yang dimilikinya.Bk juga dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang bernilai positif.

    BalasHapus
  91. Raja Yuda Roderick Siahaan
    8135077978
    Pend. TN nin Reg'07
    Bimbingan konseling itu lebih mengacu kepada faktor psikologi anak didik karena bimbingan konseling ini mengarah kepada anak didik yang mengalami suatu masalah, olehr krna itu bk sangat penting untuk membuata siswa lebih terbuka dalam hal pemecahan permasalahannya, dan peran Pembimbing konseling memang sangat penting dalam hal ini.

    BalasHapus
  92. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non reg 07
    8135077958

    bimbingan konseling (BK), sangat membantu para siswa yg memiliki problem.
    baik dalam sekolah maupun luar sekolah.
    guru BK memberikan problem solving kepada murid nya yg sedang konseling.
    guru BK hampir persis seperti psikolog.
    karena memberikan BK tidak hanya memberikan konseling tp jg memberikan motivasi dan menguatkan mental.

    BalasHapus
  93. Dengan adanya Bimbingan Konseling di sekolah sangat bagus sekali, karena Bimbingan Konseling dapat membantu siswa keluar dari masalahnya. Misalnya siswa yang cerdas tiba-tiba saja nilainya menjadi turun, lalu guru BK bisa membantunya mencari solusi untuk siswa tersebut. Atau sebaliknya, siswa yang nakal, bisa di penggil ke ruang BK, lalu guru BK bisa menanyakan kenapa anak tersebut bisa menjadi nakal. Guru BK di sekolah sama saja sebagai psikologi , maka dari itu sebaiknya guru BK mempunyai latar belakang pendidikan psikologi.

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  95. Dalam hal ini bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada mahasiswa agar masing-masing dapat berkembang secara optimal. Layanan yang diberikan dapat berfungsi sebagai upaya pencegahan (preventif), pengembangan, dan perbaikan (kuratif). BK ini dapat mengetahui psikologi siswa yang kurang akibat faktor masalah dengan teman,guru/pengajar ataupun masalah yang ada dirumah....

    Novira Tri Risanti
    8135077962
    Pend. TN nON Reg '07

    BalasHapus
  96. yuni SW (8135077970)
    TN NR 07

    menurut saya BK sangat penting keberadaannya, terutama pada siswa atau anak didik dan BK juga membantu siswa dalam mengambil keputusan, terutama pada anak didik yang membutuhkan motivasi dan pemecahan masalah mereka, sehingga dapat diselesaikan melalui BK.

    BalasHapus
  97. peran BK dalam sekolah sangat membantu siswa yang mengalami masalah, baik masalah pribadi maupun keluarga. disini siswa akan memperolah jalan keluar yang baik dari masalah yang dihadapinya.

    BalasHapus
  98. bimbingan dan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada mahasiswa agar masing-masing dapat berkembang secara optimal. sebab bimbingan dan konseling tidak identik dengan hal-hal yang negatif tapi juga bisa membantu meningkatkan prestasi siswa yang turun.

    BalasHapus
  99. Christina Panjaitan
    TN reg 07

    Saya menambahkan bahwa dalam bimbingan konseling terdapat beberapa prinsip dasar yang dipandang sebagai fundasi atau landasan bagi pelayanan bimbingan. Prinsip-prinsip ini berasal dari konsep-konsep filosofis tentang kemanusiaan yang menjadi dasar bagi pemberian pelayanan bantuan atau bimbingan, baik di Sekolah/Madrasah maupun di luar Sekolah/Madrasah. Prinsip-prinsip itu adalah:

    1. Bimbingan dan konseling diperuntukkan bagi semua konseli.
    2. Bimbingan dan konseling sebagai proses individuasi.
    3. Bimbingan menekankan hal yang positif.
    4. Bimbingan dan konseling Merupakan Usaha Bersama.
    5. Pengambilan Keputusan Merupakan Hal yang Esensial dalam Bimbingan dan konseling.
    6. Bimbingan dan konseling Berlangsung dalam Berbagai Setting (Adegan) Kehidupan.

    BalasHapus
  100. Kristiana Ermawati
    8135072771
    Pend.TN Reg07

    Bimbingan Konseling merupakan layanan kepada siswa . Bimbingan Konseling bertujuan untuk mengarahkan siswa ke arah yang positif. Biasanya anak yang butuh bimbingan konseling ini adalah anak yang bermasalah baik masalah sekolah ataupun masalah lain yang dapat mempengaruhi tingkat belajar. guru dapat memberi bimbingan kepada si anak jalan keluar dari masalah tersebut. dengan demikian siswa menjadi lebih yakin untuk menghadapinya dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa itu sendiri. bimbingan konseling ini juga terbuka untuk siapa saja yang membutuhkannya.

    Maka dari itu sangatlah penting peran dari Bimbingan Konseling.

    BalasHapus
  101. Menurut pendapat saya, Sangat penting adanya bimbingan & konseling ( BK ). Karena adanya BK siswa dapat dibantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan siswa melalui penyelesain masalah yang dihadapi setiap siswa,baik masalah yang datang dari keluarga ataupun lingkungan tempat anak tersebut tinggal.

    BalasHapus
  102. bimbingan konseling sangat baik bagi siswa dan dibutuhkan siswa,bukan hanya siswa yang bermasalah tetapi juga ynag berprestasi

    BalasHapus
  103. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga(NonReg 07)

    Bimbingan konserling sangat baik diterapkan disekolah karena bimbingan konserling dapat mengarahkan anak tersebut menjadi lebih baik dan dapat terarahkan minat serta bakat dari anak tersebut..

    BalasHapus
  104. Emi Ardiyanti
    8135070419
    Pend.Tata NIaga Reg 07

    BK merupakan salah satu bagian penting dari sebuah sistem sekolah. BK berfungsi tidak hanya sebagai pengendali anak nakal saja tetapi juga sebagai ajang untuk sharing mengenai bakat, kemampuan, kecerdasan maupun pengembangan karakter dan sikap.
    dengan adanya BK diharapkan anak didik memiliki karakter, sikap serta perilaku yang berahlak baik.
    amin.

    BalasHapus
  105. Tercapainya tujuan pendidikan secara umum tidak terletak pada keberhasilan secara akademik saja, harus diimbangi dengan pembawaan diri yang baik pula, bimbingan konseling mempengaruhi terciptanya SDA dan SDM siswa yang baik. Bahkan bimbingan konseling harus menjadi mata pelajaran yang memiliki standar kompetensi yang produktif.

    BalasHapus
  106. muammar khadafi
    8135077995
    p.tata niaga non reg 07

    Menurut saya,bimbingan konseling memang saat tepat di terapkan ke mahasiswa dan siswa agar lebih mengenal potensi / kemampuan yang dia miliki tanpa di sadari. Tugas BK bukan hanya sebagai pencegah tetapi juga sebagai pengevaluasi dari perubahan – perubahan yang baik maupun yang buruk dari para siswa. Jadi di harapkan bagi seluruh guru BK agar memiliki respon yang tinggi terhadap perubahan – perubahan pada siswa di lingkungan pendidikan tersebut. Dan memberikan motivasi yang penuh terhadap anak yang bermasalah sehingga anak tersebut dapat kembali ke jalan yang benar dan tidak terjerumus lagi ke dalam hal – hal yang negatif.
    Tahap – tahap pengembangan yang telah di sebutkan sudah cukup tepat, karena memang segala sesuatu harus di mulai dengan diri anak tersebut selanjutnya baru di perkenalkan terhadap lingkungan sekitar agar anak tersebut dapat mengetahui mana lingkungan yang kondusif maupun lingkungan yang hanya dapat merusak dirinya sehingga dapat anak itu hindari.

    BalasHapus
  107. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    Bimbingan dan Konseling adalah suatu hal yang berkaitan satu sama lain. Dalam hal ini bimbingan membimbing para siswa untuk mengenal dirinya secara individu oleh orang lain dan konseling membantu siswa dalam memutuskan sesuatu bersama-sama pembimbingnya. kegiatan ini dapat memacu siswa untuk mengoptimalkan kemampuanya karena setiap keputusan telah diputuskan bersama dan mengupayakan apa yang telah menjadi potensi dirinya sendiri. Bila berbagai macam bimbingan seperti yang telah disebutkan di atas seharusnya para siswa lebih dapat optimal dan menunjukan progres perkembangan yang baik dalam mencapai tujuan hidupnya.

    BalasHapus
  108. Bimbingan konseling memiliki banyak fungsi dalam penyelengaraan pendidikan di sekolah. siswa dapt share dengan konselor, sehingga dapat lebih efektif menyelesaikan masalahnya.

    Imanuel Suranta
    pend. tata niaga reg 07

    BalasHapus
  109. Ass.,

    memang bimbingan konseling sangat penting bagi perkembangan dan dalam proses mengevaluasi diri, tetapi perlu diingat bahwa BK sendiri dibutuhkan tidak hanya dalam dunia pendidikan tetapi juga dalam dunia kerja dan lain - lain. Dan alangkah baiknya apabila dalam penerapannya BK tidak hanya dilaksanakan pada saat seseorang tersebut sedang dalam masalah tetapi juga dalam keadaan sebaliknya, sehingga seseorang tersebut dapat mengambangkan dirinya secara optimal.

    BalasHapus
  110. Imam Punarko
    Pend. Tata Niaga 07
    8135072812

    Bimbingan konseling memang sangat di butuhkan oleh mahasiswa akibat semakin beragamnya masalah yang dimiliki oleh mahasiswa, karena keberagaman ini seorang mahasiswa butuh orang yang benar-benar memiliki mental kuat untuk memberikan bimbingan ini.

    kecenderungan mahasiswa yang disebutkan diatas merupakan permasalahan yang sering timbul untuk itu, akses mahasiswa di kampus serta keaktifannya dapat mempengaruhi tingkat permasalahan seorang mahasiswa. namun perlu diingat konseling akan sangat bermangfaat seandainya ada lembaga yang secara resmi berdiri untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mahasiswa, sehingga dalam hal ini manajemen konseling akan berjalan lebih efektif.

    BalasHapus
  111. Khorina
    Pend.Tata Niaga Non Reg 07
    813077992

    Bimbingan Konseling memang memiliki peranan penting dalam pendidikan.Akan lebih baik lagi jika penerapannya secara kontinyu dan menarik peserta didik.Ilmunya harus diimbangi dengan Ilmu Agama.Agar melahirkan bibit-bibit unggul yang memilki pribadi yang sehat secara rohani dan jasmani.Sebab Pribadi yang sehat selalu berusaha bersikap positif terhadap diri sendiri dan terhadap diri lingkungannya, sehingga membawa keuntungan timbal balik antara individu dan lingkungannya.

    BalasHapus
  112. Reza Adi Putranto
    8135077997
    Pend. Tata Niaga Non Reg '07

    Menurut saya BK dapat membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan. Dengan begitu para siswa dapat mengenal diri dan lingkungannya yang dapat berpengaruh positif terhadap dirinya
    misalkan salah satu siswa yang prestasi awalnya baik terus berubah menjadi prestasinya buruk, seharusnya guru Bk dapat menanyakan kepada siswa tersebut mengapa prestasinya menurun, setelah guru tersebut mengetahui apa permasalahan anak tersebu, kemudian guru tersebut menyimpulkan oh anak tersebut mempunyai masalah dengan keluarganya.

    BalasHapus
  113. inne zulfanisa
    8135072806
    tata niaga reg 07
    Bimbingan konseling memang sangat di butuhkan oleh mahasiswa akibat semakin beragamnya masalah yang dimiliki oleh mahasiswa, karena keberagaman ini seorang mahasiswa butuh orang yang benar-benar memiliki mental kuat untuk memberikan bimbingan ini.Bimbingan Konseling memang memiliki peranan penting dalam pendidikan.Akan lebih baik lagi jika penerapannya secara kontinyu dan menarik peserta didik.apabila dalam penerapannya BK tidak hanya dilaksanakan pada saat seseorang tersebut sedang dalam masalah tetapi juga dalam keadaan sebaliknya, sehingga seseorang tersebut dapat mengambangkan dirinya secara optimal.

    BalasHapus
  114. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007



    Adanya lembaga Bimbingan dan Konseling di setiap instansi pendidikan sangat dibutuhkan keberadaanya. BK dapat dijadikan media bagi para siswa untuk mengungkapkan apa yang menjadi permasalahanya. Karena dengan adanya Bk diharapkan terjadinya keserasian antara apa yang di inginkan siswa dan apa yang di inginkan pihak sekolah. Fungsi Bk sendiri di harapkan tidak hanya sebagai media penghubung antara siswa dan sekolah, namun lebih jauh lagi BK diharapkan dapat menjadi suatu wadah di lingkungan sekolah yang menampung dan mengorganisir setiap permasalahan yang timbul. Sehingga setiap permasalahan yang muncul dengan sendirinya teratasi dengan adanya BK, tidak dengan demo atau keributan-keributan yang sangat mengganggu siswa itu sendiri. Sehingga terjadi keharmonisan di lingkungan sekolah dan terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif. Dan tercapainya tujuan pembelajaran yang di inginkan.

    BalasHapus
  115. Ade Kurniawan
    8135072772
    Pend. Tata Niaga reg '07

    menurut saya, bimbingan dan konseling seharusnya tidak hanya berupa layanan bagi peserta didik, penerapan langsung berupa mata pelajaran di sekolah menurut saya lebih efektif dan tepat sasaran. Seperti halnya pelajaran agama atau kewarganegaraan, bimbingan konseling diharapkan mampu membentuk individu yang kompeten dan siap terjun ke masyarakat. Dengan ruang lingkup yang sesuai dengan kebutuhan afektif dan psikomotor dalam pendidikan, bimbingan konseling akan menciptakan paradigma baru dalam penekanan life skill.

    BalasHapus
  116. abdul rohim
    8135072785
    tata niaga reg 2007

    bimbinagan konseling memang sangat penting bagi peserta didik..
    karena bimbingan dan konseling adalah kegiatan pelayanan atau wadah yang sangat penting artinya untuk membantu siswa dalam menunjang kelancaran mengenyam pendidikan.
    dengan adanya BK siswa dapat curhat dengan konselor mengenai masalah-masalah yang dihadapinya dalam mengenyam pendidikan serta meminta saran untuk pemecahan masalahnya.jadi dengan adanya BK ini diharapkan tidak ada peserta didik yang frustasi dengan masalah yang dihadapinya di sekolah.

    BalasHapus
  117. Rizki Amelia Dewi 5235110330
    PTIK Reguler 2011

    Menurut saya, adanya lembaga Bimbingan dan Konseling di setiap instansi pendidikan memang sangat penting, dimana lembaga tersebut merupakan sarana bagi para siswa sebagai pemberi layanan serta mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Lembaga Bimbingan dan Konseling juga membantu sekolah dalam mengorganisir permasalahan yang ada. Namun kenyataan yang ada, keberadaan Lembaga Bimbingan dan Konseling tidak sepenuhnya berjalan dengan baik. Anggapan siswa terhadap Lembaga Bimbingan dan Konseling sebagai sarana dimana siswa dan siswi yang bermasalah lah yang selalu berkaitan dengan lembaga ini, sehingga mengurangi fungsi dari lembaga bimbingan dan konseling. Dengan adanya kenyataan dari anggapan ini, maka ada baiknya diadakan sosialisasi yang lebih ditingkatkan mengenai peran lembaga bimbingan dan konseling di setiap instansi pendidikan kepada siswa-siswanya selain itu para siswa juga diajak untuk ikut berperan aktif terhadap lembaga bimbingan dan konseling. Dengan itu keselarasan antara para siswa dan sekolah dapat terjalin dengan baik sesuai harapan di setiap instansi pendidikan.

    BalasHapus