September 30, 2008

Mengenal Bimbingan Konseling

Oleh Tekla NH S,Pd
“Apa sih bimbingan konseling atau BK itu?” “ Kok, tidak ada nilai BK di dalam rapot?” Ini adalah deretan pertanyaan yang datang dari beberapa siswa-siswi SMA tentang bimbingan konseling (BK) yang ada di sekolah. Hal ini menandakan bahwa masih banyak orang yang belum sungguh-sungguh mengenal BK dan apa manfaat dari pelayanan BK itu sendiri.
Bimbingan dan Konseling memiliki dua makna yang berbeda namun saling berkaitan satu dengan lainnya. Menurut Sertzer dan Stone (1981), mengatakan bahwa The process of helping individuals to understand themselves and their world (bimbingan diartikan sebagai proses membantu orang-perorangan untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya). Proses, menunjuk pada gejala bahwa sesuatu akan berubah secara berangsur-angsur selama kurun waktu tertentu. Oleh karena itu bimbingan bukanlah suatu peristiwa yang terjadi sekali saja, melainkan mencakup sejumlah tahap yang secara berangkaian dan terstruktur membawa ke tujuan yang ingin dicapai. Membantu berarti memberikan pertolongan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan serta kesulitan yang timbul dalam kehidupan manusia.
Orang-perorangan menunjuk pada individu atau orang tertentu yang dibantu seperti para siswa di sekolah, mahasiswa, orangtua/keluarga, orang dewasa, atau para manula. Para individu ini sering menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan yang selalu muncul dalam kehidupan mereka. Tantangan dan kesulitan ini harus mereka hayati sebagai suatu masalah yang harus diatasi, agar perkembanga selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. Memahami diri berarti mengenal diri sendiri secara lebih mendalam dan menetapkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai, serta membentuk nilai-nilai (values) yang akan menjadi pegangan selama hidupnya (Winkel, 1990). Tujuan dari pelayanan bimbingan oleh tenaga profesional adalah semua bidang kehidupan yang mencakup perkembangan kepribadian yang seoptimal mungkin. Dalam rangka mengembangkan dirinya sendiri orang harus mengenal dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya. Dia harus membangun cita-cita yang ingin dicapai dan menimbang beraneka dorongan motivasional yang terdapat dalam dirinya sendiri. Selanjutnya, dia harus mempertimbangkan alternatif-alternatif yang terbuka baginya untuk mewujudkan cita-citanya, kemudian memperhitungkan kewajibannya terhadap sesama manusia. Tahap selanjutnya yang perlu dilakukannya adalah, merencanakan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencapai suatu tujuan. Akhirnya, dia harus mengadakan evaluasi atas dirinya dan arah kehidupannya sendiri. Tujuan ini yang menjadi ciri khas dari bimbingan sebagai bantuan.

Istilah konseling sendiri berasal dari kata Latin “consilum” yang berarti “dengan” atau “bersama” dan “mengambil” atau “memegang”. Maka dapat dirumuskan sebagai memegang, atau mengambil bersama. Ungkapan ini didukung pula oleh ahli konseling W.S Winkel bahwa konseling mengandung suatu proses antarpribadi yang berlangsung melalui saluran komunikasi verbal dan non verbal. Dengan menciptakan kondisi positif seperti empati, penerimaan serta penghargaan, keikhlasan serta kejujuran, dan perhatian yang tulen (facilitative conditions), konselor menginginkan konseli untuk merefleksi atas diri sendiri serta pengalaman hidupnya, memahami diri sendiri serta situasi kehidupannya dan berdasarkan itu menemukan penyelesaian atas masalah yang dihadapi (Winkel, 1990). Konseling meliputi relasi tatap muka secara pribadi antara dua orang di mana si konselor, lewat relasi tersebut dan dengan menggunakan kemampuan khususnya berusaha memberikan situasi belajar di mana si konseli ditolong untuk memahami dirinya sendiri dengan cara yang memuaskan bagi dirinya dan tidak merugikan orang lain atau masyarakat. Konseli belajar memecahkan masalah-masalah dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu (Rebecca, 1982). Konseling berbeda dengan bimbingan namun memiliki tingkat kesesuaian yang tercakup dalam bimbingan konseling. Bimbingan adalah relasi yang bertujuan menolong dan tepat diberikan kepada seseorang yang sedang membutuhkan bantuan rangka memahami dirinya sendiri dan lingkungan, serta dalam rangka membuat keputusan-keputusan yang bijaksana menyangkut pendidikan, pekerjaan, atau masalah pribadinya. Sedangkan konseling bertujuan memecahkan masalah-masalah pribadi atau yang menyangkut soal yang sama, namun secara langsung lebih bertujuan untuk menolong si konseli memperoleh informasi, mendapatkan orientasi dalam menghadapi masalah-masalah baru, merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam tugas-tugas perkembangannya, mengumpulkan data untuk membuat keputusan-keputusan berkaitan dengan kelanjutan studi atau memilih bidang pekerjaan, dll. Kesamaannya terletak pada tujuan untuk semakin memperkembangkan si konseli dalam setiap aspek kehidupannya sedangkan perbedaanya adalah bimbingan memiliki konotasi positif dan preventif (pencegahaan) dan konseling memiliki konotasi upaya memperbaiki atau menghilangkan suatu hambatan atau masalah yang sedang dialami si konseli.

Pelayanan konseling dalam sistem pendidikan di Indonesia mengalami beberapa perubahan nama. Pada kurikulum 1984 semula disebut Bimbingan dan Penyuluhan (BP), kemudian pada Kurikulum 1994 berganti nama menjadi Bimbingan dan Konseling (BK) sampai dengan sekarang. Sejalan dengan perubahan-perubahaan nama tersebut, di dalamnya terkandung berbagai usaha perubahan untuk memantapkan konseling sebagai suatu profesi. Oleh karena itu seorang konselor sekolah hendaklah profesional dalam menjalankan tugas. Pelayanan BK di sekolah lebih menekankan pada cinta kasih. Dengan cinta kasih seorang konselor akan lebih empatik kepada siswanya. Relasi yang baik, hangat dan penuh penerimaan antara siswa dengan konselor sekolah akan memudahkan siswa untuk lebih memahami diri dan kondisi lingkungan dirinya dan lebih mudah mengambil keputusan dalam hidupnya demi kebaikan dirinya sendiri. Para siswa harus ditangani oleh konselor yang sungguh profesional dalam bidangnya karena di dalam konseling memiliki asas kerahasiaan, asas kesukarelaan, asas keterbukaan, asas kenormatifan, dll. Konselor sekolah hendaknya mentaati aturan-aturan dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling yang terdapat dalam kode etik keprofesian sebagai seorang guru BK.
Bahwa tidak terdapat nilai BK dalam raport tetapi hasil dari proses pelayanan BK di sekolah dapat dilihat pada perubahaan diri seseorang baik sikap, perilaku, pikiran, dan perasaannya yang menjadi lebih baik dan berani mengambil keputusan dan siap menjalankan keputusan-keputusan tersebut dengan segala konsekuensi yang ada. “Manusia merupakan makhluk rasional dan memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan ke arah positif atau negatif”.

Sumber:1.Rebecca Mary. 1982. Peer Counseling, A Way of Life. Manila: The Peer Counseling Foundation.2.Winkel, W.S. 1990. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidiikan. Jakarta: Grasindo.3.Yeo Anthony. 2003. Konseling Suatu Pendekatan Pemecahan Masalah. Jakarta: BPK
Sumber: http://vianey-jkt-sch.id/

126 komentar:

  1. Saya dulu juga bingung untuk apa sih ada mata pelajaran itu, tapi ternyata justru Bimbingan konseling itu tak jauh kalah pentingnya dengan materi pelajaran yang lain, kita bisa tahu tips and trick yang berupa saran ataupun masukan dari konselor di sekolah yang mungkin itu tidak kita dapat di rumah. Hal-hal yang mungkin tidak bisa kita ceritakan pada teman, sahabat atau orang disekeliling kita bisa kita share ke BK. Bimbingan konseling dirasa sangat perlu adanya guna mengatasi berbagai persoalan-persoalan siswa di sekolah.
    kunjungi aja BK kalian.. jangan ragu n malu2 yah

    BalasHapus
  2. Menurut pendapat saya, Bimbingan konseling ( BK ) memiliki peranan yang penting dalam proses pendidikan bagi anak didik. karena dilihat dari tugas BK adalah memperbaiki atau menghilangkansuatu hambatan atau masalah yang sedang dialami oleh anak didik yang bermasalah. Yang dimana nantinya akan berpengaruh positif dalam proses belajar anak didik walaupun BK tidak tercantum dalam buku nilai raport.

    BalasHapus
  3. assamu'alaikum...
    kalau untuk saya pribadi,saya merasakan manfaat yang begitu banyak ketika saya mendapatkan kurikulum BK/BP di sekolah.namun pada kenyataannya banyak siswa yang masih kurang tanggap mengenai maksud dari BK/BP itu sendiri.kebanyakkan berpendapat bahwa siswa yang memanfaatkan fungsi BK adalah siswa yang bermasalah(dalam arti negatif),sehingga banyak juga siswa yang menjadi malas memanfaatkan BK,efeknya masalah2 pada siswa yang bertumpuk-tumpuk semakin mengganggu siswa dalam berkonsentrasi belajar.

    BalasHapus
  4. Menurut saya mengenai Bimbingan Konseling itu sangat bermanfaat dalam pendidikan karena dapat membantu siswa-siswanya untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya dan memberikan dorongan motivasional yang terdapat dalam dirinya sendiri. Untuk itu diharapkan konselor sekolah dapat bekerja professional dalam menghadapi siswanya agar dapat lebih memahami diri siswa dan kondisinya...

    BalasHapus
  5. Menurut saya bimbingan konseling sangat memiliki manfaat dan peran penting dalam proses pendidikan terutama bagi siswa-siswa.BK merupakan bantuan yang diberika pada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan.bimbingan konseling dapat juga mengembangkan kompetensi siswa untuk mampu memenuhi tugas-tugas perkembangannya secara optimal.Membantu siswa agar mampu mengatasi berbagai permasalahan yang mengganggu dan menghambat perkembangannya.

    BalasHapus
  6. Bimbingan bertujuan seseorang yang sedang membutuhkan bantuan dalam rangka memahami dirinya sendiri dan lingkungan. Konseling bertujuan memecahkan masalah-masalah pribadi atau yang menyangkut soal yang sama. Konseling berbeda dengan bimbingan namun memiliki tingkat kesesuaian yang tercakup dalam bimbingan konseling

    BalasHapus
  7. kebanyakan siswa berfikiran bahwa bimbingan konseling hanya untuk siswa yang bermasalah yang terkena kasus saja, tetapi melalui bimbingan konseling kita dapat meminta arahan dari guru BK tentang akan kemana pendidikan kita selanjutnya dan bagaimana cara agar kita dapat berhasil.seharusnya seorang guru BK dapat merahasiakan masalah anak muridnya dan jangan mempermalukan muridnya dengan memberitahukan kepada guru yang lainnya.

    BalasHapus
  8. Pengenalan bimbingan konseling sangat penting bagi siswa karena apabila siswa sudah mengetahui apa kegunaan dari bimbingan konseling tersebut siswa dapat berinteraksi dengan guru BP dengan baik dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tetapi tetap ada batasan-batasan tertentu dalam penyelesaian masalah yang dihadapi misalnya karena faktor keluarga, guru BP harus memberitahukan kepada orang tua siswa apa masalah yang sedang dihadapi siswa. Berarti sosialisasi bimbingan konseling pun harus diketahui oleh orang tua agar terjadi komunikasi yang baik antara guru dengan orang tua dalam mengatasi atau menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi siswa demi kemajuan siswa agar siswa dapat belajar secara maksimal dan mendapat nilai yang memuaskan sesuai yang diharapkan guru dan juga orang tua murid.

    BalasHapus
  9. Tugas utamanya adalah yang berkaitan dengan masalah – masalah anak – anak didiknya.Bimbingan konseling merupakan salah satu cara penyelesaian masalah yang di hadapi oleh siswa tersebut. Guru BK seharusnya lebih peka terhadap perubahan – perubahan sikap negatif dari siswanya. Dan menyelesaikannya secara bersama – sama. Sebagai konseler, BK harus lebih aktif dalam pengupdatetan perubahan – perubahan jaman pada usia remaja. Agar dapat mengetahui apa yang harus di lakukan sebagai konseler jika menyelesaikan masalah siswa – siswanya. Guru BK sebaiknya memiliki sikap cinta kasih dan terbuka kepada siswanya. Agar setiap siswa tidak ragu lagi jika menyerahkan atau memberitahukan masalahnya yang dapat mengganggu proses belajar anak tersebut. Dan di harapkan guru BK, tidak acuh kepada anak – anak yang bermasalah.

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum wr.wb.
    Bimbingan konseling sangat diperlukan untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pendidikannya tapi tidak hanya itu saja, pelajaran bimbingan konseling juga dapat memberikan motivasi belajar serta pendidikan budi pekerti kepada siswanya. Harapan saya agar di setiap SMP dan SMA terdapat pelajaran bimbingan konseling.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  11. BK yang baru dilirik sebelah mata dalam proses pendidikan dapat diposisikan secara tegas untuk mewujudkan prinsip keseimbangan pendidikan.

    BalasHapus
  12. Badan konseling merupakan salah satu bentuk layanan yang diberikan sekolah kepada peserta didik yang mengalami hambatan, ketika berada dalam suatu keadaan yang belum pernah dialaminya. bimbingan merupakan kegiatan yang sistematis, sengaja, terencana dan terarah pada suatu tujuan, yaitu kemandirian dalam pemahaman diri dan perwujudan diri dalam mencapai tingkat perkembangan yang optimal dan penyesuaian diri dengan lingkungannya.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum wr.wb.

    Menurut saya Bimbingan Konseling (BK) adalah sarana atau media yang bagus untuk menampung berbagai macam permasalahan yang di hadapi oleh siswa di Sekolah. Biasanya di setiap sekolah ada medianya yaitu guru Bimbingan Konseling (BK), dan terdapat ruangan khusus untuk mengkonsultasikan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Selain itu juga dengan adanya Bimbingan Konseling (BK), maka peran orang tua akan terbantu untuk menghadapi persoalan anaknya dalam hal ini berarti siswa. Biasanya guru BK dalam prakteknya mempunya tahapah-tahapan, anatara lain : Pengungkapan, Pengenalan, dan Penerimaan Diri siswa, Pengungkapan Pengenalan, dan Penerimaan Lingkungan siswanya , Pengambilan Keputusan siswa, Pengarahan Diri siswa, dll. Setiap guru BK biasanya berbeda-beda dalam mengajarkannya. Sekarang ini guru BK sangat d butuhkan, karena persediaan guru BK di negara kita sangat sedikit, sehingga belum semua sekolah terdapa guru BK. Maka dari itu pemerintah lebih memeperhatikan lagi guru BK, karena jasanya sangat besar di dunia pendidikan kita.

    HIDUP DAN MAJU PENDIDIKAN INDONESIA!!!!

    Waalaikumsalam wr.wb.

    BalasHapus
  14. "Saya baru mengenal Bimbingan Konseling pada waktu SMP sekitar tahun 2002, dan waktu itu namanya masih BP. Kesan BP waktu itu selalu negatif, setiap anak yang masuk ruangan BP pasti anak-anak yang nakal-nakal. Dan guru BP pun di cap oleh murid-murid sebagai guru yang paling galak, seram..."
    Dari pengalama saya di atas sayadapat menyimpulkan bahwa memang kurangnya pengenalan lembaga bimbingan konseling, sehingga anak salah menilai tentang bimbingan konseling. Padahal jika pihak sekolah mensosialisasikan bimbingan konseling mungkin anak-anak akan senang mengunjungi BK, tidak terkesan negatif. Oleh karena itu saya menyarankan agar pihak sekolah sedini mungkin mensosialisasikan BK dan pro aktif kepada siswa.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb.
    Bimbingan konseling merupakan suatu cara bagaimana para siswa dapat mengungkapkan setiap permasalahan yang ia derita kepada seorang guru yang berkompetan dalam bidang konseling di sekolahnya. Bimbingan konseling berusaha membantu setiap siswa agar setiap permasalahan yang ada dapat terselesaikan dan tidak mengganggu setiap pelajarannya. Karena bimbingan konseling bersifat pribadi jadi setiap konselor harus menaati peraturan dalam memberikan pelayanan bimbingan konseling yang terdddapat dalam kode erik keprofesian sebagai seorang guru BK.

    Waalaikumsalam wr.wb.

    BalasHapus
  16. Manusia tidak hanya membutuhkan makanan untuk jasmaninya saja, kebutuhan asupan spiritual yang baik akan meningkatkan kualitas kinerja mereka. Begitu juga para peserta didik yang tidak hanya membutuhkan pengetahuan akademisi saja. Etika, moral, budi pekerti serta penyelesaian masalah-masalah pribadi yang cenderung membuat peserta didik tidak fokus dalam kegiatan pendidikan haruslah diberikan dalam pelayanan pendidikan. Dengan pengenalan bimbingan konseling kepada peserta didik akan membantu menghadapi krisis kepribadian yang sering dijumpai setiap peserta didik. Hal perlu diperhatikan adalah pelayan pendidikan yang lebih proaktif kepada peserta didik, sehingga hak-hak peserta didik dapat dirasakan. “kita tidak akan menerima apa yang kita harapkan tetapi kita akan menerima apa yang kita butuhkan.”

    BalasHapus
  17. Seorang guru Bimbingan konseling yang harus bisa berperan seperti peran orang tua murid itu sendiri, dimana para guru BK bisa memahami permasalahan apa saja yang sedang dialami oleh murid, karna setiap murid di sekolah pasti memiliki masalah yang beragam, mulai dari yang ringan sampai dengan yang komplek dan untuk menyelesaikan nya bisa dibantu dengan bimbingan konseling, guru BK juga harus bisa menyimpan rahasia masalah yang sedang dialami oleh murid, agar suatu saat murid mau bertanya dan meminta solusi pada guru BK.

    BalasHapus
  18. yah dasar pemikiran penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Sekolah/Madrasah, bukan semata-mata terletak pada ada atau tidak adanya landasan hukum (perundang-undangan) atau ketentuan dari atas, namun yang lebih penting adalah menyangkut upaya memfasilitasi peserta didik yang selanjutnya disebut konseli, agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas-tugas perkembangannya (menyangkut aspek fisik, emosi, intelektual, sosial, dan moral-spiritual)....

    BalasHapus
  19. Menurut saya Bimbingan konseling memang sangat penting diperlukan di sekolah-sekolah. Hal ini dikarenakan BK adalah pembimbing siswa di sekolah. Atau dengan kata lain sebagai tempat curahan hati siswa yang memiliki masalah di sekolah. BK akan memberikan pengarahan-pengarahan serta membantu siswa yang memiliki permasalahan sehingga masalahnya dapat diatasi. Misalnya masalah penurunan semangat belajar hingga masalah siswa 'nakal'. Dengan adanya BK diharapkan siswa dapat menceritakan masalahnya dan mendapatkan solusinya yang nantinya juga akan membantu siswa ke depannya. Sehingga belajarnya tidak terganggu lagi deh...

    BalasHapus
  20. bimbingan konseling yang saya ketahui adalah suatu pertemuan antara pihak - pihak yang terkait dimana didalamnya terdapat kandungan-kandungan pelajaran yang berharga bagi pengalaman dalam menghadapi suatu masalah serta hikmah dari pelajaran tersebut. jadi menurut saya bimbingan konseling sangatlah diperlukan karena kita kembali pada kesadaran diri kita bahwa kita adalah makhluk sosial. maka dari itu sekolah haruslah memiliki pelajaran - pelajaran antara lain adalah pelajaran bimbingan konseling karena BK ini yang dibawa oleh pembimbing yang dapat membantu,menolong serta memberikan suatu arahan yang baik yang dapat memecahkan masalah yang dihadapi diri peserta didik. jadi majulah pelajaran yang dikira tidak kompeten pada nilai real rapot tapi sangat berharga pada pengalaman dalam hidup terutama jasmani dan rohaninya.

    BalasHapus
  21. Menurut saya, bimbingan konseling di dunia pendidkan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan. Dengan bimbingan konseling siswa dapat menemukan solusi permasalahan – permasalahan yang sedang di hadapinya, misalnya ketka siswa bingung untuk menentukan jurusan apa yang akan dia ambil, atau menbantu menentukan minat siswa.
    Tetapi sayang sekali bimbingan konseling kurang disosialisasikan sehingga para siswa tidak tahu secara persis apa fungsi dari bimbingan konseling ini. Saya harap bimbingan konseling dapat lebih disosialisasikan, sehingga para siswa dapat menikmati fasilitas ini.

    BalasHapus
  22. Dewasa ini, sudah sangat banyak sekolah yang mengadakan bimbingan konseling bagi para anak didiknya. Hal ini disebabkan karena ternyata bimbingan konseling sangat berguna guna menambah optimalisasi hasil belajar anak didik. Dari sini kita juga dapat mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi anak didik ketika mereka mengikuti proses belajar mengajar. Walaupun begitu, masih banyak murid yang enggan menggunakan fasilitas ini di sekolah-sekolah. Pada umumnya sih, mereka malu membagi masalah mereka. Ahirnya, bimbingan konseling tidak begitu efektif digunakan di sekolah tersebut. Menurut saya, seharusnya para guru lebih gencar mendeteksi anak-anak yang memiliki masalah, dan mengajak mereka membagi masalah mereka dengan guru konseling guna menapat pemecahan yang lebih baik. Sehingga anak tidak mencari jalan pintas dan mengambil jalan yang tidak diharapkan. Dan pastinya, hal ini jadi menghindarkan anak didik mendapat hasil negatif, baik dari kehidupannya maupun dari pendidikannya...

    BalasHapus
  23. AssaLammuaLaikum Wr.Wb
    Perkenalkan nama saya : Endah Prihatiningsih
    NO.REG : 5215079451
    Jurusan Tehnik Elektronika (Dikmenti)

    Belakangan ini disetiap sekolah sudah banyak sekolahan yang mengadakan BK/BP bagi siswa peserta didik bahkan dalam mata pelajaranpun BK/BP sudah dimasukkan kedalam kurikulum.Bimbingan dan Konseling memiliki dua makna yaitu bimbingan diartikan sebagai proses membantu orang-perorangan untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya.Sedangkan Konseling diartikan sendiri berasal dari kata Latin “consilum” yang berarti “dengan” atau “bersama” dan “mengambil” atau “memegang”.sebagai memegang, atau mengambil bersama.Proses, menunjuk pada gejala bahwa sesuatu akan berubah secara berangsur-angsur selama kurun waktu tertentu.Tujuan dari pelayanan bimbingan oleh tenaga profesional adalah semua bidang kehidupan yang mencakup perkembangan kepribadian yang seoptimal mungkin. Dalam rangka mengembangkan dirinya sendiri orang harus mengenal dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya. Dia harus membangun cita-cita yang ingin dicapai dan menimbang beraneka dorongan motivasional yang terdapat dalam dirinya sendiri.Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan pelayanan bagi peserta didik yang sangat penting artinya untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan.Pelayanan BK di sekolah lebih menekankan pada cinta kasih.Dengan cinta kasih seorang konselor akan lebih empatik kepada siswanya. Relasi yang baik, hangat dan penuh penerimaan antara siswa dengan konselor sekolah akan memudahkan siswa untuk lebih memahami diri dan kondisi lingkungan dirinya dan lebih mudah mengambil keputusan dalam hidupnya demi kebaikan dirinya sendiri.Tetapi sangat disayangkan sekali bahwa tidak terdapat nilai BK dalam raport tetapi hasil dari proses pelayanan BK di sekolah dapat dilihat pada perubahaan diri seseorang baik sikap, perilaku, pikiran, dan perasaannya yang menjadi lebih baik dan berani mengambil keputusan dan siap menjalankan keputusan-keputusan tersebut dengan segala konsekuensi yang ada. “Manusia merupakan makhluk rasional dan memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan ke arah positif atau negatif”.

    BalasHapus
  24. AGUNG PRASETYO RINALDI
    NO.REG.5215077530
    PNRS1ELEKTRONIKA

    FUNGSI BIMBINGAN KONSELING
    1.Fungsi Pemahaman
    2.Fungsi Pencegahan
    3.Fungsi Pengentasan
    4.Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
    5.Fungsi Advokasi

    PRINSIP-PRINSIP BIMBINGAN DAN KONSELING
    1. Prinsip yang berkenaan dengan sasaran layanan;
    (1) non diskriminasi, (2) individu dinamis dan unik (3) tahap & aspek perkembangan individu, (4) perbedaan individual.

    2. Prinsip berkenaan dengan permasalahan individu;
    (1) kondisi mental individu terhadap lingkungan sosialnya,
    (2) kesenjangan sosial, ekonomi, dan budaya.

    3. Prinsip berkenaan dengan program layanan;
    (1) bagian integral pendidikan, (2) fleksibel & adaptif (3) berkelanjutan (4) penilaian teratur & terarah

    4. Prinsip berkenaan dengan tujuan dan pelaksanaan pelayanan;
    (1) pengembangan individu agar mandiri (2) keputusan sukarela (3) ditangani oleh profesional & kompeten, (4) kerjasama antar pihak terkait, (5) pemanfaatan maksimal dari hasil penilaian/pengukuran

    ASAS BIMBINGAN DAN KONSELING
    ·Asas Kerahasiaan
    ·Asas Kesukarelaan
    ·Asas Keterbukaan
    ·Asas Kegiatan
    ·Asas Kekinian
    ·Asas Kedinamisan
    ·Asas Keterpaduan
    ·Asas Kenormatifan
    ·Asas Keahlian
    ·Asas Kemandirian
    ·Asas Alih Tangan Kasus
    ·Asas Tutwuri Handayani

    BalasHapus
  25. Menurut pendapat saya, Bimbingan konseling ( BK ) memiliki peranan yang penting dalam proses pendidikan bagi anak didik karena Bimbingan Konseling itu sangat bermanfaat dalam pendidikan karena dapat membantu siswa-siswanya untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya dan memberikan dorongan motivasional yang terdapat dalam dirinya sendiri.
    Bimbingan konseling berusaha membantu setiap siswa agar setiap permasalahan yang ada dapat terselesaikan dan tidak mengganggu setiap pelajarannya. Karena bimbingan konseling bersifat pribadi jadi setiap konselor harus menaati peraturan dalam memberikan pelayanan bimbingan konseling yang terdddapat dalam kode erik keprofesian sebagai seorang guru BK.

    BalasHapus
  26. FATHURACHMAN
    PNR Teknik Elektronika 07
    5215077526

    Bimbingan dan konseling harus dimiliki oleh setiap orang untuk upaya proaktif dalam memfasilitasi individu mencapai tingkat perkembangan yang optimal, pengembangan perilaku yang efektif, pengembangan lingkungan, dan peningkatan fungsi atau manfaat individu dalam lingkungannya. Bimbingan dan konseling memegang tugas dan tanggung jawab yang penting untuk mengembangkan individu, membangun interaksi dinamis antara individu dengan lingkungan, membelajarkan individu untuk mengembangkan, merubah dan memperbaiki perilaku

    BalasHapus
  27. Nama: Danu Purwanto
    No.Reg:5215077529
    Pendidikan S1 Teknik Elektronika

    Pendapat Saya ketika seseorang tidak mampu atau tidakbisa dalam menyelsaikan suatu masalah dalam hidup.seseorang itu memerlukan beberapa tahap untuk bisa / dapat mengerti dan dapat menelsaikan masalah tersebut.Pertama seseorang harus intropeksi padadiri sendiri dan menyelsaikan masalah tersebut tanpa bantuan orang lain,kedua bertanya kepada seseorang yang bisa atau mengerti masalah yang kita alami,dan yang ketiga adalah mengikuti bimbingan konseling karena dengan mengikuti kegiatan tersebut kita tidak hanya mendapatkan teori tetapi praktek yang dapat menyelseikan masalah tersebut.

    BalasHapus
  28. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    Komentar tentang “ mengenal bimbingan konseling”

    Menurut saya, Bimbingan dan konseling sudah menjadi kebutuhan siswa, agar siswa tidak mengalami tekanan dalam mengatasi masalah selama di sekolahnya. Peran serta guru sudah selayaknya sebagai orang tua kedua pada lingkungan sekolah. Ini merupakan proses membantu peserta didik untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya. Agar siswa tidak mengalami gangguan mental sehingga menyulitkan belajar. Dan saya kira bimbingan konseling benar-benar diperlukan untuk kehidupan selanjutnya. Karena bimbingan dan konseling salah satu factor penentu kelulusan siswanya dan memfokuskan bakat atau potensi yang dimiliki siswa. Yang semuanya berkaitan antara pola pikir dan jiwanya. Dan saya rasa bimbingan konseling ini tidak boleh dipandang sebelah mata, karena manusia butuh nasihat. Tanpa nasihat manusia mempunyai hati yang keras dan sulit untuk berbuat kebaikan.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  30. Nama : Eko budiono
    No. Reg : 5215077520
    Program : PNR Pendidikan Teknik Ektronika 2007

    Menurut saya bimbingan konseling memang sangat di perlukan di sekolah guna untuk memberi masukan pada siswa untuk bisa memahami arti hidup dan supaya tidak menyia - nyiakannya serta bimbingan konseling ini sangat penting untuk menyadarkan para siswa ang bermasalah di sekolah dan di keluarga sehingga bimbingan ini hampir mirip dengan psikiater untuk siswa yang bermasalah tersebut karena memang sudah banyak di buktikan oleh sekolah-sekolah bahwa bimbingan konseling sangat diperlukan oleh para guru guna untuk merubah kepribadian para siswanya untuk menjadi lebih baik di kemudian hari agar mereka menjadi anak yang berguna untuk nusa dan bangsanya .

    BalasHapus
  31. Nama : Eko budiono
    No. Reg : 5215077520
    Program : PNR Pendidikan Teknik Ektronika 2007

    Menurut saya bimbingan konseling memang sangat di perlukan di sekolah guna untuk memberi masukan pada siswa untuk bisa memahami arti hidup dan supaya tidak menyia - nyiakannya serta bimbingan konseling ini sangat penting untuk menyadarkan para siswa ang bermasalah di sekolah dan di keluarga sehingga bimbingan ini hampir mirip dengan psikiater untuk siswa yang bermasalah tersebut karena memang sudah banyak di buktikan oleh sekolah-sekolah bahwa bimbingan konseling sangat diperlukan oleh para guru guna untuk merubah kepribadian para siswanya untuk menjadi lebih baik di kemudian hari agar mereka menjadi anak yang berguna untuk nusa dan bangsanya .

    BalasHapus
  32. fahmi amran
    pnr teknik elektronika 07
    5215077528


    menurut saya, bimbingan konseling sangat bermanfaat bagi siapa saja sehingga dapat menambah optimalisasi hasil belajar anak didik Dengan bimbingan konseling ini seseorang dapat menemukan solusi permasalahan – permasalahan yang sedang di hadapinya Dan saya rasa bimbingan konseling ini tidak boleh dipandang sebelah mata, karena manusia butuh nasihat tanpa nsihat manusia tidak akan tau mana yang baik dan mana yang buruk maka itu manusia perlu bimbingan konseling sehingga perasaannya menjadi lebih baik dan berani mengambil keputusan dan siap menjalankan keputusan-keputusan tersebut dengan segala konsekuensi yang ada.

    BalasHapus
  33. yudha dharmawan
    pnr si tek.elektronika unj 07
    5215077539


    dari artikel diatas dapat saya simpulkan bahwa bimbingan konseling merupakan suatu badan yang mengurusi permasalahan tentang kesiswaan atau lingkungan sekolah .dengan bimbingan konseling kita dapat sharing pengalaman atau curhat ata juga bisa mengetahui cara belajar yang efisien.bimbinga konseling amat membantu siswa dalam menghadapi permasalahan yang dapat mengganggu aktifitas belajar siswa.selain itu juga sebagai lembaga penegak disiplin

    BalasHapus
  34. Aditya_triantoro
    PNR Elektronika
    5215077538
    Assalammualaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya, Sebaiknya sekolah memberitahukan dengan jelas mengenai apa itu bimbingan & konseling ( BK ) serta fungsinya kepada siswa yang belum mengenal BK. Karena dengan memberitahukan pengertian & fungsi dari adanya BK, siswa yang belum mengenal BK menjadi kenal pengertian dan fungsi BK. Dengan mengenal BK sebagai pelayanaan siswa dalam memecahkan segala permasalahan yang dialami setiap siswa ,maka siswa dapat meminta bantuan kepada BK dalam memecahkan segala permasalahan yang dihadapinya selama ini. Untuk itulah, adanya BK, Karena BK dapat membantu menyelesaikan atau memecahkan masalah yang dihadapi siswa melalui dorongan motivasi terhadap siswa.

    BalasHapus
  35. Unia Diyan Margi Utami 5215079448 Tehnik Elektronika Dikmenti
    BK menurut saya sangat diperlukan dalam kegiatan pendidikan.Pada zaman sekarang ini, dimana globalisasi sangat cepat maka Bk dapat dijadikan sebagai kontrol terhadap anak didik.BK juga dapat digunakan dalam menentukan arah pendidikan seseorang.Dengan BK maka siswa dapat mengenal dirinya dengan baik, mengenal minatnya dengan baik dan mampu menjadi pendorong dalam melangkah menuju pendidikan yang lebih baik.

    BalasHapus
  36. Redi Hermawan
    5215077541
    PNR Pendidikan Teknik Elektronika


    Bimbingan dan Konseling merupakan komponen sistem pendidikan yang berorientasi kepada upaya pengembangan potensi, kompetensi dan tugas-tugas perkembangan peserta didik (mahasiswa) secara optimal, sehingga menjadi seorang pribadi manusia yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan ilmu pengetahuan, serta memiliki sikap profesional yang pada gilirannya akan mampu mensukseskan pembangunan nasional dan bersaing dalam era global.Bimbingan dan Konseling adalah layanan yang memberikan bantuan kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami diri dan lingkungan, mengarahkan diri, membuat alternative pilihan dan mengambil keputusan dalam pemecahan masalah secara lebih tepat dalam rangka membantu tugas-tugas perkembangan peserta didik (mahasiswa) secara optimal.

    BalasHapus
  37. irfan mubarok
    5215077548
    pnr elektronika 07

    Bidang Bimbingan dan Konseling yang meliputi Bimbingan pribadi, social, bimbingan belajar dan Karier.
    Jenis layanan Bimbingan dan Konseling meliputi layanan orientasi, informasi, pembelajaran, layanan penempatan dan penyaluran, layanan konseling perseorangan dan kelompok serta bimbingan kelompok.
    Kegiatan Pendukung Bimbingan yang meliputi aplikasi instrument bimbingan, pengumpulan data, konferensi kasus, kunjungan rumah dan referral (alih tangan kasus).

    BalasHapus
  38. fitri rahayu
    pnr pend.tek.elektronika 07
    5215077535

    Sangat baik karena dengan adanya bimbingan tersebut akan mempermudah dan sangat membantu dalam memutuskan sesuatu. Dengan bimbingan tersebut diharapkan dapat menyeimbangkan antara emosi diri dan lingkungan shingga fungsi dari apa yang sedang dihadapi akan lebih mudah dicermati. Untuk mencapai sebuah solusi yang lebih sistematis dari sbuah tema tertentu serta dibutuhkan bantuan dalam menambah sumber maka bimbingan konseling adalah sebuah alternative untuk mencapai tujuan dari pndidikan itu sendiri.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  40. Nama: Giyanto
    No reg: 5215077523
    Prodi: PNR S1 PEND TEKNIK ELEKTRONIKA

    Bimbingan konselingmenurut yang saya ketahui adalah suatu kegiatan atau pelajaran yang memusat pada kepribadian seseorang dalam hal ini mirip sekali dengan psikotes karena kegunaannya sangatlah banyak guna membentuk pribadi siswa yang dewasa sehingga dapat membedakan apa yang baik dan apa yang buruk sehingga siswa tersebut dapat berguna bagi masyarakat di sekitarnya.

    BalasHapus
  41. Lingga Trihasta S
    5215077546
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Assalamualaikum

    “Apa sih bimbingan konseling atau BK itu?” “ Kok, tidak ada nilai BK di dalam rapot?” Ini adalah deretan pertanyaan yang datang dari beberapa siswa-siswi SMA tentang bimbingan konseling (BK) yang ada di sekolah. Hal ini menandakan bahwa masih banyak orang yang belum sungguh-sungguh mengenal BK dan apa manfaat dari pelayanan BK itu sendiri.

    Bimbingan dan Konseling memiliki dua makna yang berbeda namun saling berkaitan satu dengan lainnya. Menurut Sertzer dan Stone (1981), mengatakan bahwa The process of helping individuals to understand themselves and their world (bimbingan diartikan sebagai proses membantu orang-perorangan untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya). Proses, menunjuk pada gejala bahwa sesuatu akan berubah secara berangsur-angsur selama kurun waktu tertentu. Oleh karena itu bimbingan bukanlah suatu peristiwa yang terjadi sekali saja, melainkan mencakup sejumlah tahap yang secara berangkaian dan terstruktur membawa ke tujuan yang ingin dicapai. Membantu berarti memberikan pertolongan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan serta kesulitan yang timbul dalam kehidupan manusia.
    Orang-perorangan menunjuk pada individu atau orang tertentu yang dibantu seperti para siswa di sekolah, mahasiswa, orangtua/keluarga, orang dewasa, atau para manula. Para individu ini sering menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan yang selalu muncul dalam kehidupan mereka. Tantangan dan kesulitan ini harus mereka hayati sebagai suatu masalah yang harus diatasi, agar perkembanga selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. Memahami diri berarti mengenal diri sendiri secara lebih mendalam dan menetapkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai, serta membentuk nilai-nilai (values) yang akan menjadi pegangan selama hidupnya (Winkel, 1990). Tujuan dari pelayanan bimbingan oleh tenaga profesional adalah semua bidang kehidupan yang mencakup perkembangan kepribadian yang seoptimal mungkin. Dalam rangka mengembangkan dirinya sendiri orang harus mengenal dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya.

    BalasHapus
  42. Jaka Mulyadi
    PNR ELKA 07
    5215077524

    Siswa dan siswi di sekolah adalah individu yang berbeda-beda, yang memiliki karakteristik masing-masing. Dimana setiap individu pasti mempunyai permasalahan, baik permasalahan pribadi ataupun keluarga. Bimbingan konseling di sekolah memiliki tujuan dan salah satu tujuannya ialah membantu siswa dan siswi mengatasi permasalahan yang sedang dialami oleh siswa tersebut. Sehingga pada akhirnya ketika permasalahan yang dialami siswa dan siswi tersebut bisa diselesaikan dengan bantuan petugas bimbingan konseling, maka siswa dan siswi tersebut bisa lebih berkonsentrasi dalam kegiatan belajarnya.
    Namun di beberapa sekolah dan mungkin dirata-rata sekolah, bimbingan konseling itu adalah tempat untuk orang-orang yang nakal, yang melanggar aturan sekolah, sehingga banyak siswa dan siswi enggan untuk melakukan bimbingan konseling, karena takut dicap sebagai siswa dan siswi yang nakal, bermasalah dan ber-image negative. Padahal seharusnya bimbingan konseling itu tempat dimana bukan hanya siswa dan siswi bermasalah saja yang bisa memanfaatkannya, tetapi setiap siswa dan siswi lainnya pun yang hanya untuk berkonsultasi mengenai proses belajar mengajar bisa juga dating ketempat tersebut.
    Oleh karena itu image tersebut harus segera diubah oleh pihak sekolah, dengan lebi mensosialisasikan bimbingan konseling dan dibuat lebih menarik, mungkin salah satu cara adalah dengan membuat format bimbingan konseling sebagai teman curhat bagi siapa saja dan dengan bahasa yang sesuai dengan usia si siswa dan siswi.

    BalasHapus
  43. YULIANTO
    5215077536
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Guru selalu berada dalam hubungan yang erat dengan murid. Ia banyak mempunyai kesempatan untuk mempelajari murid, mengawasi tingkah laku dan kegiatannya, dan – apabila ia teliti serta menaruh perhatian – ia akan dapat mengetahui sifat-sifat murid, kebutuhannya, minatnya, masalah-masalahnya, dan titik-titik kelemahannya serta kekuatannya.
    Maka karena pendidikan dan kedudukanya guru itu berwenang sepenuhnya dan mampu untuk mempelajari dan memahami murid-muridnya, bukan saja sebagai individu tetapi juga sebagai anggota kelompok atau kelasnya.
    Karena itulah guru merupakan anggota utama diantara petugas-petugas bimbingan. Pada umumnya guru itu berada dalam suatu posisi yang lebih baik untuk mengetahui masalah-masalah, sikap, dan kebutuhan murid-murid, sehingga memudahkan baginya untuk memberin bantuan kepada murid yang memerlukannya. Tetapi meskipun demikian, apabila dikendaki informasi, atau pengaturan yang kusus, maka murid yang bersangkutan perlu didampingi oleh seorang penyuluh ( Conselor ) yang terlatih.

    BalasHapus
  44. Ade setiawan
    521507547
    PNR ELEKTRONIKA 07'

    Bimbingan dan konseling menurut saya merupakan kegiatan yang sangat penting diadakan untuk membantu para siswa dalam menghadapi permasalahan.Pelayanan guru bimbingan dan konseling harusnya berjalan secara efektif membantu siswa mengatasi permasalahannya termasuk membimbing para siswa untuk bersikap disiplin. Disinilah perlu adanya bimbingan dan konseling disamping kegiatan belajar mengajar. Permasalahan tersebut mencakup permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Manfaat bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling cukup penting bagi seorang siswa untuk mengatasi berbagai permasalahan termasuk dalam mengatasi permasalahan pribadi siswa.

    BalasHapus
  45. Nama:Haris Triyono
    Noreg:5215077522
    Prodi:pend Teknik Elektronika PNR 07

    Menurut saya jika mendengar bimbingan konseling, bagi anak didik tersebut adalah tempatnya anak didik menkonsultasikan semua masalah dan dokter dari setiap masalah tersebut, karena anak didik datang ke bimbingan konseling kebanyakan mengkonsultasikan masalah mereka dan meminta pendapat akan masalahnya tersebut. Bimbingan konseling memiliki peran penting dalam proses belajar-mengajar, pasalnya proses kegiatan belajar dapat terlaksana ketika anak didik merespond gurunya dengan cara berkomunukasi, jika anak didik sedang mengalami masalah mungkin berat bagi anak didik menyerap apa yang diberikan gurunya.

    BalasHapus
  46. BP(Bimbingan Penyuluhan)telah berganti menjadi BK (Bimbingan Konseling)siswa disekolah diperkenalkan dengan apa itu BK!untuk apa BK ada disekolah!apa manfaat yang diambil bagi siswa dengan adanya BK !Hal tersebut telah diperkenalkan kepada siswa agar mereka mengetahui jati dirinya, apa yang harus mereka lakukan kedepan.

    BalasHapus
  47. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07
    Pengertian bimbingan konseling berdasarkan SK mendikbud no.025/D/1995 disebutkan sebagai “pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan social, bimbingan belajar dan bimbingan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan pada norma-norma yang berlaku”. Namun setiap bantuan yang diberikan kepada siswa belum tentu termasuk dalam bimbingan. Jika guru membantu siswa dalam menyelesaikan tugas atau memberikan beasiswa misalnya, bantuan ini tidak termasuk dalam bimbingan konseling.

    BalasHapus
  48. HOTMA TIOPAN SIMANJUNTAK
    5215077543
    PNR ELEKTRONIKA

    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Makna yang terkandung dalam kalimat tersebut mengungkapkan bahwa upaya bimbingan dan konseling memungkinkan siswa mengenal dan menerima diri sendiri serta mengenal dan menerima lingkungan secara positif dan dinamis, serta mampu mengambil keputusan, mengarahkan dan mewujudkan diri sendiri secara efektif dan produktif sesuai peranan yang diinginkan di masa depan.
    Dalam implemntasinya, bimbingan dan konseling perlu menyentuh pemahaman kekuatan dan kelemahan diri, pengenalan secara obyektif lingkungan baik sosial, ekonomi, budaya yang sarat dengan nilai-nilai dan norma sehingga mampu menyesuaikan diri dengan baik. Sedangkan perencanaan masa depan dimaksudkan supaya mampu mengambil keputusan tentang masa depan baik menyangkut bidang pendidikan dan karir di masa depan.
    Marilah kita wujudkan kebersamaan dan kerjasama sebagai upaya mempersiapkan generasi penerus bangsa melalui bimbingan dan konseling.

    BalasHapus
  49. Nama:M.goeltom
    5215077518
    PNR Elektronika s1 07

    Mmenurut pendapat saya Istilah konseling sendiri berasal dari kata Latin “consilum” yang berarti “dengan” atau “bersama” dan “mengambil” atau “memegang”. Maka dapat dirumuskan sebagai memegang, atau mengambil bersama. Ungkapan ini didukung pula oleh ahli konseling W.S Winkel bahwa konseling mengandung suatu proses antarpribadi yang berlangsung melalui saluran komunikasi verbal dan non verbal. Dengan menciptakan kondisi positif seperti empati, penerimaan serta penghargaan, keikhlasan serta kejujuran, dan perhatian yang tulen (facilitative conditions), konselor menginginkan konseli untuk merefleksi atas diri sendiri serta pengalaman hidupnya, memahami diri sendiri serta situasi kehidupannya dan berdasarkan itu menemukan penyelesaian atas masalah yang dihadapi (Winkel, 1990). Konseling meliputi relasi tatap muka secara pribadi antara dua orang di mana si konselor, lewat relasi tersebut dan dengan menggunakan kemampuan khususnya berusaha memberikan situasi belajar di mana si konseli ditolong untuk memahami dirinya sendiri dengan cara yang memuaskan bagi dirinya dan tidak merugikan orang lain atau masyarakat.

    BalasHapus
  50. Asep Syaefudin
    5215077531
    PNR S1 PEND.TEK.ELEKTRONIKA
    lembaga bimbingan konseling (BK) direduksi sekadar sebagai polisi sekolah. Bimbingan konseling yang sebenarnya paling potensial menggarap pemeliharaan pribadi-pribadi, ditempatkan dalam konteks tindakan-tindakan yang menyangkut disipliner siswa. Memanggil, memarahi, menghukum adalah proses klasik yang menjadi label BK di banyak sekolah

    BalasHapus
  51. Rendi Irwanto
    5215077533
    PNR Pend.Tekhnik Elektronika 2007


    Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Makna yang terkandung dalam kalimat tersebut mengungkapkan bahwa upaya bimbingan dan konseling memungkinkan siswa mengenal dan menerima diri sendiri serta mengenal dan menerima lingkungan secara positif dan dinamis, serta mampu mengambil keputusan, mengarahkan dan mewujudkan diri sendiri secara efektif dan produktif sesuai peranan yang diinginkan di masa depan.
    Dalam implemntasinya, bimbingan dan konseling perlu menyentuh pemahaman kekuatan dan kelemahan diri, pengenalan secara obyektif lingkungan baik sosial, ekonomi, budaya yang sarat dengan nilai-nilai dan norma sehingga mampu menyesuaikan diri dengan baik. Sedangkan perencanaan masa depan dimaksudkan supaya mampu mengambil keputusan tentang masa depan baik menyangkut bidang pendidikan dan karir di masa depan.
    Marilah kita wujudkan kebersamaan dan kerjasama sebagai upaya mempersiapkan generasi penerus bangsa melalui bimbingan dan konseling.

    BalasHapus
  52. Niwan (5215077537)
    PNR Pend. Teknik Elektronika 07

    Bimbingan konseling merupakan upaya untuk membantu membimbing siswa, mengarahkan dan membantu menyelesaikan masalah siswa.Setiap siswa di sekolah mempunyai latar belakang yang berbeda-beda dan mempunyai masalah yang beragam.Dengan adanya masalah yang dihadapi oleh siswa maka dapat mengganggu kegiatan belajar siswa.Dalam hal ini bimbingan konseling sangat diperlukan siswa.Dengan melakukan pendekatan kepada siswa maka bimbingan konseling yang ada di sekolah akan berperan aktif dalam mengatasi berbagai masalah.Sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi landar dan akan terwujud sekolah yang berkualitas.

    BalasHapus
  53. Menurut pendapat saya,
    Bimbingan Konseling {BK} sangat memiliki manfaat dan peran penting dalam proses pendidikan terutama bagi siswa-siswa. BK merupakan bantuan yang diberika pada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan.

    Bimbingan konseling dapat juga mengembangkan kompetensi siswa untuk mampu memenuhi tugas-tugas perkembangannya secara optimal.Membantu siswa agar mampu mengatasi berbagai permasalahan yang mengganggu dan menghambat perkembangannya.

    BalasHapus
  54. Hermanudin
    5215079443

    Bimbingan konseling yang menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah pada hakikatnya adalah salah satu layanan yang bertujuan untuk pengenalan dan pengembangan diri dan membantu menolong siswa dalam menghadapi kesulitan baik yang timbul dalam intern pribadi ataupun yang menyangkut permasalahan pendidikan, sehingga siswa dapat terbantu mengatasinya dan tidak mengganggu proses pendidikannya.

    Sesuai dengan arti kata bimbingan yaitu bantuan dan konseling yang bisa diartikan proses komunikasi antar pribadi, maka bimbingan konseling dilakukan secara kontinu (tidak hanya sekali) dan hendaknya dilakukan dengan pendekatan personal. Sehingga tujuan dari bimbingan konseling dalma dunia pendidikan sendiri dapat tercapai.

    Layanan BK di sekolah hendaknya tidak hanya secara teoritis tetapi harus menekankan relasi yang baik rasa kepercayaan dan kasih sayang. Untuk itu hendaknya BK dilakukan dengan tenaga profesional, sehingga hasil dari BK itu sendiri dapat terlihat dari perubahan siswa dalam keseharian bukan hanya dalam bentuk nilai (angka).

    BalasHapus
  55. NAZARUDIN
    5115046513

    Mengapa Bimbingan dan Konseling (BK) tidak ada nilainya dalam raport siswa? jawabannya sederhana saja karena BK tersebut ada dan diperlukan oleh siswa untuk bekal dalam menjalani dan mengambil keputusan dalam hidup apalagi pada masa-masa SMA/ masa puber. Keberhasilan dalam pemanfaatan layanan BK tidak dapat dinilai dengan angka atau numerik, karena keberhasilan disini lebih kepada sikap yang diharapkan berubah ke arah yang lebih positif atau sikap yang lebih baik dari sebelumnya. Sikap empati dan kasih sayang dari konselor membuat layanan BK ini lebih gampang untuk berhasil karena setiap siswa tidak akan sungkan untuk mengungkapkan masalah-masalah yang sedang mereka alami kepada konselor serta tidak merasa malu. Hendaknya sikap yang obyektif terhadap permasalahan harus pula dimiliki oleh seorang konselor agar mampu membimbing para siswa untuk dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat dalam permasalhan yang sedang dialami dalam hidupnya.

    BalasHapus
  56. BK berperan penting dalam pembentukan karekteristik siswa dan mengarahkan masa depan mereka. BK harus menjadi orang terdekat dengan siswa. BK seyogyanya mempunyai data pribadi dan catatan penting tentang semua siswa. baik itu yang pribadi maupun yang menyangkut dengan sekolah.

    BalasHapus
  57. Nur Cahyadi Sunanta
    5115046511
    Bimbingan konseling didirikan dengan tujuan untuk merubah sikap,perilaku,pikiran dan perasaan menjadi lebih baik.Tetapi pada kenyataanya masih banyak siswa yang belum paham akan keberadaan bimbingan konseling,apakah karena kurang informasi dan publikasi atau mungkin siswa tidak terlalu peduli dengan hal ini.Padahal sesungguhnya siswa bisa mendapat banyak manfaat dari bimbingan konseling.

    BalasHapus
  58. Tri Novianti
    8135072766
    pend. tata niaga reg 2007

    Pengenalan bimbingan konseling sangat penting bagi siswa karena apabila siswa sudah mengetahui apa kegunaan dari bimbingan konseling tersebut siswa dapat berinteraksi dengan guru BP dengan baik dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tetapi tetap ada batasan-batasan tertentu dalam penyelesaian masalah yang dihadap.

    BalasHapus
  59. umi karolina
    tn reg 07
    8135072773
    menurut saya bimbingan konseling sangat bermanfaat sekali.dulu semenjak sma kelas 1 saya sangat takut sekali memasuki ruang bk,karena menurut saya dulu orang-orang yang berada di ruang BK tersebut hanya anak-anak bermasalah,, tenyata selidik punya selidik banyak teman-teman saya yang sherring di ruang BK tersebut bukan hanya sekedar permasalahan nereka tetapi kita bisa share masalah minat dan bakat apa yang kita miliki dan meaampuan kita

    BalasHapus
  60. Ichwan Septiadi
    Pend. Tata Niaga'07
    8135072781

    Memang yang kita tahu banyak perubahan dalam dunia konseling seiring berjalannya waktu, tetapi yang perlu diingat bahwa dalam kegiatannya dari dahulu sampai sekarang tetap saja menggunakan sistem yang sama, yaitu "Cinta Kasih". Karena bagaimanapun masalah yang kita hadapi, hanya dua kata itulah yang dapat menyelesaikannya.

    BalasHapus
  61. Triwibisono. I
    TN reg 07


    Bimbing konseling sangat bermanfaat dalam membantu siswa untuk menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan mengarahkan masa depan para siswa .bimbingan konseling dapat juga mengembangkan kompetensi siswa dalam memenuhi tugas-tugas perkembangannya secara optimal.serta membantu siswa mengatasi berbagai permasalahan yang mengganggu serta menghambat perkembangannya.

    BalasHapus
  62. dewi setiyarini
    8135072775
    pend tata niaga reg 07

    menurut saya bimbingan konseling di masing-masing sekolah memang sangat kurang di pahami oleh para murid. jadi di perlukan penyuluhan khusus akan arti pentingnya bimbingan konseling itu sendiri. karena bimbingan konseling sangat berperan penting dalam memotivasi siswa dalam kepribadiannya untuk melakukan suatu hal ke arah yang lebih baik. jadi penyuluhan ini juga di maksudkan agar tidak ada lagi para sisiwa yang terus berkelut dalam masalahnya tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. peran guru di sinipun juga sangat penting dalam memebentuk kepribadian siswa.

    BalasHapus
  63. taofiq
    TN reg 07
    8135072805

    saya mengenal BK sejak kelas 5 SD.
    pengenalan BK dapat membantu siswa untuk kenal seperti apa dirinya sendiri.
    cakupan BK juga terasa luas, bisa psikologi, memberi motivasi juga yang lainnya.

    BK sendiri juga dapat melatih untuk bisa mengontrol diri dan mengarahkan minat dan bakat kita. tentulah sangat baik jika BK diperkenalkan dari semenjak dini.
    karena dengan begitu siswa sudah diberi bekal untuk percaya diri.

    BalasHapus
  64. Risthy S.Puspita
    8135072770
    TN'reg 07

    pengenalan Bimbingan konseling didalam proses pendidikan merupakan upaya pendekatan guru kepada anak didik mengenai karakteristik sifat masing-masing individu. BK berperan sebagai alat kendali anak didik dimana ia melakukan proses pembelajaran selama masa nya.membantu orang-perorangan untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya). bimbingan konseling merupakan Proses menunjuk pada gejala bahwa sesuatu akan berubah secara berangsur-angsur selama kurun waktu tertentu. Oleh karena itu bimbingan bukanlah suatu peristiwa yang terjadi sekali saja, melainkan mencakup sejumlah tahap yang secara berangkaian dan tersusun membawa ke tujuan yang ingin dicapai. Membantu berarti memberikan pertolongan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan serta kesulitan yang timbul dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  65. Liza sabriani
    Tn Reg 07
    8135072797

    bimbingan konseling sangat di perlukan di sekolah formal maupun nonformal kaena BK dapat membantu siswa-siswanya untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya dan memberikan dorongan motivasional yang terdapat dalam dirinya sendiri.

    BalasHapus
  66. Dwi Yuniarti
    8135072800
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Bimbingan Konseling buat saya sangat mengatur, untuk dapat menyesuaikan perilaku saya dengan peraturan di sekolah. BK memang sangat baik, jika pelajaran-pelajaran lainnya hasilnya berupa nilai sedangkan BK memberikan hasil berupa siswa yang memiliki sikap, perilaku dan moral yang lebih baik. Sangat bermanfaat terutama untuk kehidupan siswa sehari-hari.

    BalasHapus
  67. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Menurut pendapat saya, Bimbingan konseling memiliki peranan yang penting dalam proses pendidikan bagi para siswa karena dilihat dari tugas BK adalah memberikan pertolongan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan serta kesulitan yang sedang dialami oleh para siswa yang bermasalah. Yang dimana nantinya akan berpengaruh positif dalam proses belajar para siswa, walaupun BK tidak tercantum dalam buku nilai raport.

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  69. Pengenalan Bimbingan konseling(BK) disekolah sangatlah penting .karena masih banyak siswa yang menganggap BK hanya untuk anak-anak yang bermasalah saja dan mereka tidak mau berurusan dengan guru BKnya.

    BalasHapus
  70. BK sangat penting untuk komunikasi antara guru dan muridnya yang bersifat dua arah....
    namun terkadang murid belum memehami fungsi bk itu sendiri...

    BalasHapus
  71. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07


    Saya mengenal BK sejak saya kelas 1 SMP...Menurut saya BK sangat penting dalam dunia pendidikan karna dengan adanya BK siswa-siswa yang mempunyai masalah dapat sharing...sehingga sangat membantu siswa dalam menuntut ilmu di sekolah...

    BalasHapus
  72. imam irawan
    8135072811
    pend tata niaga reg 07
    Menurut saya bimbingan konseling memang sangat di perlukan di sekolah guna untuk memberi masukan pada siswa,serta bimbingan konseling ini sangat penting untuk menyadarkan para siswa ang bermasalah di sekolah dan sangat diperlukan oleh para guru guna untuk merubah kepribadian para siswanya untuk menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  73. Diajie Ary Tohfati
    8135077980
    tn non reg 07

    mengenal Bimbingan dan Konseling
    menurut saya BK merupakan suatu wadah para siswa untuk menyalurkan masalah-masalah yang dihadapi baik yang berhubungan dengan pelajaran atau keadaan-keadaan diluar dari masalah sekolah. Dengan adanya BK maka terjalin hubungan antara siswa dengan guru konselingnya yang akan memberi dampak yang positif untuk siswa Karena sang guru akan memberikan masukan-masukan kepada siswa tersebut.

    BalasHapus
  74. Ary Prabowo
    TN NR 07

    BK merupakan suatu wadah bagi para siswa untuk menyalurkan segala permasalahan yang dihadapi baik dalam bidang pelajaran maupun hal-hal lain. karena tugaz BK adalah memecahkan masalah yang dihadapi siswa dan mencari solusi dan jalan keluar yang terbaik yang nantinya akan membawa dampak positif bagi si anak didik dalam proses belajarnya.

    BalasHapus
  75. Bimbingan konseling merupakan salah satu cara penyelesaian masalah yang di hadapi oleh siswa tersebut. Guru BK seharusnya lebih peka terhadap perubahan – perubahan sikap negatif dari siswanya. Dan menyelesaikannya secara bersama – sama. Sebagai konseler, BK harus lebih aktif dalam pengupdatetan perubahan – perubahan jaman pada usia remaja. Agar dapat mengetahui apa yang harus di lakukan sebagai konseler jika menyelesaikan masalah siswa – siswanya.

    BalasHapus
  76. asalammualaikum wr.wb
    mohamad yaser
    8135077967
    menurut saya bimbingan konseling sangat baik menjadi wadah untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialami, Sikap luhur dari konselor membuat layanan BK ini lebih gampang untuk berhasil karena setiap siswa tidak akan sungkan untuk mengungkapkan masalah-masalah yang sedang mereka alami kepada konselor serta tidak merasa malu. itu mempermudah para guru yang mengajar untuk melakukan evaluasi ketika siswa sedang mengalami masalah

    BalasHapus
  77. David Ramot
    8135072801
    Pend.Tata Niaga Reg.07

    Siswa maupun siswi mengenal bahwa tugas seorang guru BK adalah sebagai tempat curhat(curahan hati) dan tempat untuk mencari jalan keluar dari masalah-masalah yang kita miliki. Kita sudah mengenal pelajaran BK sejak menduduki bangku SMP. Dan menurut saya pelajaran BK sangat berguna untuk mengeluarkan serta mengembangkan potensi yang ada di dalam diri siswa. Oleh karena itu sudah menjadi tugas dari seorang guru BK agar dapat mengarahkan kearah mana siswa itu untuk dibimbing berdasarkan potensi siswa tersebut.

    BalasHapus
  78. alek monaris s
    pend.tata niaga reg07
    8135072768

    BK(bimbingan konseling)..
    pengenalan akan BK seharusnya dilaksanakan sedini mungkin di dunia pendidikan. karena banyak anak didik yang kurang memahami arti dari BK itu sendiri..padahal BK dalam dunia pendidikan sangatlah berperan untuk perkembangan anak didik.. .

    dengan adanya dapat membantu memberikan pertolongan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan serta kesulitan yang timbul dalam kehidupan anak didik.. .

    BalasHapus
  79. wahyu tn reg 2007
    bimbingan konseling sangat panting bagi dunia pendidikan,seharusnya bimbingan konseling dikenalkan sejak dini oleh para anak didik,karena bimbingan konsling sangat mambantu siswa untuk mengahadapi masalah yang dialaminya.

    BalasHapus
  80. lukmaN > TN (non reg) 07

    Menurut saya, Bimbingan konseling memang sangat diperlukan di sekolah, karena BK merupakan komponen sistem pendidikan yang bertujuan untuk pengembangan potensi dalam diri siswa, sehingga mempunyai kepribadian : manusia yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengenal lingkungan sekitarnya dan memahami dirinya sendiri.

    BalasHapus
  81. Dwi Yunita
    Pend.Tata Niaga NR'07

    Bimbingan Konseling memang sangat di butuhkan untuk setiap sekolah. bimbingan ini ada, karena untuk membantu para siswa. jika siswa menemui kendala dalam pendidikannya, maka disinalah peran BK sangat dibutuhkan agar siswa tidak terjerumus kedalah hal-hal yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  82. Noritha Kristianty
    8135072787
    Pend. Tata Niaga Reg'07

    Masih banyaknya pertanyaan dari siswa tentang apa itu bimbingan konseling seharusnya bisa menandai bahwa pengenalan akan apa itu konseling masih sangat diperlukan agar para siswa benar-benar bisa mendapat manfaat dari bimbingan konseling itu sendiri. Para siswa harus paham disini bahwa BK mempunyai tujuan bukan agar siswa mendapat nilai BK dirapor, melainkan agar sikap dan akhlak siswa menjadi lebih baik atau bahkan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya..

    BalasHapus
  83. Fitri Amelia
    8135072765
    Pend.Tata Niaga Reg 07

    Bimbingan Konseling merupakan salah satu komponen sistem pendidikan yang bertujuan untuk pengembangan potensi dalam diri siswa, sehingga mempunyai kepribadian, manusia yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengenal lingkungan sekitarnya dan mampu memahami dirinya sendiri.
    Dalam hal ini para siswa haruslah memahami tujuan BK di sekolah mereka masing-masing, yang bukan hanya pemberian materi belajar yang mereka dapat sehari-hari melainkan membentuk sikap,perilaku dan akhlak yang baik. Dalam BK juga dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi baik di lingkungan sekolah naupun di luar sekolah. Dengan adanya masalah yang dihadapi oleh siswa maka dapat mengganggu kegiatan belajar siswa.Dalam hal ini bimbingan konseling sangat diperlukan siswa. Dengan melakukan pendekatan secara pofesional kepada siswa maka bimbingan konseling yang ada di sekolah akan berperan aktif dalam mengatasi berbagai masalah siswa.

    BalasHapus
  84. rizky dwi perwitasari
    8135077963
    TN (nonreg 07)




    BK ...
    sampai saat ini memang sulit dipahami oleh siswa..
    siswa hanya memahami BK sebagai wadah anak-anak yang bermasalah..
    tetapi sebenarnya guru BK membantu siswa agar lebih termotivasi dalam KBM..
    jadi sangat di perlukan penyuluhan tentang betapa pentingnya peranan guru BK di sekolah

    BalasHapus
  85. aditya septiadi a
    8135072783
    tN reg 07

    BK...
    Yang ada di benak saya adalah tempat siswa2 bermasalah... karena guru2 BK hanya sebagai eksekutor kepada siswa bermasalah..
    So, peran BK sebagai pencari solusi siswa di sekolah harus di ringkatkan lagi..

    BalasHapus
  86. Amalina Imadarty
    8135077986
    TN NR 07

    Menurut saya, Pengenalan Bimbingan Konseling di sekolah memang sangat perlu agar para siswa menyadari peran BK di sekolah. Banyak siswa yang masih bertanya-tanya kenapa nilai BK tidak ada rapor? Terus buat apa donk kita belajar BK ? Nah, pola pikir seperti inilah yang seharusnya diubah. Bimbingan di sekolah bukanlah peristiwa yang terjadi sekali saja. Bimbingan ini butuh proses yang panjang karena nantinya akan membawa ke tujuan yang ingin dicapai. Selain itu para siswa di sekolah juga dapat berkonsultasi ke guru BK tentang berbagai permasalahan yang sedang mereka hadapi dan tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi diri mereka sendiri..

    BalasHapus
  87. Indra septifurdiana
    TN NR 07
    8135077964

    Bimbingan konseling sangatlah diperlukan karena kita kembali pada kesadaran diri kita bahwa kita adalah makhluk sosial. maka dari itu sekolah haruslah memiliki pelajaran - pelajaran antara lain adalah pelajaran bimbingan konseling karena BK ini yang dibawa oleh pembimbing yang dapat membantu,menolong serta memberikan suatu arahan yang baik yang dapat memecahkan masalah yang dihadapi diri peserta didik.

    BalasHapus
  88. aNggi Arisaputri
    8135077971

    Memang awalnya pelajaran bimbingan konseling sangat membosankan,hanya membahas keseharian ataupun aktifitas siswa..

    setelah membaca artikel ini,ternyata bimbingan konseling memang sangat di butuhkan untuk para siswa,agar guru dapat memantau perkembangan siswa, dan siswa pun merasa dekat dengan guru karena bisa berkonsultasi langsung keluhan-keluhan dalam belajar,dan dapat menciptakan kedekatan siswa dengan guru..

    BalasHapus
  89. dedy prasetyo
    8135077956
    TN non 07

    BK adalah sebuah usaha bersama untuk membantu seseorang dalam memahami dirinya sendiri dan orang-orang yang ada disekitarnya. BK merupakan kegiatan pelayanan bagi siswa yang diberikan sebagai upaya pencegahan, pengembangan, dan perbaikan untuk membantu menunjang kelancaran penyelenggaraan pendidikan.

    BalasHapus
  90. Karina DwiJaya Oktariani
    8135077957

    Menurut saya bimbingan konseling sangat dibutuhkan karena siswa membutuhkan bantuan untuk konsultasi dalam menghadapi masalah-masalhnya.Bibingan harus diterapkan dalam sekolah-sekolah dari tingkat SD sampai perguruan tinggi. Sehimgga dapat terjalin hubungan baik antar guru dan siswanya.

    BalasHapus
  91. aisyah R ( TN 07 )

    terdapat hal yang bisa diselesaikan antara siswa dengan orangtua ataupun siswa dwngan gurunya..
    terutama dalam hal sekolah guru harus ada yang selalu memeperhatikan murid - muridnya, karena siswa memiliki berbagai macam permasalahan..
    tidak semua permasalahan dapat diselesaikan dengan walikelas, tentu saja murid memebutuhkan seorang guru yang dapat mengerti keadaannya yaitu guru bimbingan konseling, dengan adanya BK guru dapat mengetahui permasalah apa yang sedang dihadapai siswa dan dapat mencari jalan keluar yang terbaik..

    BalasHapus
  92. Rosita

    Assalmu'alaikum,,

    Menutu saya Bimbingan konseling ini sangat penting diterapkan dilingkungan sekolah. Selain memudahkan siswa untuk berkonsultasi, konseling ini juga dapat membantu siswa dalam memecahkan suatu permasalahan.

    sesuai dengan artikel tersebut diatas yang mengatakan bahwa Para siswa harus ditangani oleh konselor yang sungguh profesional dalam bidangnya karena di dalam konseling memiliki asas kerahasiaan, asas kesukarelaan, asas keterbukaan, asas kenormatifan, dll.

    Konselor sekolah hendaknya mentaati aturan-aturan dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling yang terdapat dalam kode etik keprofesian sebagai seorang guru BK.

    Inilah sedikit pendapat saya.

    Wassalam...

    BalasHapus
  93. Qurota Aini TN NR'07

    Menurut saya,
    Bimbingan dan konseling sangat penting diterapkan disekolah, selain memudahkan siswa untuk berkonsultasi konseling juga dapat membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya..
    Bimbingan dan Konseling memegang tugas dan tanggung jawab yang penting untuk mengembangkan individu, membangun interaksi dinamis antara individu dengan lingkungan, membelajarkan individu untuk mengembangkan, merubah dan memperbaiki perilaku sendiri..
    oleh sebab itu peran guru dan bimbingan konseling ini begitu dibutuhkan untuk keberlangsungan siswa disekolah..

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  95. fitri melawati nr 07

    BK sangatlah diperlukan untuk siswa khususnya untuk siswa-siswa yang bermasalah.. dengan adanya guru BK diharapkan sisawa dapat menceritakan permasalahan yang ada. BK djuga diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik antara guru dan siswa.

    BalasHapus
  96. jenny christine (8135077998)
    TN NR 07

    Bimbingan konseling adalah suatu pembelajaran dalam sekolah yang membahas tentang masalah-masalah peserta didik pada umumnya, baik dalam sikap, perilaku, pikiran, dan perasaannya yang menjadi lebih baik dan berani mengambil keputusan dan siap menjalankan keputusan-keputusan tersebut dengan segala konsekuensi yang ada.


    bimbingan konseling itu sangat bagus bagi siswa-siswa yang belum percaya diri, sehingga dia butuh seorang guru BK untuk menyelesaikan masalah dia tersebut.


    sehingga siswa benar-benar nyaman dan lega jika masalahnya tersebut dapat di tangani oelh guru BK.

    BalasHapus
  97. Kristiana Ermawati
    8135072771

    Bimbingan Konseling merupakan suatu pembelajaran dengan mendekatkan diri yang lebih pada masing-nasing siswa. BK sangat diperlukan di sekolah manapun,karena dapat membantu memecahkan masalah yang dialami siswa.

    siswa menjadi lebih baik apabila melakukan bimbingan konseling.

    BalasHapus
  98. Bimbingan konseling merupakan tempat/wadah dimana setiap siswa/i dapat berbagi kisah dan masalahnya. Masalah yang dimiliki siswa dapat dicari jala keluarnya melalui bimbingan konseling.


    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. TN (NR)

    BalasHapus
  99. Sutriyani
    8135077961
    Pend TN non Reg'07

    Assalamualaikum..

    Bimbingan konseling adalah salah satu mata pelajaran yang saya gemari waktu duduk di SMP. karena selain gurunya yang baik dan super perhatian mata pelajaran ini juga tidak menjenuhkan. kita bisa mengenal diri sendiri dan lingkungan sekitar, menghadapi masalah dan mencari solusi yang terbaik. Dengan adanya bimbingan konseling kita dapat mengtahui keinginan pokoknya mengenal diri sendiri berarti mengenal lingkungan kita juga.

    BalasHapus
  100. Raja Yuda Roderick Siahaan
    8135077978
    Pend. TN nin Reg'07
    banyak sekolah yang mengadakan bimbingan konseling bagi para anak didiknya. Hal ini disebabkan karena ternyata bimbingan konseling sangat berguna guna menambah optimalisasi hasil belajar anak didik. Dari sini kita juga dapat mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi anak didik ketika mereka mengikuti proses belajar mengajar. Walaupun begitu, masih banyak murid yang enggan menggunakan fasilitas ini di sekolah-sekolah.
    seharusnya seorang pembimbingan konseling harus lebih memahami semua karakter siswa sehingga bimbingan konseling lebih efektif, dan siswa dapat mengikuti proses belajar.

    BalasHapus
  101. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non reg 07
    8135077958

    bimbingan konseling sangat baik dan berguna di sekolah, karena bimbingan konseling membantu siswa memecahkan problema kehidupan nya, baik akademik maupun non akademik.
    kalau siswa yg memiliki problema dalam kehidupan nya, maka akan mempengaruhi dalam belajar nya.

    BalasHapus
  102. Kebanyakan siswa sudah mempunyai pikiran jelek mengenai bimbingan konseling, jika seorang siswa memasuki atau di penggil ke ruang BK pastinya banyak yang berpikiran bahwa siswa tersebut adalah siswa bermasalah, padahal pada kenyataannya bimbingan konseling merupakan wadah yang dapat membantu siswa keluar dari masalahnya, di tempat inilah guru BK dapat memberi solusi maupun dukungan atas masalah apa yang sedang di hadapi siswa. Namun, sebaiknya guru BK mempunyai latar belakang pendidikan psikologi.

    BalasHapus
  103. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  104. dengan adanya bimbingan dan konseling di sekolah siswa dapat memecahkan masalah yang sedang di alaminya. Selain itu, juga dapat memantau hasil akademik siswa sehingga membantu guru wali kelas mengetahui apa sebab nilai akademik siswa itu turun. Sehingga dalam adanya BK ini dapat membantu siswa yang bermasalah....

    Novira Tri Risanti
    8135077962
    Pend. TN Non Reg '07

    BalasHapus
  105. yuni sri W (8135077970)
    pend. TN NR 07

    adanya bimbingan konseling menurut saya itu baik, karena siswa dapat mengatasi masalah mereka dan mendapatkan bagaimana solusinya, maka siswa diharuskan mengenal akan bimbingan konseling.
    tetapi saya tidak menjamin BK itu ada di setiap sekolah, karena status BK belum diutamakan oleh pemerintah dan sangat disayangkan siswa yang berhubungan dengan BK di identikan rata-rata "negativ" atau (siswa yang bermasalah).
    sangat disayangkan kalau hal demikian terjadi.

    BalasHapus
  106. Dengan adanya bimbingan konseling ini sangat membantu guru dalam mendidik anak-anak yang nakal. namun, masih banyak BK yang tidak ada di setiap sekolah jadi, banyak guru yang kewalahan mengatasi anak yang nakal.

    BalasHapus
  107. Bimbingan Konseling merupakan salahsatu cara sekolah untuk lebih mendekatkan kepada yang mengalami problem agar tidak mengambil langkah yang salah. disisi lain BK ini sering di cap sebagai badan yang diidentikkan negatif, sebab biasanya yang berhadapan dengan BK selalu siswa yang bermasalah.

    BalasHapus
  108. Christina panjaitan
    TNreg 2007

    Bimbingan konseling sangat dibutuhkan disekolah-sekolah,perannya sangat penting dalam mengetahui apa saja problem-problem anak didik,se3hingga anak didik itu melakukan sesuatu yang dapat menghambat pendidikannya...

    BalasHapus
  109. Bimbingan bukanlah suatu peristiwa yang terjadi sekali saja, melainkan mencakup sejumlah tahap yang secara berangkaian dan terstruktur membawa ke tujuan yang ingin dicapai.Hasil BK dapat dilihat pada perubahaan diri seseorang baik sikap, perilaku, pikiran, dan perasaannya yang menjadi lebih baik dan berani mengambil keputusan dan siap menjalankan keputusan-keputusan tersebut dengan segala konsekuensi yang ada. Untuk itu, sebagai Guru BK haruslah lebih teliti dalam melihat keadaan pribadi siswanya dan menguasai teknik pelaksanaannya, agar semua siswa dapat mencapai hasil BK yang optimal.

    BalasHapus
  110. menurut saya pengenalan Bimbingan konseling didalam proses pendidikan merupakan upaya pendekatan guru kepada anak didik mengenai karakteristik sifat masing-masing individu.Bimbingan konseling ( BK )juga memiliki peranan yang penting dalam proses pendidikan bagi anak didik. karena dilihat dari tugas BK adalah memperbaiki atau menghilangkansuatu hambatan atau masalah yang sedang dialami oleh anak didik yang bermasalah.

    BalasHapus
  111. jika mendengar kata BK pasti yang terlintas di benak kebanyakan anak adalah para siswa-siswi yang bermasalah, yang memerlukan perhatian khusus. padahal sebenarnya BK merupakan (boleh dibilang) lembaga atau tempat dimana setiap anak didik dapat berkonsultasi mengenai masalah, kesulitan-kesulitan yang dihadapi ataupun pembentukan kepribadian.
    bimbingan ini tentunya akan membentuk pribadi dan karakter siswa yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

    BalasHapus
  112. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga(NonReg 07)

    Menurut saya...

    Saya sangat setuju dengan adanya Bimbingan Konserling disekolah karena dengan adanya bimbingan Konserling siswa yang mungkin terdapat permasalahan disekolah ataupn permasalahan dirumah yang permasalahan tersebut dapat diceritakan atau dapat menjadi penghambat dalam proses belajar mengajar siswa...
    Dapat teratasi dengan baik sehingga siswa dapat tenang dalam menjalani proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan semangat belajarnya...

    BalasHapus
  113. Menurut saya bimbingan konseling sangat memiliki manfaat dan peran penting dalam proses pendidikan terutama bagi siswa-siswa.BK merupakan bantuan yang diberika pada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan

    BalasHapus
  114. bimbingan konseling adalah wadah bimbingn bagi siswa untuk lebih mengembangkan lagi diri dan pribadi siswa

    BalasHapus
  115. muammar khadafi
    8135077995
    p.tata niaga non reg 07

    Bimbingan dan konseling harus dimiliki oleh setiap orang untuk upaya proaktif dalam memfasilitasi individu mencapai tingkat perkembangan yang optimal, pengembangan perilaku yang efektif, pengembangan lingkungan, dan peningkatan fungsi atau manfaat individu dalam lingkungannya. Bimbingan dan konseling memegang tugas dan tanggung jawab yang penting untuk mengembangkan individu, membangun interaksi dinamis antara individu dengan lingkungan, membelajarkan individu untuk mengembangkan, merubah dan memperbaiki perilaku

    BalasHapus
  116. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    Klau menurut saya sebuah bimbimgan konseling di sekolah memang sangat diperluhkan. Biasanya siswa-siswa pada masa itu memang sedang mencari jati diri dan memerluhkan diskusi dengan orang lain untuk memutuskan sesuatu di kehidupan mereka.

    Jika masalah nilai sebenarnya tidak perlu dimasukan juga tidak terlalu berpengaruh. kalau Bimbingan Konseling lebih baik diprioritaskan untuk perkembangan pribadi. maksudnya tidak usah di nilai dengan angka tetapi dengan perubahan prilaku yang positif.

    BalasHapus
  117. Bimbingan konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling kepada individu yang mengalami sesuatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. konsep seperti ini memang sangat diperlukan dalam tatana proses pendidikan di sekolah. terkadang siswa juga butuh untuk malakukan konseling untuk menyelesaikan maslahnya, terutama masalah-masalah akademik.
    BK dapat memiliki peranan penting bagi siswa. karena siswa jadi tahu bagaimana mengatasi masalahnya setelah melakukan konseling dengan guru BK (konselor)

    Imanuel Suranta
    Pend. Tata Niaga Reg 2007

    BalasHapus
  118. Imam Punarko
    Pend Tata Niaga 07
    8135072812

    Pendidikan konseling disekolah sekarang ini adalah berusaha memberikan persoalan yang sekiranya tidak dapat di selesaikan dengan musyawarah dan memerlukan sesuatu hal yang berbeda. walaupun secara luas tidak seperti itu namun dari implementasinya menunjukkan hal itu.

    Bimbingan konseling kadang dapat memecahkan persoalan seorang siswa secara baik dan kadang sebaliknya. ini merupakan keahlian yang harus di miliki oleh seoran konselor agar nantinya dampak dari permasalahan satu siswa menyebar dan ini menciptakan permasalahan yang lebih bersifat masif.

    BalasHapus
  119. Khorina(813077992)
    Pend.Tata Niaga Non Reg'07

    Bimbingan Konseling punya peranan yang unik diSekolah..
    Unik Karena fungsinya sebagai wadah pemecah masalah terkadang tak terlihat.. ruangan yang bertulis BK seakan menakutkan.Jika peserta didik yang masuk ke ruangan itu selalu dicap bermasalah..
    Hal ini dikarenakan kurangnya konselor yang berkualitas, minimal dapat merangkul peserta didik agar memiilki sifat optimis.
    Agar BK Memiliki kinerja yang baik maka konselor harus terus memperbaiki image yang sudah tertanam pad jiwa-jiwa peserta didik.

    BalasHapus
  120. Reza Adi Putranto
    8135077997
    Pend. Tata Niaga Non Reg

    Pengertian bimbingan konseling berdasarkan SK mendikbud no.025/D/1995 disebutkan sebagai “pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan social, bimbingan belajar dan bimbingan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan pada norma-norma yang berlaku”. Namun setiap bantuan yang diberikan kepada siswa belum tentu termasuk dalam bimbingan. Jika guru membantu siswa dalam menyelesaikan tugas atau memberikan beasiswa misalnya, bantuan ini tidak termasuk dalam bimbingan konseling.

    BalasHapus
  121. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    Bimbingan Konseling merupakan suatu pembelajaran dengan mendekatkan diri yang lebih pada masing-nasing siswa.dengan adanya bimbingan Konserling siswa yang mungkin terdapat permasalahan disekolah ataupn permasalahan dirumah yang permasalahan tersebut dapat diceritakan atau dapat menjadi penghambat dalam proses belajar mengajar siswa...

    BalasHapus
  122. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NONO REG 2007



    Manusia tidak hanya membutuhkan makanan untuk jasmaninya saja, kebutuhan asupan spiritual yang baik akan meningkatkan kualitas kinerja mereka. Begitu juga para peserta didik yang tidak hanya membutuhkan pengetahuan akademisi saja. Etika, moral, budi pekerti serta penyelesaian masalah-masalah pribadi yang cenderung membuat peserta didik tidak fokus dalam kegiatan pendidikan haruslah diberikan dalam pelayanan pendidikan. Dengan pengenalan bimbingan konseling kepada peserta didik akan membantu menghadapi krisis kepribadian yang sering dijumpai setiap peserta didik. Hal perlu diperhatikan adalah pelayan pendidikan yang lebih proaktif kepada peserta didik, sehingga hak-hak peserta didik dapat dirasakan. “kita tidak akan menerima apa yang kita harapkan tetapi kita akan menerima apa yang kita butuhkan.”

    BalasHapus
  123. Ade Kurniawan
    8135072772
    Pend. Tata Niaga reg '07

    Menurut saya, Bimbingan dan konseling sudah menjadi kebutuhan siswa, agar siswa tidak mengalami tekanan dalam mengatasi masalah selama di sekolahnya. Peran serta guru sudah selayaknya sebagai orang tua kedua pada lingkungan sekolah. Ini merupakan proses membantu peserta didik untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya. Agar siswa tidak mengalami gangguan mental sehingga menyulitkan belajar. Dan saya kira bimbingan konseling benar-benar diperlukan untuk kehidupan selanjutnya. Karena bimbingan dan konseling salah satu factor penentu kelulusan siswanya dan memfokuskan bakat atau potensi yang dimiliki siswa. Yang semuanya berkaitan antara pola pikir dan jiwanya. Jadi harus di satukan dengan baik agar menghasilkan perpaduan yang seimbang.

    BalasHapus
  124. abdul rohim
    8135072785
    tata niaga reg 2007

    tugas BK adalah memperbaiki atau menghilangkan suatu hambatan atau masalah yang sedang dialami oleh anak didik yang bermasalah. Yang dimana nantinya akan berpengaruh positif dalam proses belajar anak didik walaupun BK tidak tercantum dalam buku nilai raport.

    dilihat dari tugas BK..

    menurut saya BK sangat penting bagi peserta didik untuk mempermudah siswa dalam menjalankan pendidikan...

    dengan adanya BK siswa akan termotivasi untuk terus maju dan tidak ada kata lagi untuk frustasi dengan masalah2 di dekolah..

    BalasHapus
  125. Menurut saya mengenai Bimbingan Konseling itu sangat bermanfaat dalam pendidikan karena dapat membantu siswa-siswanya untuk memahami dirinya sendiri dan lingkungan hidupnya dan memberikan dorongan motivasional yang terdapat dalam dirinya sendiri. Untuk itu diharapkan konselor sekolah dapat bekerja professional dalam menghadapi siswanya agar dapat lebih memahami diri siswa dan kondisinya...

    BalasHapus
  126. Bimbingan Konseling, menurut saya adalah suatu pelayanan yang bagus untuk di terapkan di sekolah. Bimbingan konseling sendiri dalam artian yang saya rasakan saat sekolah memiliki tujuan membimbing, mengarahkan, mengajak siswa-siswi agar memiliki moral dan akhlak yang baik. Selain itu, para guru BK pun juga memberikan bimbingan-bimbingan kepada siswanya saat mereka tak tahu jurusan apa yang lebih baik diambil atau juga saat sedang ingin berkonsultasi tentang sesuatu.

    Memang tak banyak dari siswa yang tahu benar apa itu BK. Biasanya para siswa hanya tahu kalau dipanggil BK itu pasti anak yang bermasalah. Padahal tidak juga.. Mungkin karena tugas BK adalah membimbing, jadi anak2 'bandel' lah yang sering terpanggil ke BK (untuk dibimbing), hingga akhirnya muncul pandangan seperti itu..

    Tak jarang juga BK ini sering dianggap pelajaran yang 'ece2'(biasa saja). Malah kadang tidak diperhatikan. Padahal Bimbingan Konseling ini sangat penting. Sama pentingnya dengan pelajaran2 yang lain. Karena BK bisa membantu kita dalam setiap permasalahan di sekolah, membantu mengenali diri, mengenali potensi, dan juga bagaimana menjadi siswa berprestasi.

    BalasHapus