Oktober 08, 2008

STANDAR SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH/MADRASAH PENDIDIKAN UMUM

LATAR BELAKANG

Pelaksanaan pendidikan nasional harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam pergaulan nasional maupun internasional. Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan tersebut, Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimum tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana.

Standar sarana dan prasarana ini untuk lingkup pendidikan formal, jenis pendidikan umum, jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu: Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Standar sarana dan prasarana ini mencakup:
1. kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah,
2. kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah.

PENGERTIAN
1. Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah.
2. Prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
3. Perabot adalah sarana pengisi ruang.
4. Peralatan pendidikan adalah sarana yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran.
5. Media pendidikan adalah peralatan pendidikan yang digunakan untuk membantu komunikasi dalam pembelajaran.
6. Buku adalah karya tulis yang diterbitkan sebagai sumber belajar.
7. Buku teks pelajaran adalah buku pelajaran yang menjadi pegangan peserta didik dan guru untuk setiap mata pelajaran.
8. Buku pengayaan adalah buku untuk memperkaya pengetahuan peserta didik dan guru.
9. Buku referensi adalah buku rujukan untuk mencari informasi atau data tertentu.
10. Sumber belajar lainnya adalah sumber informasi dalam bentuk selain buku meliputi jurnal, majalah, surat kabar, poster, situs (website), dan compact disk.
11. Bahan habis pakai adalah barang yang digunakan dan habis dalam waktu relatif singkat.
12. Perlengkapan lain adalah alat mesin kantor dan peralatan tambahan yang digunakan untuk mendukung fungsi sekolah/madrasah.
13. Teknologi informasi dan komunikasi adalah satuan perangkat keras dan lunak yang berkaitan dengan akses dan pengelolaan informasi dan komunikasi.
14. Lahan adalah bidang permukaan tanah yang di atasnya terdapat prasarana sekolah/madrasah meliputi bangunan, lahan praktik, lahan untuk prasarana penunjang, dan lahan pertamanan.
15. Bangunan adalah gedung yang digunakan untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
16. Ruang kelas adalah ruang untuk pembelajaran teori dan praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus.
17. Ruang perpustakaan adalah ruang untuk menyimpan dan memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka.
18. Ruang laboratorium adalah ruang untuk pembelajaran secara praktik yang memerlukan peralatan khusus.
19. Ruang pimpinan adalah ruang untuk pimpinan melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah.
20. Ruang guru adalah ruang untuk guru bekerja di luar kelas, beristirahat, dan menerima tamu. 21. Ruang tata usaha adalah ruang untuk pengelolaan administrasi sekolah/madrasah.
22. Ruang konseling adalah ruang untuk peserta didik mendapatkan layanan konseling dari konselor berkaitan dengan pengembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.
23. Ruang UKS adalah ruang untuk menangani peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan dini dan ringan di sekolah/madrasah.
24. Tempat beribadah adalah tempat warga sekolah/madrasah melakukan ibadah yang diwajibkan oleh agama masing-masing pada waktu sekolah.
25. Ruang organisasi kesiswaan adalah ruang untuk melakukan kegiatan kesekretariatan pengelolaan organisasi peserta didik.
26. Jamban adalah ruang untuk buang air besar dan/atau kecil.
27. Gudang adalah ruang untuk menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, peralatan sekolah/madrasah yang tidak/belum berfungsi, dan arsip sekolah/madrasah.
28. Ruang sirkulasi adalah ruang penghubung antar bagian bangunan sekolah/madrasah.
29. Tempat berolahraga adalah ruang terbuka atau tertutup yang dilengkapi dengan sarana untuk melakukan pendidikan jasmani dan olah raga.
30. Tempat bermain adalah ruang terbuka atau tertutup untuk peserta didik dapat melakukan kegiatan bebas.
31. Rombongan belajar adalah kelompok peserta didik yang terdaftar pada satu satuan kelas.

PRASANA SEKOLAH
Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. laboratorium IPA,
4. ruang pimpinan,
5. ruang guru,
6. tempat beribadah,
7. ruang UKS,
8. jamban,
9. gudang,
10. ruang sirkulasi,
11. tempat bermain/berolahraga.

Sebuah SMP/MTs sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. ruang laboratorium IPA,
4. ruang pimpinan,
5. ruang guru,
6. ruang tata usaha,
7. tempat beribadah,
8. ruang konseling,
9. ruang UKS,
10. ruang organisasi kesiswaan,
11. jamban,
12. gudang,
13. ruang sirkulasi,
14. tempat bermain/berolahraga.

Sebuah SMA/MA sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. ruang laboratorium biologi,
4. ruang laboratorium fisika,
5. ruang laboratorium kimia,
6. ruang laboratorium komputer,
7. ruang laboratorium bahasa,
8. ruang pimpinan,
9. ruang guru,
10. ruang tata usaha,
11. tempat beribadah,
12. ruang konseling,
13. ruang UKS,
14. ruang organisasi kesiswaan,
15. jamban,
16. gudang,
17. ruang sirkulasi,
18. tempat bermain/berolahraga.

Sumber: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2007

140 komentar:

  1. Masalah sarana dan prasarana dari tahun ke tahun pasti ada saja yang rusak, hilang dan berbagai alasan lainnya. Kenapa kita tidak sadar jika sarana dan prasarana sekolah menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Kalo suka rusak apa gak bebanin sekolah lagi. Anggaran pendidikan yang seharusnya dapat mengoptimalkan dan memaksimalkan hal yang lain malah terpakai untuk memperbaiki/ pengadaan sarana dan prasarana yang rusak itu. Kita yang di Kota harus bersyukur dengan cara merawat inventaris sekolah bukan malah merusak, coba tengok teman-teman kita di pedalaman yang masih sangat kurang dan tertinggal jauh, dengan sarana dan prasarana yang terbatas, lebih baik kita gunakan untuk pendanaan pengadaan sarana dan prasarana mereka daripada terus berkutat pada masalah perbaikan infrastruktur sekolah yang mubazir kita keluarkan tiap tahun.
    Yuk kita jaga sarana dan prasarana sekolah kita !!!

    BalasHapus
  2. Menurut saya, sarana serta prasarana dalam satuan pendidikan haruslah memenuhi standar menurut ketentuan yang berlaku, karena hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak didik dalam menyerap pelajaran. Contohnya, ketika akan melakukan praktek biologi,tentunya dibutuhkan laboratorium serta peralatan yang memadai demi tercapainya kualitas anak didik yang baik. Untuk itu tanpa adanya saran dan prasarana yang memadai, tentunya tidak akan tercapai hasil yang memuaskan dalam proses belajar mengajar.

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum...
    menurut saya peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia no.24/2007 mengenai standar sarana dan prasarana sekolah masih belum terlaksana di semua sekolah,mungkin kecuali di sekolah2 bonafit di perkotaan lain lagi alasannya.namun bila kita lebih telitilagi,masih terlalu banyak sekolah2 yang masih belum terjamah bantuan pemerintah dalam pengadaan sarana dan prasarana sekolah.mereka hanya mengandalkan bantuan dari masyarakat sekitar lingkungan mereka saja.dilain pihak mereka juga sangat ingin bisa melaksanakan sistem kurikulum yang baru bagi sekolah mereka.padahal siswa dituntut untuk memenuhi berbagai kompeten yang menjadi acuan standar nasional,tetapai sarana dan prasarana sekolah masih sangat jauh dikatakan dikatakan memenuhi standar.

    BalasHapus
  4. Saya setuju dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai di setiap sekolah, karena sarana dan prasarana tersebut dapat membantu siswa dalam proses belajar, sehingga siswa dapat mengetahui teknologi yang sekarang sudah ada, dan dapat melatih siswa untuk dapat menggunakan teknologi yang sekarang, ini hanya berlaku di sekolah jakarta saja, sedangkan yang di pelosok daerah belum ada sarana dan prasarana yang memadai, misalkan di suatu sekolah daerah sampai saat ini sistem kurikulumnya belum seperti yang di jakarta sehingga murid-murid di pedalaman itu lebih terbelakang jika di bandingkan dengan murid di jakarta. seharusnya pemerintah harus lebih memperhatikan sekolah- sekolah yang berada di pelosok daerah karena mereka membutuhkan sarana dan prasarana yang dapat membantu siswa dalam belajar.

    BalasHapus
  5. Penyediaan sarana dan prasarana yang maksimal untuk sekolah, dilakukan agar segala bentuk kegiatan belajar dan mengajar di sekolah dapat berjalan dengan baik, efisien dan terarah. Sarana dan prasarana yang telah ada sebaiknya dirawat dan dipelihara secara rutin dan berkala agar kelancaran dalam segala kegiatan sekolah bisa tercapai. Selain itu bila sarana dan prasarana yang ada di sekolah kurang maksimal, peran pemerintah dan sekolah lah yang harus bertanggung jawab untuk bisa memenuhi segala sarana dan prasarana yang memang seharusnya dimiliki oleh sebuah sekolah.

    BalasHapus
  6. assalamu'alaikum...
    Menurut saya, untuk memajukan pendidikan dalam bidang pengetahuan serta belajar mengajar itu perlu adanya sarana dan prasarana yang memenuhi standar kualitas dan mutu serta peralatan –peralatan yang cukup memadai pada proses belajar dan mengajar. Adapun kita tinjau bahwa pendidikan perlu ada karena pendidikan sebagai ujung tombak kebangkitan bangsa. Akan tetapi kita yang tinggal di perkotaan pun belum 100 % memiliki sarana dan prasarana yang memadai apalagi dipedalaman daerah, mungkin yang sudah kita ketahui bahwa mereka telah tertinggal oleh arus globalisasi yang sudah memiliki teknologi canggih, untuk itu pemerintah atau tenaga pendidik perlu berjuang dan memperhatikan pendidikan terutama dilihat dari segi sarana dan prasarana.

    BalasHapus
  7. Menurut saya, untuk memajukan pendidikan dalam bidang pengetahuan serta belajar mengajar itu perlu adanya sarana dan prasarana yang memenuhi standar kualitas dan mutu serta peralatan –peralatan yang cukup memadai pada proses belajar dan mengajar. Adapun kita tinjau bahwa pendidikan perlu ada karena pendidikan sebagai ujung tombak kebangkitan bangsa. Akan tetapi kita yang tinggal di perkotaan pun belum 100 % memiliki sarana dan prasarana yang memadai apalagi dipedalaman daerah, mungkin yang sudah kita ketahui bahwa mereka telah tertinggal oleh arus globalisasi yang sudah memiliki teknologi canggih, untuk itu pemerintah atau tenaga pendidik perlu berjuang dan memperhatikan pendidikan terutama dilihat dari segi sarana dan prasarana.

    BalasHapus
  8. Menurut saya dalam pelaksanaan pendidikan memang sangat diperlukan sarana dan prasarana yang memadai di setiap sekolah untuk melancarkan kegiatan pengajaran. Mengenai standar sarana dan prasarana sekolah/madrasah pendidikan umum yang telah ditetapkan pemerintah sangat bagus, namun pelaksanaan mungkin masih kurang maksimal. Untuk itu diharapkan agar segera dapat terlaksana dengan baik dan dapat tercipta proses pengajaran yang efekti. Dan diharapkan juga kepada sekolah-sekolah yang telah mempunyai sarana dan prasarana yang memadai agar dapat merawatnya dan menggunakan dengan sebaik-baiknya...

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum wr.wb.
    Sarana dan prasarana di sekolah adalah hal yang sangat mendasar dan bersifat urgent dalam proses pendidikan. Karena tanpa adanya sarana dan prasarana sekolah kegiatan belajar mengajar tidak akan berlangsung dengan baik. Seharusnya pemerintah pusat maupun daerah lebih memperhatikan hal ini, karena yg saya jumpai banyak sekali sekolah yang sarana dan prasarananya belum memadai baik di daerah perkotaan maupun pedesaan, baik di sekolah-sekolah umum maupun madrasah. Banyak sekolah yang tidak mempunyai laboratorium bahkan ada beberapa sekolah yang sebagian bangunannya rusak, hancur bahkan hampir roboh. Sudah banyak siswa yang menjadi korban akibat bangunan sekolahnya roboh, apakah pemerintah tidak memperhatikan hal ini??
    Wassalamualikum wr.wb.

    BalasHapus
  10. Dalam pelaksanaan pendidikan khususnya sekolah selain membutuhkan siswa-siswa yang memiliki kemampuan atau kepandaian, tetapi juga membutuhkan sarana serta prasarana yang memenuhi standar pemerintah, karena hal itu dapat memperlancar jalannya proses belajar mengajar.tetapi saat ini banyak sekolah yang tidak memperhatikan hal tersebut seperti banyak sekolah yang jorjoran menerima siswa baru pada awal tahun ajaran, tetapi tidak memperhitungkan aspek kenyamanan belajar dan seharusnya pemerintah tidak membedakan sarana dan prasarana yang berada di kota maupun didesa tetapi standar ini berlaku nasional.

    BalasHapus
  11. Menurut saya salah satu kriteria yang baik dari sekolah yaitu adanya sarana dan prasarana yang lengkap dari sekolah tersebut, apalagi bila sarana dan prasarana tersebut memenuhi standar, bila semuanya sudah lengkap maka anak didik-pun akan betah dan nyaman untuk mengikuti pelajaran.

    BalasHapus
  12. Standar sarana dan prasarana sekolah/madrasah pendidikan umum itu harus memenuhi kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemeritah. Bila ada salah kriteria itu tidak terpenuhi maka akan terjadi perlambatan dalam pemberian materi pelajaran yang optimal dan akan berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar karena saran prasarana sangat penting bagi suatu sekolah untuk meningkatkan mutu dan kualitas sekolah serta para siswanya agar dapat memahami pelajaran yang diajarkan dengan lebih baik. Contoh dengan adanya laboraturium, siswa dapat mempraktekan teori yang diajarkan oleh gurunya sehingga mereka lebih menangkap apa sebenarnya tujuan dan kegunaan dari materi yang mereka pelajari pada saat pemberian teori dan akhirnya mereka dapat didalam praktek di laboraturium. Dan dengan adanya sarana prasarana yang lengkap guru juga dapat memberikan contoh yang lebih konkrit dalam memberikan materi sehingga anak murid dapat menangkapnya dengan baik dan terjadilah komunikasi dalam pembelajaran tersebut.

    BalasHapus
  13. Standar yang telah terdapat pada bacaan tersebut sudah cukup karena semua yang di butuhkan telah ada dalam bacaan tersebut. Di harapkan kepada seluruh warga sekolah agar dapat merawat sarana dan prasarana yang ada. Sebaiknya pemerintah juga memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah – sekolah yang terpencil. Dan dapat mengalokasikan sebagian dana pendidikan ke peningkatan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah – sekolah terpencil. Agar kegiatan belajar – mengajar dapat berlangsung secara optimal, agr hasilnya pun dapat optimal juga.

    BalasHapus
  14. Jangan sampai ada sekolah yang jorjoran menerima siswa baru pada awal tahun ajaran, tetapi tidak memperhitungkan aspek kenyamanan belajar. Ruang belajar yang proporsional sangat menunjang efektivitas pembelajaran.standar sarana dan prasarana pendidikan tidak membedakan sekolah yang berada di kota maupun desa. Hal itu dimaksudkan agar standar sarana dan prasarana berlaku secara nasional

    BalasHapus
  15. kalau berbicara mengenai kelengkapan sarana prasana sekolah, memang yang dibahas di artikel tersebut adalah standar dari suatu sekolah pada umumnya! namun kenyataannya sekarang di indonesia banyak sekolah yang roboh, kenapa? itu yang harus kita kritisi untuk pemerintah, padahal hanya membangun ruang kelas saja sudah roboh, yang konstruksinya lah, dananya yang dikompresi, digelapkan dsb. apalagi membangun laboratorium yang kualitasnya standar ruangan lab atau membangun ruangan yang disebutkan dalam artikel tersebut

    apa kata dunia kalau begitu!

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum wr.wb.

    Selain manajemen keuangan yeng telah dibahas
    sebelumnya. Standar sarana dan prasarana sekolah/madrasah pendidikan umum akan dibahas pada kesempatan kali ini. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana. Yang melingkupi pendidikan formal, jenis pendidikan umum, jenjang pendidikan dasar dan menengah.

    Standar sarana dan prasarana ini mencakup :
    1.kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah,
    2.kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah.

    Sarana dan prasarana di dalam sekolah sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar siswa. Maka dari itu pihak-pihak yang terkait dalam hal ini yaitu. Pemerintah, orang tua murid dan masyarakat, agar lebih memeperhatikan lebih teliti lagi masalah ini. Semoga sarana dan prasarana pendidikan kita ini menjadi lebih lengkap dan baik lagi.

    HIDUP DAN MAJU PENDIDIKAN INDONESIA!!!!

    Waalaikumsalam wr.wb.

    BalasHapus
  17. Sarana prasarana sekolah adalah salah satu faktor utama dalam kelancaran proses belajar mengajar. Dengan sarana dan prasarana yang menunjang maka akan tercipta pula suasana belajar mengajar yang diinginkan. Dengan adanya program standar sarana dan prasarana sekolah diharapkan adanya keseragaman semua sekolah di indonesia dalam hal kelengkapan sarana dan prasarana, sehingga seragam pula mutu semua sekolah di indonesia. Namun dalam artikel ini kurang mengkritisi keadaan sekolah di indonnesia secara keseluruhan, yang justru kondisinya lebih banyak memprihatinkanya daripada membanggakanya. Hampir di setiap daerah ada kasus sekolah roboh, tidak layak pakai hingga siswa terpaksa belajar di luar lingkungan sekolah karena sekolahnya sudah benar-benar tidak bisa dipakai untuk kegiatan belajar mengajar lagi. Padahal pemerintah mengklaim telah menganggarkan dana yang banyak dari APBN, kenapa masih ada kasus-kasus seperti itu? Harap dipertimbangkan lagi...

    BalasHapus
  18. Kenyamanan, keseriusan kegiatan belajar mengajar juga sangat ditunjang oleh sarana dan prasarana sekolah yang memenuhi standar dengan baik. namun pada kenyataannya di negara kita masih banyak sekolah-sekolah yang sarana dan prasarananya tidak memenuhi standar. Misalnya atap sekolah yang bocor, tidak tersedianya laboratorium hingga gedungnya yang mau roboh. Untuk itu, peran pemerintah sangat diperlukan dalam hal ini. Perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana harus dilakukan. Jangan gunakan dana pendidikan untuk keperluan pribadi. Pikirkan sekolah-sekolah. Gimana Indonesia mau majuuuu coba.
    Semua masyarakat juga harus menjaga dan merawat segala sarana dn prasarana sekolah yang ada. Jangan malah merusaknya...

    BalasHapus
  19. Assalamu alaikum...
    Jakarta sebaga ibukota negara tentu bukan masalah serius untuk memenuhi standar saran dan prasarana. tetapi bagaimana di daerah-daerah?, mereka terus tertekan dengan tuntutan-tuntutan pusat yang menghendaki sekolah di stadaraisasi. Pemerintah pusat seharusnya lebih serius untuk menagani ketimpangan dalam hal sarana di daerah. misalkan dengan melakukan kemitraan antara sekolah di jakarta dengan sekolah di daerah terpencil. Terima kasih

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum wr.wb.

    Ketersediaan sarana dan prasarana yang memenuhi standar nasional pendidikan amat penting agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan harapan dan kurikulum yang berlaku. Dengan ketersediaan ini para siswa dapat belajar dengan tekun tanpa adanya keterbelakangan atau merasa terkucilkan oleh sekolah-sekolah lain yang memiliki fasilitas lebih lengkap serta sekolah dapat menciptakan siswa yang berprestasi agar dapat meningkatkan kualitas tiap-tiap individu siswa-siswanya. Dengan sekolah yang nyaman dan lengkap sarana dan prasarananya tentu tiap siswa akan makin rajin bersekolah.
    Waalaikumsalam wr.wb.

    BalasHapus
  21. Memang sangat menyedihkan jika melihat teman-teman kita terutama yang berada jauh dari pusat pemerintahan, jangankan untuk sarana dan prasarana yang minimum, gedung untuk mereka singgah menuntut ilmu mereka tak punya. Pendidikan sudah menjadi tanggung jawab bersama semua warga negara, walaupun dalam hal standar minimum sarana dan prasarana pendidikan umum, pemerintah telah diamanatkan secara konstitusi dalam undang-undang dan peraturan-peraturan serta secara moral kepada rakyatnya yang membutuhkan pendidikan untuk keberlangsungan hidupnya dan mencapai cita luhur para peserta didik. Bila dilihat dari standar-standar sarana dan prasarana yang tercakup, dapat dikatakan kualitas pendidkan kita akan baik bahkan sangat baik. Tetapi mengapa sampai saat ini kualitas pendidikan di Indonesia berada di bawah dari kualitas pendidkan Vietnam?? Vietnam adalah negara yang masih banyak meninggalkan luka dari peperangan. Jadi, standar sarana dan prasarana sekolah pendidikan hanya salah satu bagian, dari bagian itu kita cari bagian lain berupa aspek-aspek di luar pendidikan yang erat kaitannya dengan cita-cita pendidikan, sehingga impian dari pendidikan dapat terlaksana

    BalasHapus
  22. Sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan di Indonesia masih jauh tertinggal dengan dunia pendidikan yang ada diluar negeri, lihat saja di laboratorium yang ada di setiap sekolah pasti sudah ketinggalan zaman. Luar negeri sudah memakai peralatan Lab, perpustakaan yang modern kita belum. Bagaimana dunia pendidikan kita mau maju kalau tidak didukung dengan perlengkapan dan peralatan yang memadai.

    BalasHapus
  23. Sarana dan prasarana sekolah merupakan bagian yang harus ada di setiap sekolah. Karena tanpa adanya ketersediaan alat pendukung tersebut, kita tahu pasti bahwa kegiatan belajar mengajar tidak akan efektif atau bahkan pasti terganggu. Namun, dalam pengadaannya, kita juga tau masih sangat banyak masalah pada hal ini. Baik yang dikorupsi, tidak tercukupinya keuangan dalam pemenuhannya, sampai ketidak merataannya di tiap-tiap sekolah(terutama di daerah). Memang bila kita perhatikan, sekolah madrasah memiliki fasilitas yang berada di bawah sekolah negeri dan swasta pada umumnya. Apa lagi bila sekolah madrasah tersebut berada di daerah. Padahal kita juga tahu, bila sarana dan prasarana di suatu sekolah dapat terpenuhi, pasti kualitas sekolah tersebut akan meningkat juga tidak terkecuali dengan sekolah madrasah. Mungkin ini disebabkan karena banyak orang yang menganggap remeh sekolah madrasah. Padahal, semua sekolah pasti memiliki tujuan yang sama, yaitu mencerdaskan anak didik yang menjalani pendidikan disekolah tersebut. Oleh karena itu, mari kita perhatikan dan coba kita bantu sekolah-sekolah yang masih memiliki kekurangan dalam masalah ini, terlebih lagi bila sekolah tersebut berada di daerah masyarakat kecil menengah...

    BalasHapus
  24. Sarana dan prasarana yang ada disekolah adalah salah satu syarat agar kegiatan belajar-mengajar di sekolah berjalan dengan baik. Tetapi sayang sekali banyak sekali sekolah- sekolah di daerah terpencil yang tidak dapat memenuhi criteria minimum sistim pendidikan ini.
    Menurut saya Sarana dan prasarana yang ada di sekolah adalah salah satu alat penunjang dalam kelancaran pelaksanaan pendidikan. Tetapi dalam kenyataannya banyak sekali sekolah-sekolah di luar sana yang kurang mengoptimumkan Sarana dan prasarana yang ada disekolahnya, sehingga pengadaannya terkesan sia-sia. Misalnya seperti perpustakaan yang kotor dan berdebu sehingga menarik minat siswa untuk membaca, atau juga seperti lab. Bahasa yang jarang di gunakan untuk praktek. Bila saja semua Sarana dan prasarana dapat di optimalkan dengan baik, saya rasa mutu disekolah tersebut akan lebih baik.
    Selain masalah tersebut, ada juga masala lain mengenai Sarana dan prasarana. Di daerah terpencil sana banyak sekali sekolah yang tidak memiliki Sarana dan prasarana yang memadai. Sehingga proses belajar mengajar di sekolah tersebut menjadi terganggu. Pemerintah seharusnya mempunyai program untuk membantu sekolah-sekolah yang tidak mepunyai Sarana dan prasarana yang memadai Sehingga proses belajar mengajar di sekolah tersebut menjadi lancar.

    BalasHapus
  25. Dengan adanya kriteria minimum ini diharapkan siswa peserta didik dapat melaksanakan atau menerima pembelajaran dengan baik. Dan tidak ada salahnya jika standarisasi ini setiap periode dilakukan perubahan dan penambahan sesuai dengan perkembangan suatu daerah.

    Pemerintah, masyarakat sekitar sekolah dan orang tua dan sekolah itu sendiri bertanggung jawab atas terpenuhinya kebutuhan sarana-prasarana.

    Untuk sekolah swasta, ada penanggung jawab lain seperti contoh yayasan. Yayasan harus menyediakan kebutuhan tersebut.

    Maka dengan adanya standarisasi ini sekolah harus menyiapkan semua kebutuhan minimal sehingga siswa peserta didik tidak dirugikan dan KBM dapat berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  26. Endah Prihatiningsih
    No.Reg : 5215079451
    TEHNIK ELEKTRONIKA

    Adanya sarana dan prasarana yang memadai diharapkan agar peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal. Dengan adanya kriteria minimum tentang sistem pendidikan diharapkan agar siswa peserta didik mendapatkan fasilitas yang baik. Pelaksanaan pendidikan nasional menjamin pemerataan dan peningkatan dengan melakukan perubahan dan penambahan sesuai dengan perkembangan sekolah masing – masing.

    Dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana maka dapat melibatkan seluruh aspek yang terkait seperti : Pemerintah, masyarakat sekitar sekolah, wali siswa, tokoh masyarakat, dan sekolah itu sendiri juga bertanggung jawab atas terpenuhinya sarana dan prasarana yang memadai da tersedianya fasilitas yang lengkap.

    Untuk sekolah negeri standar sarana dan prasarana mencakup kriteria minimum yang disediakan oleh pemerintah dan untuk sekolah swasta yang menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang bertanggung jawab yaitu pemilik yayasan. Pemilik yayasan harus menyediakan fasilitas yang memadai agar pendidikan formal dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan siswa yang terbaik.

    Maka diadakannya standarisasi ini sekolah harus menyiapkan semua kebutuhan fasilitas yang lengkap agar siswa tidak merasa dirugikan dan
    Kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, efektif dan efisien.

    BalasHapus
  27. AGUNG PRASETYO RINALDI
    NO.REG.5215077530
    PNRS1ELEKTRONIKA

    Secara Etimologis (bahasa)
    prasarana berarti alat tidak langsung untuk
    mencapai tujuan dalam pendidikan .
    misalnya : lokasi/tempat, bangunan sekolah,
    lapangan olahraga, uang dsb.
    Sedangkan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan .
    misalnya ; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dsb.

    Kepala sekolahlah yang bertanggung jawab atas
    pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang di perlukan di sekolah.

    Sedangkan administrasi sarana dan prasarana itu sendiri mempunyai peranan yang sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran di sekolah serta menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah baik tujuan secara
    khusus maupun tujuan secara umum

    Administrasi sarana dan prasarana pendidikan itu adalah semua komponen yang secara
    langsung maupun tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan untuk
    mencapai tujuan dalam pendidikan itu sendiri.

    Adapun masalah yang sering timbul dalam pemeliharaan sarana dan prasarana
    di sekolah adalah pengrusakan yang di lakukan oleh siswa –siswa di sekolah itu
    sendiri .

    Adapun yang menjadi tujuan dari administrasi saran dan prasarana adalah tidak lain agar semua kegiatan tersebut mendukung tercapainya tujuan
    pendidikan . Administrasi sarana dan prasarana semakin lama di rasakan semakin rumit karena pendidikan juga menyangkut masyarakat atau orang tua murid, yang terlibat langsung dalam pendidkan tersebut. Oleh karena itu apabila
    administrasi sarana dan prasarana berjalan dengan baik maka semakin yakin
    pula bahwa tujuan pendidikan akan tercapai dengan baik.

    BalasHapus
  28. febry Listiawan
    5215070250
    elektronika

    Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat: belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, belajar untuk memahami dan menghayati, belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
    Maka dengan diadakannya sarana dan prasarana yang menunjang akan tercipta pula suasana belajar mengajar yang diinginkan. Dengan adanya program standar sarana dan prasarana sekolah diharapkan adanya keseragaman semua sekolah di indonesia dalam hal kelengkapan sarana dan prasarana, sehingga seragam pula mutu semua sekolah di indonesia.

    BalasHapus
  29. Nama : Makmur
    Nim : 5215079453
    Jurusan : Teknik Elektronika (dikmenti)
    dengan pendidikan maka manusia menjadi manusia yang seutunya,dengan pendidikan manusia bisa membaca,menulis,bekerja dan tidak mudah dibohongi,pemerintah indonesia sudah mengadakan pendidikan nasional yang intinya agar bangsa indonesia menjadi bangsa yang seutunya yang bisa bersaing dengan bangsa lain.pendidikan di indonesia harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.agar terciptanya tujuan dari pendidikan itu sendiri, Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana

    BalasHapus
  30. Standar sarana dan prasarana sekolah dalam dunia pendidikan memang harus ada.
    Hal ini sebagai tolak ukur kelayakan suatu lembaga pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran agar tujuan dari pembelajaran itu sendiri (Pendidikan Nasional) dapat tercapai dengan baik.
    Stansar sarana dan prasarana sekolah pun juga menjadi alat ukur dari mutu / kualitas pendidikan yang ada.

    BalasHapus
  31. Jaka Mulyadi PNR Elka (5215077524)

    Sarana dan prasarana sekolah sangatlah diperlukan sekali. Jika sekolah tidak memiliki sarana dan prasarana maka sekolah tersebut tidak bisa berjalan dengan baik. Selain itu sarana dan prasarana sekolah juga haruslah lengkap dan dalam kondisi yang baik, agar terjadi proses belajar mengajar yang baik pula.
    Di Indonesia, pemerataan akan kelengkapan sarana dan prasarana sekolah belum terlaksana, masih banyak ketidak seimbangan anatar satu sekolah dengan sekolah yang lain dalam hal kelengkapan sarana dan prasarana. Hal ini mengakibatkan tidak merata juga kualitas pendidikan di Indonesia.
    Salah satu contoh di daerah bandung, tepatnya di SDN Cibiru 6 dan 9. Sekolah tersebut memiliki kualitas bangunan yang seadanya dengan tembok yang rapuh, alat peraga praktek juga sudah tidak baik. Padahal di disekitarnya ada sekolah percontohan yang memiliki sarana dan prasarana yang lebih baik.
    Mengapa hal ini bisa terjadi, saya kurang begitu tahu, tapi yang pasti jika pemerintah dan masyarakat sekitar peka terhadap hal tersebut, maka sekolah tersebut akan memiliki sarana dan prasarana yang lebih baik. Karena jika sarana dan prasarana sebuah sekolah tidak memenuhi syarat minimum dan kualitasnya seadanya, maka kemungkinan untuk melaksanakan proses belajar mengajar dengan kualitas yang baik sulit untuk tercapai.

    BalasHapus
  32. yudha dharmawan
    pnr elektronika 07 unj
    5215077539


    dalam penyediaan sarana dan prasarana pendidikan harus jelas penggunaan dan sumbernya.semua pihak seharusnya turut mengawasi dalam pengadaan sarana dan prasarana.karna tanpa sarana dan prasarana kegiatan pendidikan tidak akan berlangsung lancar.selain sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan faktor lain adalah keamanan dan kebersihan agar proses pendidikan dapat berlangsung sesuai yang diharapkan .selain pemerintah.semua pihak juga dapat membantu sarana dan prasarana yang belum disediakan oleh pemerintah.sebagai contoh sekolah yang sukses dalam penyediaan sarana dan prasarana pendidikan kini sekolah sekolah di daerah jawa barat.Salah satu SD negeri margahayu 6 di bekasi telah di jadikan sekolah percontohan yang berstandar internasional .jika sarana dan prasarana telah tersedia maka kegiatan pendidikan dapat berlangsung sesuai yang diharapkan

    BalasHapus
  33. FATHURACHMAN
    PNR Teknik Elektronika 07
    5215077526

    untuk memadai sarana dan prasarana sekolah harus ditinjau dari pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional yang sesuai dengan kriteria pada standar nasional pendidikan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.standar sarana dan prasarana ini harus memiliki sesuai dengan pendidikan formal maupun pendidikan informal, karena jika sebuah sekolah tidak memiliki standar sarana dan prasarana yang sesuai dengan pendidikan formal maupun informal kemungkinan untuk melaksanakan proses pendidikan dan untuk memajukan peserta didik dapat kesulitan untuk mencapai kulitas yang sebaik mungkin.

    BalasHapus
  34. fahmi amran
    pnr elektronika 07
    5215077528

    assalammualaikum wr.wb
    kalo menurut saya tentang standar sarana dan prasarana sekolah/madrasah pendidikan umum yang telah ditetapkan pemerintah sangat bagus, namun pelaksanaan mungkin masih kurang maksimal jadi pendidikan di indonesia harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai namun dgn adanya Pelaksanaan pendidikan nasional menjamin pemerataan dan peningkatan dengan melakukan perubahan dan penambahan sesuai dengan perkembangan sekolah masing – masing.jika sarana dan prasarana telah tersedia maka kegiatan pendidikan dapat berlangsung sesuai yang diharapkan.itu saja komentar dari saya wassalam.

    BalasHapus
  35. Aditya_Triantoro PNR ELKO 5215077538.
    Assalammualaikum wr.wb.
    Menurut pendapat saya, sarana dan prasarana yang memadai disetiap sekolah memang penting.Karena adanya sarana dan prasarana yang memadai disetiap sekolah dapat mempermudahkan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar yang sesuai dengan standar nasional pendidikan.Namun sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar yang sesuai dengan standar nasional pendidikan kurang memadai disekolah yang daerahnya terpencil.Sehingga ini menyebabkan sekolah yang ada didaerah terpencil tertinggal jauh dari sekolah yang sarana dan prasarananya memadai.Untuk itu,pemerintah sebaiknya membantu sekolah yang daerahnya terpencil dengan melengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Sehingga sekolah yang ada didaerah terpencil dapat memenuhi proses belajar mengajar yang sesuai dengan stabdar nasional pendidikan.

    BalasHapus
  36. tiyas p 5215079455
    sekolah yang ingin maju harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai, karena dengan sarana dan prasarana sekolah yang ada dapat membuat peserta didik lebih maju seuai dengan perkembangan jaman yang semakin maju. tanpa sarana dan prasarana pendidikan tidak dapat dilaksanakan minimal standar minimumlah sekolah dapat berjlan .jadi pada dasar nya sarana prasarana mutlak harus di miliki oelh sebuah lembaga pendidikan

    BalasHapus
  37. Ade setiawan
    5215077547
    PNR ELEKTRONIKA 07'

    Ass.Wr.Wb
    Mengenai sarana dan prasarana, kualitasnya tidak terlalu baik. Mengapa?Gaji guru kecil, artinya profesi ini masih saja belum cukup dihormati. Karena ini, kualitas guru-guru Indonesia juga tidak membaik.Masih ada kesenjangan lebar antara sekolah-sekolah di kota besar dan di daerah. Bahkan sekolah-sekolah di kota besar pun kualitasnya jauh berbeda antara sekolah yang difavoritkan dan sekolah 'tak dikenal'.
    Aturan-aturan yang dibuat pemerintah dalam bidang pendidikan belum tepat untuk kenaikan mutu pendidikan di Indonesia. Segala buku elektronik, Ujian Akhir Nasional 6 pelajaran, dan lainnya hanya membuat sistem pendidikan di Indonesia semakin buruk.

    BalasHapus
  38. Nama : Danu Purwanto
    No.Reg: 5215077529
    Pendidikan S1 Teknik Elektronika 2007
    Menyedihkan bila kita melihat pendidikan di Indonesia, terutama yang berada pada daerah terpencil atau pedalaman. Kurikulum yang sudah ditetapkan depdiknas,yang seharusnya dapat mereka ikuti dengan bantuan alat serta prasarana sekolah,tetapi mereka tidak bisa mendapatkan pelajaran karena kekurangan tersebut. maka seharusnya para pemerintah pusat serta pera anggot MASYARAKAT dapat membantu kekurangan tersebut dan yang lebih penting tumbuhkan semangat untuk terus sekolah pada diri anak-anak meski banyak kekurangan yang ,mereka hadapi dalam proses belajar mereka disekolah.

    BalasHapus
  39. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    Komentar tentang “Standar sarana dan prasarana sekolah/madrasah pendidikan umum”

    Saya rasa sarana dan prasarana adalah bagian dari kesatuan unit. Seperti kita manusia, ciptaan mahluk Tuhan. Di berikan akal, hati, diberikan 5 indera bagi manusia yang normal, tangan, kaki dan lain-lain. Yang kita bisa manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mempermudah kelangsungan hidup manusia. Begitu juga dengan dunia pendidikan, tanpa ada sarana dan prasarana terasa belajar tidak menyenangkan dan membuat tenaga pendidik dan murid kesulitan dalam kegiatan belajar mengajarnya. Dan Pelaksanaan pembelajarannya dalam dunia pendidikan memudahkan peserta didik agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana.

    BalasHapus
  40. Lingga Trihasta S
    5215077546
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Assalamualaikum

    Pendapat saya mengenai sarana dan prasarana sekolah di Indonesia belum lah merata sampai kepada pelosok negeri kita ini,dalam hal ini dikarenakan nya peran serta pemerintah pusat tidak terlalu banyak campur tangan,pemeriantah pusat hanya mementingkan pembangunan di kota-kota besar saja dampak dari itu semua teringgalnya pembangunan di dearah-daerah terpencil.sarana dan prasarana nya pun sangat lah minim

    BalasHapus
  41. Nama : Eko budiono
    No. Reg : 5215077520
    Program : PNR Pendidikan Teknik Ektronika 2007

    Menurut saya standar sarana dan prasarana sekolah memang sangat diperlukan, bayangkan saja kalau setiap sekolah menyediakan sarana dan prasarana selengkap mungkin pasti para siswa dan guru dapat memanfaatkannya sebaik-baiknya dan hal ini tentunya akan menunjang kegiatan belajar mengajar, namun ternyata hal itu tidak dapat di penuhi dengan alasan biaya yang minim sehingga banyak sekolah yang memberikan sarana dan prasarana seadanya bahkan ada pula yang masih minim hal ini masih banyak ditemukan didaerah pedalaman, namun sekiranya bisa tiap sekolah harus memberikan fasilitas yang memang lebih diutamakan terlebih dahulu sehingga kekurangan tersebut bisa di minimalisir sehingga tidak begitu mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

    BalasHapus
  42. nama:Redi hermawan
    No Reg:5215077541
    PNR Pendidikan Teknik Elektronika

    Pemerintah sudah mengatur dalam undang-dan setiap tempat pendidikan wajib memiliki sarana atau pun prasarana itu sendiri.
    Pasal 42 - (1) Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
    (2) Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

    BalasHapus
  43. Unia Diyan Margi Utami No.Reg 5215079448
    Sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam kegiatan pendidikan.Tanpa sarana yang memadai maka proses KBM tidak akan berjalan dengan baik.Dengan sarana dan prasarana yang lengkap maka siswa dapat belajar dengan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  44. Aditya_triantoro
    PNR Elektronika
    5215077538
    Assalammualaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya, sarana dan prasarana yang memadai disetiap sekolah memang penting. Karena adanya saran dan prasarana yang memadai disetiap sekolah dapat mempermudahkan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar yang sesuai dengan standar pendidikan nasional. Namun tidak di setiap sekolah saran dan prasarana yang memadai. Seperti sekolah yang terdapat didaerah terpencil. Dimana sarana dan prasarananya kurang memadai sehingga ini menyebabkan sekolah yang ada didaerah terpencil tertinggal jauh dari sekolah yang sarana dan prasarannya yang memadai. Untuk itu, sebaiknya pemerintah membantu sekolah yang daerahnya terpencil dengan melengkapi sarana dan prasarana yang memadai secara bergantian. Sehingga sekolah yang didaerah terpencil data memenuhi proses belajar mengajar yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. (saran dan prasarana )

    BalasHapus
  45. Hotma Tiopan Simanjuntak
    5215077543
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

    Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

    BalasHapus
  46. irfan mubarok
    5215077548
    pnr elektronika 07

    Fasilitas pelayanan pendidikan khususnya untuk jenjang pendidikan menengah pertama dan yang lebih tinggi belum tersedia secara merata..Fasilitas pelayanan pendidikan di daerah, terpencil dan kepulauan yang masih terbatas menyebabkan sulitnya anak-anak terutama anak perempuan untuk mengakses layanan pendidika. selain itu, fasilitas dan layanan pendidikan khusus bagi anak-anak mempunyai kelinan fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau memiliki potensi kecedasan dan bakat istimewa juga belum tersedia secara memadai.

    BalasHapus
  47. Nama: Giyanto
    No reg: 5215077523
    Prodi: PNR S1 PEND TEKNIK ELEKTRONIKA

    Menurut saya sarana dan prasarana di setiap sekolah itu sangatlah perlu guna untuk menunjang kegiatan belajar mengajar sehingga tercapailah tujuan negara ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, akan tetapi sekolah di indonesia mempunya banyak kendala khususnya masalah biaya, memang negara indonesia bukanlah negara maju seperti negara-negara eropa.

    BalasHapus
  48. YULIANTO
    5215077536
    PNR ELEKTRONIKA 07

    untuk sekolah negeri, ketika ada kebutuhan sarana dan prasarana, bisa langsung diambilkan dari dana negara, namun, untuk sekolah swasta berbiaya murah yang dikelola oleh yayasan mengalami banyak keterbatasan pendanaan sehingga membutuhkan dukungan dana yang lebih besar dari pemerintah.

    BalasHapus
  49. Nama:Haris Triyono
    Noreg:5215077522
    Prodi:pend Teknik Elektronika PNR 07

    menurut saya standar sarana dan prasarana sekolah/ madrasah pendidikan umum sama sama saja dengan pendidikan umum biasanya, perbedaannya terletak pada materi pembelajaran yang diberikan, biasanya untuk madrasah lebih menekankan pada etika, akhlak, dan lebih mengarah keagamaan. Kurikulum yang diberikan untuk sekolah madrasah pun’ sesuai dengan standart pendidikan nasional, jadi bila ada orang yang beranggapan mutu kwalitas pendidikan madrasah lebih buruk dari pada pendidikan umum itu merupakan kesalahan besar, karena di era sekarang banyak orang pintar tapi tidak mempunyai akhlak yang baik, jadi pendidikan madrasah sangat cocok bagi orang yang ingin mejadikan dirinya pintar dan berakhlak baik.

    BalasHapus
  50. Sarana dan prasarana adalah merupakan hal yang penting bagi sekolah untuk memperlancar proses belajar mengajar anak sebagai penunjang.Untuk itu sekolah harus berusaha menyediakan sarana dan prasarana untuk dimanfaatkan siswa sesuai dengan standar sarana dan prasarana sekolah.Agar sarana dan prasarana dapat terpenuhi maka perlu adanya bantuan dari pemerintah atau pihak lain yang terkait dan masyarakat.

    BalasHapus
  51. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    Menurut saya, pada kenyataannya banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak memenuhi standar sarana dan prasarana. Apabila ada mungkin hanya di sekolah-sekolah tertentu saja dan hanya orang yang berduit saja yang dapat masuk ke sekolah tersebut. Hal inilah yang harus menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan pihak sekolah serta masyarakat untuk memperbaiki sarana dan prasarana tersebut. Karena sarana dan prasarana sangatlah penting untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan kita. Bagaimana Negara kita akan maju apabila pendidikannya tidak berkualitas??? Yang ada, kita akan terus dibodohi terus oleh orang asing.

    BalasHapus
  52. Maulana M No.Reg 5215079439
    Mengatakan bahwa selama ini sarana prasarana yang ada disekolah sudah mencukupi kebutuhan untuk kegitan belajar mengajar (KBM) walaupun masih ada beberapa fasilitas sarana yang kurang dari yang seharusnya walaupun masih bisa diguna seperti untuk praktek komputernya itu sendiri yang mana kita tau bahwa pemerintah sudah membantu dengan di berikannya komputer walaupun jumlahnya terbatas dan sudah sangat membantu, hanya yang kurang terkontrol adalah apabila ada barang yang rusak atau setengah rusak itu kebanyakan ditumpuk digudang hingga menjadikan kumuh, belum lagi laporan rutin buat dinas untuk pengadaan barang.

    BalasHapus
  53. Nama : Yulius Neri
    NoReg: 5215079447
    Teknik Elektronika (Dikmenti)


    Menurut saya, sarana dan prasarana sekolah yang ada di Indonesia sangat memprihatinkan. Kita bisa lihat di daerah-daerah terutama di daerah terpencil yang gedung sekolahnya sudah rusak, atap yang bocor jika hujan, dinding sekolah yang sudah dimakan rayap, bahkan gedung sekolah yang hampir runtuh. Bagaimana menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas dan bersaing dengan bangsa lain jika kondisi sekolah seperti itu. Dimana peranan atau perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan kita? Mungkin anggaran pendidikan yang kurang mencukupi atau anggaran pendidikan dikorupsi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan diri sendiri? Inilah potret buram dunia pendidikan kita.

    BalasHapus
  54. Nama:M.goeltom
    5215077518
    PNR s1 Elektronika 07

    Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana.

    BalasHapus
  55. asep syaefudin
    5215077531
    PNR S1 PEND.TEK.ELEKTRONIKA
    saya liat sarana dan prasarana antara di kota dan di desa sangat jauh berbeda, dimana peranan sarana dan prasarana sangatlah penting untuk memotivasi kegiatan belajar mengajar. saya rasa pemerintah harus lebih memperhatikan sarana dan prasarana di desa tidak hanya di kota saja.

    BalasHapus
  56. Rendi Irwanto
    5215077533
    PNR Pend.Tekhnik Elektronika 2007


    PENGERTIAN
    1. Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah.
    2. Prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
    3. Perabot adalah sarana pengisi ruang.
    4. Peralatan pendidikan adalah sarana yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran.
    5. Media pendidikan adalah peralatan pendidikan yang digunakan untuk membantu komunikasi dalam pembelajaran.
    6. Buku adalah karya tulis yang diterbitkan sebagai sumber belajar.
    7. Buku teks pelajaran adalah buku pelajaran yang menjadi pegangan peserta didik dan guru untuk setiap mata pelajaran.
    8. Buku pengayaan adalah buku untuk memperkaya pengetahuan peserta didik dan guru.
    9. Buku referensi adalah buku rujukan untuk mencari informasi atau data tertentu.
    10. Sumber belajar lainnya adalah sumber informasi dalam bentuk selain buku meliputi jurnal, majalah, surat kabar, poster, situs (website), dan compact disk.
    11. Bahan habis pakai adalah barang yang digunakan dan habis dalam waktu relatif singkat.
    12. Perlengkapan lain adalah alat mesin kantor dan peralatan tambahan yang digunakan untuk mendukung fungsi sekolah/madrasah.
    13. Teknologi informasi dan komunikasi adalah satuan perangkat keras dan lunak yang berkaitan dengan akses dan pengelolaan informasi dan komunikasi.
    14. Lahan adalah bidang permukaan tanah yang di atasnya terdapat prasarana sekolah/madrasah meliputi bangunan, lahan praktik, lahan untuk prasarana penunjang, dan lahan pertamanan.
    15. Bangunan adalah gedung yang digunakan untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
    16. Ruang kelas adalah ruang untuk pembelajaran teori dan praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus.
    17. Ruang perpustakaan adalah ruang untuk menyimpan dan memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka.
    18. Ruang laboratorium adalah ruang untuk pembelajaran secara praktik yang memerlukan peralatan khusus.
    19. Ruang pimpinan adalah ruang untuk pimpinan melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah.
    20. Ruang guru adalah ruang untuk guru bekerja di luar kelas, beristirahat, dan menerima tamu. 21. Ruang tata usaha adalah ruang untuk pengelolaan administrasi sekolah/madrasah.
    22. Ruang konseling adalah ruang untuk peserta didik mendapatkan layanan konseling dari konselor berkaitan dengan pengembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.
    23. Ruang UKS adalah ruang untuk menangani peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan dini dan ringan di sekolah/madrasah.
    24. Tempat beribadah adalah tempat warga sekolah/madrasah melakukan ibadah yang diwajibkan oleh agama masing-masing pada waktu sekolah.
    25. Ruang organisasi kesiswaan adalah ruang untuk melakukan kegiatan kesekretariatan pengelolaan organisasi peserta didik.
    26. Jamban adalah ruang untuk buang air besar dan/atau kecil.
    27. Gudang adalah ruang untuk menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, peralatan sekolah/madrasah yang tidak/belum berfungsi, dan arsip sekolah/madrasah.
    28. Ruang sirkulasi adalah ruang penghubung antar bagian bangunan sekolah/madrasah.
    29. Tempat berolahraga adalah ruang terbuka atau tertutup yang dilengkapi dengan sarana untuk melakukan pendidikan jasmani dan olah raga.
    30. Tempat bermain adalah ruang terbuka atau tertutup untuk peserta didik dapat melakukan kegiatan bebas.
    31. Rombongan belajar adalah kelompok peserta didik yang terdaftar pada satu satuan kelas.
    PRASANA SEKOLAH
    Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
    1. ruang kelas,
    2. ruang perpustakaan,
    3. laboratorium IPA,
    4. ruang pimpinan,
    5. ruang guru,
    6. tempat beribadah,
    7. ruang UKS,8. jamban,
    9. gudang,
    10. ruang sirkulasi,
    11. tempat bermain/berolahraga.
    Sebuah SMP/MTs sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
    1. ruang kelas,
    2. ruang perpustakaan,
    3. ruang laboratorium IPA,
    4. ruang pimpinan,
    5. ruang guru,
    6. ruang tata usaha,
    7. tempat beribadah,
    8. ruang konseling,
    9. ruang UKS,
    10. ruang organisasi kesiswaan,
    11. jamban,
    12. gudang,
    13. ruang sirkulasi,
    14. tempat bermain/berolahraga.
    Sebuah SMA/MA sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
    1. ruang kelas,
    2. ruang perpustakaan,
    3. ruang laboratorium biologi,
    4. ruang laboratorium fisika,
    5. ruang laboratorium kimia,
    6. ruang laboratorium komputer,
    7. ruang laboratorium bahasa,
    8. ruang pimpinan,
    9. ruang guru,
    10. ruang tata usaha,
    11. tempat beribadah,
    12. ruang konseling,
    13. ruang UKS,
    14. ruang organisasi kesiswaan,
    15. jamban,
    16. gudang,
    17. ruang sirkulasi,
    18. tempat bermain/berolahraga

    BalasHapus
  57. Fitri Rahayu
    5215077535
    PNR. Pend. tek. elka 07

    sarana dan prasarana pendidikan di indonesia belum adanya pemerataan, dapat dilihat dengan sekolah yang berada jauh dari ibu kota sangatlah memperhatinkan, jangankan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, yang terpenting misalkan buku penunjang pun masih sangatlah minim, bangunan yang tak layak pakai merupakan hiasan dari warna pendidikan diIndonesia. ironis memang pendidikan sedikit terabaikan padahal sebuah negara dapat dikatakan sukses jika pendidikan dapat mencapai sebuah tujuan yang diharapkan.

    BalasHapus
  58. Wawan Jaya kuswata
    5215079441
    P.Elektronika (Dikmenti)
    Sarana prasarana sangat menunjang keberhasilan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah, tetapi kalau pengadaan sarana dan prasarana tidak ditunjang oleh SDM, pengelolaan manajemen sekolah yang baik, maka sarana prasarana yang ada akan sia-sia.Saya sangat prihatin terhadap sarana prasarana sekolah yang ada di Indonesia, di kota sarana prasarananya bagus, tapi di sekolah-sekolah yang ada di desa-desa jangankan untuk melengkapi sarana dan prasaran, gedung sekolah pun tidak layak untuk tempati.

    BalasHapus
  59. Niwan(5215077537)
    PNR Pend. Teknik Elektronika

    Menurut saya sarana dan prasarana sekolah sangat berperan dalam proses belajar mengajar.Karena Dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap penyampaian ilmu pengetahuan akan menjadi lebih mudah di terima oleh siswa. Sarana dan prasarana sangat berpengaruh untuk kemajuan dan kualitas siswa. Bagaimana tidak, apabila keadaan sekolah tidak layak dan kurangnya fasilitas untuk belajar maka pendidikan tidak akan maju.Hal tersebut sering saya temui terutama sekolah yang ada didaerah saya dan masih banyak di daerah-daerah lain.Oleh karena itu pemerintah dan di bantu oleh masyarakat diharapkan dapat mengatasi hal tersebut.Sehingga pendidikan di Indonesia bisa lebih maju dan menghasilkan anak didik yang kompeten dan berkualitas.

    BalasHapus
  60. Hafis Rizki R
    5215077517
    PNR Pend. Teknik Elektronika

    Menurut pendapat Saya,
    Dengan adanya Penyediaan sarana dan prasarana yang maksimal dan memadai untuk sekolah, yaitu dilakukan agar segala bentuk kegiatan belajar dan mengajar di sekolah dapat berjalan dengan baik, efisien dan terarah. Sarana dan prasarana yang telah ada sebaiknya dirawat dan dipelihara secara rutin dan berkala agar kelancaran dalam segala kegiatan sekolah bisa tercapai.
    Selain itu bila sarana dan prasarana yang ada di sekolah kurang maksimal, peran pemerintah dan sekolah lah yang harus bertanggung jawab untuk bisa memenuhi segala sarana dan prasarana yang memang seharusnya dimiliki oleh sebuah sekolah.

    BalasHapus
  61. Nazarudin
    5115046513

    Pada masa-masa sekarang ini banyak sekali yayasan-yayasan atau lembaga yang berani mendirikan sekolah baik dari tingkat SD/MI, SMP/MTs atau bahkan SMA/Aliyah maupun SMK tetapi pada segi sarana dan prasana yang sangat jauh dari memadai karena yang dipikirkan hanyalah bagaimana cara mendapatkan murid yang banyak dengan dalih mampu memberikan pendidikan dengan biaya murah yang nantinya akan membuat pemasukan lebih besar tanpa memikirkan bagaimana situasi dan suasana belajar mengajar dengan sarana dan prasarana yang sangat minim tersebut, terutama hal ini dapat sangat dirasakan bagi sekolah-sekolah kejuruan swasta yang mempunyai sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga para siswa akan kesulitan untuk mempraktikkan teori yang mereka dapatkan sehingga masih banyak lulusan SMK yang masih kurang sisi aksiologisnya untuk masuk dunia industri maupun masyarakat karena mungkin belum familiar dengan peralatan teknologi yang ada di industri atau masyarakat...(semoga ini hanya terjadi pada sebagian kecil sekolah-sekolah yang ada di Indonesia dan saya sangat bangga kepada sekolah yang terus berusaha menjadi yang terbaik baik dari segi metode pengajaran maupun fasilitas penunjang pendidikannya)

    BalasHapus
  62. Tata Sugiarto (Mahasiswa Dikmenti)
    Noreg. 5215079450
    Teknik Elektronika

    Sarana dan prasarana pendidikan merupakan bagian penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Pengembangan sarana prasarana diarahkan pada pemenuhan standar sarana prasarana Standar Nasional Pendidikan terutama yang terkait langsung dengan penyelenggaraan proses pembelajaran, baik buku teks, referensi, modul, media belajar, dan alat peraga pendidikan lainnya.

    Standar Sarana dan Prasarana sekolah/madrasah dan pendidikan umum meliputi satuan pendidikan, lahan, bangunan gedung, dan kelengkapan sarana dan prasarana. Lahan yang dimiliki sekolah memenuhi ketentuan rasio minimum luas lahan terhadap peserta didik yang dapat digunakan secara efektif untuk membangun prasarana sekolah berupa bangunan gedung dan tempat bermain/ berolahraga. Lahan harus memenuhi kriteria kesehatan dan keselamatan, kemiringan, pencemaran air dan udara, kebisingan, peruntukan lokasi, dan status tanah. Bangunan gedung memenuhi rasio minimum luas lantai, tata bangunan, keselamatan, kesehatan, fasilitas penyandang cacat, kenyamanan, keamanan. Bangunan gedung dipelihara secara rutin. Kelengkapan sarana prasarana yang tersedia meliputi : Ruang kelas, perpustakaan, laboratorium biologi, laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium IPS, ruang pimpinan, ruang guru, ruang tata usaha, tempat beribadah, ruang konseling, ruang UKS, ruang organisasi kesiswaan, jamban, gudang, ruang sirkulasi, tempat bermain/berolahraga.

    BalasHapus
  63. Nur Cahyadi Sunanta
    5115046511
    Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar.Jika disuatu sekolah mempunyai sarana dan prasarana yang memadai maka hasil belajar akan lebih efektif dibanding sekolah lain yang sarananya kurang memadai.Tetapi sampai sekarang masih banyak sekolah-sekolah yang belum mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap terutama didaerah pelosok atau pedalaman, mungkin karena pembangunan yang belum merata sehingga yang terpantau hanya yang diperkotaan saja.Mudah-mudahan pembangunan didaerah bisa dipercepat agar para siswa disana bisa mendapat sarana dan prasarana yang sama seperti diperkotaan.

    BalasHapus
  64. Kristiana Ermawati
    8135072771
    Pend.Tata Niaga (Reg'07)

    Menurut saya,sarana dan prasarana sangatlah penting untuk meningkatkan proses belajar. Untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap. Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah-sekolah yang tidak memiliki sarana dan prasarana belajar yang lemgkap. hal ini dapat menghambat proses belajar yang maksimal. jika sekolah memiliki sarana belajar yang lengkap maka siswa akan lebih semangat dalam belajar dan mereka dapat menyerap pelajaran dengan baik..

    BalasHapus
  65. Endang Mulyati
    Pend.Tata Niaga (Reg'07)

    Ass..
    Menurut saya sarana dan parasarana memanglah sangat dibutuhkan dalam proses belajar dikelas. Agar siswa lebih mudah memahami dan siswa dapat terlibat langsung. Dengan demikian maka siswa menjadi lebih aktif. Namun kenyataannya masih banyak sekolah-sokolah yang belum meliliki sarana yang lengkap. Semoga Sekolah-sekolah lebih memperhatikannya dan dapat menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap.

    BalasHapus
  66. Tri Novianti
    8135072766
    Pend.Tata Niaga Reg 2007

    menurut saya,,
    dalam dunia pendidikan sarana dan prasarana sangatlah di butuhaan untuk menunjang berlangsungnya kegiatan belajar mengajar agar dapat terciptanya kegiatan belajar yang lebih efektif.serta untuk mnjadikan sekolah yang berkualitas juga sangat berpengaruh dengan sarana dan prasarana.

    BalasHapus
  67. Revita Renda I
    pend. tata niaga reg 07

    menurut saya,
    kelengkapan sarana dan prasarana yang ada di suatu sekolah sangatlah penting. karena sarana dan prasarana tersebut yang menunjang bagi kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah.
    namun terkadang, para siswa tidak menjaga dan merawat fasilitas yang telah disediakan. sehingga, banyak fasilitas yang rusak, tidak bisa dipaki,dan sebagainya.
    sarana dan prasarana yang lengkap juga belum terjadi pada sekolah-sekolah yang ada di desa-desa atau daerah terpencil. seperti lab komputer dan lab ipa, fasilitasnya masih sangat minim.
    diharapkan agar pemerintah membantu agar sarana dan prasarana sekolah di daerah terpencil dapat dilengkapi. karena sangat dibutuhkan melihat SDM yang dibutuhkan dalam kemajuan teknologi pada saat ini.

    BalasHapus
  68. David Ramot
    8135072801
    Pend.TN reg07

    Memang prasarana dan sarana yang menunjang dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,tetapi yang paling penting untuk meningkatkan mutu pndidikan di Indonesia adalah mengembangkan semua potensi SDM yang ada. Baik guru maupun siswa, siswa harus mempunyai pola pikir yang kompeten serta mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi dalam belajar agar memaksimalkan potensi yang ada pada diri siswa tersebut. Sedangkan guru / pengajar harus bisa menggali dan mengembangkan potensi serta mampu memotivasi siswa agar dapat memaksimalkan potensi tersebut. Bisa juga seorang guru memberikan informasi terbaru tentang perkembangan zaman. Tidak lupa juga seorang pengajar harus mempunyai teknik mengajar yang baik disertai dengan saran dan prasaran sekolah yang baik pula.

    BalasHapus
  69. umi karolina
    tn reg 07
    8135072773
    menurut saya kelengkapan untuk sarana dan prasarana sangat diperlukan disekolah untuk kelancaran proses belajar mengajar siswa apalagi didukung dengan kelengkapan tekhnologi maju

    BalasHapus
  70. Julyanto,TN Reg 07
    8135072791
    Aslm...
    Sarana dan prasarana mutlak diperlukan oleh sebuah sekolah untuk kelancaran proses belajar mengajar supaya para murid dan guru nyaman berada disana sehingga tercipta sebuah suasana yang kondusif untuk menciptakan sebuah generasi emas untuk memajukan bangsa dan negara dalam hal pendidikan.

    BalasHapus
  71. sri rahayu
    Pend.Tata Niaga
    8135072789

    aslm...
    Menurut saya sarana dan prasarana sangatlah dipentingkan dalam proses belajar dan pembelajaran agar suasana belajar dan pembelajaran menjadi kondusif dan mencapai tujuan yang diinginkan.

    BalasHapus
  72. Noritha Kristianty
    8135072787
    Pend.Tata Niaga Reg'07

    Kurang meratanya fasiltas sarana dan prasarana di tiap-tiap sekolah berbeda-beda, hal ini maka membuat adanya gep yang cukup terlihat dari setiap sekolah. Pemerintah harusnya juga bisa lebih memperhatikan sekolah-sekolah yang berada diluar daerah. Pemerataan pendidikan harusnya juga menjadi titik perhatian pemerintah dengan lebih lagi. Karena dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai maka pengetahuan ttg IPTEK si siswa akan meningkat pula dengan seiringnya waktu, apalagi pada era globalisaisi sekarang. Pemerintah harus lebih perhatian dengan pendidikan, karena dengan pendidikan yang baik akan membuat perekonomian yang baik pula. Pemeriksaan akan sekolah yang tidak memenuhi kriteria sarana dan prasarana yang ada pun perlu ditegaskan, dan tentunya dibantu dalam pemecahannya..

    BalasHapus
  73. Ichwan Septiadi
    Pend. Tata Niaga'07
    8135072781

    Dalam dunia pendidikan, fasilitas menjadi faktor yang juga sangat penting karena fasilitaslah yang juga mendukung proses kegiatan belajar dimanapun, baik sekolah maupun madrasah. Berbagai fasilitas yang telah disebutkan dalam artikel bapak memang merupakan standar dari tiap sekolah, tetapi sayang dalam realitanya tidak seperti yang kita harapkan. Bukan hanya dari pihak sekolah yang wajib merawat berbagai fasilitas yang telah tersedia di sekolah tetapi juga setiap orang yang berkecimpung di dalam sekolah tidak terkecuali para muridnya. Untuk itu diperlukan kesadaran diri terhadap perawatan berbagai fasilitas tersebut.

    BalasHapus
  74. Triwibisono. I
    TN reg 07
    8135072779

    Selain tenaga pengajar, sekolah sangat memerlukan sarana dan prasarana. Tanpa hal tersebut proses pembelajaran akan terhambat, untuk menciptakan sekolah dan lulusan yang unggul. Sekolah haruslah mempunyai sarana dan prasarana yang bagus, hal ini menjadi sebuah tolak ukur dalam menciptakan sebuah pendidikan yang bagus

    BalasHapus
  75. Fitri Amelia
    Pend.Tata Niaga Reg 07
    8135072765

    Ketersediaan sarana dan prasarana sekolah memang tidak dapat dipungkiri lagi jika hal tersebut menjadi faktor penting dalam membantu peningkatan mutu pendidikan. Selain terus mengembangkan potensi yang dimiliki dari semua SDM yang ada baik siswa,guru, dan semua pihak yang terkait dalam pendidikan sekolah. ketersediaan dan kelengkapan sarana dan prasarana sekolah dapat menunjang segala kegiatan belajar siswa. Namun melihat kenyataan yan ada, masih banyak sekolah-sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Hal ini sangat sering terlihat di sekolah-sekolah di luar ibu kota,mis daerah terpencil atau pedesaan. hal ini seharusnya tidaklah terjadi mengingat pentingnya ketersediaan sarana dan prasarana sekolah yang memadai untuk membantu terciptanya proses belajar mengajar yang optimal.
    Sarana dan prasarana sangatkah penting keberadaanya, guna memajukan mutu pendidikan di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat.

    BalasHapus
  76. dewi setiyarini
    8135072775
    pen. tata niaga reguler 2007

    menurut saya peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia no.24/2007 mengenai standar sarana dan prasarana sekolah sudah cukup terlaksana. yaitu dengan semakin banyak adanya komputer, laboratorium, OHP, dll. namun memang belum merata. apalagi untuk di daerah pedalaman, jangankan untuk sarana dan prasarana yang memadai. tempat sekolahnya pun bisa di bilang kurang memadai. sarana dan prasarana hanya terpenuhi di sekolah sekolah elite saja. sedangkan di daerah yang kurang terjangkau masing sangat kurang. apakah pendidikan di Indonesia hanya terlihat di mukanya saja??? oleh sebab itu untuk sarana dan prasarana sekolah ada baiknya lebih merata lagi agar tujuan dari pendidikan yang di inginkan pun dapat optimal.
    dan untuk sekolah sekolah yang telah memadai sarana dan prasarananya maka dipelihara dengan baik. kalau perlu para siswa di beri sanksi yang wajar apabila diketahui merusak sarana yang ada.

    BalasHapus
  77. menurut saya peraturan tersebut sebagian telah dilaksanakan. peraturan tersebut tidak hanya di daerah kota saja, akan tetapi di daerah tepencil juga berlaku peraturan terdebut.

    BalasHapus
  78. taofiq
    TN reg 07
    8135072805


    untuk membangun sarana dan prasarana menurut saya harus disesuaikan dengan lingkungan sekolah itu berada. karena ini bisa menjamin keawetan sarana dan prasarana itu sendiri.
    sarana dan prasarana yang baik secara psikis dapat mendorong siswa lebih terpacu lagi dalam belajar.kegiatan siswa lebih dinamis dalam artian siswa tidak terkurung lagi di dalam kekurangan.
    saya harap sarana dan prasarana yang diterapakan di daerah yang tergolong jauh dengan ibukota diharapakan bisa disamakan atau disejajarkan karena standar ujian akhir nasional saja sama.

    BalasHapus
  79. Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
    tetapi pada kenyataanya sangat susah buat merealisasikan peraturan pemerintah tersebut.
    karena banyak sekali sekolah-sekolah yang tidak memikili sarana dan prasarana seperti yang dijabarkan diatas...
    gedung sekolah tidak ambruk saja sudah sangat beruntung.
    hendaknya pemerintah lebih memperhatikan lagi keadaan sekolah kita,karena banyak sekali sekolah-sekolah yang jauh dibawah standar yang telah ditetapkan pemerintah.

    BalasHapus
  80. imam irawan
    tata niaga reg 07
    8135071811

    menurut saya sarana dan prasarana sangat bagus bila dikembangka karena dengan adanya sarana dan prasarana semua anak didik akan lebih mudah dan bisa belajar dengan enk dan nyaman...
    tapi sarana dan prasarana harus merata di semua sekolah di seluruh indonesia agar mutu dan kualitas anak didik semakin kreatif dan berkembang..

    BalasHapus
  81. Liza Sabriani
    Pend.Tata Niaga o7 Reg
    8135072797

    fasilitas sarana dan prasarana pendidikan harus lebih baik dan terjamin agar proses belajar mengajar di sekolah lebih efektif dan efisien sehingga para siswa belajar dengan kondusif.

    BalasHapus
  82. standar sarana dan prasarana sekolah atau madrasah pendidikan umum..

    menurut saya sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan terutama mereka yang berada di daerah.banyak dari mereka yang tidak memiliki sarana dan prasarana yang dapat sangat membantu perkembangan dalam proses belajar-mengajar..seharusnya pemerintah Indonesia lebih peka lagi terhadap nasib pendidikan di daerah..

    BalasHapus
  83. alek monaris s
    pend.tat niaga 07
    8135072768

    standar sarana dan prasarana sekolah atau madrasah pendidikan umum..

    menurut saya sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan terutama mereka yang berada di daerah.banyak dari mereka yang tidak memiliki sarana dan prasarana yang dapat sangat membantu perkembangan dalam proses belajar-mengajar..seharusnya pemerintah Indonesia lebih peka lagi terhadap nasib pendidikan di daerah..

    BalasHapus
  84. Dwi Yuniarti
    8135072800
    Pend. Tata Niaga Reg 07


    Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik tidak dapat hanya berasal dari siswa itu sendiri.
    Salah satu faktor yang dapat menunjang kelancaran belajar siswa adalah sarana dan prasarana sekolah itu sendiri.
    Dengan sarana dan prasarana yang lengkap siswa dapat mudah dalam mendapatkan ilmu.
    Dan anggapan sebagian masyarakat jika sarana di dalam sebuah sekolah lengkap maka mereka memastikan bahwa kualitas sekolah tersebut juga bagus. Karena dari hal tersebut dapat terlihat dari para siswa yang lebih baik dalam menerima pelajaran.

    BalasHapus
  85. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reg. 07


    Menurut saya, setiap sekolah wajib memiliki sarana dan prasarana yang lengakap. karena, itu penting untuk menunjang proses pembelajaran. Akan tetapi, masih banyak sekolah yang sarana dan prasarananya belum memadai. Seperti sekolah-sekolah di daerah-daerah terpencil yang menyebabkan para siswanya mempunyai kelinan fisik, emosional, mental atau memiliki potensi kecedasan dan bakat istimewa juga belum tersedia secara memadai.

    BalasHapus
  86. Menurut saya, untuk memajukan pendidikan dalam bidang pengetahuan serta belajar mengajar itu perlu adanya sarana dan prasarana yang memenuhi standar kualitas dan mutu serta peralatan –peralatan yang cukup memadai pada proses belajar dan mengajar. Adapun kita tinjau bahwa pendidikan perlu ada karena pendidikan sebagai ujung tombak kebangkitan bangsa. Akan tetapi kita yang tinggal di perkotaan pun belum 100 % memiliki sarana dan prasarana yang memadai apalagi dipedalaman daerah, mungkin yang sudah kita ketahui bahwa mereka telah tertinggal oleh arus globalisasi yang sudah memiliki teknologi canggih, untuk itu pemerintah atau tenaga pendidik perlu berjuang dan memperhatikan pendidikan terutama dilihat dari segi sarana dan prasarana.

    BalasHapus
  87. Aji Saputra
    8135072796
    TN Reg'07

    menurut saya,sarana dan prasarana memang sangat membantu dalam proses pembelajaran,namun bila tidak didukung oleh sumber daya guru yang baik tidak akan bisa mencapai proses pendidikan yang maksimal..

    BalasHapus
  88. febriany (tn'nr 07)8135077977

    sarana dan prasarana di sekolah sangat penting untuk kemajuan sekolah itu sendiri...dan untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar,,,,agar berjalan dengan baik dan tidak tertinggal...dengan sekolah lainnya....

    BalasHapus
  89. Aditya Septiadi A
    8135072783
    pend.TN reg 07

    adanya sarana dan prasarana di sekolah sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar.... namun di indonesia masih banyak yang tidak memiliki prasarana yang tidak lengkap.. khgususnya di daerah..
    untuk itu pemerintah harus membenahi lagi sistem pengadaan dan pengawasan sarana&prasarana sekolah..

    BalasHapus
  90. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Menurut saya,sarana dan prasarana sekolah menunjang proses belajar mengajar di sekolah.Karena Dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap penyampaian ilmu pengetahuan akan menjadi lebih mudah di terima oleh siswa. Sarana dan prasarana sangat berpengaruh untuk kemajuan dan kualitas siswa

    BalasHapus
  91. Diajie Ary Tohfati
    8135077980
    tn non reg 07

    Standar Sarana dan Prasarana sekolah
    Penting untuk diingat bahwa baik buruknya sekolah yang pertama kali dilihat adalah sarana dan prasarana karena dalam proses belajar dan mengajar saran dan prasarana itu harus karena menunjang proses tersebut. Siswa akan semangat belajar nya bila saran dan prasarana yang ada disekolah itu memadai. Guru pun demikian sarana dan prasarana yang memadai akan menunjang/mempermudah guru dalam proses pengajaran.

    BalasHapus
  92. Ary Prabowo
    TN NR 07

    menurut saya sarana dan prasarana sangat menunjang terjadinya proses belajar mengajar yang baik dan juga sebagi komponen terpenting yang harus dipenuhi oleh setiap sekolah. jika sarana dan prasarana yang ada di setiap sekolah baik maka akan membawa dampak yang baik juga bagi siswa maupun guru.

    BalasHapus
  93. Buruknya sarana dan prasarana pendidikan indonesia harus lekas dibenah. Kesadaran pemerintah yg msh memprihatinkan tentu akan berdampak pd buruknya pendidikan. Perbanyak sarana prasarana pendidikan di desa desa yg sudah jauh tertinggal dibandingkan dgn dikota.

    BalasHapus
  94. asalamualaikum wr wb
    mohamad yaser
    8135077967
    menurut saya
    sarana dan prasarana sangat diperlukan untuk menungang kegiatan belajar mengajar, dengan peralokasian APBN sebesar 20% untuk pendidikan saya kira cukup untuk menmenuhi itu semua asalkan tidak ada pihak yang menyalahgunakan dana tersebut.

    BalasHapus
  95. lukmaN > TN (non reg) 07

    Sarana dan prasarana sekolah sangat berperan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah tersebut.
    Pada kenyataannya, apabila keadaan sekolah tidak layak dan kurangnya fasilitas yang menunjang untuk kegiatan belajar mengajar, maka pendidikan tidak akan maju.

    BalasHapus
  96. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  97. wahyu tn reg 2007
    menurut saya
    sarana dan prasarana di sekolah sangat penting untuk mengefektifkan kegiatan belajar mengajar di sekolah. jika sarana dan prasarana di sekolah memadai, maka siswa akan fokus untuk belajar

    BalasHapus
  98. Dwi Yunita
    Pend. Tata Niaga NR'07

    Ketersediaan sarana dan Prasaran di sekolah sangat mempengaruhi sekali akan kemajuan siswa dan sekolah itu sendiri.
    setidaknya sekolah-sekolah harus memenuhi standar sarana dan prasarana untu sekolah formal agar para siswanya dapat mengikuti jenjang pendidikan yang sama dengan sekolah yang lainnya.

    BalasHapus
  99. Amalina Imadarty
    8135077986
    Pend.TN NR 07

    Menurut saya, standar sarana dan prasarana rata-rata sekolah-sekolah di Indonesia belum mencapai standar ketentuan minimum yang telah ditetapkan. Ini bisa dilihat dari sekolah- sekolah yang berada di daerah terpencil yang sangat memprihatinkan. Banyak dari bangunan di sekolah-sekolah tsb yang sangat tidak layak, sehingga siswa terpaksa harus belajar di luar sekolah yang akhirnya dapat mengganggu konsentrasi belajar mereka. Belum lagi, terdapat sekolah yang harus mengalami penyitaan kursi dan meja belajar oleh pengrajin alasannya karena pemerintah belum bisa melunasi sisa pembayaran kursi dan meja kayu yang dibuat oleh para pengrajin. Kondisi ini memang sangat memprihatinkan ditambah lagi beberapa hari lagi mereka akan menghadapi ujian sekolah yang sudah pasti dengan disitanya kursi dan meja maka siswa akan ujian hanya dengan menggunakan tikar. Dengan kejadian seperti ini, tentunya pemerintah mempunyai PR yang banyak untuk menangani masalah sarana dan prasarana di sekolah-sekolah yang belum mencapai standar ketentuan minimum.

    BalasHapus
  100. rizky dwi perwitasari
    8135077963
    TN (non reg 07)



    selain keuangan,, sarana dan prasarana adalah faktor terpenting dalam meningkatkan dan memajukan kualitas sekolah itu sendiri..
    tetapi di negara kita kualitas sarana dan prasarana yang ada masih berada jauh di bawah rata-rata..masih banyak sekolah-sekolah yang mengalami kekurangan sarana,,jika mereka kekurangan sarana bagaimana KBM dapat berjalan secara efektif????
    banyak sekali sekolah di daerah yang tidak mempunyai kursi,,bahkan mereka juga tdak mempunyai gedung untuk mereka balajar...
    jika seperti ini,,,bagaimana mereka belajar???
    gedungpun tak punya...apa kita harus mengorbankan nasib anak-anak yang masih membutuhkan pendidikan????
    disini pemerintah seharusnya peduli dan cepat tanggap...
    pemerintah harus meningkatkan kualitas sarana dan prasarana terlebih dahulu..
    agar mutu pendidikan di Indonesia lambat laun akan meningkat..

    BalasHapus
  101. Indra Septifurdiana
    Ekonomi Administrasi
    Tata Niaga Non Reg 07

    Sarana dan prasarana sekolah menunjang proses belajar mengajar di sekolah. karena hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak didik dalam menyerap pelajaran. Mengenai standar sarana dan prasarana sekolah/madrasah pendidikan umum yang telah ditetapkan pemerintah sangat bagus, namun pelaksanaan mungkin masih kurang maksimal. Untuk itu diharapkan agar segera dapat terlaksana dengan baik dan dapat tercipta proses pengajaran yang efektif.

    BalasHapus
  102. Raja Yuda Roderick Siahaan
    8135077978
    Pend.Tata Niaga (NR'07)
    Saya setuju dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai di setiap sekolah, karena sarana dan prasarana tersebut dapat membantu siswa dalam proses belajar, sehingga siswa dapat mengetahui teknologi yang sekarang sudah ada, dan dapat melatih siswa untuk dapat menggunakan teknologi yang sekarang, ini hanya berlaku di sekolah-sekolah di kota besar saja, sedangkan yang di pelosok daerah belum ada sarana dan prasarana yang memadai. Kurang meratanya fasiltas sarana dan prasarana di tiap-tiap sekolah berbeda-beda, hal ini maka membuat adanya gap yang cukup terlihat dari setiap sekolah. Pemerintah harusnya juga bisa lebih memperhatikan sekolah-sekolah yang berada diluar daerah.

    BalasHapus
  103. dedy prasetyo
    8135077956
    TN non 07
    standar sarana dan prasarana sekolah merupakan standar pendidikan nasional. hal ini sangat penting karena untuk meningkatkan mutu pendidikan agar dapat bersaing oleh dunia luar. oleh karena untuk mewujudkan standar pendidikan nasional diperlukan standar yang memadai untuk melakukan proses belajar mengajar disekolah.

    BalasHapus
  104. anggi arisaputri Tn_NR07
    aSalamu'alaikum....
    Menurut saya, untuk memajukan pendidikan dalam bidang pengetahuan serta belajar mengajar itu perlu adanya sarana dan prasarana yang memenuhi standar kualitas dan mutu serta peralatan –peralatan yang cukup memadai pada proses belajar.

    namun sekarang ini banyak nya sarana dan prasarana yang kurang memenuhi standar pendidikan ataupun kurang memadai..

    seharusanya ada pengawasan yang lebih ketat dalam penjagaan sarana dan prasarana pendidikan...

    BalasHapus
  105. Karina DwiJaya Oktariani TN'NR 07
    8135077957

    Menurut saya, sarana serta prasarana dalam satuan pendidikan haruslah memenuhi standar menurut ketentuan yang berlaku, karena hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak didik dalam menyerap pelajaran.Siswa akan semangat belajar nya bila saran dan prasarana yang ada disekolah itu memadai. Guru pun demikian sarana dan prasarana yang memadai akan menunjang/mempermudah guru dalam proses

    BalasHapus
  106. aiSyah R ( TN 07 )

    selain guru yang dapat menentukan hasil belajar siswa, sarana yang dimiliki sekolah tersebut tentu menunjang hasil belajar siswa..
    dengan adanya sarana yang dimiliki siswa dapat lebih mengerti pembelajaran yang dihadapi..
    seperti yang telah kita ketahui indonesia kurang memanfaatkan teknologi sehingga proses pembelajaran siswa bergantung dari guru semata, hal ini tidak dapat menimbulkan kreatifitas murid yang mencari ilmu - ilmu lain di sekitarnya..

    BalasHapus
  107. risthy
    TN'REG 07
    8135072770

    sarana pendidikan adalah alat penunjang atau pelengkap proses pembelajaran.dimana dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai dapat meningkatkan mutu dari pendidikan yang lebih baik.jadi menurut saya pengelolaan sarana prasarana sekolah haruslah diawasi dan ditingkatkan karena sebagai penunjang proses belajar dan mengajar.

    BalasHapus
  108. Emi Ardiyanti
    8135070419
    TN Reg 07

    Sarana & Prasarana sekolah, suatu yang penting namun kadang terabaikan. Nasibnya tentu tergantung perawatan seluruh warga sekolah yang menggunakannya.
    Dalam proses pendidikan, sarana prasarana tersebut dapat meningkatkan efektivitas serta efisiensi tujuan pendidikan.
    Walaupun sudah ada 'peraturan' yang mengatur standar minimal sarana dan prasarana yang harus dimiliki oleh setiap sekolah, namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang tidak memenuhi standar minimal tersebut khususnya di daerah-daerah terpencil.
    Jangankan memiliki perpustakaan atau laboratorium, ruang kelas saja atapnya pada bocor. Lalu, pihak manakah yang harus disalahkan atas hal ini?
    Pihak sekolah kah?
    Pemerintah kah?
    Atau masyarakat?

    BalasHapus
  109. jenny christine 8135077998
    TN NR 07

    ass
    saya beranggapan sarana dan prasarana sekolah itu sangat penting sekali ada dalam sekolah, karena itu dapat meningkatkan kualitas dan semangat belajar untuk para siswa, sehingga siswa-siswa tersebut tidak bosan dan jenuh pada saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dalam sekolah.
    tetapi sarana dan prasarana tersebut sangat standar di kalangan sekolah tertentu, contohnya di sekolah yang memiliki keterbatasan lingkungan halaman sekolah tersebut.
    itulah mnejadi faktor Pemerintah dalam menata ulang pembangunan Indonesia.
    dan mengapa pula hanya sekolah yang MAMPU saja yang ada sarana dan prasarana tersebut?

    BalasHapus
  110. Rosita,,

    Assalamu'alaikum....

    sedikit pendapat saya tentang sarana dan prasarana di lingkungan sekolah.

    Menurut saya kemajuan atau berkembangnya suatu sekolah yaitu didasari atas sarana & prasarana yang ada di sekolah tersebut. dengan begitu akan lebih memeudahakan siswa dalam proses belajar.

    Dalam hal ini bukan hanya siswa yang mendapat keuntungan tetapi juga gugu - guru yang bertugas mengajar di sekolah tersebut akan lebih kretif mengembangkan ide - ide yang disampaikan ke siswa tersebut dalam proses belajar - mengajar.

    Demikian komentar Saya.....

    BalasHapus
  111. Qurota Aini TN NR'07

    Menurut saya,
    Dalam penyediaan sarana dan prasarana pendidikan harus jelas penggunaan dan sumbernya..
    semua pihak seharusnya turut mengawasi dalam pengadaan sarana dan prasarana karena tanpa sarana dan prasarana kegiatan pendidikan tidak akan berlangsung lancar,selain sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan..
    faktor lain adalah keamanan dan kebersihan agar proses pendidikan dapat berlangsung sesuai yang diharapkan semua pihak..
    Selain pemerintah semua pihak juga dapat membantu sarana dan prasarana yang belum disediakan oleh pemerintah..

    BalasHapus
  112. fitri melawati tn nr-07

    menurut saya saran dan prasarana di sekolah haruslah memenuhi kriteria dari sekolah tersebut dan perlu ditingkatkan kembali apabila ada fasilitas yang kurang.. agar dapat mem,udahkan proses belajar mengajar siswa dan siswa tidak merasa bosan dengan fasilitas yang itu-itu saja..

    BalasHapus
  113. eka nursari
    TN reg07

    sarana dan prasarana di sekolah memang penting, karena dapat meningkatkan belajar dan pembelajaran di sekolah. hal ini juga dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

    BalasHapus
  114. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    menurut saya,,
    dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai di setiap sekolah, karena sarana dan prasarana tersebut dapat membantu siswa dalam proses belajar, sehingga siswa dapat mengetahui teknologi yang sekarang sudah ada, dan dapat melatih siswa untuk dapat menggunakan teknologi yang sekarang, ini hanya berlaku di sekolah jakarta saja, sedangkan yang di pelosok daerah belum ada sarana dan prasarana yang memadai, misalkan di suatu sekolah daerah sampai saat ini sistem kurikulumnya belum seperti yang di jakarta sehingga murid-murid di pedalaman itu lebih terbelakang jika di bandingkan dengan murid di jakarta. seharusnya pemerintah harus lebih memperhatikan sekolah- sekolah yang berada di pelosok daerah karena mereka membutuhkan sarana dan prasarana yang dapat membantu siswa dalam belajar.

    BalasHapus
  115. Christina panjaitan
    TN reg 07
    sarana dan prasarana yang baik sangat mendukung proses belajar mengajar yang efisien dan terarah.dan juga untuk meningkatkan kenyamanan bagi siswa dalam belajar.sarana dan prasarana sangat mendukung sekali dalam peningkatan mutu dan kualitas suatu sekolah..

    BalasHapus
  116. sutriyani
    TN non Reg 07

    memang benar dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai akan terjadinya proses belajar dengan baik, siswa dapat belajar tanpa adanya sesuatu yang menghambat kreatifitas mereka. begitu juga guru yang dapat mengajar dengan baik dan lancar dengan adanya sarana dan prasarana yang menunjang sekolah. tetapi alangkah sayangnya apabila sarana dan prasarana tersebut tidak adanya dukungan dari berbagai pihak (sekolah, murid, guru atau warga-warga sekolah) karena dengan adanya dukungan dalam perawatan ataupun dalam penggunaannya dan juga didukung oleh keterampilan guru-guru dam memanfaatkan sarana dan prasarana tersebut. karena dengan begitu semua pihak baik sekolah atau pun warga sekolah dan khuusnya pemerintah tidak dirugikan.

    BalasHapus
  117. Menurut saya, adanya sarana dan prasarana sangatlah penting demi terwujudnya kegiatan belajar mengajar yang efektif.
    Fasilitas sarana dan prasarana yang baik, akan mewujudkan proses belajar yang baik pula. Tetapi pada kenyataan nya banyak fasilitas sarana dan prasarana yang sudah disediakan tetapi tidak dijaga sebagaimana mestinya. Untuk itu tanggung jawab untuk menjaga dan merawat fasilitas yang ada memang wajib dilaksanakan.



    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. TN (NR)

    BalasHapus
  118. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non reg 07
    8135077958

    fasilitas sarana dan prasarana sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.
    proses belajar akan menjadi semakin efektif jika sarana dan prasarana nya mencukupi.
    tp sering kali sarana yang telah disediakan tidak dijaga dan dirawat.
    tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara sarana dan prasaran yang sudah disediakan sangat diperlukan sekali

    BalasHapus
  119. Menurut saya, kalau ingin pendidikan di Indonesia maju hendaknya pemerintah serta pihak-pihak yang terkait untuk pembangunan pendidikan Indonesia ke arah yang lebih maju perlu memperhatikan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar siswa, karena percuma saja rasanya kalu kepintaran tidak di imbangi dengan sarana dan prasarana yang tidak memadai, kalau begitu mustahil untuk pendidikan di Indonesia bisa maju.

    BalasHapus
  120. menurut saya, selain adanya pengajar yang profesional tetapi juga harus adanya sarana dan prasarana yang mendukung agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  121. Yuni Sri W (8135077970)
    Pend.Tata niaga NR 07

    menurut saya
    MTs mungkin menjadi salah satu pilihan baik bagi kita (masyarakat)untuk bersekolah sekaligus mempelajari agama (Islam) lebih dalam tentunya.
    dan pemerintah juga tidak tanggung-tanggung dalam memberikan sarana & prasarana yang mendukung untuk MTs.

    BalasHapus
  122. standart dan prasarana sekolah/madrasah dan pendidikan umum masih sangat minim sebab masih banyak sekolah di kampung-kampung yang sarana dan prasarananya masih minim. tugas pemerintah disini harus memeratakan ke semua sekolah di Indonesia.

    BalasHapus
  123. dapat dilihat masih banyak sekolah yang ada di Indonesia ini masih minim sebab salahsatu untuk mendukung proses belajar yang efektif dengan adanya prasarana yang berkualitas bagus. jadi pemerintah harus meratakan sarana pendidikan.

    BalasHapus
  124. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    Pemberlakuan standar sarana dan prasarana sekolah memang sangat perlu dilakukan demi kelancaran proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Standar yang dilakukan akan memudahkan para siswa dalam memahami pelajaran dengan baik. sehingga pelajaran yang ingin disampaikan juga lebih mudah diserap oleh para siswa siswi. Bila perlu n teknologi, mengevaluasi serta menambah sarana dan prasarana yang telah ada.

    BalasHapus
  125. pendidikan Indonesia dapat bersaing dengan bangsa lain diikuti dengan faktor kemajuan sarana&fasilitas yang berkualitas dan mendukung. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal sekolah wajib menyediakan&memberdayakan sarana yang kondusif. Pemerintah telah menetapkan PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2007. Sarana yang telah tersedia seharusnya dimanfaatkan dan dijaga dengan baik. Agar sarana itu tetap terawan dan tahan lama.

    BalasHapus
  126. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga(Nonreg 07)

    Apabila pendidikan Indonesia ingin bersaing dengan negara lain maka kualitas sekolah khususnya sarana dan prasarana harus berjalan dengan baik...

    Karena dengan adanya sarana dan prasarana yang berkualitas maka mutu pendidikan akan menjadi meningkat dan maju...

    BalasHapus
  127. masalah sarana dan prasarana sebenarnya bukan masalah baru yang dihadapi pendidikan di Indonesia.
    jadi unutk menyikapinya bukan hanya pada pemerintah pusat saja, tatpi pemerintah daerah dan warga masyarakat juga seharusnya ikut membantu sehingga masalah ini tidak menjadi maslah yang berkelanjutan

    BalasHapus
  128. masalah sarana dan prasarana sebenarnya bukan masalah baru yang dihadapi pendidikan di Indonesia.
    jadi unutk menyikapinya bukan hanya pada pemerintah pusat saja, tatpi pemerintah daerah dan warga masyarakat juga seharusnya ikut membantu sehingga masalah ini tidak menjadi maslah yang berkelanjutan

    BalasHapus
  129. Imam Punarko
    TN Reg 07
    8135072812

    sarana dan prasarana kadang menjadi hal yang urgen sekaligus membenarkan petuah yang mengatakan pendidikan yang mahal adalah pendidikan yang berbobot.

    memang sarana dan prasarana menjadi sesuatu bak pisau dapur tidak pernah di pikirkan ketika membuat resep makanan namun sering memasak menjadi terkendala karena ketidakberadaanya. Yang terpenting dari kegiatan memasak ini adalah seorang koki dalam hal ini guru yang membuat resep pengajarannya sehingga masakan pengajaran yang diberikan dapat di telah layaknya sup hangat rasa kari ayam bukan pil pahit jamu Nyonya Menir. Kembali lagi dalam hal ini kesediaan sarana dan prasarana terasa begitu penting ketika seorang guru harus selalu meng up date data-data terbaru sehingga murid bukan menjadi lulusan dengan predikat menyesuaikan karena perbedaan antara SMP dengan SMA, SD dengan SMP atau mungkin SMA dengan bangku kuliah.

    Pengajaran yang terpaparkan diatas merupakan sebuah alat Bantu dari berbagai metode yang akan di terapkan oleh guru sehingga peserta didik bukan hanya mengetahui dari sekedar pembicaraan atau ceramah guru. Melainkan murid dapat memvisualisasikan, mendengarkan, bahkan mendalami permasalahan yang sedang di kajinya. Hal ini akan terus menambah wawasan para murid yang setidaknya akan terjun langsung kemasyarakat kelak.

    BalasHapus
  130. Sarana dan prasarana, dilihat dari kacamata merketing, dapat menjadi penarik minat masyarakat untuk memilih instansi pendidikan tertentu.
    selain itu sarana dan prasarana juga merupakan faktor terpenting untuk tercapainya proses belajar dan pembelajaran.
    peningkatan sarana dan prasarana untuk instansi pendidikan juga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. perlu adanya perhatian khusus terhadap sekolah-sekolah yang tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

    Imanuel Suaranta
    Pen. Tata Niaga

    BalasHapus
  131. muammar khadafi
    8135077995
    p.tata niaga non reg 07

    Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana.

    BalasHapus
  132. Reza Adi Putranto
    8135077997
    Pend. Tata Niaga Non Reg '07

    menurut saya standar sarana dan prasarana sekolah/ madrasah pendidikan umum sama sama saja dengan pendidikan umum biasanya, perbedaannya terletak pada materi pembelajaran yang diberikan, biasanya untuk madrasah lebih menekankan pada etika, akhlak, dan lebih mengarah keagamaan. Kurikulum yang diberikan untuk sekolah madrasah pun’ sesuai dengan standart pendidikan nasional, jadi bila ada orang yang beranggapan mutu kwalitas pendidikan madrasah lebih buruk dari pada pendidikan umum itu merupakan kesalahan besar, karena di era sekarang banyak orang pintar tapi tidak mempunyai akhlak yang baik, jadi pendidikan madrasah sangat cocok bagi orang yang ingin mejadikan dirinya pintar dan berakhlak baik.

    BalasHapus
  133. Khorina(813077992)
    Pend.TAtaNIaga NonReg'07

    Untuk menjamin terwujudnya pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional serta menghasilkan peserta didik yang kompeten, berakhlak mulia, cerdas dan mandiri bukan hanya kurikulum dan guru yang berkualitas namun diperlukan juga adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana dan prasarana.Hal ini penting demi Indonesia yang kini butuh perubahan menuju yang lebih baik.

    BalasHapus
  134. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007


    Menurut saya standar sarana dan prasarana sekolah memang sangat diperlukan, bayangkan saja kalau setiap sekolah menyediakan sarana dan prasarana selengkap mungkin pasti para siswa dan guru dapat memanfaatkannya sebaik-baiknya dan hal ini tentunya akan menunjang kegiatan belajar mengajar, namun ternyata hal itu tidak dapat di penuhi dengan alasan biaya yang minim sehingga banyak sekolah yang memberikan sarana dan prasarana seadanya bahkan ada pula yang masih minim hal ini masih banyak ditemukan didaerah pedalaman, namun sekiranya bisa tiap sekolah harus memberikan fasilitas yang memang lebih diutamakan terlebih dahulu sehingga kekurangan tersebut bisa di minimalisir sehingga tidak begitu mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

    BalasHapus
  135. Ade Kurniawan
    8135072772
    Pend. Tata Niaga reg '07

    Menurut saya, sarana dan prasarana sekolah merupakan bagian yang harus ada di setiap sekolah. Karena tanpa adanya ketersediaan alat pendukung tersebut, kita tahu pasti bahwa kegiatan belajar mengajar tidak akan efektif atau bahkan pasti terganggu. Namun, dalam pengadaannya, kita juga tau masih sangat banyak masalah pada hal ini. Baik yang dikorupsi, tidak tercukupinya keuangan dalam pemenuhannya, sampai ketidak merataannya di tiap-tiap sekolah(terutama di daerah).

    BalasHapus
  136. abdul rohim
    8135072785
    tata niaga reg 2007

    Menurur saya,sarana dan prasarana sekolah sangatlah penting bagi pendidikan.Sebab sarana dan prasarana adalah nyawa dari kegiatan belajar mengajar.dengan adanya standar sarana dan prasarana di setiap sekolah dapat menunjang semua kegaiatan belajar mengajar di sekolah.poin positifnya guru dapat memberikan pendidikan dengan mudah dan jelas dan murid dapat mencerna ilmu yang di berikan denagn baik.
    oleh sebab itu sekolah dikatakan berkualitas atau tidaknya tergantung dari sarana prasarana yang ada dalam menunjang proses pendidikan.makin maju tekhnooginya makin berkualitas dan sebaliknya.

    BalasHapus
  137. menurut pemerataan sarana da prasarana sangat pentig karena sangat berpengaruh terhadap kualitas belajar suatu sekolah.Terkadang di indonesia sarana di sekolah di jakarta sangat berbeda jauh dengaan sarana di sekolah di daerah.oelh karena itu pemerataan kesempatan mendapatsarana dan prasarana sangat penting.

    BalasHapus
  138. Ichwan Iskandar 8135072792 Pend.Tata Niaga Reg 2007 Memang standarisasi fasilitas di setiap sekolah seharusnya disesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah daerah itu sendiri.Tujuannya sangat bagus,yaitu agar dalam proses pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan lancar.Pengadaan laboratorium ataupun perpustakaan tentunya sanagat membantu para murid untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan mereka.Tidak hanya dari guru,namun sekolah juga harus menyediakan media pembelajaran yang memadai.Namun juga proyek pengadaan in janganlah sampai menjadi lahan baru untuk melakukan korupsi di dalam pihak sekolah.Karena ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk kemajkuan sekolah yang bersangkutan agar lebih banyak peminat untuk bersekolah di sekolah yang bersangkutan.

    BalasHapus
  139. Memang benar dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai akan terjadinya proses belajar dengan baik, siswa dapat belajar tanpa adanya sesuatu yang menghambat kreatifitas mereka. begitu juga guru yang dapat mengajar dengan baik dan lancar dengan adanya sarana dan prasarana yang menunjang sekolah. tetapi alangkah sayangnya apabila sarana dan prasarana tersebut tidak adanya dukungan dari berbagai pihak (sekolah, murid, guru atau warga-warga sekolah) karena dengan adanya dukungan dalam perawatan ataupun dalam penggunaannya dan juga didukung oleh keterampilan guru-guru dam memanfaatkan sarana dan prasarana tersebut. karena dengan begitu semua pihak baik sekolah atau pun warga sekolah dan khuusnya pemerintah tidak dirugikan.

    BalasHapus
  140. cara baru biar blognya rame, yaaa dgn nngasih tugas komen d blognya :)

    BalasHapus