Oktober 08, 2008

Manajemen Keuangan Sekolah

PENDAHULUAN

Keuangan dan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Hal tersebut lebih terasa lagi dalam implementasi MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), yang menuntut kemampuan sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan. Komponen keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan belajar-mengajar di sekolah bersama dengan komponen-komponen yang lain. Dengan kata lain setiap kegiatan yang dilakukan sekolah memerlukan biaya, baik itu disadari maupun yang tidak disadari. Komponen keuangan dan pembiayaan ini perlu dikelola sebaik-baiknya, agar dana-dana yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Hal ini penting, terutama dalam rangka MBS, yang memberikan kewenangan kepada sekolah untuk mencari dan memanfaatkan berbagai sumber dana sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah karena pada umumnya dunia pendidikan selalu dihadapkan pada masalah keterbatasan dana, apa lagi dalam kondisi krisis pada sekarang ini.

PEMBAHASAN
Sumber keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah secara garis besar dapat dikelompokkan atas tiga sumber, yaitu (1) pemerintah, baik pemerintah pusat, daerah maupun kedua-duanya, yang bersifat umum atau khusus dan diperuntukkan bagi kepentingan pendidikan; (2) orang tua atau peserta didik; (3) masyarakat, baik mengikat maupun tidak mengikat. Berkaitan dengan peneriman keuangan dari orang tua dan masyarakat ditegaskan dalam Undang-Undang no. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa karena keterbatasan kemampuan pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan dana pendidikan, tanggung jawab atas pemenuhan dana pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah,masyarakat dan orang tua. Adapun dimensi pengeluaran meliputin biaya rutin dan biaya pembangunan.
Biaya rutin adalah biaya yang harus dikeluarkan dari tahun ke tahun, seperti gaji pegawai (guru dan non guru), serta biaya operasional, biaya pemeliharaan gedung, fasilitas dan alat-alat pengajaran (barang-barang habis pakai). Sementara biaya pembangunan, misalnya, biaya pembelian atau pengembangan tanah, pembangunan gedung, perbaikan atau rehab gedung, penambahan furnitur, serta biaya atau pengeluaran lain unutk barang-barang yang tidak habis pakai. Dalam implementasi MBS, manajemen komponen keuangan harus dilaksanakan dengan baik dan teliti mulai dari tahap penyusunan anggaran, penggunaan, sampai pengawasan dan pertanggungjawaban sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar semua dana sekolah benar-benar dimanfaatkan secara efektif, efisien, tidak ada kebocoran-kebocoran, serta bebas dari penyakit korupsi, kolusi dan nepotisme.

Komponen utama manajemen keuangan meliputi, (1) prosedur anggaran; (2) prosedur akuntansi keuangan; (3) pembelajaran, pergudangan dan prosedur pendistribusian; (4) prosedur investasi; dan (5) prosedur pemeriksaan. Dalam pelaksanaannya manajemen keuangan ini menganut azas pemisahan tugas antara fungsi otorisator, ordonator dan bendaharawan. Otorisator adalah pejabat yang diberi wewenang untuk mengambil tindakan yang mengakibatkan penerimaan dan pengeluaran anggaran. Ordonator adalah pejabat yang berwenang melakukan pengujian dan memerintahkan pembayaran atas segala tindakan yang dilakukan berdasarkan otorisasi yang telah ditetapkan. Adapun bendaharawan adalah pejabat yang berwenang melakukan penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran uang atau surat-surat berharga lainnya yang dapat dinilai dengan uang serta diwajibkan membuat perhitungan dan pertanggungjawaban.

Kepala sekolah dalam hal ini, sebagai manajer, berfungsi sebagai otorisator, dan dilimpahi fungsi ordonator untuk memerintahkan pembayaran. Namun, tidak dibenarkan melaksanakan fungsi bendaharawan karena berkewajiban melakukan pengawasan kedalam. Bendaharawan, disamping mempunyai fungsi-fungsi bendaharawan, juga dilimpahi fungsi ordonator untuk menguji hak atas pembayaran.

Prinsip-prinsip Pengelolaan Keuangan Pendidikan
Penggunaan anggaran dan keuangan, dari sumber manapun, apakah itu dari pemerintah ataupun dari masyarakat perlu didasarkan prinsip-prinsip umum pengelolaan keuangan sebagai berikut:
1. Hemat, tidak mewah, efisien dan sesuai dengan kebutuhan teknis yang disyaratkan
2. Terarah dan terkendali sesuai dengan rencana, program/ kegiatan.
3. Terbuka dan transparan, dalam pengertian dari dan untuk apa keuangan lembaga tersebut perlu dicatat dan dipertanggung jawabkan serta disertai bukti penggunaannya.
4. Sedapat mungkin menggunakan kemampuan/ hasil produksi dalam negeri sejauh hal ini dimungkinkan

Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah
Implementasi prinsip-prinsip keuangan diatas pada pendidikan, khususnya dilingkungan sekolah dan keserasian antara pendidikan dalam keluarga, dalam sekolah, sekolah dan dalam masyarakat, maka untuk sumber dana sekolah, sekolah itu tidak hanya diperoleh dari anggaran dan fasilitas dari pemerintah atau penyandang dana tetap saja, tetapi dari sumber dan dari ketiga komponen di atas.


Untuk itu disekolah sebenarnya juga perlu dibentuk organisasi orang tua siswa yang implementasinya dilakukan dengan membentuk komite sekolah. Komite tersebut beranggotakan wakil wali siswa, tokoh masyarakat, pengelola, wakil pemerintah dan wakil ilmuwan/ ulama diluar sekolah dan dapat juga memasukkan kalangan dunia usaha dan industri.
Selanjutnya pihak sekolah bersama komite atau majelis sekolah pada setiap awal tahun anggaran perlu bersama-sama merumuskan RAPBS sebagai acuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan manajemen keuangan yang baik.


Pengertian RAPBS
Anggaran adalah rencana yang diformulasikan dalam bentuk rupiah dalam jangka waktu atau periode tertentu, serta alokasi sumber-sumber kepada setiap bagian kegiatan. Anggaran memiliki peran penting didalam perencanaan, pengendalian dan evaluasi kegiatan yang dilakukan sekolah. Maka seorang penanggung jawab program kegiatan disekolah harus mencatat anggaran serta melaporkan realisasinya sehingga dapat dibandingkan selisih antara anggaran dengan pelaksanaan serta melakukan tindak lanjut untuk perbaikan.

Ada dua bagian pokok anggaran yang harus diperhatikan dalam penyusunan RAPBS, yaitu:
a. Rencana sumber atau target penerimaan/ pendapatan dalam satu tahun yang bersangkutan, termasuk didalamnya keuangan bersumber dari: a).kontribusi orang tua siswa, b).sumbangan dari individu atau organisasi, c).sumbangan dari pemerintah, d).dari hasil usaha
b. Rencana penggunaan keuangan dalam satu tahun yang bersangkutan, semua penggunaan keuangan sekolah dalam satu tahun anggaran perlu direncanakan dengan baik agar kehidupan sekolah dapat berjalan dengan baik.

Langkah-langkah Penyusunan RAPBS
Suatu hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RAPBS adalah harus menerapkan prinsip anggaran berimbang, artinya rencana pendapatan dan pengeluaran harus berimbang diupayakan tidak terjadi anggaran pendapatan minus. Dengan anggaran berimbang tersebut maka kehidupan sekolah akan menjadi solid dan benar-benar kokoh dalam hal keuangan, maka sentralisasi pengelolaan keuangan perlu difokuskan pada bendaharawan sekolah, dalam rangka untuk mempermudah pertanggung jawaban keuangan.


Penyusunannya hendaknya mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
a) Menginventarisasi rencana yang akan dilaksanakan
b) Menyusun rencana berdasarkan skala prioritas pelaksanaannya
c) Menentukan program kerja dan rincian program
d) Menetapkan kebutuhan untuk pelaksanaan rincian program
e) Menghitung dana yang dibutuhkan
f) Menentukan sumber dana untuk membiayai rencana

Rencana tersebut setelah dibahas dengan pengurus dan komite sekolah, maka selanjutnya ditetapkan sebagai anggaran pendapatan dan belanja sekolah (APBS). Pada setiap anggaran yang disusun perlu dijelaskan apakah rencana anggaran yang akan dilaksanakan merupakan hal baru atau kelanjutan atas kegiatan yang telah dilaksanakan dalam periode sebelumnya dengan menyebut sumber dana sebelumnya.

Dalam setiap anggaran yang disusun untuk kegiatan-kegiatan dilingkungan sekolah, paling tidak harus memuat 6 hal atau informasi sebagai berikut:
a) Informasi rencana kegiatan: sasaran, uraian rencana kegiatan, penanggung jawab, rsencana baru atau lanjutan.
b) Uraian kegiatan program, program kerja, rincian program
c) Informasi kebutuhan: barang/ jasa yang dibutuhkan, volume kebutuhan
d) Data kebutuhan harga satuan, jumlah biaya yang dibutuhkan untuk seluruh volume kebutuhan
e) Jumlah anggaran: jumlah anggaran untuk masing-masing rincian program, program, rencana kegiatan, dan total anggaran untuk seluruh rencana kegiatan
f) Sumber dana: total sumber dana, masing-masing sumber dana yang mendukung pembiayaan program.

Realisasi APBS
Dalam pelaksanaan kegiatan, jumlah yang realisasikan bisa terjadi tidak sama dengan rencana anggarannya, bisa kurang atau lebih dari jumlah yang telah dianggarkan. Ini dapat terjadi karena beberapa sebab:
a. Adanya efisiensi atau inefisiensi pengeluaran
b. Terjadinya penghematan atau pemborosan
c. Pelaksanaan kegiatan yang tidak sesuai dengan yang telah diprogramkan
d. Adanya perubahan harga yang tidak terantisipasi
e. Penyusunan anggaran yang kurang tepat

Pertanggung jawaban Keuangan Sekolah
Semua pengeluaran keuangan sekolah dari sumber manapun harus dipertanggung jawabkan, hal tersebut merupakan bentuk transparansi dalam pengelolaan keuangan. Namun demikian prinsip transparansi dan kejujuran dalam pertanggung jawaban tersebut harus tetap dijunjung tinggi. Dalam kaitan dengan pengelolaan keuangan tersebut, yang perlu diperhatikan oleh bendaharawan adalah:
1. Pada setiap akhir tahun anggaran, bendara harus membuat laporan keuangan kepada komite sekolah untuk dicocokkan dengan RAPBS
2. laporan keuangan tersebut harus dilampiri bukti-bukti pengeluaran yang ada
3. kwitansi atau bukti-bukti pembelian atau bukti penerimaan dan bukti pengeluaran lain
4. neraca keuangan juga harus ditunjukkan untuk diperiksa oleh tim pertanggung jawaban keuangan dari komite sekolah

DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. 2007. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Dimock, ME. Dimock, GO, Administrasi Negara. 1992. Jakarta. Rineka Cipta.
Sulthon, M. Khusnuridlo, M, Manajemen Sekolah Dalam Perspektif Global, 2006, Yogyakarta, laksBang PRESSindo.
Suryobroto, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, 2004, Jakarta, Rineka Cipta.

146 komentar:

  1. menurut saya pengelolaan manajemen keuangan di sekolah harus di kelola dengan baik,misalnya saja bantuan dari pemerintah ,pihak sekolah seharusnya memamfaatkan bantuan tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan bukan untuk kepentingan pribadi pihak sekolah sendiri.pemerintah sebaiknya turut andil dalam pengawasan bantuan pendidikan untuk sekolah2 agar mutu pendidikan indonesia berlangsung baik.pengelolaan dalam manajemen sekolah harus sesuai dengan rencana RAPBS ,agar administrasi pendidikan di sekolah berlangsung dengan baik

    BalasHapus
  2. Hal yang sangat vital ini harus dikelola oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya, karena bila tidak maka akan berdampak negatif yang akan muncul. Bila perlu ada team independent yang ikut dalam penyusunan RAPBS berupa perwakilan dari Dinas Pendidikan untuk memantau jalannya rapat agar tidak terjadi penyimpangan yang dapat merugikan dan membebani wali murid dengan adanya pungutan diluar biaya SPP.

    BalasHapus
  3. Menurut saya, manajemen keuangan dalam lingkungan sekolah harus dikelola dengan baik. Yang utama adalah harus transparan serta bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Untuk itu semua bagian haruslah direncanakan dengan matang, mulai dari komponen manajemen keuangan, prinsip – prinsip pengelolaan keuangan, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, dan yang paling penting adalah laporan pertanggung jawaban keuangan sekolah. Oleh karena itu manajemen keuangan dalam sekolah sangat diperlukan demi lancarnya proses pendidikan di setiap satuan pendidikan ( sekolah )

    BalasHapus
  4. assalamu'alaikum...
    menurut saya wajar saja bila dalam penyelenggaraan pendidikan(sekolah) membutuhkan dana pembiayaan.namun jangan hanya memikirkan uang saja yang kemudian memasukkannya ke dalam kantong pribadi tanpa memberikan pelayanan dengan mutu pendidikan yang optimal.apalagi bila menyangkut ekonomi siswa yang kurang mampu,seakan-akan dipaksakan sekali siswa tersebut untuk membayar iuran sekolah.saat ini para orang tua bisa lebih diringankan biaya pendidikan anak-anak mereka dengan adanya bantuan BOS.sekolahpun lebih terbantu dalam pembiayaan rutin yang harus dikeluarkan setiap tahunnya,tetapi tetap dalam pengawasan pusat maupun daerah.agar tidak terjadi penyimpangan dana bantuan.

    BalasHapus
  5. saya setuju jika adanya transparansi tentang Management Keuangan sekolah, karena dengan adanya transparansi keuangan, sehingga dana tersebut dapat dikelola dengan benar, tanpa adanya kecurangan dalam menggunakan dana tersebut. sehingga sekolah dapat memperbaiki mutu sekolah, dan dapat melengkapi sarana dan prasarana yang tadinya belum ada menjadi ada.
    misalnya waktu saya SMA saya merasa kebutuhan sarana dan prasarana saya dalam proses belajar mengajar sudah terpenuhi,misalnya adanya bimbel di sekolah, adanya ruang lab bahasa,ruang perpustakaan, ruang komputer,adanya laptop beserta Lcd di setiap ruang kelas dan adanya pengajar yang cukup, itu semua akibat adanya transparansi dalam mengelola keuangan sekolah, walaupun siswa tidak mengetahui bagaimana dan di kemanakan uang SPP setiap siswa di sekolah.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Menurut saya Hal yang sangat penting dalam manajemen keuangan itu dikelola oleh orang-orang yang mmiliki jiwa sebagai bendahara yang jujur secara kebenaran sehingga dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan ketentuan yang ada agar semua dana sekolah benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik dan optimal bila perlu ada team independent yang ikut dalam penyusunan RAPBS untuk mencapai tujuan pendidikan tanpa ada penyelewengan penggunaan dana yang berdampak negatif.

    BalasHapus
  8. Kepala sekolah merupakan manager di sekolah yang bertanggung jawab mengelola seluruh keuangan sekolah, mulai dari sumber pendapatan sekolah sampai dengan pengeluaran rutin ( gaji guru dan karyawan sekolah ), pembiayaan kegiatan yang diikuti oleh sekolah sampai dengan pendanaan kegiatan yang diadakan sekolah ( kegiatan ekstra kulikuler ) dan juga kegiatan penunjang belajar ( pelaksanaan praktek mata pelajaran ). Dalam hal ini seorang kepala sekolah tentunya membutuhkan seorang bendahara yang merupakan salah seorang guru untuk membantunya dalam hal administrasi.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum wr.wb.
    Segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan, harus dapat dikelola dengan baik. Karena hal itu menyangkut keberlangungan kegiatan pendidikan di tiap sekolah. Pihak-pihak yang diberikan amanah untuk mengelola keuangan di sekolah harus memiliki kejujuran yang tinggi serta kemampuan manajerial yg baik sehingga tidak akan terjadi penyelewengan dana operasional ke kas pribadi. Selain itu pengelolaan keuangan harus dilaksanakan secara transparan sehingga semua pihak terkait dapat mengetahui kemana saja dana operasional itu mengalir.
    Dengan diberlakukannya dana bantuan BOS yang dimulai pada tahun lalu oleh pemerintah pusat, orang tua murid sangat terbantu, tapi setelah saya cermati faktanya di beberapa sekolah biaya SPP sudah gratis tetapi ada pungutan – pungutan liar di luar itu. Oleh karena itu harapan saya semua pihak yang berada di lingkungan sekolah harus terus memantau proses pengelolaan dana operasional sekolah sehingga di tahun berikutnya tidak ada lagi hal-hal semacam itu.
    Wassalamualikum wr.wb.

    BalasHapus
  10. Menurut saya dalam penyelengaraan pendidikan itu memang penting memanajemen keuangan sekolah agar kegiatan-kegiatan pendidikan dapat dikelola dengan baik dan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuannya dan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan itu dapat terpenuhi. Dengan manajemen keuangan sekolah kita dapat mempertanggung jawabkan pengelolaan keuangan sekolah dengan baik tanpa ada penyelewengan dana tersebut yang dapat merugikan semua pihak yang ada di dalamnya…

    BalasHapus
  11. assalammualaikum

    saya setuju jika dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan.tetapi sebaiknya harus dikelola dengan sebaik-baiknya,memiliki mekanisme pertanggungjawaban yang baik dan secara terang-terangan.oleh karena itu manajemen keuangan akan lebih efektif dan efesien jika didukung oleh SDM yang profesional dalam manajemen sekolah dan memiliki akhlak yang mulia.

    BalasHapus
  12. Management keuangan sekolah sangat dibutuhkan oleh sekolah, untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran dana pada suatu sekolah, dalam hal ini prinsip transparansi dan kejujuran harus dijunjung tinggi dan perlu diperhatikan oleh bendaharawan dan semua pihak yang berkaitan.

    BalasHapus
  13. Manajemen keuangan sekolah yang baik adalah mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan teliti, dicatat dan menyimpan bukti pada setiap melakukan transaksi baik penerimaan ke dalam kas sekolah maupun pengeluaran untuk membeli peralatan yang dibutuhkan oleh sekolah ataupun yang lainnya. Manajemen keuangan sekolah melibatkan kepala sekolah, bendahara, dan juga komite sekolah. Dalam menetapkan biaya untuk pembayaran biaya sekolah harus diadakan musyawarah antara pihak-pihak yang terlibat dalam mengatur keuangan tersebut, tetapi juga harus memikirkan bagaimana anak murid yang kurang mampu bisa tetap sekolah tanpa harus membayar biaya yang seharusnya yang pada komite tersebut dipilih anak yang memang benar membutuhkan bantuan dan berprestasi dan kemudian didata. Semua itu diatur dan dirancang pada saat mengadakan rapat komite. Semua hasil rapat dari komite tersebut dan anggaran yang dibutuhkan kemudian disosialisasikan kepada seluruh orang tua murid dan sudah tersusun dengan baik, rinci dan hubungan komunikasi yang baik antar komite, sekolah dan orang tua murid, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam pemberian informasi. Manajemen keuangan sekolah harus mempunyai pengawas yang dapat mengawasi keuangan sekolah sehingga tidak dapat diselewengkan atau diselundupkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  14. Menurut saya, pengelolan keuangan harus di awasi secara bersama – sama. Karena uang adalah hal yang paling vital dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Managemen keuangan yang baik di sekolah dapat mensejahterkan guru – guru, murid, dan semua warga sekolah. Sebaiknya dilakukan transparansi dari bendahara atas semua yang telah dia lakukan dalam pemasukan maupun pengeluaran secara berkala. Dan koordinasi yang baik antara bendahara ke kepala sekolah. Dan kepala sekolah dapat mempertanggung jawabkan dalam penggunaan uang tersebut, agar tidak terjadina kesempatan untuk KKN.

    BalasHapus
  15. Manajemen keuangan pendidikan tidak hanya
    membahas mengenai sumber dana yang
    diperoleh dan digunakan untuk proses pendidikan, namun, juga membahas mengenai
    berbagai persoalan (resiko) yang terkait
    dengan pengelolaan keuangan, serta berbagai
    upaya untuk mencari sumber-sumber pendanaan untuk kelangsungan organisasi.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum…

    Saya setuju dengan MBS atau Manajemen Berbasis Sekolah karena sekolah diberikan kewenangan tersendiri untuk mengelola keuangan yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Kepala sekolah disini bertindak sebagai manajer dan ordinator. Semua kewenangan ada pada kepala sekolah, dengan dibantu bendaharawan. Hanya saja dalam pelaksanaannya harus terbuka, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan sekolah agar bias dipertanggungjawabkan. Pada beberapa waktu lalu tersiar kabar 442 kepala sekolah di DKI Jakarta menyelewengkan dana BOS. Bagaimana MBS bias diterapkan bila budaya KKN masih terjadi di Republik ini. Apalagi Pemerintah sudah berencana untuk menaikkan anggaran pendidikan sampai 20 % pada RAPBN 2009. semoga dengan diberlakukannya MBS ini pengelolaan keuangan di sekolah bisa berjalan dengan baik guna mencerdaskan anak bangsa.

    BalasHapus
  17. manajemen keuangan sekolah hendaknya dioptimalkan setiap sekolah-sekolah dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. sekolah unggulan tentu mempunyai manajemen keuangan yang unggul pula, baik pengelolaan, sumbernya, maupun pertanggungjawabanya. penyusunan RAPBS, pengelolaan penggunaan, serta penempatan orang-orang yang ahli dalam bidangnya diyakini menjadi syarat tercapainya sekolah unggulan. dengan manajemen yang baik maka semakin mudah mencapai tujuan yang akan dituju. pengontrolan manjemen juga perlu dilakukan oleh berbagai pihak, guru, sekolah, masyarakat dan dinas pendidikan terkait diharapkan ikut serta peran aktif mengontrol selain sebagai subyek dari manajemen itu sendiri. Satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam mengambil keputusan dalam manajemen keuangan sekolah adalah pemerataan terhadap kebutuhan sesuai anggaran yang ada, agar semua kubutuhan terpenuhi dan mengutamakan kebutuhan yang lebih penting untuk dianggarkan terlebih dahulu. Dan tentu saja penempatan orang-orang yang tepat sesuai dengan bidang manajemen keuangan sekolah.

    BalasHapus
  18. Semua orang pasti membutuhkan yang namanya uang, baik itu d perusahaan, kantor-kantor, sekolah, perguruan tinggi, dll. Uang disini digunakan untuk menunjang berlangsungnya pembiayaan kegiatan masing-masing instansi di atas. Tetapi dalam pelaksanaannya tidak mudah, pembiayaan kegiatan harus ada manajemennya keuangannya. Hal yang akan kita bahas kal ini adalah manajemen keuangan sekolah. Dalam pendidikan keuangan sangat diperlukan untuk menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan, di sekolah juga dikenal implementasi MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), yang menuntut kemampuan sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah. Yang membahas mengenai Prinsip-prinsip Pengelolaan Keuangan Pendidikan, Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah, Pengertian RAPBS, Langkah-langkah Penyusunan RAPBS, Realisasi APBS dan Pertanggung jawaban Keuangan Sekolah. Dengan adanya sistem MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) semiga manajemen keuangan di sekolah-sekolah dapat berjalan dengan baik dan digunakan sebagaimana mestinya untuk dunia pendidikan yang ada di indonesia yang kta cinyai ini.

    HIDUP DAN MAJU PENDIDIKAN INDONESIA!!!!

    BalasHapus
  19. Menurut saya, sistem management keuangan sekolah ini sangat bagus, karena semua prosedur mengenai keuangan sekolah semua tersusun secara sistimatis dan memudahkan sistem keuangan di suatu sekolah. tetapi menurut saya, belum semua sekolah menerapkan sistim management keuangan seperti ini, contoh nya di sekolah saya waktu dulu yang sering kali terkesan tidak trannsparan ketika mengadakan sebuah kegiatan.

    semoga implementasi management keuangan sekolah ini dapat mengatasi masalah-masalah yang menyangkut keuangan sekolah, apalagi dalam kondisi yang krisis saat ini, agar kita terhindar dari masalah-masalah yang sering kita temuin seperti tidak efektifnya dan efesien dana yang dikeluarkan,dan terbebas dari penyakit korupsi, kolusi dan nepotisme.

    BalasHapus
  20. bagaimana kalau sistem manajemen keungan sekolah menggunakan sistem yang berbasis komputerisasi? dibangun secara multi-user dan terpadu antar berbagai modul sehingga meng-eliminir kesalahan-kesalahan material dan memudahkan dalam memasukkan data. Penerapan sistem transaksi yang real time setiap saat laporan dapat dicetak secara benar dan up-todate,dalam hal ini akan mendapat akurasi yang maksimal dan menghindari dari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan namun ini dari segi pendataan saja!mungkin di sekolah-sekolah maju di indonesia sudah menggunakan model sistem informasi keuangan sekolah seperti ini...

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum,..
    Berjalannya sesuatu memang dengan menggunakan uang. Demikian juga berjalannya sekolah, pasti menggunakan uang yang akan menunjang seluruh kegiatan yang dilakukan sekolah tersebut. Namun, untuk mengelola keuangan sekolah harus ada manajemennya. Dalam memanajemen keuangan sekolah sangat diperlukan orang-orang yang berkompeten di bidangnya dan yang harus diutamakan dan dijunjung tinggi adalah yang sifat kejujuran. Perlu adanya transparansi seluruh pemasukkan maupun pengeluarannya. Hal ini dimaksudkann agar tidak terjadi penyimpangan pemasukkan dana, tidak terjadi kasus dana yang masuk ke kantong oknum-oknum yang tidak jujur. Selain itu hal ini juga dimaksudkan agar dana yang diperoleh dapat digunakan secara optimal dan tidak terjadi KKN di lingkungan sekolah,..

    BalasHapus
  22. Assalamu alaikum...
    Manajemen Keuangan Sekolah wajib diterapkan di sekolah guna menghindari penyalahgunaan atau penyelewengan dana atau penggunaan anggaran yang tidak semestinya. Bagaimanapun operasional di biayai oleh masyarakat baik dari pungutan pajak maupun sumbangan orang tua siswa melalui Komite. oleh karena harus dipertanggung jawabkan secara transparan.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum wr.wb.
    Manajemen keuangan sekolah haruslah diterapkan dengan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan di masing-masing sekolah. Tiap-tiap sekolah pasti mempunyai berbagai macam model model manajemen keuangan sekolah mereka masing-masing. Karena tiap-tiap sekolah pasti mempunyai perbedaan sumber keuangan mereka. Untuk menciptakan suatu manajemen yang baik tiap-tiap kepsek dan anggotanya haruslah melaksanakannya dengan terbuka dan mengontrol tiap-tiap pembukuannya agar penyimpangan dan kesempatan untuk melakukan korupsi dapat dicegah. Tiap pengeluaran dan pemasukan haruslah direncanakan dan disesuaikan dengan keuangan yang ada. Karena apabila tidak direncanakan maka pengeluaran akan tidak terkendali dan terjadi deficit dalam keuangan sekolah. Serta yang terpenting tiap pengeluaran harus dapat dipertanggung jawabkan.
    Wassalamualikum wr.wb.

    BalasHapus
  24. Anggaran pemerintah bagi dunia pendidikan adalah yang terbesar yaitu minimal 20 % dari APBN. Hal tersebut telah tertuang dalam konstitusi negara kita, meskipun pemerintah baru akan merealisasikannya pada tahun 2009, dengan perkiraan lebih dari Rp 65 triliun bagi dunia pendidikan. Memang suatu tanggung jawab yang besar bagi semua pihak untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Ada satu hal yang ingin saya ungkapkan yaitu mengenai sekolah-sekolah negeri yang kian lebih mahal dibandingkan dengan sekolah swasta, saya menilai bahwa manajemen keuangan sekolah tersebut tidak sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan pendidikan, bahkan terkesan bahwa pendidikan telah menjadi komoditas bisnis bagi para pemilik modal. Dengan adanya manajemen keuangan sekolah yang bertanggung jawab dan profesional mampu menghasilkan kader-kader bangsa yang unggul dan tangguh dalam menghadapi krisis dan tantangan global serta pengelolaan manajemen keuangan yang baik adalah cerminan pendidikan Indonesia yang lebih baik, membuka cakrawala realitas pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  25. Keuangan merupakan salah satu bagian terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan dalam sebuah sekolah. Karena ini menyangkut kesejahteraan para pegawai di lingkungan sekolah yang membantu memjalankan kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar. Dan karena ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan rawan(berhubungan dengan uang yang tidak sedikit), selain kita harus selalu mengawasinya, kita harus benar-benar bisa memilih orang yang dapat dipercaya guna menjalankan tugas ini dengan baik dan profesional...

    BalasHapus
  26. Realisasi pelaksanaan APBS merupakan tujuan akhir dari manajemen keuangan sekolah. Dimana jumlah pendapatan dan pengeluaran harus seimbang.

    RAPBS berasal dari perhitungan pendapatan dan kemudian disusun item kegiatan yang berasal dari program kerja unit dibawah manajer (Kepala Sekolah) seperti Wakil Kurikulum, Kepala Laboratorium, Kepala Tata Usaha, Wali Kelas, Guru BP/BK, dll.

    Hasilnya adalah realisasi yang sesuai dan seimbang, dan atau anggaran plus untuk memiliki dana pengembangan pendidikan.

    BalasHapus
  27. AssaLammuaLaikum Wr.Wb
    Endah Prihatiningsih 5215079451 Jurusan Tehnik Elektronika (Dikmenti.
    Dalam merealisasikan pelaksanaan keuangan APBS dan pembiayaan penyelenggaraan pendidikan merupakan komponen utama dari manajemen keuangan sekolah. Dimana komponen keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya Kegiatan Belajar Mengajar disekolah dapat berjalan dengan baik dan lancer serta secara efektif dan efisien. Dalam jumlah pendapatan dan pengeluaran juga harus seimbang agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

    RAPBS dapat diperoleh dari anggaran dan fasilitas dari pemerintah atau berasal dari penyandang dana tetap tetapi dapat juga berasal dari perhitungan sumber pendapatan dan kemudian dapat diimplementasikan dengan membentuk komite sekolah. Dan dalam penyusunan anggaran disusun item kegiatan yang berasal dari program unit kerja dibawah Kepala Sekolah yang berfungsi sebagai Manajer, yang kemudian dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, KaProdi, Kepala Jurusan, Kepala Tata Usaha, Wali Kelas, para guru – guru , etc.

    Hasil realisasi dalam penyusunan RAPBS adalah harus menerapkan prinsip anggaran yang sesuai dan berimbang, artinya rencana pendapatan dan pengeluaran berimbang serta diupayakan pendapatan anggaran plus agar kehidupan sekolah akan menjadi solid dan benar – benar kokoh dalam memiliki dana keuangan dalam pengembangan pendidikan.

    Demikian komentar dari saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan jika ada kesalahan dalam penggunaan dan penulisan kata – kata saya mohon maaf karena segala kekurangan milik saya dan kesempurnaan hanya milik Allah S.W.T.

    Wassalammualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  28. AGUNG PRASETYO RINALDI
    NO.REG. 5215077530
    PNRS1ELEKTRONIKA

    Salah satu kelemahan mendasar dalam Sistem
    Pendidikan di Indonesia adalah sulitnya
    memperoleh informasi keuangan sekolah yang
    standar.

    Anggaran pendidikan, pola subsidi pendidikan,
    pelaporan pengelolaan keuangan sekolah,
    pengukuran dan pelaporan kinerja sekolah,
    costing dan pricing layanan pendidikan, audit
    keuangan dan kinerja sekolah merupakan
    komponen manajemen keuangan pendidikan.

    Pembenahan manajemen keuangan pendidikan
    di Indonesia harus dimulai dengan menyusun
    tehnik keuangan pendidikan yang komprehensif.

    Dalam sebuah format regulasi manajemen
    keuangan, para pengelola pendidikan didorong
    untuk memperbaiki kualitas pendidikan di
    Indonesia melalui upaya kebijakan maupun
    teknis pengelolaan sekolah.

    Kualitas pendidikan dapat dicerminkan dengan
    biaya yang dikeluarkan dan pengendaliannya.
    Informasi laporan biaya, terutama tipe aktivitas
    dan unit cost yang seharusnya diawasi,
    membuktikn bahwa kualitas pelayanan dan
    variasinya amat ditentukan dengan kemampuan
    pengelolaan keuangan dengan tepat dan akurat.

    Ini berarti sistem biaya sebagai bagian dari
    manajemen keuangan, merupakan salah satu
    alat penentu terwujudnya kualitas pendidikan di
    suatu lembaga pendidikan.

    BalasHapus
  29. febry Listiawan
    5215070250
    elektro
    Saya sangat setuju dengan manajemen keuangan sekolah karena Management keuangan sekolah sangat dibutuhkan oleh sekolah, untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran dana pada suatu sekolah, dalam hal ini prinsip transparansi dan kejujuran harus dijunjung tinggi dan perlu diperhatikan oleh bendaharawan dan semua pihak yang berkaitan.
    Dalam memanajemen keuangan sekolah sangat diperlukan orang-orang yang berkompeten di bidangnya dan yang harus diutamakan dan dijunjung tinggi adalah yang sifat kejujuran. Perlu adanya transparansi seluruh pemasukkan maupun pengeluarannya. Hal ini dimaksudkann agar tidak terjadi penyimpangan pemasukkan dana, tidak terjadi kasus dana yang masuk ke kantong oknum-oknum yang tidak jujur.
    Maka dari itu adanya manajement keuangan sekolah itu sangat baik

    BalasHapus
  30. Nama : Makmur
    Nim : 5215079453
    jurusan : Teknik Elektronika (dikmenti)
    Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan,dimana dana pendidikan bisa di dapat dari pemerintah seperti dana BOS,siswa dengan iuran SPP,dan masyarakat yang mungkin membantu menyumbang dana pendidikan,dengan begitu sumber keuangan pendidikan harus di kelola dengan transparan dan sebaik-baiknya agar proses pendidikan disekolah akan berjalan dengan baik.kalau sudah dikelolah dengan baik dan transparan maka tidak ada lagi kekurangan-kekurangan dana dalam proses pendidikan disekolah

    BalasHapus
  31. Jaka Mulyadi PNR Elka (5215077524)

    Management keuangan sekolah merupakan sebuah system yang mengatur jalannya suatu sekolah dari segi ekonomi. Diamana dengan adanya management keuangan, suatu sekolah akan dapat memiliki suatu kekuatan ekonomi yang kuat untuk melakukan suatu proses belajar mengajar yang berkualitas di sekolah tersebut.
    Sekolah itu sebetulnya sama seperti perusahaan, dimana diperlukan suatu organisasi yang mengatur jalannya sebuah sekolah, baik segi ekonomi, human resource, jenjang karir dan lain sebagainya. Dengan adanya management keuangan sekolah yang dikelola secara professional, bukannya tidak mungkin sekolah tersebut dapat berdiri dengan kuat dan bahkan bisa mengembangkan sekolah tersebut, sehingga dapat memebrikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.
    Semoga saja management keuangan ini benar-benar diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia, dan dijalanakan dengan professional dengan mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.

    BalasHapus
  32. fahmi amran l
    pnr elektronika o7
    5215077528


    menurut pendapat saya tentang laporan keuangan itu saya sangat setuju dengan adanya laporan Keuangan merupakan salah satu bagian terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan dalam sebuah sekolah,keuangan dan pembiayaan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam manajemen pendidikan dimana dana itu bisa di dapat dari pemerintah seperti siswa membayar spp,warga membayar iuran pajak dll.
    dengan demikian laporan keuangan itu dapat dikelolah dengan baik tanpa ada kesalahan apapun maka tidak ada lagi kekurangan-kekurangan dana dalam proses pendidikan.

    BalasHapus
  33. FATHURACHMAN
    PNR Teknik Elektronika 07
    5215077526

    manajemen keuangan sekolah dapat menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan disekolah. untuk menyelenggarakan manajemen keuangan sekolah harus di tinjau dari pembiayaan administrasi seolah untuk terlaksananya proses pembangunan dan kegiatan belajar mengajar disekolah maka laporan administrasi itu sangat penting dan harus menunjang tercapainya tujuan dari pendidikan.

    BalasHapus
  34. yudha dharmawan
    pnr elektronika 07 unj
    5215077539


    dlam mengelola manajemen keuangan diperlukan tenaga yang ahli dalam bidangnya dan berpengalaman juga dapat di percaya dalam mengelola keuangan .dalam pelaksanaannya dan sumber uang tersebut harus jelas.manajemen keuangan sekolah amat penting demi lancarnya kegiatan pendidikan.oleh karna itu tidak boleh disalah gunakan oleh salah satu pihak.dalam menyusun rencana anggaran harus jelas tujuannya dan transparan dapat di artikan jujur dan dapat di buktikan secara real.pengawasan manjemen juga harus diperhatikan demi kelancaran proses pendidikan

    BalasHapus
  35. Asslammualikum wr.wb.
    Menurut pendapat saya, sebaiknya sekolah menciptakan manajeman keuangan sekolah dengan baik. Karena manajemen keuangan sekolah yang diciptakan dengan baik,maka pengelolaan dana dari pemerintah,orang tua atau peserta didik,serta masyarakat dapat dipertanggungjawabkan yamg digunakan sekolah seperti pemeliharaan gedung,fasilitas,dan alat-alat pengajaran serta yang lainnya.Dalam hal ini manajemen keuangan sekolah juga harus mempertanggungjawabkan pengelolaan dana yang digunakan untuk sekolah yang melalui RAPBS disampaikan secara trasparan agar terhindar dari korupsi,kolusi,dan nepotisme.Untuk itu,agar terhindar dari hal-hal yang buruk dari manajemen keuangan sekolah sebaiknya kepala sekolah yang bertindak sebagai manajer sekolah harus merencanakan secara matang menciptakan komonen manajemen keuangan yang diaturnya

    BalasHapus
  36. Aditya_triantoro PNR ELKO 5215077538 Assalamualaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya,sebaiknya sekolah menciptakan manajemen keuangan sekolah dengan baik.Karena manajemen yang diciptakan dengan baik,maka pengelolaan dana keuangan dari pemerintah,orangtua atau pesrta didik,serta masyarakat dapat dipertanggungjawabkannya untuk keperluan yang digunakan sekolah seperti pemeliharaan gedung,fasilitas,dan alat-alat pengajaran serta yang lainnya.Dalam hal ini manajemen keuangan sekolah harus mempertanggungjawabkan pengelolaan dana yang digunakan sesuai dengan RAPBS disampaikan secara transparan agar terhindar dari korupsi,kolusi,dan nepotisme.Untuk itu, agar terhindar dari hal-hal yang buruk sebaiknya kepala sekolaharus merencanakan secara matang dalam menciptakan komponen mamajemen keuangan yang diaturnya.

    BalasHapus
  37. tiyas pambudi
    noreg 5215079455
    sekolah tidak akan berjalan normal jika tidak ada dana yang memadai maka untuk menjaga agar sekolah berjalan normal maka sekolah dapat mengajukan Rapbs kepada pemerintah atau kepada orang tua murid atau peserta didik.untuk melaksanakan nya perlu kiranya di cari sdm yang profesional dalam arti dapat mengelola keaungan dengan baik dan dapat di pertanggung jawabkan kepada komite sekolah

    BalasHapus
  38. Ade setiawan
    5215077547
    PnR Elektronika 07'

    Ass. Wr.Wb
    Manajemen sekolah akan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang professional untuk mengoperasikan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa,tenaga kependidikan yang handal, sarana-prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal di atas tidak sesuai dengan yang diharapkan dan/atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan sekolah kurang optima

    BalasHapus
  39. Lingga Trihasta S
    5215077546
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Assalamualaikum

    Menurut saya tanpa adanya Manajemen pendidikan atau admnistrasi sekolah yang baik maka kemungkinan sekali segala upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan akan gagal sama sekali. Bidang ataupun aspek apapun yang akan dibenahi akhirnya kembali kepada adanya prasyarat utama yaitu terselenggaranya Manajemen pendidikan yang handal. Jadi masalah Manajemen pendidikan adalah masalah yang sangat berperan dalam proses penyelenggaraan pendidikan baik sebagai sarana maupun alat penataan bagi komponen pendidikan lainnya, dan hal ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Engkoswara (1987 : 42) bahwa :

    “Manajemen pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya adalah suatu ilmu yang mempelajari penataan sumber daya yaitu sumber daya manusia, kurikulum atau sumber belajar dan fasilitas untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal dan menciptakan suasana yang baik bagi manusia, yang turut serta dalam pencapaian tujuan pendidikan yang disepakati. Manajemen pendidikan pada dasarnya adalah suatu media belaka untuk mencapai tujuan pendidikan secara produktif yaitu efektif dan efisien.”



    Jadi dengan lebih memperhatikan aspek Manajemen pendidikan maka diharapkan tujuan pendidikan atau target program pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Manajemen pendidikan yang juga sering disebut dengan manajemen pendidikan sangat diperlukan untuk menjamin supaya seluruh kegiatan pendidikan dapat terlaksana dengan optimal. Hal tersebut sesuai dengan yang dikemukakan Purwanto dan Djojopranoto (1981:14) bahwa :

    “Manajemen pendidikan adalah proses keseluruhan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan dan pembiayaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personil, materiil, maupun spirituil untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.”



    Dari beberapa pengertian di atas dapat dilihat betapa Manajemen pendidikan merupakan faktor utama dalam penyelenggaraan pendidikan. Karena Manajemen pendidikan merupakan suatu usaha bersama yang dilakukan untuk mendayagunakan semua sumber daya baik manusia, uang, bahan dan peralatan serta metode untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Jadi dalam Manajemen pendidikan terkandung unsur-unsur :

    1. Tujuan yang akan dicapai.

    2. Adanya proses kegiatan bersama.

    3. Adanya pemanfaatan sumber daya.

    4. Adanya kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan terhadap sumber daya yang ada.

    BalasHapus
  40. Nama : Danu Purwanto
    No. Reg: 5215077529
    Pendidikan S1 Teknik Elektronika 2007

    Asslkum

    Manajemen keuangan sekolah tidak terlepas dari orang tua siswa. Jadi ketika sekolah ingin memenejemen pembayaran untuk sekolahnya. sebaiknya dari pihaksekolah harus lebih transparan atau terbuka dalam mensiasati manajemen keuangan tersebut. dan juga seharusnya pihak sekolah sering mengadakan pertemuan untuk para orang tua / wali murid untuk membicarakan manejemen keuangan tersebut. dan kemejuan sekolah ditentukan bukan dari para pihak sekolah saja tetapipara anggota masyarakat yang turut serta ikut memajukan sekolah demisebuah pendidikan yang lebih baik

    BalasHapus
  41. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    Komentar Tentang “Manajemen Keuangan Sekolah”


    Saya rasa artikel yang bapak muat tentang manajemen keuangan sekolah ini tepat pada sasarannya, dan manajemen keuangan ini lengkap dan menyeluruh. Mungkin, dengan adanya manajemen ini para guru atau tenaga pendidik tidak perlu khawatir lagi. Asal memiliki karyawan atau staff yang ahli dalam bidang keuangan atau administrasi. Dulu saya waktu SMU Teman saya mempunyai masalah dalam pembayarannya, dia merasa sudah membayar uang bukunya, ternyata setelah diperiksa tidak tercatat ada pembukuan pembendaharaannya. Dan teman saya satu lagi merasa belum bayar buku, setelah diperiksa sudah tercatat lunas. Ini merupakan contoh bahwa manajemen keuangan ini tidak berkompeten pada SDM-nya. Memang, semua lembaga atau institusi perusahaan perlu adanya manajemen dan system yang bermutu. Tanpa manajemen dan system, semua aktivitas akan berjalan tidak lancar. Seperti halnya manajemen universitas kita, terdapat hak dan kewajiban setiap individu yang terkait. Entah dari mahasiswa, dosen, BAAK dan lain-lain.

    BalasHapus
  42. Nama : Eko budiono
    No. Reg : 5215077520
    Program : PNR Pendidikan Teknik Ektronika 2007

    Menurut saya manajemen keuangan harus diperbaharui dan di perbaiki guna untuk memperbaiki kualitas dari sekolah tersebut serta kegitan pendidikan di sekolah tersebut, karena dengan pembaharuan manajemen keuangan sekolah sekolah bisa menilai apa saja kekurangan dan kelebihan pengeluaran dan pemasukan kegiatan disekolah serta dapat mengoreksi kekurangan apa saja yang dilakukan dalam proses keuangan sehingga sekolah bisa memotong pengeluaran yang tidak di perlukan dan menggunakannya untuk keperluan yang di butuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar sekolah tersebut.

    BalasHapus
  43. nama:Redi Hermawan
    No Reg:5215077541
    PNR Pendidikan Teknik Elektronika 2007

    Manajemen keuangan di sekolah terutama berkenaan dengan kiat sekolah dalam menggali dana, kiat sekolah dalam mengelola dana, pengelolaan keuangan dikaitkan dengan program tahunan sekolah, cara mengadministrasikan dana sekolah, dan cara melakukan pengawasan, pengendalian serta pemeriksaan.
    Inti dari manajemen keuangan adalah pencapaian efisiensi dan efektivitas. Oleh karena itu, disamping mengupayakan ketersediaan dana yang memadai untuk kebutuhan pembangunan maupun kegiatan rutin operasional di sekolah, juga perlu diperhatikan faktor akuntabilitas dan transparansi setiap penggunaan keuangan baik yang bersumber pemerintah, masyarakat dan sumber-sumber lainnya.

    BalasHapus
  44. Unia Diyan Margi Utami No.Reg 5215079448
    MBS harus dijalankan oleh pihak sekolah agar KBM dapat berjalan lancar.Agar tercipta pendidikan yang baik.

    BalasHapus
  45. Aditya_triantoro
    PNR Elektronika 07
    5215077538
    Assalammualaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya, Sebaiknya sekolah membentuk manajemen keuangan sekolah dengan baik, Karena manajemen keuangan sekolah yang dibentuk dengan baik, maka pengelolaan keuangan dari pemerintah, orangtua / peserta didik, serta masyarakat dapat di pertanggungjawabkannya untuk keperluan yang digunakan sekolah seperti: pemeliharaan gedung, fasilitas sekolah, dan alat- alat pengajaran serta yang lainnya. Dalam hal ini manajemen keuangan sekolah harus mempertanggungjawabkan juga pengelolaan dana yang digunakan untuk sekolah melalui RAPBS disampaikan secara transparan agar terhindar dari korupsi, kolusi,dan nepotisme. Untuk itu, agar terhindar dari hal-hal yang disebutkan diatas. Sebaiknya kepala sekolah yang bertindak sebagai manajer sekolah harus merencanakan secara matang dalam membentuk komponen manajemen keuangan yang diaturnya.

    BalasHapus
  46. Manajemen disekolah selama ini saya rasa kurang begitu baik dengan tidak didukungnya sistem komputer yang saya lihat selama ini sistem pembayaran disekolah menggunakan sistem manual yang mana datanya banyak yang masih ada yang hilang. Dengan adanya bendahara Komite Sekolah juga cukup membantu keuangan atau manajemen keuangan disekolah dan terkaper apa yang di belanjakan.
    Biaya rutin adalah biaya yang harus dikeluarkan dari tahun ke tahun, seperti gaji pegawai (guru dan non guru), serta biaya operasional, biaya pemeliharaan gedung, fasilitas dan alat-alat pengajaran (barang-barang habis pakai). Sementara biaya pembangunan, misalnya, biaya pembelian atau pengembangan tanah, pembangunan gedung, perbaikan atau rehab gedung, penambahan furnitur, serta biaya atau pengeluaran lain unutk barang-barang yang tidak habis pakai

    BalasHapus
  47. Hotma Tiopan Simanjuntak
    5215077543
    PNR ELEKTONIKA 07

    Manajemen implementasi yang bagus. Seperti semua inisiatif yang lain, manajemen yang bagus adalah kunci untuk implementasi yang afektif. Bila perubahan sistemik dilaksanakan tanpa perubahan kebudayaan organisasi, implementasinya sering gagal dan kembali ke keadaan sebelumnya, seperti kita sudah melihat dulu setelah kepala sekolah yang mendorong prosesnya dipindahkan ke sekolah yang lain.

    Untuk implementasi yang bagus semua stakeholder harus sangat mengerti peran mereka masing-masing. Sesuai dengan etos MBS peran mereka tidak dapat dipastikan dari awal secara hitam di atas putih, mereka perlu, secara proses terbuka, mendiskusikan dan menukar pikiran supaya peran mereka yang paling mendukung guru di lapangan dan proses belajar-mengajar secara maksimal dapat ditentukan. Di dalam program baru, tidak ada peserta yang dianggap superior, semua walau mereka adalah Dewan Pendidikan, guru baru, atau orang tua yang petani, membawa input (pengalaman) dan kebutuhan mereka ke meja diskusi untuk mencari jalan terbaik untuk membantu yang lain maupun keperluan mereka sendiri. Sekarang, yang juga sangat mendukung prosesnya adalah kita sekalian mengimplementasikan

    BalasHapus
  48. IRFAN MUBAROK
    5215077548
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Sekolah diminta melakukan pembenahan manajemen pengelolaan keuangannya dengan mengedepankan transparansi melalui anggaran pendapatan dan belanja sekolah (APBS) partisipatif. APBS partisipatif dinilai penting sebagai bentuk pertanggungjawaban keuangan sekolah kepada publik.
    Sekolah harus membuang jauh bahwa ia adalah penguasa pungutan. Ini penting, karena kesewenang-wenangan sekolah menarik dana pendidikan orangtua sudah pada taraf mengkhawatirkan dan meresahkan orangtua murid

    BalasHapus
  49. M.goeltom
    5215077518
    PNR ELEKTRONIKA 07


    Segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan, harus dapat dikelola dengan baik. Karena hal itu menyangkut keberlangungan kegiatan pendidikan di tiap sekolah. Pihak-pihak yang diberikan amanah untuk mengelola keuangan di sekolah harus memiliki kejujuran yang tinggi serta kemampuan manajerial yg baik sehingga tidak akan terjadi penyelewengan dana operasional ke kas pribadi. Selain itu pengelolaan keuangan harus dilaksanakan secara transparan sehingga semua pihak terkait dapat mengetahui kemana saja dana operasional itu mengalir.
    Dengan diberlakukannya dana bantuan BOS yang dimulai pada tahun lalu oleh pemerintah pusat, orang tua murid sangat terbantu, tapi setelah saya cermati faktanya di beberapa sekolah biaya SPP sudah gratis tetapi ada pungutan – pungutan liar di luar itu. Oleh karena itu harapan saya semua pihak yang berada di lingkungan sekolah harus terus memantau proses pengelolaan dana operasional sekolah sehingga di tahun berikutnya tidak ada lagi hal-hal semacam itu.

    BalasHapus
  50. Nama: Giyanto
    No reg: 5215077523
    Prodi: PNR S1 PEND TEKNIK ELEKTRONIKA

    Manajemen keungan sekolah memang harus dilaksanakan di lingkungan sekolah guna untuk mengetahui perkembangan pemasukan dan pengeluaran sekolah guna memenuhi kebutuhan apa saja yang diperlukan sekolah serta dapat mengetahui pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dan memotongnya dan menggunakan untuk kepentinganyanglebih berguna untuk sekolah.

    BalasHapus
  51. YULIANTO
    5215077536
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Keuangan dan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Hal tersebut lebih terasa lagi dalam implementasi MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), yang menuntut kemampuan sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah.

    BalasHapus
  52. Nama:Haris Triyono
    Noreg:5215077522
    Prodi:pend Teknik Elektronika PNR 07

    Menurut saya manajemen keuangan sekolah itu memegang peran penting dalam kegiatan sekolah karena tidak bisa dipungkiri kegiatan sekolah tidak akan berjalan bila tidak ada dana untuk kelancaran sekolah tersebut. Jadi dalam mengelola keuangan sekolah perlu ada manajemen, supaya keuangan sekolah dapat terarah dan terkontrol setiap pengeluaran sekolah. Agar sekolah dapat menghasilkan mutu kwalitas bagi guru, staf, karyawan, dan siswa yang baik. Dalam memanajemen keuangan sekolah harus benar-benar diperhatikan dalam mengelolanya harus hemat, tidak berlebih-lebihan, dan sesuai kebutuhan untuk kelancaran pendidikan, harus terarah, terencana, dan terprogram. Dan yang terpenting dalam proses tersebut harus terbuka dan transparan supaya tidak ada penyalah gunaan keuangan sekolah.

    BalasHapus
  53. Manajemen keuangan Sekolah memang harus ada dan harus dikelola dengan baik oleh sekolah demi majunya sekolah tersebut.Hal mengenai Manajemen sekolah itu sudah tercantum dalam anggaran sekolah (RAPBS)disana terdapat rencana anggaran pendapatan dan pengeluaran sekolah. Adapun pendapatan tersebut bisa berasal dari pemerintah pusat/daerah, komite sekolah (orang tua siswa/i) atau juga masyarakat/instansi terkait.
    Tanpa adanya sumber dana maka kegiatan sekolah sulit sekali berjalan.Untuk itu perlu sekali manejemen yang baik dari sekolah untuk mengelola keuangan sebaik baiknya, tak lupa pula pengawasan terhadap sekolah harus dilakukan secara rutin agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan.

    BalasHapus
  54. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    Menurut saya, dalam mengatur manajeman keuangan sekolah harus dikelola dengan sebaik-baiknya.
    Yaitu dengan cara mengatur pemasukan dan pengeluaran dana seoptimal mungkin. Kemudian perlu diadakannya prinsip transparasi dalam pengelolaan keuangan tersebut agar dapat dikolola secara benar dan terhindar dari korupsi. Selain itu juga diperlukannya sifat yang sangat mendasar yaitu jujur bagi orang yang diberikan kewenangan dalam mengatur keuangan tersebut. Karena perlu anda ketahui bahwa musuh utama Indonesia adalah korupsi!!!

    BalasHapus
  55. Nama : Yulius Neri
    NoReg: 5215079447
    Teknik Elektronika (Dikmenti)

    Manajemen keuangan sekolah yang baik adalah dengan adanya transparansi dalam pengelolaannya, sehingga pihak-pihak terkait seperti Komite Sekolah dapat mengetahui kemana saja biaya-biaya yang dikeluarkan sekolah. Diharapkan tidak terjadi pengeluaran-pengeluaran biaya yang tidak jelas atau digunakan untuk kepentingan pribadi oknum-oknum sekolah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dengan adanya manajemen keuangan sekolah yang baik, dapat meningkatkan kualitas dari sekolah tersebut yang dilihat dari adanya fasilitas sekolah yang lengkap yang memungkinkan siswa belajar dengan baik, nyaman dan bersemangat.

    BalasHapus
  56. asep syaefudin
    5215077531
    PNR S1 PEND.TEK.ELEKTRONIKA
    Manajemen Keuangan di sekolah sangatlah penting, karena dengan adanya manajemen keuangan pengeluaran dan pemasukan anggaran pembiayaan disekolah akan lebih terkendali. Dalam hal ini manajemen keuangan sekolah harus mempertanggungjawabkan juga pengelolaan dana yang digunakan untuk sekolah melalui RAPBS disampaikan secara transparan agar terhindar dari korupsi, kolusi,dan nepotisme.

    BalasHapus
  57. Rendi Irwanto
    5215077533
    PNR Pend.Tekhnik Elektronika 2007


    A. Pengertian Manajemen Sekolah

    Dalam konteks pendidikan, memang masih ditemukan kontroversi dan inkonsistensi dalam penggunaan istilah manajemen. Di satu pihak ada yang tetap cenderung menggunakan istilah manajemen, sehingga dikenal dengan istilah manajemen pendidikan. Di lain pihak, tidak sedikit pula yang menggunakan istilah administrasi sehingga dikenal istilah adminitrasi pendidikan. Dalam studi ini, penulis cenderung untuk mengidentikkan keduanya, sehingga kedua istilah ini dapat digunakan dengan makna yang sama.
    Selanjutnya, di bawah ini akan disampaikan beberapa pengertian umum tentang manajemen yang disampaikan oleh beberapa ahli. Dari Kathryn . M. Bartol dan David C. Martin yang dikutip oleh A.M. Kadarman SJ dan Jusuf Udaya (1995) memberikan rumusan bahwa :

    “Manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan dari empat fungsi utama yaitu merencanakan (planning), mengorganisasi (organizing), memimpin (leading), dan mengendalikan (controlling). Dengan demikian, manajemen adalah sebuah kegiatan yang berkesinambungan”.

    Sedangkan dari Stoner sebagaimana dikutip oleh T. Hani Handoko (1995) mengemukakan bahwa:

    “Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”.

    Secara khusus dalam konteks pendidikan, Djam’an Satori (1980) memberikan pengertian manajemen pendidikan dengan menggunakan istilah administrasi pendidikan yang diartikan sebagai “keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien”. Sementara itu, Hadari Nawawi (1992) mengemukakan bahwa “administrasi pendidikan sebagai rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu terutama berupa lembaga pendidikan formal”.

    Meski ditemukan pengertian manajemen atau administrasi yang beragam, baik yang bersifat umum maupun khusus tentang kependidikan, namun secara esensial dapat ditarik benang merah tentang pengertian manajemen pendidikan, bahwa : (1) manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan; (2) manajemen pendidikan memanfaatkan berbagai sumber daya; dan (3) manajemen pendidikan berupaya untuk mencapai tujuan tertentu.

    B. Fungsi Manajemen

    Dikemukakan di atas bahwa manajemen pendidikan merupakan suatu kegiatan. Kegiatan dimaksud tak lain adalah tindakan-tindakan yang mengacu kepada fungsi-fungsi manajamen. Berkenaan dengan fungsi-fungsi manajemen ini, H. Siagian (1977) mengungkapkan pandangan dari beberapa ahli, sebagai berikut:

    Menurut G.R. Terry terdapat empat fungsi manajemen, yaitu :
    (1) planning (perencanaan);
    (2) organizing (pengorganisasian);
    (3) actuating (pelaksanaan); dan
    (4) controlling (pengawasan).

    Sedangkan menurut Henry Fayol terdapat lima fungsi manajemen, meliputi :
    (1) planning (perencanaan);
    (2) organizing (pengorganisasian);
    (3) commanding (pengaturan);
    (4) coordinating (pengkoordinasian); dan
    (5) controlling (pengawasan).

    Sementara itu, Harold Koontz dan Cyril O’ Donnel mengemukakan lima fungsi manajemen, mencakup :
    (1) planning (perencanaan);
    (2) organizing (pengorganisasian);
    (3) staffing (penentuan staf);
    (4) directing (pengarahan); dan
    (5) controlling (pengawasan).

    Selanjutnya, L. Gullick mengemukakan tujuh fungsi manajemen, yaitu :
    (1) planning (perencanaan);
    (2) organizing (pengorganisasian);
    (3) staffing (penentuan staf);
    (4) directing (pengarahan);
    (5) coordinating (pengkoordinasian);
    (6) reporting (pelaporan); dan
    (7) budgeting (penganggaran).

    Untuk memahami lebih jauh tentang fungsi-fungsi manajemen pendidikan, di bawah akan dipaparkan tentang fungsi-fungsi manajemen pendidikan dalam perspektif persekolahan, dengan merujuk kepada pemikiran G.R. Terry, meliputi : (1) perencanaan (planning); (2) pengorganisasian (organizing); (3) pelaksanaan (actuating) dan (4) pengawasan (controlling).

    BalasHapus
  58. Fitri Rahayu
    5215077535
    PNR. pend. tek. elektronika 07

    sebuah management sekolah sangat lah dibutuhkan dalam mencapai sebuah kesuksesan dari sebuah pendidikan itu. karena dengan management yang baik maka dalam memenuhi sebuah sarana dan prasarana lebih mudah terkontrol. sebuah transparansi sangat dibutuhkan dalam pengaturan keuangan karena tidak akan berjalan baik sebuah tujuan pendidikan jika management tidaklah baik. karena dikwatirkan adanya penyalahgunaan wewenang dan hak individu.

    BalasHapus
  59. Wawan Jaya Kuswata
    5215079441
    Teknik elektronika
    Semua kegiatan di sekolah perlu dana, dari mulai kurikulum, kesiswaan, dan sarana prasarana. Untuk itu pengaturan keuangan sekolah harus berdasakan skala prioritas, sehingga dana yang ditarik dari masyarakat(orang tua murid)tidak menjadi beban orang tua murid dan benar-benar digunakan dengan baik untuk kemajuan sekolah.

    BalasHapus
  60. Niwan
    5215077537
    PNR Pend. Elektronika 07

    Menejemen sekolah sangat berperan penting dalam kelancaran kegiatan operasional di sekolah.Terutama mengatur masalah pengelolaan keuangan sekolah.Sumber keungan yang didapat dari tiap-tiap sekolah Yaitu dari pemerintah, orang tua murid dan masyarakat.Namun kebijakan di tiap-tiap sekolah berbeda, salah satu contohnya yang pernah saya temui yaitu pihak sekolah terlalu membebani orang tua murid dengan alasan dana untuk memajukan sekolah tersebut.Menurut saya untuk meringankan beban di adakan subsidi silang jadi orang tua murid yang kurang mampu di beri keringanan karena sudah di bantu oleh orang tua murid yang mampu membayar lebih.Dengan menejemen sekolah di harapkan mampu mengelola dengan baik, dan tidak terjadi penyelewengan dalam menejemen.Dengan begitu maka sekolah akan maju.

    BalasHapus
  61. Hafis Rizki R
    5215077517
    PNR Pend. Elektronika 07

    Menurut komentar saya, Kualitas pendidikan dapat dicerminkan dengan
    biaya yang dikeluarkan dan pengendaliannya.
    Informasi laporan biaya, terutama tipe aktivitas
    dan unit cost yang seharusnya diawasi,
    membuktikn bahwa kualitas pelayanan dan
    variasinya amat ditentukan dengan kemampuan
    pengelolaan keuangan dengan tepat dan akurat.
    Ini berarti sistem biaya sebagai bagian dari
    manajemen keuangan, merupakan salah satu
    alat penentu terwujudnya kualitas pendidikan di
    suatu lembaga pendidikan.

    BalasHapus
  62. Nazarudin 5115046513

    Prinsip Open Management atau manajemen terbuka tidak hanya pantas untuk dunia industri atau perdagangan akan tetapi prinsip tersebut sangat cocok juga digunakan pada dunia pendidikan dimana dunia pendidikan saat ini sangat rentan terhadap kemunduran yang diakibatkan masalah dana atau keuangan. Agar sekolah mampu memanfaatkan sumber dana yang ada secara optimal maka perlu adanya pembentukan orang atau kelompok (komite) yang bertanggung jawab terhadap pencarian sumber dana sekolah, pengaliran dana sekolah serta pertanggungjawaban atas alur kas sekolah tersebut. Untuk menghindari adanya tindakan korupsi atau kolusi pada dana sekolah tersebut maka manajemen yang digunakan harus terbuka dan transparan serta dipegang atau dilaksanakan oleh orang-orang yang berkompeten pada bidangnya masing-masing baik sebagai Otorisator, ordonator maupun bendaharawan...(semoga dunia pendidikan kita bersih dari KORUPSI & KOLUSI)

    BalasHapus
  63. Hermanudin
    5215079443

    Manajemen keuangan sekolah merupakan hal penting dalam menjalankan suatu pendidikan.
    Dengan manajemen keuangan sekolah yang baik maka tujuan, kegiatan dalam proses pembelajaran di sekolah akan lebih terarah dan terlaksana dengan baik.

    BalasHapus
  64. Tata Sugiarto (Mahasiswa Dikmenti)
    Noreg. 5215079450
    Teknik Elektronika

    Sekolah harus melakukan pembenahan manajemen pengelolaan
    keuangannya dengan mengedepankan transparansi melalui anggaran
    pendapatan dan belanja sekolah (APBS) partisipatif. APBS partisipatif
    dinilai penting sebagai bentuk pertanggungjawaban keuangan sekolah
    kepada publik.

    Peran manajemen sekolah bukan saatnya lagi dikuasai secara mutlak
    kepala sekolah seperti terjadi selama ini. Sebaliknya, mengedepankan
    pola berbasis kontrol pemangku kepentingan sekolah atau biasa disebut
    manajemen berbasis sekolah (MBS).

    BalasHapus
  65. nur cahyadi sunanta
    5115046511

    MBS akan sangat baik diterapkan,jika pihak sekolah sudah siap untuk melaksanakannya.Sebab ini akan membuat sekolah manjadi lebih mandiri,lebih bebas untuk menentukan arah dan kebijakan-kebijakanya dan akan lebih berkembang.Karena sebenarnya pihak sekolahlah yang tahu keadaan disekolah bukan pemerintah daerah

    BalasHapus
  66. Tri Novianti
    8135072766
    Pend.Tata Niaga Reg 2007

    menurut saya,,
    Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan untuk lebih meajukan dunia pendidikan di Indonesia.maka dari itu manajemen keuangan harus di kelola dengan baik agar tidak terjadi penyelewengan dana.

    BalasHapus
  67. David Ramot
    8135072801
    Pend.TN reg07

    Saya sangat setuju dengan "Prinsip-prinsip Pengelolaan Keuangan Pendidikan" pada penjelasan diatas, karena dengan manajemen sekolah yang baik sehingga pelaksanaan / kegiatan di sekolah yang sudah terencana akan berjalan dengan baik dan teratur.
    Dapat lebih baik lagi jika program / kegiatan sekolah yang sudah atau sedang dilakukan menmberikan laporan atau rincian anggaran, dan melaporkan realisasinya agar laporan anggaran tidak ada yang ditutup-tutupi. Dengan itu kan adanya transparasi dari segala pihak / manajemen sekolah.
    Semoga manajemen keuangan di setiap sekolah akan berjalan dan bermanfaat dengan baik sebagaimana mestinya.

    BalasHapus
  68. umi karolna
    tn reg 07
    8135072773
    menurut saya manejemen keuangan disekolah sangat dibutuhkan untuk kelancaran proses pendidikan di sekolah tersebutDalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan untuk lebih meajukan dunia pendidikan di Indonesia

    BalasHapus
  69. Julyanto,TN Reg 07
    8135072791
    Aslm...
    Menurut saya manajemen keuangan sekolah harus dikelola dengan baik serta adanya transparansi dari pihak sekolah supaya tidak ada miss komunikasi antara sekolah yang bersangkutan dengan para orang tua murid yang menganggap pihak sekolah hanya mengada-ada dan hanya untuk mencari tambahan dana yang tidak jelas.

    BalasHapus
  70. sri rahayu
    Pend.Tata Niaga Reg 07
    8135072789

    aslm..
    Menurut pendapat saya manajemen keuangan sekolah harus dikelola dengan sebaik mungkin agar dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
    Sebagai contoh: apabila fasilitas dalam sekolah telah terpenuhi maka proses belajar dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan sesuai visi dan misi sekolah.
    Tentunya sekolah ingin menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif maka sebaiknya pengelolaan dana harus diperhatikan jangan sampai banyak penyelewengan dana.

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. Noritha Kristianty
    8135072787
    Pend. Tata Niaga Reg'07

    Seringkali terjadi penyimpangan dalam manajeman keuangan sekolah, untuk itu peran pemerintah dalam mengawasi hal ini sangatlah penting. Karena banyak sekali sekolah yang menerima uang dari mendapatan yang seharusnya tidak menjadi pendapatan, adanya korupsi didalam sekolah juga sangat mengkhawatirkan karena hal tersebut berarti menunjukan pendidikan yang bobrok. RAPBS yang dicanangkan cukup baik dan tidak terlihat masalah yang terlalu signifikan, tapi disini masalahnya adalah pelaksanaan rencana tersebut yang seringkali tidak sesuai garisnya. Padahal sebenarnya rencana-rencana yang ada di Indonesia sudah cukup baik, mulai dari kurikulum, kelas akselerasi, kelas internasional, bahkan sampai RAPBS sudah dibilang cukup baik, asalkan dilakukan sesuai dengan prinsipnya! Maka dari itu peran pengawasan dan sanksi yang lebih berat perlu dilakukan lebih ketat..

    BalasHapus
  73. Risthy S.
    TN'REG 07
    8135072770

    manajemen keuangan sekolah perlulah diperhatikan peran nya. diawasi secara mendalam fungsinya sebagai suatu lembaga yang mengatur penerimaan dan sekolah sehingga mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan dalam sekolah tersebut.misalnya: korupsi dana sekolah, dimana menunjukkan kurangnya peran serta aktif anggota sekolah. oleh karena itu RAPBS terlihat lebih efektif dan efisien :)

    BalasHapus
  74. Ichwan Septiadi
    Pend. Tata Niaga'07
    8135072781

    Ass.,
    Mengingat pentingnya berhemat pada zaman seperti ini merupakan langkah yang paling baik dalam setiap apapun yang anda lakukan bahkan dalam dunia pendidikan yang saat ini biayanya telah menjulang tinggi. Dan ternyata RAPBS merupakan salah satu alternatifnya sehingga manajemen keuangan sekolah dapat terkontrol sehingga tidak lagi terjadi pemungutan biaya yang tidak jelas terhada para orang tua murid.

    BalasHapus
  75. Triwibisono Iskandar
    TN reg 07
    8135072779

    Dana adalah sebuah komponen yang penting dalam berjalannya suatu hal, tanpa pendanaan suatu kegiatan akan berjalan secara tidak sempurna, seperti halnya sekolah pun membutuhkan dana dalam menjalankan kegiatannya, sehingga manajemen keuangan sekolah merupakan suatu pengatur pendanaan. Pengaturan tersebut harus ada pengawasan dari semua pihak, dikarenakan sesuatu yang berhubungan dengan keuangan, sangat rentan untuk di korupsi

    BalasHapus
  76. Fitri Amelia
    Pend.Tata Niaga Reg 07
    8135072765

    Tidak dipungkiri keuangan adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini terangkum dalam Manajemen Keuangan Sekolah. Menejemen Keuangan Sekolah sangat berperan penting dalam kelancaran kegiatan operasional di sekolah. Komponen keuangan, pembiayaan dan kegiatan operasional pada suatu sekolah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan belajar mengajar di sekolah bersama dengan komponen-komponen yang lain. Untuk itu pihak sekolah bersama komite sekolah pada setiap awal tahun anggaran perlu bersama-sama merumuskan RAPBS sebagai acuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan manajemen keuangan yang baik. Karena setiap sekolah baiknya memiliki pengelolaan manajemen keuangan sekolah yang baik dan dilaksanakan serta dilaporkan secara tranparan. Pelaksanaan RAPBS seringkali menyimpamg dari apa yang telah diprogramkan. Karena adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan pihak sekolah yang menghabiskan banyak dana namun kegitan tersebut kurang penting. Untuk itu segala kegiatan yang berhubungan dengan manajemen keuangan hendaklah dikelola dengan baik dan transparan sehingga tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang nantinya akan menghambat kegiatan belajar mengajar di sekolah.

    BalasHapus
  77. dewi setiyarini
    8135072775
    pend. TN reg 07

    dalam pendekatan manajemen berbasis sekolah maka sangat penting untuk merencanakan manajemen keungan tersebut. karena keungan itu dikelola untuk tercapainya tujuan pendidikan pendidikan secara optimal. dalam pengelolaan keuangannya pun harus benar-benar transparan baik kepada siswa, wali murid maupun lingkungan. dan setidaknya dalam rencana manajemen keungan itupun harus berpegang pada prinsip-prinsip yang telah di tetapkan agar tidak menyimpang dari tujuan pendidikan itu sendiri.

    BalasHapus
  78. dalam suatu sekolah, menejemen keuangan sangat penting, karena keuangan tersebut dapat menunjang atau tercapainya tujuan pendidikan yang baik dan taratur.

    BalasHapus
  79. dalam suatu sekolah, menejemen keuangan sangat penting, karena keuangan tersebut dapat menunjang atau tercapainya tujuan pendidikan yang baik dan taratur.

    BalasHapus
  80. dalam suatu sekolah, menejemen keuangan sangat penting, karena keuangan tersebut dapat menunjang atau tercapainya tujuan pendidikan yang baik dan taratur.

    BalasHapus
  81. RevitaRenda I
    pend.Tata niaga reg 07

    memang tidak dibutuhkan dana yang sedikit untuk membangun sekolah yang baik. disini diperlukan orang yang ahli dan kompeten dalam mengatur keuangan sekolah. disamping itu, diprlukan orang yang jujur dan berbudi pekerti agar terhindar dari penyelewengan dana. pihak sekolah harus transparan terhadap orangtua murid tentang pengeluaran-pengeluaran sekolah, dari biaya SPP atau sumbangan orang tua murid. untuk itu, setiap tahunnya, pihak sekolah dan komite-komite mengadakan RAPBS sebagai acuan dalam melaksanakan manajemen keuangan dengan baik.

    BalasHapus
  82. Dwi Yuniarti
    8135072800
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Dalam perkembangan pendidikan, menejemen keuangan sekolah sangat diperlukan karena dari manejemen tersebut dapat memenuhi fasilitas apa saja yang nantinya diperlukan oleh para murid. Manajemen keuangan sekolah juga baik manfaatnya untuk mengatur sistem pembayaran dan pengeluaran keuangan sekolah..

    BalasHapus
  83. taofiq
    TN reg 07
    8135072805

    manajemen keuangan sekolah menurut saya seharusnya lebih transparan,entah itu dalam pembangunan fisik sekolah atau dalam hal yang lainnya. ini juga perlu diketahui oleh orang tua murid melalui komite sekolah. karena dengan cara ini bisa menghindarkan siswa dari pungutan-pungutan dari sekolah dengan berbagai alasan yang diajukan. keuangan sekolah haruslah dikelola dengan benar oleh pihak sekolah karena ini merupakan suatu tanggung jawab dan jangan disalah gunakan.
    dengan manajemen keuangan sekolah yang baik tentu saja dapat memajukan citra sekolah itu sendiri di mata masyarakat.

    BalasHapus
  84. imam irawan
    tata niaga reg 07
    8135072811

    menurut saya dalam hal menejemen keuangan menyangkut keberlangungan kegiatan pendidikan di tiap sekolah. Pihak-pihak yang diberikan amanah untuk mengelola keuangan di sekolah harus memiliki kejujuran yang tinggi serta kemampuan manajerial yg baik sehingga tidak akan terjadi penyelewengan dana operasional ke kas pribadi. Selain itu pengelolaan keuangan harus dilaksanakan secara transparan sehingga semua pihak terkait dapat mengetahui kemana saja dana operasional itu mengalir.

    BalasHapus
  85. Kristiana Ermawati
    Pend.tata Niaga (Reg'07)
    8135072771

    menurut saya Manajemen Keuangan harus dikelola dengan sebaik mungkin. karena apabila pengelolaaan keuangan tersebut baik dapat menunjang fasilitas sekolah tersebut. jadi orang yang mengelola harus memiliki kejujuran yang tinggi, sehingga uang yang diperoleh tidak digunakan untuk kepentingan pribadinyan. Namun untuk kepentingan sekolah itu sendiri. jadi sekolah dapat menyediakan fasilitas yang dapat menunjang proses belajar siswa.

    BalasHapus
  86. Liza Sabriani
    Pend.Tata Niaga reg 07
    8135072797

    menurut pendapat saya,memang harus ada transapransi manajemen keuangan agar tidak ada kecurangan dalam penerimaan dan pengeluaraan anggaran sehingga tidak ada kerugian.di manejemen keuangan harus mempunyai prinsip-prinsip agar penerapannya bisa berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  87. alek monaris s
    pend.tata niaga 07
    8135072768

    keuangan merupakan salah satu faktor yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi dalam dunia pendidikan..

    dalam menajemen keuangan sekolah. sekolah diberi kewenangan untuk dapat memanage keuangan sebaik mungkin dengan transparansi didalam pertanggungjawabannya.yang merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan pendidikan.. .

    dengan kewenangan yang diberikan kepada pihak sekolah diharapakan dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut.. .

    BalasHapus
  88. Muhammad Rizki Hakiki
    81350727294
    Pend. Tata Niaga Reg 07


    Menurut saya, semua pihak yang di beri amanah untuk mengelola keuangan di sekolah harus memiliki kejujuran yang tinggi serta kemampuan manajerial yg baik sehingga tidak akan terjadi penyelewengan dana operasional karena segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan harus dapat dikelola dengan baik agar keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah berjalan lancar.
    Selain itu pengelolaan keuangan harus dilaksanakan secara transparan sehingga semua pihak yang terkait dapat mengetahui kemana saja dana operasional itu di pergunakan.

    BalasHapus
  89. Pengendalian yang baik terhadap
    administrasi manajemen keuangan
    pendidikan akan memberikan
    pertanggungjawaban sosial yang baik
    kepada berbagai pihak yang
    berkepentingan
    Dalam perspektif akuntansi, setiap kepala sekolah wajib
    menyampaikan laporan di bidang keuangan, terutama mengenai
    penerimaan dana pengeluaran keuangan sekolah kepada Komite
    Sekolah dan pemerintah. Dengan demikian, standar akuntansi
    keuangan diberlakukan sebagai kriteria pelaporan yang disajikan
    bagi pihak pengelola sekolah. Hal ini akan menjamin akuntabilitas
    publik, khususnya bagi pengguna jasa pendidikan.

    BalasHapus
  90. Aji Saputra
    8135072796
    TN Reg'07


    Manajemen keuangan sekolah yang baik akan mempengaruhi sistem yang ada disekolah yang bersangkutan ,karena manajemen keuangan menyangkut kebutuhan sekolah dalam mengatur keuangan disekolah tersebut.

    BalasHapus
  91. febriany TN' Non reg 07
    (8135077977)

    Manajemen keuangan dalam dunia pendidikan harus diatur dengan baik agar kegiatan di sekolah dapat berjalan dengan lancar tidak terhambat...selain itu antara pemerintah dan pihak sekolah pun harus bekerjasama dengan baik....
    pendidikan di negeri ini belum maximal... banyak anak di luar sana yang putus sekolah akibat kekeurangan dana pendidikan.....

    untuk itu sekali lagi pemerintah harus lebih peduli dan tanggap dalam dunia pendidikan ini khususnya pendidikan dalam negri ini...

    BalasHapus
  92. Aditya Septiadi A
    8135072783
    pend.TN reg 07

    merurut saya manajemen keuangan dalam harus di atur dengan baik... karena pembiayaan merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksaan kegiatan pendidikan...
    selain itu pengawasan harus sanggat baik agar tidak terjadi penyalahgunaan dana

    BalasHapus
  93. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    manajemen keuangan dalam lingkungan sekolah harus dikelola dengan baik.Agar sekolah dapat menghasilkan mutu kualitas bagi guru, staf, karyawan, dan siswa yang baik. Dalam memanajemen keuangan sekolah harus benar-benar diperhatikan dalam mengelolanya harus hemat, tidak berlebih-lebihan, dan sesuai kebutuhan untuk kelancaran pendidikan,dan untuk itu maka pihak sekolah pun harus transparan dalam mengelola keuangan agar tidak terjadi korupsi yang hanya akan menyulitkan siswa dalam pendidikan.

    BalasHapus
  94. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07
    manajemen keuangan dalam lingkungan sekolah harus dikelola dengan baik.Agar sekolah dapat menghasilkan mutu kualitas bagi guru, staf, karyawan, dan siswa yang baik. Dalam memanajemen keuangan sekolah harus benar-benar diperhatikan dalam mengelolanya harus hemat, tidak berlebih-lebihan, dan sesuai kebutuhan untuk kelancaran pendidikan,dan untuk itu pihak sekolah harus transparan dalam mengelolanya agar tidak terjadi korupsi yang hanya akan menyulitkan siswa dalam pendidikan

    BalasHapus
  95. Diajie Ary tohfati
    8135077980
    tn non reg 07

    Manajemen keuangan sekolah
    Manajemen keuangan sekolah menurut saya sangatlah penting, dalam mengatur keuangan sekolah karena dengan keuangan sekolah yang baik akan menentukan sekolah itu sendiri kalau keuangan nya baik maka kegiatan belajar mengajarnya akan baik pula karena sekolah membutuhkan komponen-komponen yang akan menunjang kegiatannya.

    BalasHapus
  96. Ary Prabowo
    TN NR 07

    menurut saya manajemen keuangan sekolah sangatlah penting karena pembiayaan dan keuangan merupakan komponen yang terpenting dalam terciptanya proses belajar mengajar. lalu pengelolaannya harus selalu berada dalam pengawasan untuk menjaga dari hal-hal yang bersifat penyelewengan.

    BalasHapus
  97. Keuangan sekolah harus di manage dgn baik karena fungsinya yg sangat riskan untuk warga sekolah dan sehingga dapat memperbaiki mutu pendidikan, dan dapat melengkapi sarana dan prasarana yang tadinya belum ada menjadi ada.

    BalasHapus
  98. asalamualaikum wr.wb

    mohamad yaser
    8135077867
    menurut saya
    manajemen keuangan yang baik adalah yang senantiasa melaporkan secara berkala,Karena hal itu menyangkut keberlangungan kegiatan pendidikan di tiap sekolah. Pihak-pihak yang diberikan amanah untuk mengelola keuangan di sekolah harus memiliki kejujuran yang tinggi serta kemampuan manajerial yg baik sehingga tidak akan terjadi penyelewengan dana operasional ke kas pribadi. Selain itu pengelolaan keuangan harus dilaksanakan secara transparan sehingga semua pihak terkait dapat mengetahui kemana saja dana operasional itu mengalir.

    BalasHapus
  99. Lukman , TN non reg 07

    Menurut saya, manajemen keuangan dalam lingkungan sekolah harus dikelola dengan baik agar pengelolaaan keuangan tersebut baik dapat menunjang fasilitas sekolah tersebut.
    Jadi, pemerintah harus lebih peduli dan tanggap dalam dunia pendidikan

    BalasHapus
  100. wahyu tn reg 2007
    menurut saya
    keuangan sekolah harus di manage dengan baik karena berfungsi untuk membiayai dan menunjang kegiatan - kegiatan yang ada di sekolah

    BalasHapus
  101. Dwi Yunita
    Pend.TN NR'07

    Manajemen Berbasis Sekolah sangat penting untuk dikelola dengan sebaik-baiknya, guna memajukan sekolah-sekolah yang ada. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dilandasi dengan adanya pemberian otonomi. Dengan pemberian otonomi ini, sekolah dapat melengkapi fasilitas yang dibutuhka para murid, sehingga para murid dapat mengikuti kemajuan jaman.

    BalasHapus
  102. Amalina Imadarty
    8135077986
    Pend.TN NR 07

    Menurut saya, pembiayaan sekolah memang merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Komponen keuangan dan pembiayaan ini perlu dikelola sebaik-baiknya, agar dana-dana yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Demi lancarnya pengelolaan, maka sebaiknya didukung juga oleh team pengawas dari Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan yang akan meninjau langsung pengeloaan keuangan tersebut apakah dikelola dengan benar ,transparan dan terbuka, dana tersebut digunakan sesuai kebutuhan atau tidak. Dengan begitu, diharapkan tidak ada yang ditutupi dan tidak terjadi penyimpangan yang tentunya hal ini akan merugikan banyak pihak.

    BalasHapus
  103. rizky dwi perwitasari
    8135077963
    TN (nonreg07)

    pembiayaan sekolah adalah modal terpenting untuk meningkatkan mutu sekolah tersebut..
    maka di harapkan peranan pihak-pihak sekolah sangat di butuhkan..
    pihak sekolah harus bersedia mengawasi dan meninjau kemana aliran dana yang di dapat..???
    untuk apa dana tersebut ???
    supaya dana tesebut dapat dipergunakan sesuai dengan tujuan awalnya yaitu untuk meningkatkan kualitas sekolah tersebut..
    jangan sampai mengorbankan anak-anak yang masih membutuhkan pendidikan..

    BalasHapus
  104. Indra Septifurdiana
    Ekonomi Administrasi
    TN NR 07
    Pengelolaan keuangan harus dilaksanakan secara transparan sehingga semua pihak terkait dapat mengetahui kemana saja dana operasional itu mengalir.Semoga dengan adanya manajemen keuangan sekolah yang baik, dapat meningkatkan kualitas dari sekolah tersebut yang dilihat dari adanya fasilitas sekolah yang lengkap yang memungkinkan siswa belajar dengan baik, nyaman dan bersemangat.

    BalasHapus
  105. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  106. Raja Yuda Roderick Siahaan
    8135077978
    Pend. Tata Niaga (NR'07)
    Prinsip Open Management atau manajemen terbuka tidak hanya pantas untuk dunia industri atau perdagangan akan tetapi prinsip tersebut sangat cocok juga digunakan pada dunia pendidikan dimana dunia pendidikan saat ini sangat rentan terhadap kemunduran yang diakibatkan masalah dana atau keuangan.
    aya setuju jika adanya transparansi tentang Management Keuangan sekolah, karena dengan adanya transparansi keuangan, sehingga dana tersebut dapat dikelola dengan benar, tanpa adanya kecurangan dalam menggunakan dana tersebut. sehingga sekolah dapat memperbaiki mutu sekolah, dan dapat melengkapi sarana dan prasarana yang tadinya belum ada menjadi ada.

    BalasHapus
  107. Anggi arisaputri Tn_nR07
    asalamu'alaikum....
    menurut saya
    Managemen kuangan di sekolah perlu di laksanakan secara transparan,agar tepat pada sasaran pendidikan.
    untuk memenuhi fasilitas pendidikan yang memadai agar terwujudnya kualitas pendidikan yang baik...

    BalasHapus
  108. dedy prasetyo
    8135077956
    TN non 07
    dalam artikel ini membahas tentang keuangan sekolah, keuangan sekolah merupakan sumber daya yang paling penting bagi pengelolaan pendidikan. keuangan merupakan unsur penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kajian manajemen pendidikan. keuangan yang mempengaruhi proses terlaksananya kegiataan belaajar mengajar disekolah. oleh karena itu disini dituntut peran kepala sekolah untuk mengelola sumber" dana agar dapat dimanfaatkan untuk belajar mengajar melalui manajemen berbasis sekolah

    BalasHapus
  109. Aisyah R ( TN 07 )

    keuangan sekolah saat ini memang banyak dipermasalahkan, karena sangat sensitif untuk dibahas terutama berhubung dengan dana operasional sekolah yang banyak diterima.
    masih adanya sarana belajar yang kurang memadai tentu saja banyak mengundang tanya bagi orangtua siswa, kemana saja dana tersebut dipakai...?
    adanya transparansi terhadap pengeluaran dan pemasukan dana sekolah tentu dapat membuat guru dan siswa melakukan proses belajar mengajar dengan baik, karena dapat saling mempercayai dengan minimalnya kecurangan yang dialami..

    BalasHapus
  110. Karina DwiJaya Oktariani TN'NR 07
    8135077957
    Assalamualaikum

    menurut saya pengelolaan manajemen keuangan di sekolah harus di kelola dengan baik,misalnya saja bantuan dari pemerintah ,pihak sekolah seharusnya memanfaatkan bantuan tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan bukan untuk kepentingan pribadi pihak sekolah sendiri.Manajemen keuangan sekolah memang harus dilaksanakan di lingkungan sekolah guna untuk mengetahui perkembangan pemasukan dan pengeluaran sekolah guna memenuhi kebutuhan apa saja yang diperlukan sekolah serta dapat mengetahui pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dan memotongnya dan menggunakan untuk kepentingan yang lebih berguna untuk sekolah.

    BalasHapus
  111. Emi Ardiyanti
    8135070419
    TN Reg 07

    Membuat RAPBS merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap sekolah. Karena hal ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai aliran dana yang masuk maupun keluar.
    Jika RAPBS dapat dijalankan dengan baik dan dibarengi oleh transparansi kepada publik niscaya proses pendidikan di sekolah tersebut akan berjalan lancar.
    Di sini juga harus ada kejujuran dalam pengelolaan dana sehingga memperkecil bahkan meniadakan celah-celah yang mungkin dapat dijadikan ajang korupsi.
    Semoga saja dengan pengelolaan dana sekolah yang baik dan transparan maka siswa serta masyarakat tidak merasa 'tertipu' maupun rugi karena telah membayar mahal untuk investasi pendidikan mereka.
    Amin.

    BalasHapus
  112. jenny christine 8135077998
    TN NR 07

    ass
    kalau menurut saya itu manajemen keuangan disekolah lumayan sudah berjalan dengan efisien walaupun masih beberapa sekolah yang belum transparan dalam keuangan.
    jadi sekolah membuat Komponen keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah pada produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan belajar-mengajar di sekolah bersamaan dengan komponen-komponen yang lain.
    akan tetapi Komponen keuangan dan pembiayaan ini perlu dikelola sebaik-baiknya, agar dana-dana yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan
    dan dalam implementasi MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) yang memberikan kewenangan kepada sekolah untuk mencari dan memanfaatkan berbagai sumber dana sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah karena pada umumnya dunia pendidikan selalu dihadapkan pada masalah keterbatasan dana, apa lagi dalam kondisi krisis pada sekarang ini.
    dan pada akhirnya Sumber keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah dapat menjadi transparan kepada orang tua atau peserta didik dan masyarakat.

    BalasHapus
  113. Rosita

    Assalamu'alaikum..

    menurut saya manajemen keuangan sekolah merupakan sebuah komponen yang sangat penting diterapkan dilingkungan sekolah, dimana siswa dapat mempelajari tentang bagaimana menerapkan managemen keuangan tersebut dalam kehidupannya sehari- hari.

    selain itu siswa dapat mempelajari berbagai ilmu yang mendasar dalam penerapan keuangan. Dan selain itu siswa akan dengan mudah menerapkan di lingkungan luar, misalkan saja pada saat mereka terjun ke dunia industri akan dengan mudah menerapkan managemen tersebut. yang terpenting adalah basiqnya.....

    ini pendapat saya yah....

    wassalam....

    BalasHapus
  114. fitri melawati tn nr07

    pengelolaan keuangan sekolah haruslah ditangani oleh orang yang berpengalaman dan dipercaya agar tidak terjadi kesalahpahamnan yang dapat mengakibatkan kerugian pada pihak sekolah dan berdampak pada murid-murid sekolah tersebut ataupun disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab..

    BalasHapus
  115. Qurota Aini TN NR'07

    Menurut saya,
    Manajemen keuangan Sekolah harus ada dan dikelola dengan baik oleh pihak sekolah sedemikian rupa demi kemajunya sekolah..
    pihak sekolah seharusnya memanfaatkan bantuan untuk meningkatkan mutu pendidikan bukan untuk kepentingan pribadi pihak sekolah sendiri..
    oleh sebab itu pemerintah sebaiknya turut andil dalam pengawasan bantuan pendidikan untuk sekolah2 agar mutu pendidikan indonesia berlangsung dengan baik..
    pengelolaan dalam manajemen sekolah harus sesuai dengan rencana RAPBS dan pihak sekolah juga harus transparan agar administrasi pendidikan di sekolah berlangsung dengan baik,
    karena saat ini anggaran dana untuk pendidikan sangat dibutuhkan apalagi disaat krisis seperti sekarang ini..

    BalasHapus
  116. Eka Nursari
    TN Reg07

    menurut saya,setiap sekolah perlu memperhatikan manajeme keuangan. karena dengan adanya manajemen maka sekolah dapat mengelola keuangan untuk dipergunakan kepentingan sekolah itu sendiri.

    maka dari itu dalam memilih seorang yang menjadi manajemen sebaiknya pilih orang yang jujur dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  117. Christina panjaitan
    Tn Reg 07

    Menurut saya manejemen keuangan sekolah itu perlu diperhatikan demi pengelolaan proses administrasi sekolah itu sendiri.dengan berjalan nya pengelolaan keuangan yang baik maka akan menunjang efektifitas dan efisiensi sekolah itu sendiri.terimakasih

    BalasHapus
  118. Menurut saya, manajemen keuangan sekolah sangat lah penting dalam berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di sekolah. Manajemen keuangan harus diperbaharui dan di perbaiki guna untuk memperbaiki kualitas dari sekolah tersebut serta kegitan pendidikan di sekolah. Bagaimana caranya keuangan sekolah dapat di manage dengan baik. Agar tidak terjadi kelalaian dalam hal keuangan. Manajemen Keuangan Sekolah wajib diterapkan di sekolah guna menghindari penyalahgunaan atau penyelewengan dana atau penggunaan anggaran yang tidak semestinya. Bagaimanapun biaya operasional yang di biayai oleh masyarakat baik dari pungutan pajak maupun sumbangan orang tua siswa, oleh karena harus dipertanggung jawabkan secara transparan.



    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. TN (NR)

    BalasHapus
  119. Sutriyani
    8135077961
    Pend.TN non reg'07

    Assalamualaikum..

    Degan adanya manajemen keuangan sekolah dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran anggaran sekolah dengan baik sesuai dengan kebutuhan. Manajemen keuangan yang efektif dapat meningkatkan taraf sekolah yang lebih baik. Misalnya dengan adanya manajemen keuangan, sekolah dapat memfasilitasi siswa dengan sarana dan prasarana yang mendukung. sehinggga dalam pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan pendidikan juga akan semakin bermutu dan para pengajar yang profesional.

    BalasHapus
  120. diaz priasmoro
    pend.Tata Niaga Non reg 07
    8135077958

    manajemen keuangan sangat diperlukan disekolah-sekolah.
    karena uang itu hal yg sangat vital.
    bisa saja trjadi korupsi disekolah-sekolah.
    karena kalau tidak ada nya manajemen atau pengawasan yang ketat, bs saja terjadi korupsi di sekolah-sekolah

    BalasHapus
  121. Manajemen keuangan memang perlu sekali untuk sekolah-sekolah agar sekolah-sekolah dapat memfasilitasi siswa dengan prasarana dan sarana ang mendukung seiring dengan perkembangan jaman. Namun, hendaklah pengaturan dan pengelolaan dananya di perhatikan agar tidak melenceng ke arah yang tidak di harapkan.

    BalasHapus
  122. Dengan adanya manajemen keuangan perlu diperhatikan dengan baik agar tidak terjadinya penyelewengan terhadap keuangan yang ada untuk sekolah tersebut. Selain itu, bukan hanya kepala sekolah, pengajar dan staf saja yang mengetahui kegunaan uang BOS dan lain-lain untuk meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana, tetapi juga orang tua murid pun harus mengetahui agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam hal keuangan.

    BalasHapus
  123. endang mulyati
    Tn reg07

    manajement keuangan dalam dunia pendidikan, merupakan salah satu faktor penting diantara faktor-faktor lainnya. mengapa demikian? hal itu disebabkan dalam setiap aktivitas kegiatan kependidikan tidak terlepas dari adanya unsur materi meskipun sedikit. untuk itu setiap lembaga pendidikan harus mengontrolnya dengan sebaik mungkin agar segala aspek kebutuhan dapat tercukupi. seperti yang kita ketahui anggaran pendidikan yamg diterima oleh lembaga pendidikan belum mencapai target yaitu 20%.

    BalasHapus
  124. Yuni Sri W (8135077970)
    Pend.Tata Niaga Non Reg 07

    menurut saya
    manajemen keuangan sekolah memang sudah sejak lama diberlakukan dan kepseklah yang di berikan kewenangan untuk mengatur (sebagai manager) RAPBS tsb.
    tetapi jangan sampai manajemen yang kurang baik dapat mengakibatkan sekolah yang kurang baik pula. seperti dikatakan tadi MBS juga mengambil peran dalam MKS ini.

    BalasHapus
  125. Dengan adanya manajemen keuangan yang ada di sekolah dapat meningkatkan kualitas belajar sebab pengeluaran uang dapat diatur.serta Komponen keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan belajar-mengajar di sekolah bersama dengan komponen-komponen yang lain.

    BalasHapus
  126. Keuangan dan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. dan manajemen keuangan di sekolah harus diperhatikan oleh kepala sekolah serta setiap pengeluaran dan pemasukan harus lebih transparan sehingga tidak terjadi kecurigaan.

    BalasHapus
  127. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    MBS menurut saya sangat baik dalam melatih pengelolaan dana sekolah. Sehingga semua komponen sekolah dapat merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah. Jika dana yang dikelola sudah baik menurut prosedur yang ada, maka secara tidak langsung kegiatan mengajar di sekolah akan lancar. Sebab seluruh kegiatan belajar dan mengajar tidak dapat dipisahkan oleh dana. Apalagi RAPBS benar-benar dimaksimalkan maka pengelolaan dana akan lebih efektif.

    BalasHapus
  128. Manajemen keuangan tidak dapat dilepaskan dari manajemen pendidikan karena keduanya berjalan secara bersamaan. Sekolah yang baik bukan hanya dari segi bangunan, dan sarana yang modern , serta pengajaran guru saja tetapi juga manajemen keuangannya yang bekerja dengan baik. Untuk dapat dimenej dengan baik semua sekolah haris mengacu pada prinsip-prinsip men.keuangan tsb. Dan dibutuhkan orang2 yang bertanggung jawab untuk menjaga hal2 buruk dari tangan2 yang ingin berbuat jahat. Karena sekali salah dalam memenej keuangan kerugian dirasakan semua pihak, pihak sekolah, siswa, negara dan orang tua murid.

    BalasHapus
  129. saya sangat setuju dengan pernyataan diatas yang mengatakan bahwa Keuangan dan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan,dan memang menuntut kemampuan sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah,dalam hal ini pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan keuangan memang orang-orang yang sangat peduli terhadap pendidikan kita saat ini.

    BalasHapus
  130. manajemen keuangan sekolah sangat penting karena dengan adanya menajemen keuangan, aliran dana yang dimiliki sekolah dapat lebih terkontrol lagi.

    BalasHapus
  131. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga (Nonreg 07)

    SAya sangat setuju dengan adanya manajemen keuangan yang terdapat disekolah karena dengan adanya manajemen keuangan sekolah dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan baik...Sehingga mutu dan kualitas dari sekolah tersebut dapat berjalan dengan baik...

    BalasHapus
  132. inne zulfanisa
    tataniaga reg 07
    8135072806
    sebaiknya sekolah menciptakan manajemen keuangan sekolah dengan baik.Karena manajemen yang diciptakan dengan baik,maka pengelolaan dana keuangan dari pemerintah,orangtua atau pesrta didik,serta masyarakat dapat dipertanggungjawabkannya untuk keperluan yang digunakan sekolah seperti pemeliharaan gedung,fasilitas,dan alat-alat pengajaran serta yang lainnya.Dengan adanya manajemen keuangan yang ada di sekolah dapat meningkatkan kualitas belajar sebab pengeluaran uang dapat diatur

    BalasHapus
  133. Imam Punarko
    Tn Reg 2007
    8135072812

    Masyarakat Indonesia yang sekarang ini perlu dibangun untuk bisa mandiri dan melupakan kenangan manis masa lalu, artinya seorang anak bukan lagi di nyanyikan atau di ceritakan tentang indahnya alam bumi pertiwi “ bahkan tongkat dan kayu jadi tanaman” (kata koes plus ) melainkan menjadikan lagu yang dinyanyikan atau di dambakan bagaimana membangun negeri ini.
    Manajemen keuangan yang sekarang ini telah di kembangkan baik di Indonesia maupun Negara yang katanya pembentuknya Amerika Serikat ( saya mengatakan hal ini karena ada peradaban islam yang lebih dahulu mengembangkan keuangan yang termaktub dalam al-quran salah satunya surah Al-Baqarah ayat 282). Seharusnya manajemen keuangan ini dapat terserap oleh lembaga pendidikan sehingga hal-hal terkait pengembangan tidak seperti menembak dalam kegelapan. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memberdayakan masyarakat yang salah satunya melibatkan wali murid. Sekarang ini wali murid hanya dilibatkan dalam hal pengambil keputusan dan kesan tidak indah adalah ketika orang tua murid sudah enggan datang untuk menghadiri rapat. Oleh sebab itu, orang tua murid seharusnya membentuk lembaga swadaya seperti koperasi atau arisan bahkan pengajian sehingga orang tua yang kurang mampu dapat tertopang dari segi pendanaannya. amin

    BalasHapus
  134. dana adalah faktor penting dalam setiap penyelenggaraan setiap hal.
    dalam pendidikan, diperlukan pengelolaan keuangan yang efisien dan efektif. transparansi dan akuntabilitas juga diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan para peserta didik dan semua pihak terkait.
    Proses bemasalah ( birokrasi ) pada tahap penyaluran dana harus bejalan lancar dan dalam pengawasan yang terintegritas.
    Keuangan / pembiayaan tidak akan lagi menjadi masalah, malah akan menjadi pendukung kuat perkembangan pendidikan bangsa.

    Imanuel Suranta
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    BalasHapus
  135. muammar khadafi
    8135077995
    p.tata niaga nonreg 07

    Manajemen sekolah akan efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang professional untuk mengoperasikan sekolah, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa,tenaga kependidikan yang handal, sarana-prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal di atas tidak sesuai dengan yang diharapkan dan/atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan sekolah kurang optima

    BalasHapus
  136. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  137. Reza Adi Putranto
    8135077997
    Pend. Tata Niaga Non Reg'07

    Manajemen keuangan Sekolah memang harus ada dan harus dikelola dengan baik oleh sekolah demi majunya sekolah tersebut.Hal mengenai Manajemen sekolah itu sudah tercantum dalam anggaran sekolah (RAPBS)disana terdapat rencana anggaran pendapatan dan pengeluaran sekolah. Adapun pendapatan tersebut bisa berasal dari pemerintah pusat/daerah, komite sekolah (orang tua siswa/i) atau juga masyarakat/instansi terkait.
    Tanpa adanya sumber dana maka kegiatan sekolah sulit sekali berjalan.Untuk itu perlu sekali manejemen yang baik dari sekolah untuk mengelola keuangan sebaik baiknya, tak lupa pula pengawasan terhadap sekolah harus dilakukan secara rutin agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan.

    BalasHapus
  138. Khorina(813077992)
    Pend.Tata Niaga NonREg'07

    Salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan adalah Keuangan dan pembiayaan.Dalam aplikasinya berbentuk MBS (Manajemen Berbasis Sekolah).Hal ini sangat penting agar sekolah dapat memanajemen keuangan, baik dalam pengelolaan maupun untuk pelaporannya secara transparan pada pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut.Maka diperlukan kerjasama yang penting untuk melaksanakan MBS.

    BalasHapus
  139. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007


    Manajemen keuangan sekolah yang baik adalah mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan teliti, dicatat dan menyimpan bukti pada setiap melakukan transaksi baik penerimaan ke dalam kas sekolah maupun pengeluaran untuk membeli peralatan yang dibutuhkan oleh sekolah ataupun yang lainnya. Manajemen keuangan sekolah melibatkan kepala sekolah, bendahara, dan juga komite sekolah. Dalam menetapkan biaya untuk pembayaran biaya sekolah harus diadakan musyawarah antara pihak-pihak yang terlibat dalam mengatur keuangan tersebut, tetapi juga harus memikirkan bagaimana anak murid yang kurang mampu bisa tetap sekolah tanpa harus membayar biaya yang seharusnya yang pada komite tersebut dipilih anak yang memang benar membutuhkan bantuan dan berprestasi dan kemudian didata. Semua itu diatur dan dirancang pada saat mengadakan rapat komite. Semua hasil rapat dari komite tersebut dan anggaran yang dibutuhkan kemudian disosialisasikan kepada seluruh orang tua murid dan sudah tersusun dengan baik, rinci dan hubungan komunikasi yang baik antar komite, sekolah dan orang tua murid, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam pemberian informasi. Manajemen keuangan sekolah harus mempunyai pengawas yang dapat mengawasi keuangan sekolah sehingga tidak dapat diselewengkan atau diselundupkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  140. Ade Kurniawan
    8135072772
    Pend.Tata Niaga reg '07

    Menurut saya, sebuah manajemen keuangan dalam lingkungan sekolah harus dikelola dengan baik. Yang utama adalah harus transparan serta bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Untuk itu semua bagian haruslah direncanakan dengan matang, mulai dari komponen manajemen keuangan, prinsip – prinsip pengelolaan keuangan, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, dan yang paling penting adalah laporan pertanggung jawaban keuangan sekolah.Salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan adalah Keuangan dan pembiayaan. Dalam aplikasinya berbentuk MBS (Manajemen Berbasis Sekolah).

    BalasHapus
  141. Abdul rohim
    8135072785
    tata niaga 2007
    Anggaran memiliki peran penting didalam perencanaan, pengendalian dan evaluasi kegiatan yang dilakukan sekolah. Maka seorang penanggung jawab program kegiatan disekolah harus mencatat anggaran serta melaporkan realisasinya sehingga dapat dibandingkan selisih antara anggaran dengan pelaksanaan serta melakukan tindak lanjut untuk perbaikan.Penggunaan anggaran dan keuangan, dari sumber manapun, apakah itu dari pemerintah ataupun dari masyarakat perlu didasarkan prinsip-prinsip umum pengelolaan keuangan keuangan yaitu:
    1. Hemat, tidak mewah, efisien dan sesuai dengan kebutuhan teknis yang disyaratkan
    2. Terarah dan terkendali sesuai dengan rencana, program/ kegiatan.
    3. Terbuka dan transparan, dalam pengertian dari dan untuk apa keuangan lembaga tersebut perlu dicatat dan dipertanggung jawabkan serta disertai bukti penggunaannya.
    4. Sedapat mungkin menggunakan kemampuan/ hasil produksi dalam negeri sejauh hal ini dimungkinkan.dengan demikianPenggunaan anggaran dan keuangan, dari sumber manapun, apakah itu dari pemerintah ataupun dari masyarakat perlu didasarkan prinsip-prinsip umum pengelolaan keuangan sebagai berikut:
    1. Hemat, tidak mewah, efisien dan sesuai dengan kebutuhan teknis yang disyaratkan
    2. Terarah dan terkendali sesuai dengan rencana, program/ kegiatan.
    3. Terbuka dan transparan, dalam pengertian dari dan untuk apa keuangan lembaga tersebut perlu dicatat dan dipertanggung jawabkan serta disertai bukti penggunaannya.
    4. Sedapat mungkin menggunakan kemampuan/ hasil produksi dalam negeri sejauh hal ini dimungkinkan.
    pengelolaan ini haruslah transparan serta bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Untuk itu semua bagian haruslah direncanakan dengan matang, mulai dari komponen manajemen keuangan, prinsip – prinsip pengelolaan keuangan, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, dan yang paling penting adalah laporan pertanggung jawaban keuangan sekolah.
    dengan demikian MBS sangat dibutuhkan untuk menjalankan pengelolaan sekolah.agar semua dapat berjalan dengan efektif dan efesien.

    BalasHapus
  142. meid harison
    8135072790
    pendidikan tataniaga reguler 2007

    secara teori saya amat setuju dengan hal tersebut tapi dengan realitas yang ada sulit diterapkan dan akan lebih baik hal tersebut harus berlandaskan dengan UU yang mengatur tentang pendidikan. karena sudah jelas akan lebih baik pendidikan itu harus berlandaskan dengan pendidikan kerakyatan dan bukan pendidikan yang belandaskan kapitalisme. karena hal tesebut akan tidak adil apabila yang merasakan pendidikan adalah warga masyarakat yang memiliki dana cukup bahkan lebih untuk merasa pendidikan itu. lebih baik pendidikan itu tetap dikelola dan dibiayai oleh pemerintah karena hal tersebut adalah tugas pemerintah dan kita sebagai warga masyarakat yang baik akan lebih baik mempermudah untuk dapat mengakses pendidikan tersebut dengan mudah dan bukan mempersulit keadaan.

    BalasHapus
  143. Alfiyah yuniarti
    Pend.Tata Niaga
    Non Reguler 2007 (8135077988)
    Dengan melihat perkembangan pendidikan masa kini, sangat dibutuhkan pengolahan dana disetiap pendidikan.sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan optimal.Dengan pengolahan yang jelas dapat mempermudah evaluasi disepanjang kegiatan,untuk perubahan yang lebih baik dan menciptakan pendidikan yang berkualitas

    BalasHapus
  144. zulfikar rizki
    8135072778
    pend tata niaga

    manajemen keuangan sekolah perlulah diperhatikan peran nya. diawasi secara mendalam fungsinya sebagai suatu lembaga yang mengatur penerimaan dan sekolah sehingga mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan dalam sekolah tersebut.misalnya: korupsi dana sekolah, dimana menunjukkan kurangnya peran serta aktif anggota sekolah. oleh karena itu RAPBS terlihat lebih efektif dan efisien
    hal ini dikatakan,Mengingat pentingnya berhemat pada zaman seperti ini merupakan langkah yang paling baik dalam setiap apapun yang anda lakukan bahkan dalam dunia pendidikan yang saat ini biayanya telah menjulang tinggi. Dan ternyata RAPBS merupakan salah satu alternatifnya sehingga manajemen keuangan sekolah dapat terkontrol sehingga tidak lagi terjadi pemungutan biaya yang tidak jelas terhada para orang tua murid.

    BalasHapus
  145. Ichwan Iskandar 8135072792 Pend.Tata Niaga Reg 2007 Pengelolaan keuangan sekolah yang baik seharusnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia ini yang mungkin selama kurun waktu beberapa tahun ini sudah mengalami peningkatan.Penggunaannya pun harus seoptimal dan seefektif mungkin agar dapat bernilai guna.Salah satu contohnya adalah dengan adanya dana BOS yang beberapa waktu lalu sempat diluncurkan,seharusnya dapat mengurangi beban masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya sampai ke jenjang atas.Dana ini harus dapat meningkatkan kualitas para pendidik kita agar kesejahteraannya dapat lebih meningkat,jika semua hal itu dapat terwujud maka para pendidik kita akan bisa membuat anak-anak sekolah kita menjadi anak yang pintar,karena para guru menjadi semangat dalam mengajar.

    BalasHapus
  146. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus