Oktober 08, 2008

Supervisi Pengajaran

Secara umum tujuan supervisi pengajaran adalah:(1) meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar-mengajar,(2) mengendalikan penyelenggaraan bidang teknis edukatif di sekolah sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan,(3) menjamin agar kegiatan sekolalah berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan diperoleh hasil yang optimal,(4) menilai keberhasilan sekolah dalam pelaksanaan tugasnya, dan(5) memberikan bimbingan langsung untuk memperbaiki kesalahan, kekurangan dan kekilafan serta membantu memecahkan masalah yang dihadapi sekolah sehingga dapat dicegah kesalahan dan penyimpangan yang lebih jauh (Suprihatin, 1989:305).

Tujuan supervisi adalah memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru (Sahertian, 2000:19).Permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan supervisi di lingkungan pendidikan dasar adalah bagaimana cara mengubah pola pikir yang bersifat otokrat dan korektif menjadi sikap yang konstruktif dan kreatif, yaitu sikap yang menciptakan situasi dan relasi di mana guru-guru merasa aman dan diterima sebagai subjek yang dapat berkembang sendiri. Untuk itu, supervisi harus dilaksanakan berdasarkan data, fakta yang objektif (Sahertian, 2000:20).Supandi (1986:252), menyatakan bahwa ada dua hal yang mendasari pentingnya supervisi dalam proses pendidikan.

a. Perkembangan kurikulum merupakan gejala kemajuan pendidikan.
Perkembangan tersebut sering menimbulkan perubahan struktur maupun fungsi kurikulum. Pelaksanaan kurikulum tersebut memerlukan penyesuaian yang terus-menerus dengan keadaan nyata di lapangan. Hal ini berarti bahwa guru-guru senantiasa harus berusaha mengembangkan kreativitasnya agar daya upaya pendidikan berdasarkan kurikulum dapat terlaksana secara baik. Namun demikian, upaya tersebut tidak selamanya berjalan mulus. Banyak hal sering menghambat, yaitu tidak lengkapnya informasi yang diterima, keadaan sekolah yang tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum, masyarakat yang tidak mau membantu, keterampilan menerapkan metode yang masih harus ditingkatkan dan bahkan proses memecahkan masalah belum terkuasai. Dengan demikian, guru dan Kepala Sekolah yang melaksanakan kebijakan pendidikan di tingkat paling mendasar memerlukan bantuan-bantuan khusus dalam memenuhi tuntutan pengembangan pendidikan, khususnya pengembangan kurikulum.

b. Pengembangan personel, pegawai atau karyawan senantiasa merupakan upaya yang terus-menerus dalam suatu organisasi.
Pengembangan personal dapat dilaksanakan secara formal dan informal. Pengembangan formal menjadi tanggung jawab lembaga yang bersangkutan melalui penataran, tugas belajar, loka karya dan sejenisnya. Sedangkan pengembangan informal merupakan tanggung jawab pegawai sendiri dan dilaksanakan secara mandiri atau bersama dengan rekan kerjanya, melalui berbagai kegiatan seperti kegiatan ilmiah, percobaan suatu metode mengajar, dan lain sebagainya.Kegiatan supervisi pengajaran merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan dalam penyelenggaraan pendidikan. Pelaksanaan kegiatan supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam memberikan pembinaan kepada guru. Hal tersebut karena proses belajar-mengajar yang dilaksakan guru merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu kegiatan supervisi dipandang perlu untuk memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran.

Secara umum ada 2 (dua) kegiatan yang termasuk dalam kategori supevisi pengajaran, yakni:
a. Supervisi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada guru-guru SD.
Secara rutin dan terjadwal Kepala Sekolah melaksanakan kegiatan supervisi kepada guru-guru SD dengan harapan agar guru mampu memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan. Dalam prosesnya, kepala sekolah memantau secara langsung ketika guru sedang mengajar. Guru mendesain kegiatan pembelajaran dalam bentuk Rencana Pembelajaran kemudian kepala sekolah mengamati proses pembelajaran yang dilakukan guru.Saat kegiatan supervisi berlangsung, kepala sekolah menggunakan leembar observasi yang sudah dibakukan, yakni Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). APKG terdiri atas APKG 1 (untuk menilai Rencana Pembelajaran yang dibuat guru) dan APKG 2 (untuk menilai pelaksanaan proses pembelajaran) yang dilakukan guru.
b. Supervisi yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah kepada Kepala Sekolah dan guru-guru untuk meningkatkan kinerja.Kegiatan supervisi ini dilakukan oleh Pengawas Sekolah yang bertugas di suatu Gugus Sekolah. Gugus Sekolah adalah gabungan dari beberapa sekolah terdekat, biasanya terdiri atas 5-8 Sekolah Dasar.

Hal-hal yang diamati pengawas sekolah ketika melakukan kegiatan supervisi untuk memantau kinerja kepala sekolah, di antaranya administrasi sekolah, meliputi:

1) Bidang Akademik, mencakup kegiatan:(a) menyusun program tahunan dan semester,(b) mengatur jadwal pelajaran,(c) mengatur pelaksanaan penyusunan model satuan pembelajaran,(d) menentukan norma kenaikan kelas,(e) menentukan norma penilaian,(f) mengatur pelaksanaan evaluasi belajar,(g) meningkatkan perbaikan mengajar,(h) mengatur kegiatan kelas apabila guru tidak hadir, dan (i) mengatur disiplin dan tata tertib kelas.

2) Bidang Kesiswaan, mencakup kegiatan:(a) mengatur pelaksanaan penerimaan siswa baru berdasarkan peraturan penerimaan siswa baru, (b) mengelola layanan bimbingan dan konseling,(c) mencatat kehadiran dan ketidakhadiran siswa, dan(d) mengatur dan mengelola kegiatan ekstrakurikuler.

3) Bidang Personalia, mencakup kegiatan: (a) mengatur pembagian tugas guru,(b) mengajukan kenaikan pangkat, gaji, dan mutasi guru,(c) mengatur program kesejahteraan guru,(d) mencatat kehadiran dan ketidakhadiran guru, dan(e) mencatat masalah atau keluhan-keluhan guru.
4) Bidang Keuangan, mencakup kegiatan:(1) menyiapkan rencana anggaran dan belanja sekolah,(2) mencari sumber dana untuk kegiatan sekolah,(3) mengalokasikan dana untuk kegiatan sekolah, dan(4) mempertanggungjawab-kan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
5) Bidang Sarana dan Prasarana, mencakup kegiatan:(1) penyediaan dan seleksi buku pegangan guru,(2) layanan perpustakaan dan laboratorium,(3) penggunaan alat peraga,(4) kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah,(5) keindahan dan kebersihan kelas, dan(6) perbaikan kelengkapan kelas.
6) Bidang Hubungan Masyarakat, mencakup kegiatan:(1) kerjasama sekolah dengan orangtua siswa,(2) kerjasama sekolah dengan Komite Sekolah,(3) kerjasama sekolah dengan lembaga-lembaga terkait, dan(4) kerjasama sekolah dengan masyarakat sekitar (Depdiknas 1997).

Sedangkan ketika mensupervisi guru, hal-hal yang dipantau pengawas juga terkait dengan administrasi pembelajaran yang harus dikerjakan guru, diantaranya:
a. Penggunaan program semester
b. Penggunaan rencana pembelajaran
c. Penyusunan rencana harian
d. Program dan pelaksanaan evaluasi
e. Kumpulan soal
f. Buku pekerjaan siswa
g. Buku daftar nilai
h. Buku analisis hasil evaluasi
i. Buku program perbaikan dan pengayaan
j. Buku program Bimbingan dan Konselingk. Buku pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler

KESIMPULAN
Salah satu upaya peningkatan profesional guru adalah melalui supervisi pengajaran. Pelaksanaan supervisi pengajaran perlu dilakukan secara sistematis oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah bertujuan memberikan pembinaan kepada guru-guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Dalam pelaksanaannya, baik kepala sekolah dan pengawas menggunakan lembar pengamatan yang berisi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam peningkatan kinerja guru dan kinerja sekolah. Untuk mensupervisi guru digunakan lembar observasi yang berupa alat penilaian kemampuan guru (APKG), sedangkan untuk mensupervisi kinerja sekolah dilakukan dengan mencermati bidang akademik, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Buku 1). Jakarta: Depdiknas.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Supandi. 1996. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama Universitas Terbuka.
Suprihatin, MD. 1989. Administrasi Pendidikan (Fungsi dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah sebagai Administrator dan Supervisor Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Surya, Mohamad. 2002. Peran Organisasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Seminar Lokakarya Internasional. Semarang : IKIP PGRI.
Suryasubrata.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.Wardani, IGK. 1996.
Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Jakarta: Dirjen Dikti.
Townsend, Diana & Butterworth. 1992. Your Child's Scholl. New York: A Plime Book.

Sumber: Trimo, S.Pd.,MPd. Homepage Pendidikan Network

165 komentar:

  1. Dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia saya pikir memang perlu diterapkan dan dikembangkan agar tidak terjadi stagnasi dan monoton dalam pola pengajaran baik tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Sesuai dengan perkembangan dunia yang semakin cepat harus diimbangi dengan kinerja guru dan pihak terkait agar Bangsa Indonesia tidak tertinggal dengan bangsa lain. Diharap dengan dilakukannya supervisi pengajaran upaya pemerintah untuk memprofesionalisasikan guru- guru di Indonesia dapat tercapai dan kita pun berharap demikian. Untuk mensupervisi guru digunakan lembar observasi berupa alat penilaian kemampuan guru (APKG) saya kira perlu diberikan kesempatan bagi siswa SMP dan SMA yang sudah mampu secara kritis memberikan aspek penilaian terhadap kinerja gurunya, bisa dalam bentuk kuesioner yang dapat memberikan masukan positif bagi guru untuk mengerti cara belajar yang efektif,efisien, dan nyaman yang diinginkan oleh siswa seperti halnya yang telah diterapkan di perguruan tinggi yang setiap akhir semester memberikan jawaban kuesioner atas tanggapan kegiatan perkuliahan dengan dosennya.

    Hidup Guru Indonesia !!!

    BalasHapus
  2. Menurut saya langkah yang di ambil dalam supervisi pengajaran sangatlah tepat. Dilihat dari tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas mengajar para pendidik ( guru ) yang dimana nantinya akan berpengaruh kepada kualitas anak didik ( murid ) itu sendiri. Bahkan bukan hanya kualitas para pendidik dan anak didik, namun mulai dari bidang akademik, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat juga harus berperan dalam supervisi pengajaran demi kemajuan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Untuk itulah perlunya kerjasama yang baik agar mendapat hasil yang sesuai dengan tujuan supervisi pengajaran.

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum...
    menurut saya secara garis besar saya setuju denagn diadakannya supervisi pengajaran tetapi memang pada kenyataan banyak guru yang hingga saat ini kurang mampu dalam mengoptimalkan metode pambelajarannya.banyak pula yang berlasan bahwa kurang mampu dalam menggunakan teknologi pembelajaran seperti sekarang ini,misalnya saja dalam pembuatan rencana pembelajaran.banyak diantara para guru yang malas mendesain kegiatan pembelajaran dalam bentuk rencana pembelajaran,bila tidak sedang diawasi oleh kepala sekolah.hal seperti inilah yang membuat para siswa belajar dalam kebingungan,mereka sudah bingung dengan penyesuaian kurikulum pengajaran yang baru sekarang dibuat bingung lagi oleh sistem pembelajaran guru mereka yang belum terencana.ada satu hal lagi yang menurut saya masih menjadi dilema dalam dunia pendidikan ,yaitu perkembangan kurikulum.kenapa kurikulum baru pertama kalinya harus dicobakan pada sekolah-sekolah bonafit di perkotaan?kenapa bukannya di sekolah-sekolah daerah lebih diutamakan?saya pikir itu akan lebih baik dibanding kita langsung mewajibkan penggunaan kurikulum baru disetiap sekolah kota ataupun daerah tanpa melihat terlebih dahulu kemampuan sekolah-sekolah di daerah.hal ini akan sangat berakibat yang buruk bagi siswa,ditambah lagi apabila sekolah-sekolah tersebut menginginkan prestasi mereka agar tidak turun maka dihalalkanlah segala cara di luar kode etik pendidikan.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr.wb.
    Demi kelancaran proses belajar mengajar di sekolah, maka perlu diadakan supervisi pengajaran mulai dari tingkat SD, SMP, SMA bahkan di tingkat TK sekalipun. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja guru-guru di sekolah. Dengan adanya supervisi pengajaran, kepala sekolah maupun pengawas sekolah dapat memantau proses belajar mengajar sehingga bila ada hal-hal yang menyimpang dari koridor yg telah ditetapkan, pihak-pihak tersebut dapat mengingatkan / menegur guru yg bersangkutan. Harapan saya supervisi pengajaran dapat dilakukan secara konsisten (misalnya setiap 1 minggu sekali) di tiap sekolah, sehingga nantinya dapat meningkatkan mutu pengajaran dan memperlancar proses belajar siswa.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  5. Supervisi pengajaran merupakan salah satu cara untuk mengelola dan meningkatkan pendidikan. Bagaimana tidak, dengan supervisi pengajaran semua aktivitas belajar mengajar dapat di lihat dan di evaluasi bagaimana kedepanya. Supervisi diharapkan mampu menjadi media bagi para guru untuk memantau bagaimana kinerjanya, menentukan metode yang cocok untuk diterapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
    Supervisi pengajaran hendaknya dijadikan sebagai agenda utama bagi setiap instansi pendidikan. Karena diharapkan dengan adanya supervisi pengajaran setiap elemen pendidikan yang terkait dapat terkontrol dan di atur bagaimana semestinya untuk meningkatkan mutu pendidkan tersebut. Namun hendaknya supervisi tersebut dilakukan oleh seluruh elemen pendidikan, baik guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, bahkan diharapkan masyarakat pun ikut serta dalam supervisi tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mengelola, mengontrol, dan menentukan bagaimana metode yang tepat untuk menjalankan program supervisi.
    Supervisi pengajaran hendaknya menyangkut semua unsur-unsur pendidikan. Baik dari faktor guru, sarana pendidikan, metode pendidikan, manajement pendidikan maupun program supervisi pengajaran itu sendiri. Saya melihat ada satu unsur pengajaran yang tidak dimasukan dalam supervisi pengajaran, yaitu faktor Psikologi. Bagaimana tidak, semua elemen pendidikan tidak lepas dari kaitan factor Psikologi. Guru, siswa, maupun kepala sekolah pasti menggunakan insting psikologi mereka dalam bertindak, walawpun itu tidak terlihat. Oleh sebab itu saya menyarankan agar supervisi pengajaran juga mempertimbangkan factor Psikologi.

    BalasHapus
  6. Menurut saya, supervisi merupakan salah satu cara yang tepat di gunakan dalam peningkatan kualitas pendidikan baik dari segi pengajar, maupun dari segi siswa. Agar semua itu dapat berlangsung dengan baik di harapkan kepala sekolah dan pengawas mengadakan pengawasan secara periodic dan terperinci,,agar guru – guru dapat mengerjakan tugasnya dengan baik. Jika semua sudah melakukan tugasnya dengan baik, pasti kualitas pendidikan di sekolah tersebut akan naik sehingga menjadi motivasi bagi guru – guru, kepala sekolah, dan siswa – siswa agar dapat menghasilkan pendidikan yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  7. assalamu'alaikum...
    Dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia yang harus dilakukan dengan sesuatu kinerja dan langkah – langkah yang baik untuk mencapai hasil yang optimal maka saya berpikir bahwa perlu diterapkan dan dikembangkan supervise pengajaran dimana tujuannya sangat penting dalam proses pengajaran pada suatu system pendidikan yang dapat melibatkan antar pihak agar tidak terjadi stagnasi dan monoton dalam pola pengajaran baik tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Sesuai dengan perkembangan dunia yang semakin cepat harus diimbangi dengan kinerja guru dan pihak terkait agar Bangsa Indonesia tidak tertinggal dengan bangsa lain. Diharap dengan dilakukannya supervisi pengajaran upaya pemerintah untuk memprofesionalisasikan dan memberikan mutu kualitas guru- guru di Indonesia dapat tercapai dan kita pun berharap demikian sehingga proses belajar mengajar dalam bidang pendidikan pun sangat efektif dan efisien selain itu supervisi pengajaran perlu dilakukan secara konsisten supaya hal – hal yang ada pada pengajaran pun sudah terpenuhi. dalam mensupervisi guru maka perlu adanya lembar observasi berupa alat penilaian kemampuan guru (APKG) saya kira perlu diberikan kesempatan bagi siswa SD,SMP dan SMA yang sudah mampu secara kritis memberikan aspek penilaian terhadap kinerja gurunya, bisa dalam bentuk kuesioner yang dapat memberikan masukan positif bagi guru untuk mengerti cara belajar yang efektif,efisien, dan nyaman yang diinginkan oleh siswa seperti halnya yang telah diterapkan di perguruan tinggi yang setiap akhir semester memberikan jawaban kuesioner atas tanggapan kegiatan perkuliahan dengan dosennya

    BalasHapus
  8. Supervisi pengajaran sangat perlu dilakukan, baik oleh kepala sekolah maupun badan pengawas pendidikan yang ada di setiap tingkatnya. Karena melalui supervisi ini dapat diketahui sejauh mana kemampuan para guru untuk dapat melaksanakan segala kewajibannya dengan baik. Namun disamping itu kualitas seorang guru untuk bisa mendidik seorang anak didik sebaiknya tidak hanya dinilai dari segi administrasinya saja tetapi lebih kepada 'keber hasil an ' dari seorang guru yang mampu untuk mengajarkan segala kebaikan yang berguna kepada anak didiknya.

    BalasHapus
  9. Menurut saya supervisi pengajaran itu sangat bagus untuk meningkatkan kinerja para pengajar dan kinerja sekolah, memperbaiki kemampuan pengajar dalam mengajar dan mengembangkan potensi kualitas pengajar. Agar dapat terciptanya proses belajar yang efisien dan dapat berjalan lancar dengan memperoleh hasil yang optimal yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Dalam supervisi pengajaran dapat mengembangkan kreativitas kurikulum agar tujuan pendidikan dapat berjalan baik sesuai dengan kurikulum dan mengembangkan proses pengajaran yang mencapai tujuannya. Mudah-mudahan dengan adanya supervisi pengajaran ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan…

    BalasHapus
  10. Assalammualaikum

    Supervisi pengajaran memang sangat perlu dilakukan karena tujuan supervisi itu sendiri adalah memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Dengan adanya supervisi pengajaran maka akan tercipta profesionalisme yang menjadi tuntutan disetiap pekerjaan. Apalagi profesi guru yang setiap hari menangani benda hidup berupa siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan pekerjaan guru akan semakin berat tetkala menyangkut peningkatan anak didiknya sedangkan kemampuan dirinya mengalami stagnasi, lagi pula sering kali kesejahteraan yang kurang dan gaji yang rendah menjadi alasan bagi seorang guru untuk menyepelekan tugas utamanya yaitu mendidik siswa.Maka didalam supervesi pengajaran dibutuhkan kerjasama yang baik antara guru-guru dan kepala sekolah.Upaya yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah memahami dan memecahkan masalah belajar-mengajar dan membantu guru memecahkan masalah yang dihadapi sehari-hari dalam melaksanakan tugas pokoknya.

    BalasHapus
  11. Menurut saya, supervisi pengajaran ini sangat diperlukan untuk guru, karena dapat meningkatkan atau memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran, disini guru dituntut untuk bisa lebih kreatif dalam proses belajar-mengajar. Supervisi juga harus dilaksanakan berdasarkan data, fakta yang objektif.
    Dan saya setuju bila program ini terus berlanjut, agar hubungan timbal-balik antara anak didik dan pengajar bisa lebih professional.

    BalasHapus
  12. Supervisi pengajaran merupakan salah satu elemen penting dalam membangun sutu pendidikan yang bermutu, disana semua perangkat sekolah (kepala sekolah, guru, dan pegawai sekolah) di nilai untuk mengetahui sampai dimana perangkat sekolah dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik dalam memberikan pendidikan bagi para muridnya. Program ini juga memotivasi para pengajar agar dapat memberikan materi yang dibutuhkan oleh muridnya dengan penyampaian yang dapat dipahami dan diserap oleh murid dengan mudah dan menyusun materi yang akan disampaikan dengan sistematis sehingga apa yang akan disampaikan kepada murid tercapai dengan baik. Program ini mengawasi dan membantu perangkat sekolah dalam mencapai target yang akan dicapai, sehingga perangkat sekolah termotivasi untuk mendapatkan suasana sekolah yang kondusif dan terarah dengan baik.

    BalasHapus
  13. supervisi pengajaran seharusnya dapat dilakukan dengan pengawasan yang lebih ekstra karena tidak semua guru sudah melakukan supervisi pengajaran dengan baik, misalkan saja seorang guru di sekolah dasar yang melalaikan anak muridnya di dalam kelas sedangkan gurunya sibuk dengan urusannya masing- masing. ada seorang guru yang sudah membuat rencana pembelajaran tetapi tidak dilaksanakan dengan baik.

    BalasHapus
  14. Assalamu alaikum...
    Supervisi pengajaran merupakan salah satu cara untuk menjamin kualitas dari proses pembelajaran. Karena guru harus profesional dalam melaksanakan tugasnya di kelas, pengawasan di kelas selain dilakukan oleh Kepala Sekolah sebagai pimpinan tentu harus juga menerima masukan dari siswa sebagai komponen utama dalam proses pembelajaran.
    Dengan Supervisi Pengajaran diharapkan akan memacu semangat dan kreatifitas guru untuk lebih prosesional dan fokus dalam menyiapkan bahan ajar dan RPP. Terimakasih

    BalasHapus
  15. Supervisi pengajaran sangat berpengaruh dalam pondasi pendidikan,karena Supervisi membantu guru dalam hal:

    Melihat dengan jelas tujuan-tujuan pendidikan
    Membimbing pengalaman belajar siswa-siswanya
    Menggunakan sumber-sumber pengalaman belajar
    Menggunakan metoda dan alat media pendidikan modern
    Memenuhi kebutuhan belajar siswa

    BalasHapus
  16. supervisi adalah salah satu alternatif bagaimana menyediakan SDM pendidikan yang lebih baik, menurut saya untuk lebih baiknya harus ada konsekuensi apabila seorang guru melanggar peraturan yang diterapkan dalam supervisi pengajaran misalnya dengan pemotongan gaji atau penurunan prestasi rangking,dsb. agar guru dapat lebih disiplin dalam menerapkan supervisi pengajaran tersebut...

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum wr.wb.

    Menurut saya supervisi yang sudah dijelaskan diatas sudah cukup bagus, karena disitu menjelaskan bagaimana tujuan dari supervisi pengajaran, permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaannya, hal yang mendasari pentingnya pelaksanaan supervisi pengajaran, kegiatan-kegiatan yang termasuk supervisi pengajaran, bidang-bidang yang menjadi objek dalam pelaksanaan supervisi pengajaran, Hal-hal yang diamati pengawas sekolah ketika melakukan kegiatan supervise pengajaran dll. supervisi pengajaran memang sangat baik dilaksanakan, karena dengan diadakan supervisi pengajaran maka kinerja para pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru dapat berjalan sebagaimana mestinya dan dapat terlakasana tepat waktu dan sasaran. Tetapi kita sebagai mahasiswa yang merupakan kaum terpelajar tidak hanya tinggal diam, maksudnya kita harus mengawasi bagaimana pelaksanaan dari supervisi pengajaran itu sendiri, agar dunia pendidikan kita dapat menjadi bermutu dan berkualitas menjadi lebih baik lagi, Amin,,,

    HIDUP DAN MAJU PENDIDIKAN INDONESIA!!!!

    Waalaikumsalam wr.wb.

    BalasHapus
  18. supervisi pengajaran bertujuan untuk memperbaiki sistem pengajaran yang dilakukan para guru. Proses belajar mengajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai prestasi akademik yang lebih baik bagi siswa. Oleh karena itu kegiatan supervisi perlu dilakukan untuk memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Kurikulum yang ada di sekolah berguna sebagai pedoman guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam kenyataannya kurikulum di Indonesia selalu berubah-ubah dan tidak fleksibel. Terkadang juga seorang guru bingung dalam menyusun satuan acara pengajaran di sekolah karna berubahnya kurikulum. supervisi pengajaran perlu dilakukan secara sistematis oleh kepala sekolah dan pengawas independen guna memperbaiki teknik dan cara pengajaran guru guna mencerdaskan siswa.

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum,..
    Menurut saya, berdasarkan penjelasan di atas, supervisi pengajaran sangat tepat dan harus diterapkan mengingat tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kemampuan serta potensi seluruh elemen sekolah terutama para pendidik. Dengan diterapkannya supervisi pengajaran, diharapkan keprofesionalan dan kreativitas guru semakin meningkat. Misalnya dalam membuat bahan ajar yang berkualitas dan dengan metode mengajar yang bagus sehingga imbasnya juga kepada para peserta didiknya. Kualitas dan prestasi akademik mereka juga akan lebih baik. Dengan demikian, dengan adanya supervisi pengajaran ini, kualitas pendidikan di Indonesia akan semakin membaik...

    BalasHapus
  20. Supervisi pengajaran memang baik untuk meningkatkan mutu pendidik yang dijadikan contoh, bagi para peserta didik. Kompetensi yang dapat menambah kemampuan dan keahlian pendidik, baik untuk kemajuan mutu pendidikan. Dalam pelaksanaan supervise pengajaran harus diawasi dan diberikan standar-standar penilaian agar para pendidik mampu untuk menyesuaikan dengan standar-standar tersebut.

    BalasHapus
  21. Guru sebagai subbagian yang bersentuhan langsung dengan proses pencerdasan bangsa memang seharusnya memiliki kualitas yang terus meningkat sejalan dengan majunya peradaban manusia. Dan supervisi pengajaran memang salah satu jalan untuk mencapai tujuan tersebut. Pesan saya, mungkin dalam penjalanan program ini, kita harus lebih ketat dalam pengawasan dan pengkajian efisiensinya. Karena untuk hasil yang maksimal, kita juga memerlukan usaha yang maksimal juga. Terlebih lagi bila kita menjalankan program tersebut di negara Indonesia ini...

    BalasHapus
  22. Sudah jelas bahwa guru merupakan faktor utama dalam proses pendidikan. Meskipun fasilitasnya lengkap dan canggih, namun bila tidak ditunjang oleh keberadaan guru yang berkualitas maka mustahil akan menimbulkan proses belajar mengajar yang maksimal, hal ini sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003, pasal 35 ayat 1 bab XI yang menyebutkan bahwa, “Pendidikan merupakan tenaga profesional dengan tugas utama merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi serta mengembangkan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.” Jadi dengan adanya supervisi pengajaran sangat mendukung terlaksananya tujuan pendidikan. Hal ini pun harus diikuti dengan transparansi dan akuntabilitas agar cita-cita pendidikan di Indonesia benar-benar terealisasi.

    BalasHapus
  23. Dalam dunia pendidikan memang kita sering menemui permasalahan seperti perubahan struktur dan fungsi dari kurikulum yang hampir terjadi setiap perantian tahun ajaran. Perubahan – perubahan yang sering terjadi ini sering menimbulkan kerugian di masyarakat, karena ketika kurikulum berganti maka regulasi mengenai buku paket juga ikut berganti. Buku yang seharusnya bisa diturunkan dari kakak kelas kepada adik kelasnya menjadi tidak bisa. Perubahan kurikulum ini juga kerap kali menjadi ajang mencari untung oleh beberapa guru sekolah.
    Permasalah ini seharusnya bisa diselesaikan jika supervisi pendidikan berlangsung lancar dan didukung oleh masyarakat. Selain itu, kepala sekolah juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam supervisi pendidikan ini. Seba yang melaksanakan supervisi pendidikan ini adalah kepala sekolah tersebut kepada guru-guru disekolahnya melalui beberapa pengawasan. Jika kepalah sekolah itu melakukan KKN, maka supervisi pendidikan ini tidak akan berjalan dengan lacar.

    BalasHapus
  24. Supervisi pendidikan merupakan alat pengendalian untuk Kegiatan Pembelajaran (KBM) di suatu sekolah itu sendiri. Karena supervisi bertujuan memberikan pembinaan kepada guru maka sebenarnya jika guru menghasilkan KBM yang profesional maka Sekolah itu sendiri secara otomatis akan menghasilkan lulusan yang terbaik.

    Atau sebaliknya jika supervisi dilakukan dengan tidak bertanggung jawab maka seluruh rangkaian sistem akan tidak berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Sudah jelas akibatnya KBM tidak berjalan sesuai aturan. Dan otomatis hasilnya nol

    BalasHapus
  25. Wawan Jaya Kuswata. 5215079441 Elektronika
    Supervisi sebagai alat untuk mengontrol kinerja guru, supervisi akan berhasil jika semua guru menyadari tujuan supervisi itu sendiri, terkadang supervisi yang dilakukan di sekolah hanyalah pekerjaan rutinitas yang pada akhirnya tidak ada koreksi dari hasil supervisi itu sendiri.Jadi menurut saya supervisi akan berhasil meningkatkan kinerja serta mutu guru jika dilakukan secara sunguh-sungguh sesuai dengan tujuan supervisi itu sendiri.

    BalasHapus
  26. Maulana M 5215079439 Elektronika
    Saya sangat setuju supervisi di adakan guna menjadikan guru di Seluruh Indonesia menjadi lebih profesional itu menjadikan anak didik kita menjadi anak yang berguna dimasa depannya kelak. Guru pun juga jangan lupa tugasnya
    Hal ini berarti bahwa guru-guru senantiasa harus berusaha mengembangkan kreativitasnya agar daya upaya pendidikan berdasarkan kurikulum dapat terlaksana secara baik. Namun demikian, upaya tersebut tidak selamanya berjalan mulus. Banyak hal sering menghambat, yaitu tidak lengkapnya informasi yang diterima, keadaan sekolah yang tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum, masyarakat yang tidak mau membantu, keterampilan menerapkan metode yang masih harus ditingkatkan dan bahkan proses memecahkan masalah belum terkuasai.

    BalasHapus
  27. unia diyan margiutami 5215079448
    Hal ini berarti bahwa guru-guru senantiasa harus berusaha mengembangkan kreativitasnya agar daya upaya pendidikan berdasarkan kurikulum dapat terlaksana secara baik. Namun demikian, upaya tersebut tidak selamanya berjalan mulus. Banyak hal sering menghambat, yaitu tidak lengkapnya informasi yang diterima, keadaan sekolah yang tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum, masyarakat yang tidak mau membantu, keterampilan menerapkan metode yang masih harus ditingkatkan dan bahkan proses memecahkan masalah belum terkuasaiPelaksanaan kegiatan supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam memberikan pembinaan kepada guru. Hal tersebut karena proses belajar-mengajar yang dilaksakan guru merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama

    BalasHapus
  28. ENDAH PRIHATININGSIH NO.REG : 5215079451
    Supervisi pendidikan merupakan upaya peningkatan profesional guru yang berfungsi sebagai alat pengendalian untuk Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah secara efektif dan efisien. Pelaksanaan supervisi pengajaran perlu dilakukan secara sistematis oleh suatu sekolah karena bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada guru – guru agar dapat melaksanakan tugasnya dan meningkatkan kualitas mengajar guru dikelas maka sekolah itu secara otomatis akan meningkatkan kualitas belajar siswa dan dapat menghasilkan lulusan yang terbaik.

    Dan jika sebaliknya jika supervisi dilakukan dengan tidak penuh tanggung jawab maka seluruh aspek yang terkait tidak dapat menghasilkan guru – guru yang professional dan sebagai akibatnya Kegiatan Belajar Mengajar tidak berjalan secara efektif dan efisien serta tidak menghasilkan siswa dengan lulusan yang terbaik.

    Untuk mensupervisi kinerja sekolah maka dilakukan dengan mencermati bidang akademik, kesiswaaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana yang memadai, serta hubungan dengan masyarkat sekitar, dan dapat menciptakan situasi dan relasi dimana guru – guru merasa aman dan diterima sebagai subjek yang dapat berkembang sendiri.

    BalasHapus
  29. Agung Prasetyo Rinaldi
    No.Reg 5215077530
    PNRS1Elektronika

    menurut saya...
    Kebijakan pendidikan harus didukung oleh pelaku pendidikan yang berada di front terdepan yakni guru melalui interaksinya dalam pendidikan. Upaya meningkatkan mutu pendidikan perlu dilakukan secara bertahap dengan mengacu pada rencana strategis. Keterlibatan seluruh komponen pendidikan (guru, Kepala Sekolah, masyarakat, Komite Sekolah, Dewan Pendidikan, dan isntitusi) dalam perencanaan dan realisasi program pendidikan yang diluncurkan sangat dibutuhkan dalam rangka mengefektifkan pencapaian tujuan.
    mplementasi kemampuan professional guru mensyaratkan guru agar mampu meningkatkan peran yang dimiliki, baik sebagai informator, organisator, motivator, director, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator, dan evaluator sehingga diharapkan mampu mengembangkan kompetensinya.

    Mewujudkan kondisi ideal di mana kemampuan professional guru dapat diimplementasikan sejalan diberlakukannya otonomi daerah, bukan merupakan hal yang mudah. Hal tersebut lantaran aktualisasi kemampuan guru tergantung pada berbagai komponen system pendidikan yang saling berkolaborasi. Oleh karena itu, keterkaitan berbagai komponen pendidikan sangat menentukan implementasi kemampuan guru agar mampu mengelola pembelajaran yang efektif, selaras dengan paradigma pembelajaran.

    BalasHapus
  30. febry listiawan
    no.reg 5215070250
    elektro

    Saya setuju diadakan supervisi karena dengan diadakan supervisi kinerja guru di Indonesia ini akan terkontrol, supervisi akan berhasil jika semua guru menyadari tujuan supervisi itu sendiri, terkadang supervisi yang dilakukan di sekolah hanyalah pekerjaan rutinitas yang pada akhirnya tidak ada koreksi dari hasil supervisi itu sendiri
    Hal ini berarti bahwa guru-guru senantiasa harus berusaha mengembangkan kreativitasnya agar daya upaya pendidikan berdasarkan kurikulum dapat terlaksana secara baik.
    Dan jika sebaliknya jika supervisi dilakukan dengan tidak penuh tanggung jawab maka seluruh aspek yang terkait tidak dapat menghasilkan guru – guru yang professional dan sebagai akibatnya Kegiatan Belajar Mengajar tidak berjalan secara efektif dan efisien serta tidak menghasilkan siswa dengan lulusan yang terbaik.

    BalasHapus
  31. Nama : Makmur
    Nim : 5215079453
    Jurusan : Teknik Elektronika (dikmenti)
    Supervisi pengajaran salah satu bagian untuk meningkatkan profesional guru,karena di dalam supervisi pengajaran bertujuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru yang tujuanya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. dengan begitu supervisi pengajaran harus dilaksanakan berdasarkan data,fakta yang objektif,untuk itu perlu ditetapkan supervisi pengajaran mulai dari tingkat SD,SMP,SMA,SMK yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja guru-guru disekolah.Supervisi Pengajaran hendaknya menyangkut semua unsur-unsur pendidikan.baik dari faktor guru,sarana pendidikan,metode pendidikan,manajement pendidikan mauputn program supervisi pengajaran itu sendiri,dengan begitu maka dunia pendidikan kita dapat menjadi bermutu dan berkualitas menjadi lebih baik lagi

    BalasHapus
  32. Hermanudin
    No. Reg : 5215079443

    Supervisi pengajaran sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan memang perlu dilaksanakan. Agar tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik secara sistematis dan terprogram dan juga dukungan dari semua pihak baik dari pihak lembaga dalam hal ini kepala sekolah dan tak lupa program pemerintah sehingga tujuan dari supervisi pengajaran tersebut dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

    BalasHapus
  33. Supervisi pengajaran, dari tujuannya saja sudah jelas yaitu untuk memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Dari artikel ini juga sudah di sebutkan apa yang melatar belakangi harus dilakukannya supervisi pengajaran dalam pendidikan, disebutkan pula tujuannya. Selain itu, telah di sebutkan pula apa yang harus diamati dalam melakukan supervisi, baik untuk guru-guru, kepala sekolah dan sekolah itu sendiri.
    Dengan adanya supervise pegajaran secara teori sudah seharusnya akan berimbas pada kualitas pendidikan di Indonesia. Tetapi pada kenyataannya, masih banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang tidak layak untuk dipakai sebagai tempat melangsungkannya proses belajar mengajar, terutama di daerah-daerah terpencil. Masih banyak juga guru-guru di Negara kita yang kurang perhatian dari pemerintah.
    Memang banyak juga sekolah-sekolah yang sudah baik dan bahkan bertaraf internasional dan banyak pula yang menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas.
    Semua itu kembali lagi apakah supervise pengajaran dilaksanakan dengan baik atau tidak, maka hasilnya pun bisa menjadi baik atau buruk.
    Semoga saja supervise pengajaran atau jika meminjam suatu istilah bahasa jepang “KAIZEN”,yang artinya perbaikan secara terus menerus, bisa di terapkan di dunia pendidikan di Indonesia. Amin.

    BalasHapus
  34. Jaka Mulyadi PNR (5215077524)

    Supervisi pengajaran, dari tujuannya saja sudah jelas yaitu untuk memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Dari artikel ini juga sudah di sebutkan apa yang melatar belakangi harus dilakukannya supervisi pengajaran dalam pendidikan, disebutkan pula tujuannya. Selain itu, telah di sebutkan pula apa yang harus diamati dalam melakukan supervisi, baik untuk guru-guru, kepala sekolah dan sekolah itu sendiri.
    Dengan adanya supervise pegajaran secara teori sudah seharusnya akan berimbas pada kualitas pendidikan di Indonesia. Tetapi pada kenyataannya, masih banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang tidak layak untuk dipakai sebagai tempat melangsungkannya proses belajar mengajar, terutama di daerah-daerah terpencil. Masih banyak juga guru-guru di Negara kita yang kurang perhatian dari pemerintah.
    Memang banyak juga sekolah-sekolah yang sudah baik dan bahkan bertaraf internasional dan banyak pula yang menghasilkan siswa-siswi yang berkualitas.
    Semua itu kembali lagi apakah supervise pengajaran dilaksanakan dengan baik atau tidak, maka hasilnya pun bisa menjadi baik atau buruk.
    Semoga saja supervise pengajaran atau jika meminjam suatu istilah bahasa jepang “KAIZEN”,yang artinya perbaikan secara terus menerus, bisa di terapkan di dunia pendidikan di Indonesia. Amin.

    BalasHapus
  35. tiyas p 5215079455
    tujuan dari supervisi sudah jelas yaitu meningkatkan kemampuan dan kualitas guru pada saat akan mengajar karena dengan kemampuan dan kulitas guru yang baik maka peserta didik pun akan menjadi baik tetapi semua itu tidak akan terlaksana jika saran dan prasaran tidak memadai maka saran dan prasarana juga ikut mendunkung terlaksananya supervisi

    BalasHapus
  36. yudha dharmawan
    pnr elektronika 07 unj
    5215077539


    menurut pendapat saya supervisi pengajaran perlu dilakukan di segala instansi pemerintah tidak hanya dalam bidang pendidikan agar tercipta profesionalisme dan lancarnya proses pendidikan,peran serta pemerintah juga amat penting dalam pengawasan kegiatan supervisi,agar berjalan sesuai dengan rencana.kegiatan supervisi ini sebaiknya diselenggarakan di seluruh indonesia.segala sarana dan prasarana penyelenggaraan pendidikan harus di sediakan dan tepat sasaran demi kelancaran proses peningkatan mutu siswa dan pendidikan di sekolah sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

    BalasHapus
  37. FATHURACHMAN
    PNR Teknik Elektronika 07
    52150775265

    menurut saya setuju dengan diadakannya supervisi pengajaran yaitu untuk memajukan kualitas dan kuantitas guru dalam belajar mengajar di sekolah dan universitas.di Dalam pelaksanaannya baik kepala sekolah dan pengawas bisa menggunakan lembar pengamatan yang berisi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam peningkatan kriteria guru dan kinerja sekolah. Untuk memajukan tingkat pendidikan yang ada di indonesia

    BalasHapus
  38. fahmi amran
    pnr teknik elekttronika 07
    5215077528


    menurut pendapat saya Dengan adanya supervise pegajaran secara teori sudah seharusnya akan berimbas pada kualitas pendidikan di Indonesia jadi Sesuai dengan perkembangan dunia yang semakin cepat harus diimbangi dengan kinerja guru dan pihak terkait agar Bangsa Indonesia tidak tertinggal dengan bangsa lain dengan begitu maka dunia pendidikan kita dapat menjadi bermutu dan berkualitas menjadi lebih baik lagi dengan kegiatan supervisi ini sebaiknya diselenggarakan di seluruh indonesia.amien

    BalasHapus
  39. Jika merujuk pendapatnya Glickman (1985) peranan supervisi. Pertama, seharusnya supervisi dijadikan sebagai sarabna untuk pemberian bimbingan dan bantuan kepada guru dan staf tata usaha agar mampu meningkatkan kinerjanya, Kedua, Pemberian bimbingan dan bantuan dilakukan secara langsung dan tidak perlu ada perantara, Ketiga, Pemberian bantuan dan bimbingan harus dikaitkan dengan peristiwa yang memerlukan bimbingan, keempat, Kegiatan supervisi dilakukan secara berkala agar terjadi mekanisme yang ajeg dan rutin, Kelima, Supervisi terjadi dalam suasana yang kondusif penuh sifat kekeluargaan agar terjalin kerjasama yang baik, dan keenam, Supervisi dilakukan dengan mengunakan catatan agar apa yang dilakukan dan ditemukan tidak hilang. Temuan dan hal-hal penting lainnya merupakan bahan binaan yang sangat penting artinya dan dapat dibahas dalam pertemuan rutin pengawas dan kepala sekolah.Seorang supervisor berperan penting dalam pembinaan keterampilan mengajar guru. Jika dilihat perannya, peran supervisor adalah memberi support (supprting), membantu (assisting), dan mnegikutsertakan (sharing). Peranan seorang supervisor ialah menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga guru-guru merasa aman dan bebas dalam mengembangkan ptensi dan daya kreasi mereka dengan penuh tanggungjawab. Suasana yang demikan hanya dapat terjadi bila kepemimpinan dari supervisor itu bercorak demokratis bukan otokratis. Sehingga pada gilirannya guru-guru dapat tumbuh secara personal maupun profesional.

    BalasHapus
  40. Jika merujuk pendapatnya Glickman (1985) peranan supervisi. Pertama, seharusnya supervisi dijadikan sebagai sarabna untuk pemberian bimbingan dan bantuan kepada guru dan staf tata usaha agar mampu meningkatkan kinerjanya, Kedua, Pemberian bimbingan dan bantuan dilakukan secara langsung dan tidak perlu ada perantara, Ketiga, Pemberian bantuan dan bimbingan harus dikaitkan dengan peristiwa yang memerlukan bimbingan, keempat, Kegiatan supervisi dilakukan secara berkala agar terjadi mekanisme yang ajeg dan rutin, Kelima, Supervisi terjadi dalam suasana yang kondusif penuh sifat kekeluargaan agar terjalin kerjasama yang baik, dan keenam, Supervisi dilakukan dengan mengunakan catatan agar apa yang dilakukan dan ditemukan tidak hilang. Temuan dan hal-hal penting lainnya merupakan bahan binaan yang sangat penting artinya dan dapat dibahas dalam pertemuan rutin pengawas dan kepala sekolah.Seorang supervisor berperan penting dalam pembinaan keterampilan mengajar guru. Jika dilihat perannya, peran supervisor adalah memberi support (supprting), membantu (assisting), dan mnegikutsertakan (sharing). Peranan seorang supervisor ialah menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga guru-guru merasa aman dan bebas dalam mengembangkan ptensi dan daya kreasi mereka dengan penuh tanggungjawab. Suasana yang demikan hanya dapat terjadi bila kepemimpinan dari supervisor itu bercorak demokratis bukan otokratis. Sehingga pada gilirannya guru-guru dapat tumbuh secara personal maupun profesional.

    BalasHapus
  41. Menurut saya, supervisi sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah. Dengan adanya supervisi diharapkan guru-guru dapat meningkatkan kualitas pengajarannya. Jika ada kekurangan , pihak sekolah dapat melakukan training kepada guru-guru, sehingga pada akhirnya akan menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat

    BalasHapus
  42. Menurut saya, supervisi yang duilakukan Kepala Sekolah kepada Guru-guru mutlak dilakukan untuk mengetahui guru tersebut apakah sudah mempunyai kompetensi yang baik atau belum, sehingga nanti dapat diambil langkah langkah lebih lanjut seperti : memberi penghargaan kepada guru yang kompeten juga dapat memberikan pelatihan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.Guru yang berkompeten insya allah anak didiknya juga mempunyai kompetensi yang baik.
    Sedangkan supervisi yang dilkukan pengawas terhadap sekolah juga perlu untuk dilakukan, apakah sekolah tersebut masih layak atau tidak.

    BalasHapus
  43. Redi Hermawan
    5215077541
    PNR Elektronika

    Supervisi perlu sekali dilakukan sebagai alat untuk mengetahui proporsi kualitas guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Aspek yang diberikan dalam supervisi yang ada biasanya hanya bersifat umum, karena guru tidak dilibatkan dalam perencanaan pembuatan supervisi padahal nantinya guru mendapatkan follow up dari supervisi yang sudah dilakukan.

    Kepala sekolah sebagai pemegang tampuk tertinggi di sekolah harus memahami keperluan pendidik terutama untuk pelaksanaan supervisi. Segala kebutuhan guru yang meliputi pengajaran dan kurikulum menjadi pusat perhatian kepala sekolah untuk mendapatkan hasil KBM yang maksimal, oleh karena itu kepala sekolah perlu memahami dasar supervisi baik itu supervisi klinis atau supervisi pendidikan.

    Supervisi dalam dunia pendidikan ada dua yakni supervisi klinis dan supervisi pendidikan. Supervisi secara garis besar bertujuan untuk membantu guru meningkatkan kualitas pengajaran, hal ini biasanya masih kurang dipahami kepala sekolah dimana supervisi yang dilakukan malah sifatnya mencari kesalahan guru secara mendasar.

    Oleh karenanya kepala sekolah perlu mecermati dasar atas supervisi yang sudah direncanakan, bukan hanya untuk formalitas kebutuhan substansi pendidikan tapi sebagai tujuan utama dalam pelaksanaan kualitas sekolah. Dalam jabatan sebagai kepala sekolah, perlu sekali memahami dengan benar dasar yang dibutuhkan guru untuk pelaksanaan supervisi.

    BalasHapus
  44. Lingga Trihasta S
    5215077546
    PNR ELEKTRONIKA 07

    konsep supervisi merupakan kebutuhan dalam pengajaran dengan cara membimbing guru, memilih metode mengajar dan mempersiapkan guru. Namun supervisi banyak tidak dijalankan karena dianggap sebagai pekerjaan mengawasi.

    "Sedangkan membantu guru dalam memperbaiki cara mengajarnya bukan menjadi perhatian utama, guru cenderung menjadi resah dan takut apabila mereka diawasi atau di evaluasi," kata Sagala yang mengakui kebanyakan guru tidak suka disupervisi meski hal itu bagian dari proses pendidikan dan pekerjaan mereka.

    BalasHapus
  45. irfan mubarok
    5215077548
    pnr elektronika 07

    Supervisi pendidikan berpengaruh positif terhadap profesionalisme guru. Artinya jika supervisi pendidikan ditingkatkan secara dengan baik maka akan diikuti dengan meningkatnya profesionalisme guru.
    Tujuan supervisi adalah “mengembangkan situasi belajar mengajar yang
    lebih baik melalui pembinaan dan pening katan profesi mengajar”. Beberapa
    tujuan supervisi pendidikan jika dijabarkan :
    a. membina guru-guru untuk lebih memahami tujuan umum
    pendidikan.
    b. membina guru-guru guna mengatasi poroblem-problem siswa demi
    kemajuan prestasi belajarnya
    c. membina guru-guru dalam mempersiapkan siswa-siswanya untuk
    menjadi anggota masyarakat yang produktif, kreatif, etis, dan religius
    d. membina guru-guru dalam mengevaluasi, mendiagnosa kesulitan
    belajar dan seterusnya.
    e. membina guru-guru dalam memperbesar kesadaran tentang tata
    kerja yang demokratis, kooperatif serta kegotong royongan.
    f. memperbesar ambisi guru-guru dan karyawan dalam meningkatkan
    mutu profesinya.

    BalasHapus
  46. hotma tiopan simanjuntak
    5215077543
    pnr elektronika 07

    Setiap sistem inspeksi atau supervisi hendaklah dirancang untuk mendorong dan membantu guru-guru dalam peningkatan kinerja tugas-tugas profesional mereka dan hendaklah dilakukan sedemikian rupa sehingga tidak mengurangi kebebasan, prakarsa, dan tanggung jawab guru-guru.
    Persyaratan ini mengungkapkan prinsip bahwa tenaga kependidikan yang melakukan tugas supervisi (penyeliaan) hendaklah memposisikan diri bukan sebagai penilai dan pengkritik guru-guru, tetapi sebagai penasihat, pembimbing, dan pemimpin mereka. Kecenderungan ini sudah semakin meluas dan dapat ditemukan pada program-program pelatihan tenaga kependidikan supervisi sendiri, menempatkan titik-berat yang lebih besar khususnya pada penilaian “instruktif”.

    BalasHapus
  47. Ade setiawan
    5215077547
    PnR Elektronika 07'

    Supervisi merupakan kegiatan membina dan dengan membantu pertumbuhan agar setiap orang mengalami peningkatan pribadi dan profesinya. Supervisi adalah usaha memberi layanan kepada guru-guru baik secara individual maupun secara berkelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran dengan tujuan memberikan layanan dan bantuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang dilakukan guru di kelas.



    Supervisi merupakan pengembangan dan perbaikan situasi belajar mengajar yang pada akhirnya perkembangan siswa. Itu perbaikan situasi belajar mengajar bertujuan untuk : (1) menciptakan, memperbaiki, dan memelihara organisasi kelas agar siswa dapat mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan secara optimal, (2) menyeleksi fasilitas belajar yang tepat dengan problem dan situasi kelas, (3) mengkoordinasikan kemauan siswa mencapai tujuan pendidikan, (4) meningkatkan moral siswa.

    BalasHapus
  48. Tata Sugiarto
    5215079450
    Konsep supervisi merupakan kebutuhan dalam pengajaran dengan cara membimbing guru, memilih metode mengajar dan mempersiapkan guru. Namun supervisi banyak tidak dijalankan karena dianggap sebagai pekerjaan mengawasi.

    Sedangkan membantu guru dalam memperbaiki cara mengajarnya bukan menjadi perhatian utama, guru cenderung menjadi resah dan takut apabila mereka diawasi atau di evaluasi, juga diakui kebanyakan guru tidak suka disupervisi meski hal itu bagian dari proses pendidikan dan pekerjaan mereka.

    BalasHapus
  49. Nama:Danu purwanto
    No.reg:5215077529
    pendidikan S1 teknik elektronika 2007
    Menurut saya supervisi adalah memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru. Permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan supervisi di lingkungan pendidikan dasar adalah bagaimana cara mengubah pola pikir yang bersifat otokrat dan korektif menjadi sikap yang konstruktif dan kreatif, yaitu sikap yang menciptakan situasi dan relasi di mana guru-guru merasa aman dan diterima sebagai subjek yang dapat berkembang sendiri.

    BalasHapus
  50. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    Komentar tentang “Supervisi Pengajaran”

    Menurut saya, supervisi pengajaran satu-satunya jalan keluar untuk mengoreksi kemampuan guru khususnya. Dan ini harus atau wajib di laksanakan. Salah satu pengamat politik kita bernama Eep saepuloh Mengatakan bahwa “ system pendidikan di negara kita jauh ketinggalan dengan system pendidikan di benua eropa, sekolah menengah pertama kita sama dengan sekolah dasar di benua eropa, sekolah menengah umum kita sama dengan sekolah menengah pertama di benua eropa dan strata satu di kita sama dengan sekolah menengah umum di benua eropa” kalau tidak salah berkata seperti itu pada saat wawancara di TV. Ini merupakan pernyataan, bahwa negara kita harus melakukan supervisi pendidikan yang sistematis dan melakukan pembaharuan sacara terus menerus. Kalau boleh saran, bahwa kita mencontoh system pendidikan dari Negara yang maju yang baik-baik saja dan tidak melanggar norma-norma agama. Lalu mengembangkan system pendidikan kita, agar Negara kita punya derajat dan mempunyai tenaga pendidik yang berkompeten.

    BalasHapus
  51. Nama : Eko budiono
    No. Reg : 5215077520
    Program : PNR Pendidikan Teknik Ektronika 2007

    Menurut saya supervisi pengajaran memang harus dilaksanakan guna untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar di sekolah serta dapat mengoptimalkan pendidikan di sekolah yang sebelumnya perlu banyak perbaikan, selain keguanaan supervisi di atas kegunaan supervisi masi banyak contohnya kegiatan tersebut bisa meningkatkan keprofesionalan seorang guru yang pada akhirnya sangat membantu para siswa dalam belajar dan akhirnya kegiatan belajar mengajar menjadi lebih optimal sehingga tercapailah tujuan negara ini untuk mencerdaskan kehiupan bangsa.

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  54. M.goeltom
    5215077518
    PNR Pendidikan Teknik Ektronika 2007

    Supervisi pengajaran sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan memang perlu dilaksanakan. Agar tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik secara sistematis dan terprogram dan juga dukungan dari semua pihak baik dari pihak lembaga dalam hal ini kepala sekolah dan tak lupa program pemerintah sehingga tujuan dari supervisi pengajaran tersebut dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  56. HAFIS RIZKA R
    5215077517
    PNR Pend.Teknik Elektronika 2007

    Secara umum tujuan supervisi pengajaran adalah:(1) meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar-mengajar,(2) mengendalikan penyelenggaraan bidang teknis edukatif di sekolah sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan,(3) menjamin agar kegiatan sekolalah berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan diperoleh hasil yang optimal,(4) menilai keberhasilan sekolah dalam pelaksanaan tugasnya, dan(5) memberikan bimbingan langsung untuk memperbaiki kesalahan, kekurangan dan kekilafan serta membantu memecahkan masalah yang dihadapi sekolah sehingga dapat dicegah kesalahan dan penyimpangan yang lebih jauh (Suprihatin, 1989:305).

    BalasHapus
  57. Nama: Giyanto
    No reg: 5215077523
    Prodi: PNR S1 PEND TEKNIK ELEKTRONIKA

    Menurut saya supervise pengjaran adalah visi- visi penngajaran yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas belajar-mengajar. Dengan adanya supervise pengajaran ini para pengajar akan lebih tanggung jawab.

    BalasHapus
  58. YULIANTO
    5215077536
    PNR ELEKTRONIKA 07

    Pelaksanaan supervisi pengajaran perlu dilakukan secara sistematis oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah bertujuan memberikan pembinaan kepada guru-guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Dalam pelaksanaannya, baik kepala sekolah dan pengawas menggunakan lembar pengamatan yang berisi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam peningkatan kinerja guru dan kinerja sekolah. Untuk mensupervisi guru digunakan lembar observasi yang berupa alat penilaian kemampuan guru (APKG), sedangkan untuk mensupervisi kinerja sekolah dilakukan dengan mencermati bidang akademik, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat.

    BalasHapus
  59. Nama:Haris Triyono
    Noreg:5215077522
    Prodi:pend Teknik Elektronika PNR 07

    Menrut saya supervisi pengajaran itu sangat penting bagi seorang guru dan calon guru, karena dengan mensupervisikan pengajaran berarti seseorang telah membuat suatu peningkatan cara efetivitas dan efesiensi dalam kegiatan belajar-mengajar, agar menghasilkan kwalitas dan mutu pendidikan yang baik dan menghasilkan kwalitas anak didik yang baik dan berprestasi, karena tujuan awal dari supervisi adalah meningkatkan kwalitas sekolah, guru, dan anak didik.

    BalasHapus
  60. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    Saya rasa dengan adanya supervisi pengajaran sangat banyak manfaatnya. Selain dapat meningkatkan kualitas guru-guru juga secara otomatis akan meningkatkan kualitas sekolah itu sendiri. Oleh karena itu pemerintah seharusnya secara serius mencanangkan program ini ke semua sekolah-sekolah di Indonesia. Pemerintah dapat membentuk tim khusus untuk menjalankan program ini. Dan dapat dilakukan secara bertahap, karena perlu diketahui pasti akan mengalami banyak kendala seperti masalah dana, lokasi yang jauh atau pedalaman, dan lain-lain

    BalasHapus
  61. Aditya_triantoro
    PNR Elektronika 07
    5215077538
    Assalammualaikum Wr.Wb.
    Menurut pendapat saya, supervisi pengajaran memang harus dilakukan demi meningkatkan kualitas mengajar agar dapat meningkatkan kualitas siswanya. namun supervisi pengajaran harus disesuaikan dengan proses pendidikan melalui perkembangan kurikulum dan pengembangan personel, pegawai atau karyawan yang tuntutan kurikulumnya sesuai dengan keadaan sekolah.OLeh karena itu, demi meningkatkan mengajar guru kepada siswa sebaiknya guru dan keadaan sekolah harus menyesuaikan tuntutan kurikulumnya dengan kemampuan peserta didik yang di didiknya.
    Wassalammualaikum wr. wb.

    BalasHapus
  62. asep syaefudin
    5215077531
    PNR S1 PEND.TEK.ELEKTRONIKA
    supervisi pengajaran bertujuan untuk memahami dan memecahkan masalah-masalah proses belajar-mengajar dan membantu guru memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya sehari-hari dalam melaksanakan tugas pokoknya. Mengikutsertakan kegiatan yang dilakukan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), KKG, maupun di PKG menyangkut teknis-edukatif yang ditujukan untuk memperbaiki proses belajar-mengajar.
    Seharusnya supervisi dijadikan sebagai sarana untuk pemberian bimbingan dan bantuan kepada guru dan staf tata usaha agar mampu meningkatkan kinerjanya, Pemberian bimbingan dan bantuan dilakukan secara langsung dan tidak perlu ada perantara, Pemberian bantuan dan bimbingan harus dikaitkan dengan peristiwa yang memerlukan bimbingan.Kegiatan supervisi dilakukan secara berkala agar terjadi mekanisme yang ajeg dan rutin, Supervisi terjadi dalam suasana yang kondusif penuh sifat kekeluargaan agar terjalin kerjasama yang baik. Supervisi dilakukan dengan mengunakan catatan agar apa yang dilakukan dan ditemukan tidak hilang.

    BalasHapus
  63. Rendi Irwanto
    5215077533
    PNR Pend.Tekhnik Elektronika 2007


    Secara umum tujuan supervisi pengajaran adalah:
    (1) meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar-mengajar,
    (2) mengendalikan penyelenggaraan bidang teknis edukatif di sekolah sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan,
    (3) menjamin agar kegiatan sekolalah berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan diperoleh hasil yang optimal,
    4) menilai keberhasilan sekolah dalam pelaksanaan tugasnya, dan
    5) memberikan bimbingan langsung untuk memperbaiki kesalahan, kekurangan dan kekilafan serta membantu memecahkan masalah yang dihadapi sekolah sehingga dapat dicegah kesalahan dan penyimpangan yang lebih jauh (Suprihatin, 1989:305).

    Tujuan supervisi adalah memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru (Sahertian, 2000:19).
    Permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan supervisi di lingkungan pendidikan dasar adalah bagaimana cara mengubah pola pikir yang bersifat otokrat dan korektif menjadi sikap yang konstruktif dan kreatif, yaitu sikap yang menciptakan situasi dan relasi di mana guru-guru merasa aman dan diterima sebagai subjek yang dapat berkembang sendiri. Untuk itu, supervisi harus dilaksanakan berdasarkan data, fakta yang objektif (Sahertian, 2000:20).Supandi (1986:252), menyatakan bahwa ada dua hal yang mendasari pentingnya supervisi dalam proses pendidikan.

    BalasHapus
  64. fitri rahayu
    5215077535
    pend. tek. elektroika

    Seharusnya supervisi dijadikan sebagai sarana untuk pemberian bimbingan dan bantuan kepada guru dan staf tata usaha agar mampu meningkatkan kinerjanya, Pemberian bimbingan dan bantuan dilakukan secara langsung dan tidak perlu ada perantara, Pemberian bantuan dan bimbingan harus dikaitkan dengan peristiwa yang memerlukan bimbingan.Kegiatan supervisi dilakukan secara berkala agar terjadi mekanisme yang ajeg dan rutin, Supervisi terjadi dalam suasana yang kondusif penuh sifat kekeluargaan agar terjalin kerjasama yang baik. Supervisi dilakukan dengan mengunakan catatan agar apa yang dilakukan dan ditemukan tidak hilang.

    BalasHapus
  65. Niwan(5215077537)
    PNR Pend. Teknik Elektronika 07

    Jika merujuk pendapatnya Glickman (1985) peranan supervisi. Pertama, seharusnya supervisi dijadikan sebagai sarabna untuk pemberian bimbingan dan bantuan kepada guru dan staf tata usaha agar mampu meningkatkan kinerjanya, Kedua, Pemberian bimbingan dan bantuan dilakukan secara langsung dan tidak perlu ada perantara, Ketiga, Pemberian bantuan dan bimbingan harus dikaitkan dengan peristiwa yang memerlukan bimbingan, keempat, Kegiatan supervisi dilakukan secara berkala agar terjadi mekanisme yang ajeg dan rutin, Kelima, Supervisi terjadi dalam suasana yang kondusif penuh sifat kekeluargaan agar terjalin kerjasama yang baik, dan keenam, Supervisi dilakukan dengan mengunakan catatan agar apa yang dilakukan dan ditemukan tidak hilang. Temuan dan hal-hal penting lainnya merupakan bahan binaan yang sangat penting artinya dan dapat dibahas dalam pertemuan rutin pengawas dan kepala sekolah.Seorang supervisor berperan penting dalam pembinaan keterampilan mengajar guru. Jika dilihat perannya, peran supervisor adalah memberi support (supprting), membantu (assisting), dan mnegikutsertakan (sharing). Peranan seorang supervisor ialah menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga guru-guru merasa aman dan bebas dalam mengembangkan ptensi dan daya kreasi mereka dengan penuh tanggungjawab. Suasana yang demikan hanya dapat terjadi bila kepemimpinan dari supervisor itu bercorak demokratis bukan otokratis. Sehingga pada gilirannya guru-guru dapat tumbuh secara personal maupun profesional.

    BalasHapus
  66. komentar nazarudin
    elektro 5115046513

    Menurut saya supervisi pendidikan sangatlah penting dalam rangka mengembangkan kegiatan pembelajaran di negara kita, karena dalam supervisi tersebut adanya kegiatan yang saling mensupport satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu dalam proses belajar mengajar. Dalam supervisi tersebut ada juga kegiatan yang sangat diperlukan pada dunia pendidikan saat ini agar mampu memberikan yang terbaik bagi anak didik, staf pengajar maupun kepala sekolah melalui kegiatan pengembangan yang berkesinambungan "continuous improvement" dalam hal kemampuan dan kreatifitas staf pengajar dan kepala sekolah serta bidang administrasi dan hubungan sekolah dengan dunia luar.

    BalasHapus
  67. Nahar Miladi Murron (5215079457)

    Supervisi pendidikan merupakan alat pengendalian untuk Kegiatan Pembelajaran (KBM) di suatu sekolah itu sendiri. Karena supervisi bertujuan memberikan pembinaan kepada guru maka sebenarnya jika guru menghasilkan KBM yang profesional maka Sekolah itu sendiri secara otomatis akan menghasilkan lulusan yang terbaik.

    Atau sebaliknya jika supervisi dilakukan dengan tidak bertanggung jawab maka seluruh rangkaian sistem akan tidak berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Sudah jelas akibatnya KBM tidak berjalan sesuai aturan. Dan otomatis hasilnya nol

    BalasHapus
  68. nur cahyadi sunanta
    5115046511

    Menurut saya program supervisi ini sangat bagus untuk terus meningkatkan dan memantau perkembangan hasil belajar siswa.Karena sistem seperti ini terlihat lebih terorganisir dan terlihat lebih transparan sehingga pemantauan terhadap perkembangan siswa dan sekolah bisa lebih terkontrol karena dilakukan secara rutin dan berkala

    BalasHapus
  69. laku bener nih Blognya pa hehehe,,,
    liat deh pa, bentar lagi nih saya bakal setener bapa...

    BalasHapus
  70. merry, tn reg 07
    menurut saya supervisi pengajaran sangat diperlukan untuk memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personel tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar sehingga berhasil membantu, membimbing siswa menggapai prestasi belajar dan pribadi.

    BalasHapus
  71. Lukman, TN non reg 07

    Supervisi terjadi dalam suasana kekeluargaan agar terjalin kerjasama yang baik supaya tujuan supervisi yang bertujuan memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  73. TAOFIQ, TN REG 2007


    menurut saya supervisi pengajaran bisa terjadi karena adanya integritas pada seluruh aspek yang berkaitan dengan dunia pendidikan tanpa harus melempar tanggung jawab pada aspek mana supervisi ini dilaksanakan.

    guru harus profesional dalam memberi pengajaran, mengarahkan siswa untuk aktif dalam pelajaran.kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah juga harus menjalan standar pengajaran yang ada juga secara profesional.
    untuk departemen pendidikan jangan terus-terusan berexperimen dengan melempar kurikulum yang baru dan belum tentu guru dan siswa mengerti kurikulum tersebut.buatlah standar ujian yang benar-benar nyata.

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  75. Aji,TN REG'07

    menurut saya
    dalam menjalankan supervisi,pihak sekolah harus berkerja sama dan tidak membebankan kepada guru saja, namun kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah juga harus ikut serta untuk meningkatkan kinerja guru disekolahnya demi meningkatkan mutu pembelajaran pendidik dan siswanya.

    BalasHapus
  76. Muhammad Rizki Hakiki
    8135072794
    Pend. Tata Niaga Reguler 2007


    Menurut saya,
    supervisi pengajaran merupakan salah satu cara agar dapat memprofesionalkan seorang guru. Dengan adanya supervisi pengajaran ini, maka dapat membina para guru agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, demi meningkat kan mutu pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  77. wahyu,tn reg 2oo7
    menurut saya,,supervisi pengajaran merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar-mengajar,mengendalikan penyelenggaraan bidang teknis edukatif di sekolah sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan,menjamin agar kegiatan sekolalah berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan diperoleh hasil yang optimal, menilai keberhasilan sekolah dalam pelaksanaan tugasnya, dan memberikan bimbingan langsung untuk memperbaiki kesalahan serta dapat menjadi acuan untuk memecahkan masalah yang ada di dalam dunia pendidikan.
    mungkin dengan adanya supervisi pendidikan,maka dunia pendidikan yang ada di Indonesia khususnya akan menjadi lebih baik lagi. disamping itu, dengan adanya supervisi pendidikan, maka setiap sekolah dapat menciptakan siswa ataupun siswi yang berkualitas dan juga dapat menciptakan tenaga pengaajr yang berkualitas pula.

    BalasHapus
  78. Tri Novianti
    8135072766
    Pend. Tata Niaga Reguler 2007


    Menurut saya,
    supervisi pengajaran merupakan salah satu cara efisien antara guru dan kepala sekolah dalam penyelenggarakan pendidikan, dengan interaksi edukatif di sekolah. Demi mencapai tujuan untuk meningkatkan kualitas pengajar yang bermutu di dalam dunia pendidikan.

    BalasHapus
  79. umi karolina
    tn reg 07
    8135072773
    menurut saya supervisi pendidikan sangat dibutuhkan untuk membantu guru dalam menerapkan pembelajarannya kepada peserta didik selain itu membantu siswa dalam meningkatkan belajar siswa

    BalasHapus
  80. Julyanto,TN Reg 07
    8135072791
    Aslm...
    Menurut saya,supervisi pengajaran sangat tepat dan harus diterapkan mengingat tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kemampuan serta potensi seluruh elemen sekolah terutama para pendidik. Dengan diterapkannya supervisi pengajaran, diharapkan profesinalitas dan kreativitas guru semakin meningkat.

    BalasHapus
  81. sri rahayu
    pend.Tata Niaga Reg 07
    8135072789

    Aslm...
    menurut saya,supervisi pengajaran sangatlah tepat untuk mendukung terciptanya suasana yang efektif dalam situasi belajar dan pembelajaran. Supervisi dalam pengajaran dapat memberikan dorongan kepada seluruh intansi dan elemen pendidikan dapat saling bekerja sama dalam pengajaran demi mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas dari segi profesional pengajar maupun kurikulum.

    BalasHapus
  82. Noritha Kristianty
    8135072787
    Pend. Tata Niaga Reg'07

    Untuk mendapatkan mutu pendidikan yang baik maka sang pengajar juga harus memiliki mutu yang baik pula, maka dengan begitu hasil yang optimal baru akan tercapai. Untuk itu supervise guru sangat diperlukan dalam hal ini. Menurut saya misi yang dilakukan supervisi guru diatas sangat bagus karena memang itu yang seharusnya dilakukan, jadi dari segala aspek semua perbaikan dilaksanakan. Baik dari segi kurikulum, siswa, maupun sang pengajar, tingga bagaimana cara mempraktekannya saja yang perlu diawasi agar berjalan sesuai dengan semestinya bukan hanya sekedar ancang-ancang tapi memang hal tersebut dirancang untuk dilaksanankan. Lembar observasi yang diberikan kepada guru sangat baik karena dengan begitu guru akan termotivasi untuk memberikan yang lebih baik lagi, secara tidak langsung mereka akan menggali kembali ilmu mereka, karena banyak sekali guru-guru yang selalu memberikan materi/cara yang sama setiap tahunnya-tidak ada variasi. Dan alangkan lebih baik lagi jika sekolah atau dari pemerintah mau membina guru-guru di Indonesia lagi, karena mutu guru di Indonesia pun masih terbilang rendah..

    BalasHapus
  83. asalamualaikum

    menurut saya supervisi harus dilakukan sedini mungkin karena kemajuan teknologi menuntut kecepatan seseorang dalam menerima informasi baru atau pelajaran baru. proses ini juga mampu meningkatkan kualitas guru maupun siswa, dengan dibantu dengan metode dan kurikulum yang disesuaikan dengan keadaan yang terkini dan nantinya dapat menghasilkan siswa yang siap untuk berinteraksi kemasyarakat luas

    BalasHapus
  84. mohamad yaser
    tn non 07
    8135077967

    BalasHapus
  85. Risthy S.Puspita
    Pend.TN reg'07
    8135072770

    dalam meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukan juga upaya peningkatan mutu pengajar agar dapat menghasilkan anak didik yang berkualitas. dengan adanya supervisi pengajaran diyakinkan lebih bermanfaat dalam program pendidikan di indonesia. disini peran guru yang dilihat sebagai pengajar yang berkompeten dalam hal penyampaian ilmunya pada anak didik.

    BalasHapus
  86. Ichwan Septiadi
    Pend. Tata Niaga'07
    8135072781

    Entah saya yang tidak tahu atau memang ini sebuah inovasi dalam dunia pendidikan??hahaa., tapi yang pasti Supervisi Pengajaran benar - benar baik apabila telah diterapkan pada tiap sekolah di Indonesia sehingga dapat menjaga dan meningkatkan kualitas atapun mutu dari tiap sekolah. Kalau sekilas dilihat adanya Supervisi Pengajaran pada sekolah mungkin akan terlihat seperti Supervisor pada suatu perusahaan yaa., pak?? hehe.,
    Tapi dengan adanya AKPG, saya yakin akan membuat dunia pendidikan menjadi lebih cerdas apabila dilaksanakan dengan baik.

    BalasHapus
  87. Triwibisono. Iskandar
    pend. Tata Niaga 07
    8135072779

    Menurut saya tujuan supervisi pengajaran adalah untuk meningkatkan kualitas mengajar agar dapat meningkatkan kualitas siswanya. supervisi pengajaran juga disesuaikan dengan proses pendidikan melalui perkembangan kurikulum dan pengembangan personel, pegawai atau karyawan yang tuntutan kurikulumnya sesuai dengan keadaan sekolah.

    BalasHapus
  88. Fitri Amelia
    Pend.Tata Niaga Reg 07
    8135072765

    Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, supervisi sangat baik dilaksanakan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Melihat ketertinggalan mutu pendidkian Indonesia dibanding dengan negara-negara maju dan berkembang lainnya. Salah usaha memajukan pendidikan Indonesia yaitu dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pengajar di Indonesia, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.Dengan supervisi inilah diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan yang dalam hal ini terkait dengan peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga pengajar khususnya. Supervisi diharapkan mampu menjadi media bagi para guru untuk memantau bagaimana kinerjanya, menentukan metode pengajaran yang tepat untuk diterapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Namun sebaiknya supervisi tersebut dilakukan oleh
    seluruh elemen pendidikan, baik guru, kepala sekolah,pemerintah yang dalam hal ini diwakilkan oleh dinas pendidikan terkait, bahkan diharapkan masyarakat pun ikut serta dalam supervisi tersebut. Sehingga proses peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya masing-masing.

    BalasHapus
  89. dewi setiyarini
    8135072775
    PEND. TN REG 07

    saya sangat setuju dengan adanya supervisi pengajaran. karena kualitas belajar siswa sangat di tentukan dari pendidik siswa itu sendiri. jadi setiap guru perlu di bina dalam melaksanakan tugasnya agar lebih efektif dan efisien. sehingga kualitas mengajar guru dalam pembelajaran siswa dapat di tingkatkan. pengembangan kurikulum juga sangat berpengaruh. karena kurikulum yang selalu berubah ubah sesuai tuntutan jaman, maka guru juga di tuntut untuk menyesuaikan pengetahuannya terhadap kurikulum tersebut. sehingga antara guru dan siswa terdapat kesinambungan yang efektif.

    BalasHapus
  90. Revita Renda I
    pend. Tata Niaga reg 07


    supervisi pengajaran sangat penting dilakukan. hal ini untuk mengembangkan kualitas guru, kepala sekolh, dan tentunya akan berpengaruh pula pada kualitas anak didik. dari penyesuaian guru terhadap kurikulum yang terus berubah,perkembangan zaman dan teknologi. karena pendidikan di Indonesia ini sesungguhnya masih sangat minim sekali kualitasnya. diharapkan denagn adanya supervisi yang menyebar di daerah-daerah, pendidikan di Indonesia dapat bersaing denagn pendidikan di luar negeri.

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  92. Dwi Yuniarti
    8135072800
    Pend. Tata Niaga Reg 07

    Untuk dapat meningkatkan mutu kualitas baik siswa maupun guru disekolah diperlukan supervisi pengajaran. Karena tingkat mutu pendidikan di Indonesia tidak hanya dilihat dari tingkat pendidikan muridnya saja, melainkan dilihat pula dari kualitas seorang guru. Karena guru yang baik akan memberikan dampak yang lebih baik juga kepada siswanya..

    BalasHapus
  93. Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya.disini peranan guru sebai pendidik sangat perlukan,agar tidak terjadi proses belajar yang mengajar yang monoton.dimana guru hanya sebai pemberi materi pengajaran sedangkan siswa hanya sebai pendengar saja.
    kenyataannya supervisi di lapangan masih sangat bervariasi. Bahkan di beberapa sekolah, supervisi tidak dapat berjalan dengan optimal dan efektif dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain kurang memadainya pengetahuan, keterampilan dan pengalaman supervisor, termasuk pengawas dan kepala sekolah, maupun pemahaman guru tentang supervisi yang belum memadai.

    BalasHapus
  94. Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya.disini peranan guru sebagai pendidik sangat perlukan,agar tidak terjadi kegiatan belajar dan mengajar yang monoton.dimana guru hanya sebagai pemberi materi pengajaran sedangkan siswa hanya sebagai pendengar atau penerima materi saja.
    kenyataannya supervisi di lapangan masih sangat bervariasi. Bahkan di beberapa sekolah, supervisi tidak dapat berjalan dengan optimal dan efektif dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain kurang memadainya pengetahuan, keterampilan dan pengalaman supervisor, termasuk pengawas dan kepala sekolah, maupun pemahaman guru tentang supervisi yang belum memadai.

    BalasHapus
  95. Liza Sabriani
    pend.Tata Niaga Reg 07
    8135072797

    memang benar sekali,supervisi pengajaran harus diterapkan di pendidikan indonesia agar murid tambah bermutu serta guru di indonesia menjadi berkualitas dalam belajar dan mengajar.jangan sampai pendidikan di negara kita terlampau ketinggalan dari negara-negara lain dan mampu bersaing dengan negara lain juga.

    BalasHapus
  96. Nancy Wijaya S
    8135072769
    Pend. Tata Niaga 07 (Reguler)

    Kita ketahui supervisi pembelajaran mempunyai tiga prinsip yaitu:(a) supervisi pembelajaran langsung mempengaruhi dan mengembangkan perilaku guru dalam mengelola proses belajar mengajar;(b) perilaku supervisor dalam membantu guru mengembangkan kemampuannya harus didesain dengan jelas;(c) tujuan supervisi pembelajaran adalah guru makin mampu menjadi fasilitator dalam belajar bagi siswanya

    Menyambung artikel diatas, pemberlakuan supervisi di sekolah-sekolah cukup berguna dalam memantau kinerja para pengurus, pengajar, pegawai dan secara otomatis siswa yang ada didalamnya.

    Supervisi penting dalam memberikan motivasi dan pengembangan diri para pengajar agar proses belajar mengajar yang diberikan semakin lama semakin baik dan berkembang. Menggunakan metode-metode pengajaran yang baru yang mungkin saja dapat diciptakan oleh pengajar sendiri. atau meng-rekonstuksi metode yang lama menjadi metode yang lebih revolusioner. Ini semua dilakukan agar siswa dapat benar-benar memahami pelajaran yang diberikan oleh pengajar.

    Supervisor yang ada juga harus bekerja secara optimal dan konkrit. Jelas memberikan visi serta masukan-masukan pada pengajar. Dan memberikan gambaran yang jelas terhadap desain yang akan diberikan kepada pengajar agar tidak terjadi kesalahan persepsi.

    yang terakhir, bila dari dalam pengajar dan pihak-pihak yang bersangkutan dapat bekerja sama dengan baik, diharapkan ada timbal balik dari ini semua guru benar-benar menjadi fasilitator yang AKTIF bagi para siswa.

    Semoga pengembangan di dunia Pendidikan terus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Serta jasa-jasa mereka tidak sia-sia karena para siswanya benar-benar dapat menjadikan nama bangsa Indonesia berkibar di jagat raya ini.

    Amin.

    BalasHapus
  97. Menurut saya super visi pendidikan sangat penting dan sangat bermanfaat bagi negara kita dalam meningkatkan pembelajaran di negara indonesia.Karena dalam supervisi dapat meningkatkan kualitas dari guru-guru dan pastinya juga meningkatkan sekolah itu sendiri.supervisi merupakan salah atu sarana untuk mengelola dan meningkatkan kualitas pendidikan.

    BalasHapus
  98. inne zulfanisa
    tata niaga reg 07
    8135072806
    Menurut saya super visi pendidikan sangat penting dan sangat bermanfaat bagi negara kita dalam meningkatkan pembelajaran di negara indonesia.Karena dalam supervisi dapat meningkatkan kualitas dari guru-guru dan pastinya juga meningkatkan sekolah itu sendiri.supervisi merupakan salah atu sarana untuk mengelola dan meningkatkan kualitas pendidikan.

    BalasHapus
  99. imam irawan
    tata niaga reg 07
    8135072811

    menurut saya,,supervisi pengajaran penting dalam memberikan motivasi dan pengembangan diri para pengajar agar proses belajar mengajar yang diberikan semakin lama semakin baik dan berkembang.atau meng-rekonstuksi metode yang lama menjadi metode yang lebih revolusioner. Ini semua dilakukan agar siswa dapat benar-benar memahami pelajaran yang diberikan oleh pengajar.dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan

    BalasHapus
  100. prinanto hadi wibowo
    pend. tata niaga 07 reg
    8135072788

    proses pengajaran tersebut sangat baik dalam meningkatkan motivasi pada diri pengajar. dan juga siswa dapat memahami dengan baik.

    BalasHapus
  101. christina panjaitan
    8135072784
    pend tn reg 07

    Supervisi pendidikan merupakan alat pengendalian untuk Kegiatan Pembelajaran (KBM) di suatu sekolah itu sendiri. Karena supervisi bertujuan memberikan pembinaan kepada guru maka sebenarnya jika guru menghasilkan KBM yang profesional maka Sekolah itu sendiri secara otomatis akan menghasilkan lulusan yang terbaik.

    Atau sebaliknya jika supervisi dilakukan dengan tidak bertanggung jawab maka seluruh rangkaian sistem akan tidak berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Sudah jelas akibatnya KBM tidak berjalan sesuai aturan. Dan otomatis hasilnya nol

    BalasHapus
  102. christina panjaitan
    8135072784
    pend tn reg 07

    Supervisi pendidikan merupakan alat pengendalian untuk Kegiatan Pembelajaran (KBM) di suatu sekolah itu sendiri. Karena supervisi bertujuan memberikan pembinaan kepada guru maka sebenarnya jika guru menghasilkan KBM yang profesional maka Sekolah itu sendiri secara otomatis akan menghasilkan lulusan yang terbaik.

    Atau sebaliknya jika supervisi dilakukan dengan tidak bertanggung jawab maka seluruh rangkaian sistem akan tidak berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Sudah jelas akibatnya KBM tidak berjalan sesuai aturan. Dan otomatis hasilnya nol

    BalasHapus
  103. "Supervisi pengajaran" sungguh sebuah ide yang baik memang, namun jika benar-benar dilaksanakan dengan keseriusan. Dalam hal ini guru sebagai penentu keberhasilan tujuan pendidikan memang perlu ditingkatkan lagi profesionalisme-nya. Guru harus mampu menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan nyaman untuk belajar agar tercapai pendidikan yang efektif dan efisien. Dan supervisi pengajaran merupakan langkah yang tepat guna mencapai hal tersebut. Namun, semua itu harus didukung oleh faktor-faktor penentu keberhasilan seperti pemerintah, sistem kurikulum yang baik, manajemen sekolah, siswa serta orangtua murid.
    Supervisi pengajaran juga harus dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan agar mampu memberikan hasil yang optimal.
    Jika seluruh faktor telah berfungsi sebagaimana mestinya, insya Alloh tujuan pendidikan yang efektif dan efisien tersebut dapat tercapai.
    Semoga supervisi pengajaran bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Negeri kita tercinta ini. Amin.

    BalasHapus
  104. mutu pendidikan di Indonesia untuk saat ini memang cukup memprihatinkan.. .
    Supervisi merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh oleh pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan di indonesia melalui peningkatan mutu ataupun kompetensi dari pihak pengajar..
    dengan supervisi saya berharap dapat membawa pendidikan Idonesia menjadi lebih baik.. .

    BalasHapus
  105. alek monaris s
    pendidikan Tata Niaga reg 07
    8135072768

    mutu pendidikan di Indonesia untuk saat ini memang cukup memprihatinkan.. .
    Supervisi merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh oleh pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan di indonesia melalui peningkatan mutu ataupun kompetensi dari pihak pengajar..
    dengan supervisi saya berharap dapat membawa pendidikan Idonesia menjadi lebih baik.. .

    BalasHapus
  106. supervisi pendidikan sangat penting untuk kemajuan di bidang pendidikan....
    agar siswa maupun pengajar dapat melakukan tugasnya dengan baik,,,dan kegiatan belajar mengajar di sekolah pun dapat berjalan dengan efektif dan efisien....

    BalasHapus
  107. Aditya Septiadi A
    8135072783
    tN reg 07
    supervisi perlu dilakukan agar kekurangan-kekurangan di dalam pendidikan dapat di minimalisi..
    selain itu supervisi harus dilakuan secara rutin agar mendapat hasil maksilmal dan mudah di kontrol

    BalasHapus
  108. ass.wr wb
    salam seJahTera unTuk kita semua
    M. Fallah (Tn Nonreg 07)
    8135079635

    Bahwa Supervisi pendidikan mutlak di perlukan.
    sebelum itu ada baiknya kita mensupervisi diri qita sendiri untuk bisa mensumbangsih kemampuan kita yang terbaik.
    Supervisi pendidikan akan membawa dampak yang positif untuk semua elemen sekolah
    Dunia pendidikan zaman sekarang ibarat sudah terkontaminasi dengan informasi baik dan buruk dari dunia barat. ini ditunjukan dengan semakin dekatnya siswa sekolah dengan internet. Internet ini sangat umum sifatnya. harus ada filter untuk menyaring informasi tersebut. disinilah peran guru, masyarakat, orang tua untuk bisa membentengi anak - anak kita akan informasi yang bersifat negatif yang menjurus jahat bisa merusak mental anak generasi muda kita.

    BalasHapus
  109. Gelda Meris Nike Safitra
    8135072807
    Pend.Tata Niaga Reg07

    Menurut saya,Supervisi pengajaran hendaknya dijadikan sebagai agenda utama bagi setiap instansi pendidikan. Karena diharapkan dengan adanya supervisi pengajaran setiap elemen pendidikan yang terkait dapat terkontrol dan di atur bagaimana semestinya untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut.
    Namun hal tersebut harusnya melibatkan semua instansi sekolah,tidak hanya guru /murid saja,agar dapat berjalan sesuai yang diinginkan

    BalasHapus
  110. Diajie Ary tohfati
    8135077980
    tn non reg 07

    supervisi
    Supervisi sangat baik karena dengan adanya supervisi guru sebagai seorang pendidik dapat meningkatkan kualitas dari kegiatan belajar mengajar dengan adanya pengawasan terhadap guru, guru pun akan terpacu untuk memberikan yang terbaik dalam mengajar anak didiknya.

    BalasHapus
  111. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  112. Ary Prabowo
    TN NR 07

    menurut saya dengan adanya supervisi pengajaran dapat meningkatkan mutu dan kualitas seorang guru yang dapat juga membawa impact yang baik bagi siswanya.

    BalasHapus
  113. Ariyanto
    8135077960
    TN NR 07

    Super visi pengajaran merupakan hal yg positif di dalam dunia pendidikan indonesia. Yg bertujuan memajukan kualitas pengajar dan pendidik untuk meraih hasil yg optimal. Tentu semua itu perlu di dukung oleh berbagai pihak yg terkait dan bersama sama mencari jalan keluar dalam permasalahan supervisi pengajaran tersebut.

    BalasHapus
  114. Dwi Yunita
    8135077965
    Pend Tata Niaga NonReg'07

    dengan adanya supervisi pengajaran ini, pengajar (guru) bisa lebih memahami akan tugasnya sebagai guru. selain itu, dengan adanya supervisi ini para pengajar juga dapat meningkatkan kualiatas serta pengajaran mereka. sehingga memberikan dampak yang posif baik bagi para peserta didiknya maupun sekolahnya.

    BalasHapus
  115. Amalina Imadarty
    8135077986
    Pend.Tata Niaga Non Reg 07

    Menurut saya, supervisi memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru. Pada era globalisasi seperti sekarang ini memang supervise pengajaran sangat diperlukan guna meningkatkan kompetensi guru dan memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Meskipun demikian banyak hal yang perlu diperhatikan misalnya dalam hal kurikulum. Guru yang terlambat menerima informasi mengenai perubahan kurikulum sehingga mereka mengalami kesulitan untuk menerapkan kurikulum baru di sekolah mereka, keadaan sekolah yang tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum, dll. Untuk itu diharapkan, pemerintah dapat memberikan bantuan khusus kepada guru dan kepala sekolah dalam hal pengembangan kurikulum. Selain itu, dalam hal ini bukan hanya guru dan kepala sekolah saja yang berperan penting melainkan juga bidang akademik, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat, dan pemerintah juga harus berperan baik demi tercapainya supervisi pengajaran yang diharapkan.

    BalasHapus
  116. rizky dwi perwitasari
    8135077963
    pendidikan tata niaga (nonreg07)

    saya sangat setuju dengan adanya supervisi pengajaran karena dengan cara seperti itu dapat memajukan kualitas pendidikan nasional kita sendiri..selain itu dapat meningkatkan kualitas guru,,dan melahirkan generasi indonesia yang cerdas..
    namun perlu di perhatikan juga hambatan-hambatan yang ada..
    pemerintah juga harus berperan dalam hal ini,, seperti dengan pengembangan kurikulum..dalam hal ini pemerintah juga harus turut membantu,, selain itu sarana dan prasarana yang adapun harus lebih di tingkatkan..
    sekarang ini banyak sekali guru yang belum memahami tentang perkembangan iptek ,, dalam hal ini pemerintah harus ikut meratakan perkembangan iptek sampai ke daerah terpencil..
    semuga dengan cara seperti itu pendidikan di indonesia makin hari semakin maju....

    BalasHapus
  117. Sesuai dengan perkembangan dunia yang semakin cepat harus diimbangi dengan kinerja guru dan pihak terkait agar Bangsa Indonesia tidak tertinggal dengan bangsa lain. Diharap dengan dilakukannya supervisi pengajaran upaya pemerintah untuk memprofesionalisasikan guru- guru di Indonesia dapat tercapai.Semoga supervisi pengajaran dapat mengembangkan kreativitas kurikulum agar tujuan pendidikan dapat berjalan baik sesuai mengembangkan proses pengajaran yang mencapai tujuannya.

    BalasHapus
  118. Raja Yuda Roderick Siahaan
    8135077978
    Pend. Tata Niaga (NR'07)
    Setiap sistem inspeksi atau supervisi hendaklah dirancang untuk mendorong dan membantu guru-guru dalam peningkatan kinerja tugas-tugas profesional mereka dan hendaklah dilakukan sedemikian rupa sehingga tidak mengurangi kebebasan, prakarsa, dan tanggung jawab guru-guru.
    Oleh karena itu kegiatan supervisi perlu dilakukan untuk memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Kurikulum yang ada di sekolah berguna sebagai pedoman guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam kenyataannya kurikulum di Indonesia selalu berubah-ubah dan tidak fleksibel. Terkadang juga seorang guru bingung dalam menyusun satuan acara pengajaran di sekolah karna berubahnya kurikulum.

    BalasHapus
  119. aNggi arisaputri Tn_nr 07

    asalamu'alaikum......

    menurut saya,pada perkembangan sekarang ini sangat membutuhkan supervisi pendidikan,terlebih untuk para pendidik,agar terciptanya kualitas pendidikan yang memenuhi tuntutan kemajuan zaman..
    Para guru pun di tuntut untuk lebih kreatif untuk menunjang jalannya supervisi pengajaran.

    BalasHapus
  120. dedy prasetyo
    8135077956
    tn NR 07

    Pelaksanaan supervisi pengajaran perlu dilakukan secara sistematis oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah bertujuan memberikan pembinaan kepada guru-guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Untuk mensupervisi guru digunakan lembar observasi yang berupa alat penilaian kemampuan guru (APKG), sedangkan untuk mensupervisi kinerja sekolah dilakukan dengan mencermati bidang akademik, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat.

    BalasHapus
  121. Aisyah R ( TN07 )

    Dalam dunia pendidikan tentu saja murid tidak dapat terlepas dari peran guru, seorang guru yang baik tentu saja sudah harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidangnya dan dapat menangani situasi apapun terhadap muridnya.
    Adanya supervisi pengajaran dalam pendidikan itu sendiri tentunya memiliki manfaat yang baik bagi dunia pengajaran.
    Dengan adanya supervisi ini tentu saja saya berharap dapat memajukan kualitas pendidikan Indonesia karena dapat mengembangkan kemampuan siswa.

    BalasHapus
  122. Karina DwiJaya Oktariani TN NR'07

    Assalamualaikum
    Menurut saya Supervisi pendidikan sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan Zaman sekarang.karena Supervisi pengajaran salah satu bagian untuk meningkatkan profesional guru,karena di dalam supervisi pengajaran bertujuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru yang tujuanya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.

    BalasHapus
  123. jenny christine TN NR 07

    ass
    kalau menurut saya supervisi pendidikan itu penting sekali dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar-mengajar, karena belajar-mengajar sangat lebih mudah prosesnya dan guru lebih mudah mengajar siswa-siswa tersebut
    dan penting dalam mengendalikan penyelenggaraan bidang teknis edukatif di sekolah sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan sehingga kegiatan sekolah berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan segala sesuatunya berjalan lancar dan dapat diperoleh hasil yang optimal
    yang bisa menilai keberhasilan sekolah dalam pelaksanaan tugasnya
    dan tercapailah tujuan supervisi tersebut.

    BalasHapus
  124. Qurota Aini, TN NR 07

    Menurut saya,
    supervisi pengajaran merupakan salah satu cara efisien antara guru dan kepala sekolah dalam penyelenggarakan pendidikan, dengan interaksi edukatif di sekolah. Demi mencapai tujuan untuk meningkatkan kualitas pengajar yang bermutu di dalam dunia pendidikan.
    Dengan cara seperti ini pula sekolah dapat menilai sejauh mana kualitas guru dan profesionalismenya...karena tujuan supervisi pengajaran sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas mengajar guru agar dapat meningkatkan kualitas belajar siswa itu sendiri,

    BalasHapus
  125. Rosita
    TN 07

    Memang sudah seharusnya bangsa Indonesia ini mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal dengan bangsa lain.

    Dalam supervisi pengajaran ini bagus juga untuk perkembangan pendidikan indonesia dan peran pengajar lebih penting untuk para muridnya agar menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki dedikasi yang tinggi.

    BalasHapus
  126. fitri melawati tn nr 07

    menurut saya supervisi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dan untuk membantu pendidik untuk menerapkan pembelajaran kepada peserta didik agar maju dan tidak ketinggalan zaman...

    BalasHapus
  127. Adanya supervisi pengajaran memberkan hal positif bagi dunia pendidikan. Tujuan supervisi sudah jelas yakni memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Dalam hal ini, bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru. Diharapkan dengan adanya supervisi, dapat memberikan dampak positif bagi pendiidikan Indonesia.

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. TN (NR)

    BalasHapus
  128. Adanya supervisi pengajaran memberkan hal positif bagi dunia pendidikan. Tujuan supervisi sudah jelas yakni memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Dalam hal ini, bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru. Diharapkan dengan adanya supervisi, dapat memberikan dampak positif bagi pendiidikan Indonesia.

    Dwi Restuwanty
    8135077989
    Pend. TN (NR)

    BalasHapus
  129. heru yunianto
    8135072793
    Pend.Tata Niaga reg 2007

    Supervisi pengajaran menjadikan sebuah tolak ukur bagi dunia pendidikan Indonesia sekarang ini, dengan adanya supervisi pengajaran menjadikan pedoman dan juga acuan bagi sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Dan diharapkan dengan adanya hal tersebut dapat menjadi lebih baik

    BalasHapus
  130. Sutriyani
    8135077961
    TN non reg 07

    asKum.
    Supervisi pengajaran sangat diperlukan dalam memajukan kegiatan belajar dan mengajar didalam kelas khususnya disekolah. dengan adanya supervisi pengajaran sekolah, khususnya guru dan siswa dapat disiplin dalam proses belajar mengajar ataupun dalam pembelajaran disekolah. selain dapat meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif, supervisi juga dapat meningkatkan kreatifitas siswa yang berdampak positif.tak hanya itu, bila supervisi ini berjalan dengan baik dan lanjar dengan adanya dorongan dan kepedulian disekolah, maka pendidikan di Indonesia bisa meningkat. amin..

    BalasHapus
  131. supervisi dalam pengajaran sangat bagus dalam mengawasi pengajaran.
    disekolah-sekolah harus diterapkan sistem seperti ini supaya pengajaran menjadi lebih efektif dan mencapai target pembelajaran.

    BalasHapus
  132. Supervisi sangat perlu di lakukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia, namun supervisi hendaknya di lakukan dengan sistem transparan, demokratis, dinamis, dan kekeluargaan. Supervisi pengajaran perlu di lakukan secara aktif untuk lebih mempercepat kelancaran pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  133. Supervisi pengajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu diharapkan, pemerintah dapat memberikan bantuan khusus kepada guru dan kepala sekolah dalam hal pengembangan kurikulum. dalam hal ini bukan hanya guru dan kepala sekolah saja yang berperan penting melainkan juga bidang akademik, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana dan prasarana, serta hubungan masyarakat, dan pemerintah juga harus berperan baik demi tercapainya supervisi pengajaran yang diharapkan.

    Novira Tri Risanti
    8135077962
    Pend. Tata Niaga (Non Reg'07)

    BalasHapus
  134. yuni Sri W (8135077970)
    pend.TN NR 07

    ass
    secara umum supervisi pengajaran sangat baik terutama dalam mengsukseskan program sekolah melaui kepala sekolahnya, dengan pengawasan gugus sekolah tapi supervisi yang diberikan oleh kepsek kepada guru kurang diperhatikan, apalagi kalau melalui pengawasan observasi guru lewat selembaran.
    dan misal banyaknya guru yang kurang melakukan supervisi tersebut dan tidak di ketahuinya oleh kepsek, ini sangat merugikan siswa dan program sekolah tsb.
    maka perlu adanya kedekatan antara kepsek dan guru untuk menciptakan supervisi yang sesuai.

    BalasHapus
  135. Tujuan supervisi adalah memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru. dengan adanya supervisi bisa meningkatkan kualitas anak didik dan seharusnya kepsek harus lebih memperhatikan kinerja guru yang ada di sekolahnya.
    Angga Saputra (TN NR07)

    BalasHapus
  136. dengan adanya suvervisi tersebut, Kepsek harus lebih memperhatikan guru/pengajar, sebab banyak guru yang melalaikan tugasnya. Supervisi ini juga dapat meningkatkan kualitas pengajaran kepada anak didik.

    BalasHapus
  137. Dengan adanya supervisi dapat meningkatkan kualitas guru dan anak didiknya, dilain pihak kepsek harus lebih mengawas kinerja guru.sebab sekarang banyak guru yang melalaikan tugasnya

    BalasHapus
  138. asw
    artikel yang anda buat sangat baik sekali jika diimplementasikan keseluruhan sekolah di Indonesia, tetapi pada realitanya masih banyak sekolah yang bekerja secara semena-mena baik dari guru, kepsek, karyawan sehingga tujuan pendidikan secara nasional belum tercapai secara optimal. Bahkan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa masih banyak kekurangan.

    BalasHapus
  139. Fitri Hadianti
    8135077973
    Pend.Tata Niaga

    Menurut saya...Supervisi pengajaran sangat baik diterapkan dalam mensukseskan program pengajaran disekolah...Harapan saya kepala Sekolah dan guru yang mengajar dapat berdampingan untuk menjalankan program Supervisi tersebut.Agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan maupun pengajaran...

    BalasHapus
  140. supervisi pengajaran penting bagi guru sehingga guru dapat mengkoreksi diri dalam sistem atau cara mengajrnya sehingga guru dapat menjadi lebih baik lagi dalam mengajar.

    nistya

    BalasHapus
  141. sesuai tujuan supervisi untuk memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. maka diperlukan juga keseriusan dalam kegiatan supervisi ini, sehingga keluaran supervisi juga dapat menjadi penilaian yang baik untuk pengevaluasian guna proses pengajaran yang lebih efektif.

    Imanuel Suranta
    Pend.Tata Niaga Reg 07

    BalasHapus
  142. Muammar Khadafi
    8135077995
    pend.Tata niaga non reg 07

    Menurut saya, supervisi yang duilakukan Kepala Sekolah kepada Guru-guru mutlak dilakukan untuk mengetahui guru tersebut apakah sudah mempunyai kompetensi yang baik atau belum, sehingga nanti dapat diambil langkah langkah lebih lanjut seperti : memberi penghargaan kepada guru yang kompeten juga dapat memberikan pelatihan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.Guru yang berkompeten insya allah anak didiknya juga mempunyai kompetensi yang baik.
    Sedangkan supervisi yang dilkukan pengawas terhadap sekolah juga perlu untuk dilakukan, apakah sekolah tersebut masih layak atau tidak.

    BalasHapus
  143. Reza Adi Putranto
    8135077997
    Pend. Tata Niaga Non Reg '07

    Menurut saya, supervisi merupakan salah satu cara yang tepat di gunakan dalam peningkatan kualitas pendidikan baik dari segi pengajar, maupun dari segi siswa. Agar semua itu dapat berlangsung dengan baik di harapkan kepala sekolah dan pengawas mengadakan pengawasan secara periodic dan terperinci,,agar guru – guru dapat mengerjakan tugasnya dengan baik. Jika semua sudah melakukan tugasnya dengan baik, pasti kualitas pendidikan di sekolah tersebut akan naik sehingga menjadi motivasi bagi guru – guru, kepala sekolah, dan siswa – siswa agar dapat menghasilkan pendidikan yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  144. Imam Punarko
    Pend. Tata Niaga 07
    8135072812

    supervisi bagi seorang guru memang teramat penting.
    permasalahan pendidikan yang masih jauh dari efektif serta efisien,guru yang tidak profesional, dan sekolah yang kekurangan anggaran merupakan hal yang sering kita dengar dimasyarakat.
    semua elemen baik itu akademik, kepala sekolah, personel,dan wali murid merupakan tanda bahwa akan meningkatnya standar mutu pendidikan. menurut saya hal ini perlu terus di bina melalui lembaga independet yang mengawasi sehingga kita tidak tertinggal terlalu jauh dari bangsa lain.
    aspek yang diawasi semakin luas menindikasikan bahwa pendidikan merupakan sektor yang menarik karena menyangkut akan masa depan bangsa ini.

    kembali lagi visi jauh kedepan menentukan arah layar pergerakan perahu yang bernama pendidikan harus ada nahkoda yang piawai,abk yang terampil, dan perahu yang tidak bocor demi terciptanya benua ilmu yang lebih mapan. amin.

    BalasHapus
  145. Khorina(8135077992)
    Pend.Tata Niaga NonReg'07

    Seorang guru senantiasa harus memliki pemikiran yang cerdas, inovatif, dan berusaha mengembangkan kreativitasnya agar daya upaya pendidikan berdasarkan kurikulum dapat terlaksana secara baik.Kegiatan supervisi pengajaran merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan dalam penyelenggaraan pendidikan. Pelaksanaan kegiatan supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam memberikan pembinaan kepada guru.Sebab guru memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar maka kegiatan supervisi dipandang perlu untuk memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran.
    Guru hanya manusia biasa yang memiliki kekurangan..Tidak selamanya guru tahu segala..
    Maka siapapun kita jadikan guru sebagai orang yang patut dihormati dan diperhatikan.

    BalasHapus
  146. SITI HALIMATUS SA'DIAH
    8135077968
    PEND. TATA NIAGA NR 2007

    supervisi pengajaran sangat penting karena dapat menjadi acuan dalam proses pengajaran, manajemen sekolah, serta hubungan dengan masyarakat. selain itu dapat menjadikan lebih baik sistem pengajaran'y dari segi guru,dan semua lapisan yang berperan dalam jalannya proses pengajaran.

    BalasHapus
  147. RENDI MAISYAH LINO
    8135077994
    PEND.TATA NIAGA NON REG 2007


    Menurut saya supervisi yang sudah dijelaskan diatas sudah cukup bagus, karena disitu menjelaskan bagaimana tujuan dari supervisi pengajaran, permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaannya, hal yang mendasari pentingnya pelaksanaan supervisi pengajaran, kegiatan-kegiatan yang termasuk supervisi pengajaran, bidang-bidang yang menjadi objek dalam pelaksanaan supervisi pengajaran, Hal-hal yang diamati pengawas sekolah ketika melakukan kegiatan supervise pengajaran dll. supervisi pengajaran memang sangat baik dilaksanakan, karena dengan diadakan supervisi pengajaran maka kinerja para pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru dapat berjalan sebagaimana mestinya dan dapat terlakasana tepat waktu dan sasaran. Tetapi kita sebagai mahasiswa yang merupakan kaum terpelajar tidak hanya tinggal diam, maksudnya kita harus mengawasi bagaimana pelaksanaan dari supervisi pengajaran itu sendiri, agar dunia pendidikan kita dapat menjadi bermutu dan berkualitas menjadi lebih baik lagi, Amin,,,

    BalasHapus
  148. Supervisi pengajaran merupakan salah satu elemen penting dalam membangun sutu pendidikan yang bermutu, disana semua perangkat sekolah (kepala sekolah, guru, dan pegawai sekolah) di nilai untuk mengetahui sampai dimana perangkat sekolah dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik dalam memberikan pendidikan bagi para muridnya. Sekolah dan para siswanya akan merasakan bangga dengan hasil yang mereka capai karena akan mempunyai kepuasan yang tersendiri dan akan mampu meningkatkan kualitas mereka secara masing-masing.

    BalasHapus
  149. Ade Kurniawan
    8135072772
    Pend. Tata Niaga reg '07

    Supervisi pengajaran merupakan salah satu elemen penting dalam membangun sutu pendidikan yang bermutu, disana semua perangkat sekolah (kepala sekolah, guru, dan pegawai sekolah) di nilai untuk mengetahui sampai dimana perangkat sekolah dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik dalam memberikan pendidikan bagi para muridnya. Sekolah dan para siswanya akan merasakan bangga dengan hasil yang mereka capai karena akan mempunyai kepuasan yang tersendiri dan akan mampu meningkatkan kualitas mereka secara masing-masing.

    BalasHapus
  150. Abdul rohim
    8135072785
    tata niaga 2007

    Secara umum tujuan supervisi pengajaran adalah:(1) meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar-mengajar,(2) mengendalikan penyelenggaraan bidang teknis edukatif di sekolah sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan,(3) menjamin agar kegiatan sekolalah berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan diperoleh hasil yang optimal,(4) menilai keberhasilan sekolah dalam pelaksanaan tugasnya, dan(5) memberikan bimbingan langsung untuk memperbaiki kesalahan, kekurangan dan kekilafan serta membantu memecahkan masalah yang dihadapi sekolah sehingga dapat dicegah kesalahan dan penyimpangan yang lebih jauh (Suprihatin, 1989:305).
    dari tujuan umum yang disampaikan oleh suprihatin diatas sudah tentu pasti supervisi guru ini sangatlah penting bagi dunia pendidikan di Indonesia.dengan adanya supervisi guru yang dilakukan secara kontinu sangatlah menunjang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di indonesia.karena dengan adanya supervisi guru,guru menjadi termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya dalam proses belajar mengajar dan siap menjadi pendidik yang profesional dalam memberikan pendidikan kepada muridnya.karena guru yang profesional mencerminkan sekolah yang berkualitas baik.
    :-)

    BalasHapus
  151. meid harison
    8135072790
    tataniaga Reg 2007



    Secara teori saya setuju dengan artikel tersebut hanya saja perlu diingat didalam realitas yang ada hal tersebut menurut saya akan sulit tercapai dan diterapkan dengan sistem yang ada pada pendidikan di negara kita saat ini. Apa lagi pendidikan kita saat ini sering terganjal dengan sistm politik yang ada pada negara ini, ditambah lagi pemerintahan kita yang sering bergonta-danti kebijakan dalam pendidikan yang ada dinegara ini khususnya hal ini sering dialami oleh sekolah-sekolah yang memiliki predikat negeri.

    BalasHapus
  152. meid harison
    8135072790
    tataniaga Reg 2007



    Secara teori saya setuju dengan artikel tersebut hanya saja perlu diingat didalam realitas yang ada hal tersebut menurut saya akan sulit tercapai dan diterapkan dengan sistem yang ada pada pendidikan di negara kita saat ini. Apa lagi pendidikan kita saat ini sering terganjal dengan sistem politik yang ada pada negara ini, ditambah lagi pemerintahan kita yang sering bergonta-ganti kebijakan dalam pendidikan yang ada dinegara ini khususnya hal ini sering dialami oleh sekolah-sekolah yang memiliki predikat negeri dan berada didaerah yang tertinggal.

    BalasHapus
  153. Zulfikar rizki
    8135072778
    Pend tata niaga 07

    menurut saya,salah satu faktor penentu efektivitas belajar adalah kualitas dan profesionalitas guru/pengajar.Salah satu upaya peningkatan profesional guru adalah melalui supervisi pengajaran.jadi supervisi pengajaran sangat penting karena semakin bagus kualitas mengajar guru maka semakin bagus pula kualitas hasil proses pembelajarannya.

    BalasHapus
  154. Ichwan Iskandar 8135072792 Pend.Tata Niaga Supervisi pengajaran yang ada selama ini nampaknya belum cukup optimal untuk dikembangkan oleh tenaga kependidikan di semua sekolah yang ada di negeri kita ini.Nampaknya supervisi pengajaran hanya menjadi wacana semata yang seharusnya menjadi bekal bagi para pendidik untuk melakukan pengajaran.Perlu adanya kerja sama antara semua pihak di sekolah agar supervisi yang telah dilaksanakan dapat berjalan dengan optimal.

    BalasHapus
  155. Santoso
    5315077570
    Pend. Teknik Mesin Non Reg 2007

    Makna/konsep dari supervisi tersebut adalah pengawasan atau inspeksi dengan subjectnya adalah supervisor (pengawas). Namun konsep supervisi tersebut dalam pengajaran tidak bisa disamakan dengan inspeksi, inspeksi lebih menekankan kepada kekuasaan dan bersifat otoriter, sedangkan supervisi lebih menekankan kepada persahabatan yang dilandasi oleh pemberian pelayanan dan kerjasama yang lebih baik diantara semua pihak yang terkait dalam proses pendidikan.

    menurut Konsep supervisi modern dirumuskan oleh Kimball Wiles (1967) sebagai berikut : “Supervision is assistance in the devolepment of a better teaching learning situation”. Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi pembelajaran yang lebih baik. Rumusan ini mengisyaratkan bahwa layanan supervisi meliputi keseluruhan situasi belajar mengajar (goal, material, technique, method, teacher, student, an envirovment) seperti yg telah dijelaskan pd artikel diatas.

    Memang dalam pelaksanaan dilapangannya, tanpa ada supervisi pengajaran proses pengajaran terlalu bersifat monoton dan cenderung bersifat vakum interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa-siswinya.Sebagai contoh yang pernah saya alami ketika belajar di jenjang Sekolah Dasar, guru selalu memberikan tugas dengan hanya mencatat buku pelajarannya, terkadang masuk sebentar lalu siswanya ditinggalkan tanpa ada interaksi belajar didalamnya. Hal seperti inilah yang membuat siswanya tidak memiliki kemajuan dalam proses pembelajarannya. Untuk itulah supervisi pengajaran perlu dilakukan di setiap sekolah-sekolah.

    "Jadi hendaklah pelaksanaan supervisi pengajaran dalam pendidikan perlu terus dilaksanakan dengan semua pihak terkait ikut andil dengan tidak bersifat menekan dan otoriter semata tapi lebih bersifat fleksibel sehingga ada proses umpan balik dari para pendidik demi perbaikan dan kemajuan pendidikan."

    BalasHapus
  156. Ahmad Topan(5315077605)
    Teknik mesin,Non reg /2007
    Tujuan akhir dari supervisi pendidikan tertuju pada hasil belajar siswa, namun yang diutamakan dalam supervisi adalah bantuan kepada guru. Dimana sangat membantu guru dalam memahami tujuan pendidikan dan apa peran sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut, melihat secara lebih jelas dalam memahami keadaan dan kebutuhan siswanya.
    Supervisi pendidikan mampu membentuk moral kelompok yang kuat dan mempersatukan guru dalam satu tim yang efektif, bekerjasama secara akrab dan bersahabat serta saling menghargai satu dengan lainnya, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan kualitas pengajaran guru baik itu dari segi strategi, keahlian dan alat pengajaran.
    Supervisi pendidikan harus mampu menyediakan sebuah sistim yang berupa penggunaan teknologi yang dapat membantu guru dalam pengajaran.
    Untuk mereposisi guru,supervisi pendidikan dapat sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan bagi kepala sekolah. Masih banyak lagi manfaat dari supervisi pendidikan pada intinya supervisi sangat membantu dalam pengembangan situasi belajar-mengajar agar memperoleh kondisi yang lebih baik.

    BalasHapus
  157. yohanes agung p(5315077553)
    nonreg T mesin 07

    Supervisi pendidikan salah satu alat yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan,dan jika memang benar-benar diterapkan pada setiap institusi pendidikan maka niscaya dunia pendidikan ditanah air dapat semakin maju.hal ini dikarenakan para pendidik bekerja sesuai dengan kurikulum serta koridor yang berlaku.

    Dan mengutip teori seorang ahli yaitu Ross L (1980)... mendefinisikan bahwa supervisi adalah pelayanan kapada guru-guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan pengajaran, pembelajaran dan kurikulum.
    kalau diartikan lebih lanjut maka sebagai seorang pengawas tidak hanya menilai kinerja dari seorang pendidik tetapi harus lebih luas lagi yaitu dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan pendidik .
    sebagai contoh diberikan training dan pelatihan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan oleh sang pendidik.

    Tetapi jika masih tidak sesuai dengan aturan yang berlaku serta kurikulum yang ada maka pengawas berhak menegur dan memberi peringatan kepada yang bersangkutan.
    Sering pada kenyataan yang ada dilapangan proses supervisi pendidikan tidak berjalan sebagai mana mestinya,hal ini dapat menghambat proses perbaikan pada sendi-sendi pendidikan ditanah air.

    Salah satu contoh telah diterapkannya supervisi pendidikan di institusi pendidikan :
    pada sebuah universitas terkemuka di jakarta bahwa jika ada pengajar yang mengajar tidak sesuai dengan kurikulum atau kedisiplinannya yang tidak baik maka mahasiswa berhak mendapat dosen pengganti setelah mahasiswa tersebut memberi laporan kepada kaprodi di kampusnya.

    Dan diharapkan hal ini dapat berlaku juga kepada semua institusi pendidikan di indonesia guna meningkatkan kualitas pengajaran serta kualitas lulusan yang sesuai dengan harapan.

    BalasHapus
  158. WANDA (5315077556)NonReg T mesin 07

    Saya berpendapat bahwa supervisi pengajaran sangatlah perlu karena dapat meningkatkan kualitas dan kinerja pengajar/pendidik.
    Mengingat masih banyaknya pengajar/pendidik yang melaksanakan tugasnya hanya sekedar mengajar saja, tanpa memperhatikan kualitas hasil didikannya.
    Dengan adanya supervisi pengajaran, dapat mengarahkan para pengajar/pendidik untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitasnya yang dimulai dari pengembangan kurikulum agar tujuan pendidikan dapat berjalan dengan baik.
    Semoga dengan berjalannya supervisi pengajaran (pelaksanaan sesuai dengan yang direncanakan), dapat memajukan mutu dan kualitas pendidikan di indonesia.

    BalasHapus
  159. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  160. WULAN NURUL HIKMAH
    5515099190
    Prodi S1 Pend Tata Boga ( Alih Program 2009 )

    Menurut pendapat saya langkah yang di ambil dalam supervisi pengajaran sangatlah tepat. Dilihat dari tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas mengajar para pendidik ( guru ) yang dimana nantinya akan berpengaruh kepada kualitas anak didik ( murid ) itu sendiri.selain itu pemerintah dan masyarakat juga harus ikut peran serta partisipasi atau pengawasan dalam dunia pendidikan agar dapat memajukan mutu dan kualitas pendidikan di indonesia Sesuai dengan perkembangan dunia yang semakin cepat harus diimbangi dengan kinerja guru dan pihak terkait agar Bangsa Indonesia tidak tertinggal dengan bangsa lain.

    BalasHapus
  161. Saya setuju dengan adanya supervisi, karena guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tataran institusional dan eksperiensial, sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek "guru" dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas keprofesionalannya maupun kesejahteraan dalam satu manajemen pendidikan yang professional. Setiap guru perlu menyadari bahwa pertumbuhan dan pengembangan profesi merupakan suatu keharusan untuk menghasilkan output pendidikan yang berkualitas berkualitas. Itulah sebabnya guru perlu belajar terus menerus, membaca informasi terbaru dan mengembangkan ide-ide kreatif dalam pembelajaran agar suasana belajar mengajar menggairahkan dan menyenangkan baik bagi guru apalagi bagi peserta didik, dengan berbagai macam metode pembelajaran serta macam – macam permainan yang dapat mengasah otak anak.

    BalasHapus
  162. Hirtanti Setioningrum say :

    Saya setuju dengan adanya supervisi, karena guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tataran institusional dan eksperiensial, sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek "guru" dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas keprofesionalannya maupun kesejahteraan dalam satu manajemen pendidikan yang professional. Setiap guru perlu menyadari bahwa pertumbuhan dan pengembangan profesi merupakan suatu keharusan untuk menghasilkan output pendidikan yang berkualitas berkualitas. Itulah sebabnya guru perlu belajar terus menerus, membaca informasi terbaru dan mengembangkan ide-ide kreatif dalam pembelajaran agar suasana belajar mengajar menggairahkan dan menyenangkan baik bagi guru apalagi bagi peserta didik, dengan berbagai macam metode pembelajaran serta macam – macam permainan yang dapat mengasah otak anak.

    BalasHapus
  163. rifat mesin .07
    5315077557
    Dengan hakikat dan maksud tersebut jelas bahwa supervise mempunyai kekuatan yang sangat besar dalam proses berkembangnya pendidikan di Indonesia. Sebuah supervise sulit tercapai jika keterkaitan antar instansi atau person dalam lingkup pendidikan terjadi kerenggangan.
    Umumnya dalam dunia pendidikan di Indonesia guru adalah subject yang sangat berpengaruh dalam upaya suksesnya pendidikan. Dalam hubungannya dengan tingkat social ekonomi,yang terjadi adalah kurangnya atau kecilnya honor guru, hal ini disebabkan mungkin oleh beberapa komponen pendidikan yang kurang bisa bertanggungjawab terhadap bidang-bidangnya.Tidak bisa dipungkiri bahwa memang hal itu adalah yang terjadi dan merupakan keinginan setiap manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Kejadian tersebut adalah teruji benar adanya sesuai dengan yang dilakukan oleh sebuah kelompok atau instansi yang meneliti tentang Hubungan dan Kompensasi Kerja dengan Kinerja Guru MTs Swasta di Kota Malang (Nisfuana Nisfuana).
    Kinerja guru adalah unjuk kerja atau kegiatan yang dilakukan guru dalam rangka melaksanakan tugasnya sebagai guru. Adapun unsur kinerja yang baik bagi seorang guru pada dasarnya terlihat dari kemampuan dan keterampilannya dalam menyusun program pengajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi, menganalisis hasil, dan sebagainya.
    Pada pelaksanaannya kinerja akan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang bersumber dari pekerja sendiri maupun yang bersumber dari organisasi. Dari pekerja sangat dipengaruhi oleh kemampuan/ kompetensinya, sementara dari segi organisasi dipengaruhi oleh seberapa baik pemimpin memberdayakan pekerjanya, bagaimana mereka memberikan penghargaan pada pekerja, bagaimana mereka membantu meningkatkan kemampuan kinerja pekerja.
    Supervisi adalah suatu program pendidikan yang syarat dengan pengawasan, lemahnya pengawasan akan berdampak pada hasil yang kurang memuaskan.
    Umumnya instansi pendidikan yang ada di bawah suatu pemerintahan mempunyai hasil atau kualitas yang kurang jika dibanding dengan unit pendidikan swasta. Hal itu karena adanya ketergantungan terhadap pusat, dengan menunggu perintah berikutnya. Sedangkan untuk swasta dia lebih bisa mengatur dan merencanakan programnya sendiri karena mereka mempunyai otoritas penuh terhadap unit pendidikan yang didirikannya, mereka lebih kreatif dalam menjalankan program-programnya(resume perkuliahan : amril muhammad).
    Jadi, pada dasarnya adalah bagaimana caranya atau kondisi kita untuk lebih melihat keadaan yang terjadi sebelum melahirkan suatu program-program yang nantinya akan membuat keruwetan atau dengan kata lain berkaca terhadap kondisi masyarakat yang masih belum bisa mencapai profesionalisme khususnya dikalangan instansi pemerintah. Banyak program dan kurikulum baru setiap tahun, namun tak banyak yang menciptak hasil yang memuaskan. Supervise pendidikan mempunyai system tatanan dan manjemen yang baik dalam pendidikan, tetapi penekanan yang lebih penting lebih diutamakan pada bagaimana menciptakan budaya profesionalisme kerja terhadap tugas dan kewajiban yang diamanatkan terhadap kita. Terimakasih.

    BalasHapus
  164. Mu'arif (5315077565)
    Teknik Mesin '07 Ext

    Menurut saya (Mu'arif, 20 tahun), supervisi pengajaran di negeri kita ini kurang sekali diperhatikan dan harus segera ditindak lanjuti. Itu semua dikarenakan karena kurangnya kualitas pendidik akhir-akhir ini. Contohnya coba kita lihat perkembangan kualitas PNS di negeri kita saat ini. Jika kita perhatikan, sering kita lihat betapa mudahnya asisten guru diangkat menjadi PNS. Dengan ber-'demo ria', para asisten guru dengan mudahnya menarik simpatik para pemerintah daerah untuk segera mengangkat mereka yang sudah terlalu lama berkecimpung dari profesi seorang asisten guru menjadi seorang PNS. Yang pada kenyataannya tanpa kita sadari, mereka sangat bersemangat mendidik ketika posisi mereka masih sebagai asisten guru. Tetapi jika mereka telah diangkat menjadi PNS, selebihnya jarang sekali mereka yang melakukan peningkatan dalam proses mengajar mereka. Dan tanpa mereka sadari, kualitas pendidikan yang mereka suguhkan akan berkurang seiring berjalannya waktu. Itu baru hanya sebagian kecil contoh kurang ketatnya pengawasan pemerintah daerah terhadap para asisten guru yang ingin menduduki kursi PNS di negeri kita.

    Jadi supervisi pengajaran itu ibarat jantung pendidikan, memiliki peranan yang sangat penting dari perkembangan dunia pendidikan.

    Mengingat guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, jadi pengangkatan asisten guru menjadi PNS harus diperketat. Jika kegiatan sehari-hari mereka sebagai asisten guru kurang dari standar pendidik yang seharusnya, maka jangan segan-segan untuk meniadakan pengangkatan PNS untuk mereka yang kurang kompeten dibidangnya. Meski jutaan rupiah mereka suguhkan guna untuk pengangkatan PNS atas dirinya, jangan perdulikan! Itu semua kita lakukan demi masa depan generasi anak didik di negeri kita Indonesia Raya...

    Ditulis oleh Mu'arif (5315077565) Teknik Mesin '07

    BalasHapus